.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:danar.retno@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 1:32 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN AKUNTANSI |
|
||||||
PROGRAM
STUDI PERBANKAN DAN KEUANGAN DIGITAL |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Pengantar Komputer |
PK.120822 |
0 |
3 |
3 |
84 |
2 |
25-02-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Danar Retno Sari |
Kety Lulu Agustin S.E., M.M. |
|||||||
NIP/NIK. |
NIP/NIK. 2021.90.005 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-9) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-10) Menguasai konsep dan teknik komputer akuntansi dan Teknologi administrasi bank |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-3) Mampu mengkaji kasus penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang bidang Perbankan dan Keuangan Digital dalam rangka menghasilkan prototype, prosedur baku, desain atau karya seni, menyusun hasil kajiannya dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi (KU-5) Mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan prosedur baku, spesifikasi desain, persyaratan keselamatan dan keamanan kerja dalam melakukan supervisi dan evaluasi pada pekerjaannya |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-4) Mampu memecahkan masalah-masalah pekerjaan menggunakan keahlian Perbankan dan Keuangan Digital yang dimiliki (KK-5) Mampu mendukung kemajuan perusahaan dengan mengembangkan keahlian Perbankan dan Keuangan Digital (KK-11) Mampu melakukan proses transaksi back office dan proses transaksi end of period |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK 1: Mampu menguasai konsep dan teknik komputer akutansi dan teknologi administrasi bank dan melakukan proses transaksi back office dan proses transaksi end of period dengan dengan menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9) (P10) (KK11) CPMK 2: Mampu mengkaji kasus penerapan imu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora serta memecahkan masalah-masalah pekerjaan sesuai dengan bidang Perbankan dan Keuangan Digital dalam rangka menghasilkan prosedur baku, desain atau karya seni, menyusun hasil kajiannya dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain atau esai seni dan mengunggahnya ke laman perguruan tinggi (KU3) (KK4) CPMK 3: Mampu mengambil keputusan secara tepat dan mendukung kemajuan perusahaan dengan mengembangkan keahlian Perbankan dan Keuangan Digital berdasarkan prosedur baku, spesifikasi desain, persyaratan keselamatan dan keamanan kerja dalam melakukan supervisi dan evaluasi pekerjaannya (KU5) (KK5) |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
SUB-CPMK 1: Mampu mengenali dan menggunakan perangkat komputer SUB-CPMK 2: Mampu melakukan perawatan pencegahan dan pemecahan permasalahan komputer SUB-CPMK 3: Mampu mengkonfigurasi dan mengelola sistem operasi dan penerapan jaringan pada komputer SUB-CPMK 4: Mampu mengoperasikan perangkat lunak perkantoran SUB-CPMK 5: Mampu membuat program aplikasi pengolah data berbasis microsoft Access dan analisis data SPSS |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Pengantar Komputer mempelajari mengenal perangkat keras komponen komputer dan manajemen windows serta pengaplikasian perangkat lunak yang dibutuhkan pada lingkup kerja perbankan dan atau asuransi. Dalam matakuliah ini dibahas konsep-konsep : perawatan preventive dan troubleshooting, konsep dan penerapan jaringan, pengoperasian perangkat lunak perkantoran (office) seperti word, excel dan access, pengenalan dasar penggunaan SPSS dalam analisis data. Model pengajaran atau pembelajaran matakuliah ini berorientasi pada praktik dan juga studi kasus yang bisa diimplementasikan oleh Mahasiswa. | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Pengenalan Perangkat Komputer |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: 1. IT Essentials V.7 Cisco Netacad
2. Foulkes, L. (2020). Learn Microsoft Office 2019 (E. Safis (ed.)). Packt Publishing Ltd.
3. Owen, G. (2013). Using Microsoft Excel and Access 2013 for Accounting (Vol. 53, Issue 9). Cengage Learning.
4. Aldrich, J. O., & Cunningham, J. B. (2016). Using IBM SPSS Statistics. In B. C. Allen (Ed.), SAGE (Second, Vol. 53).
SAGE Publications, Inc.
5. Sabin-Wilson, L. (2019). WordPress ALL-IN-ON For Dummies (4th ed.). John Wiley & Sons, Inc |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : 1. Komputer
2. Jaringan Internet
3. Perangkat Intermediary Device (Access Point Router)
4. Perangkat Lunak Office, SPSS
5. LCD
6. Printer
7. Whiteboard |
|||||||
Dosen Pengampu |
Danar Retno Sari, |
Mata Kuliah |
Pengantar Komputer |
|||
Kode Mata Kuliah |
PK.120822 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1,2 | SUB-CPMK 1: Mampu mengenali dan menggunakan perangkat komputer |
|
Kriteria: Pedoman Penskoran (Marking Scheme) Bentuk Penilaian:
|
Metode Pembelajaran:
Karakteristik Pembelajaran: Interaktif, Berpusat pada Mahasiswa |
Pengenalan Perangkat Komputer Utama : IT Essentials V.7 Cisco Netacad |
3 |
|||
SUB-CPMK 1: Mampu mengenali dan menggunakan perangkat komputer |
|
Kriteria: Pedoman Penskoran (Marking Scheme) Bentuk Penilaian: • Menilai tugastugas yang diberikan • Keaktifan
|
Metode Pembelajaran: Praktikum (P: 3x170"): Mengerjakan tugas-tugas dan praktikum yang diberikan Karakteristik Pembelajaran: Interaktif, Berpusat pada Mahasiswa |
Pengenalan perangkat komputer Utama : IT Essentials V.7 Cisco Netacad |
3 |
||||
3 | SUB-CPMK 2: Mampu melakukan perawatan pencegahan dan pemecahan permasalahan komputer |
|
Kriteria: Pedoman Penskoran (Marking Scheme) Bentuk Penilaian: • Menilai tugastugas yang diberikan • Keaktifan |
Metode Pembelajaran: Praktikum (P: 3x170"): Mengerjakan tugas-tugas dan praktikum yang diberikan Karakteristik Pembelajaran: Interaktif, Berpusat pada Mahasiswa
|
Perawatan Preventive dan Troubleshooting IT Essentials V.7 Cisco Netacad |
4 |
|||
4,5 | SUB-CPMK 3: Mampu mengkonfigurasi dan mengelola sistem operasi dan penerapan jaringan pada komputer |
|
Kriteria: Pedoman Penskoran (Marking Scheme) Bentuk Penilaian: • Menilai tugastugas yang diberikan • Keaktifan |
Metode Pembelajaran: Praktikum (P: 3x170"): Mengerjakan tugas-tugas dan praktikum yang diberikan Karakteristik Pembelajaran: Interaktif, Berpusat pada Mahasiswa |
Konfigurasi dan Manajemen Windows Utama : IT Essentials V.7 Cisco Netacad |
5 |
|||
SUB-CPMK 3: Mampu mengkonfigurasi dan mengelola sistem operasi dan penerapan jaringan pada komputer |
|
Kriteria: Pedoman Penskoran (Marking Scheme) Bentuk Penilaian: • Menilai tugastugas yang diberikan • Keaktifan |
Metode Pembelajaran: Praktikum (P: 3x170"): Mengerjakan tugas-tugas dan praktikum yang diberikan Karakteristik Pembelajaran: Interaktif, Berpusat pada Mahasiswa |
Konsep dan Penerapan Jaringan Utama : IT Essentials V.7 Cisco Netacad |
3 |
||||
6,7 | SUB-CPMK 4: Mampu mengoperasikan perangkat lunak perkantoran |
|
Kriteria: Pedoman Penskoran (Marking Scheme) Bentuk Penilaian: • Menilai tugastugas yang diberikan • Keaktifan |
Metode Pembelajaran: Praktikum (P: 3x170"): Mengerjakan tugas-tugas dan praktikum yang diberikan Karakteristik Pembelajaran: Interaktif, Berpusat pada Mahasiswa |
Mengoperasikan perangkat lunak perkantoran pengolah kata (Microsoft Word) Utama : 1. Foulkes, L. (2020). Learn Microsoft Office 2019 (E. Safis (ed.)). PacktPublishing Ltd. 2. Owen, G. (2013). Using Microsoft Excel and Access 2013 for Accounting (Vol. 53, Issue 9). Cengage Learning. |
4 |
|||
SUB-CPMK 4: Mampu mengoperasikan perangkat lunak perkantoran |
|
Kriteria: Pedoman Penskoran (Marking Scheme) Bentuk Penilaian: • Menilai tugastugas yang diberikan • Keaktifan |
Metode Pembelajaran: Praktikum (P: 3x170"): Mengerjakan tugas-tugas dan praktikum yang diberikan Karakteristik Pembelajaran: Interaktif, Berpusat pada Mahasiswa
|
Mengoperasikan perangkat lunak perkantoran pengolah kata (Microsoft Word) Utama : 1. Foulkes, L. (2020). Learn Microsoft Office 2019 (E. Safis (ed.)). Packt Publishing Ltd. 2. Owen, G. (2013). Using Microsoft Excel and Access 2013 for Accounting (Vol. 53, Issue 9). Cengage |
3 |
||||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
25 |
|||||||
9,10,11,12 | SUB-CPMK 4: Mampu mengoperasikan perangkat lunak perkantoran |
|
Kriteria: Pedoman Penskoran (Marking Scheme) Bentuk Penilaian: • Menilai tugastugas yang diberikan • Keaktifan
|
Metode Pembelajaran: Praktikum (P: 3x170"): Mengerjakan tugas-tugas dan praktikum yang diberikan Karakteristik Pembelajaran: Interaktif, Berpusat pada Mahasiswa |
Mengoperasikan perangkat lunak perkantoran lembar sebar (Microsoft Excel) Utama : 1. Foulkes, L. (2020). Learn Microsoft Office 2019 (E. Safis (ed.)). Packt Publishing Ltd. 2. Owen, G. (2013). Using Microsoft Excel and Access 2013 for Accounting (Vol. 53, Issue 9). Cengage Learning. |
3 |
|||
SUB-CPMK 4: Mampu mengoperasikan perangkat lunak perkantoran |
|
Kriteria: Pedoman Penskoran (Marking Scheme) Bentuk Penilaian: • Menilai tugastugas yang diberikan • Keaktifan |
Metode Pembelajaran: Praktikum (P: 3x170"): Mengerjakan tugas-tugas dan praktikum yang diberikan Karakteristik Pembelajaran: Interaktif, Berpusat pada Mahasiswa |
Mengoperasikan perangkat lunak perkantoran lembar sebar (Microsoft Excel) Utama : 1. Foulkes, L. (2020). Learn Microsoft Office 2019 (E. Safis (ed.)). Packt Publishing Ltd. 2. Owen, G. (2013). Using Microsoft Excel and Access 2013 for Accounting (Vol. 53, Issue 9). Cengage Learning. |
3 |
||||
SUB-CPMK 4: Mampu mengoperasikan perangkat lunak perkantoran |
|
Kriteria: Pedoman Penskoran (Marking Scheme) Bentuk Penilaian: • Menilai tugastugas yang diberikan • Keaktifan |
Metode Pembelajaran: Praktikum (P: 3x170"): Mengerjakan tugas-tugas dan praktikum yang diberikan Karakteristik Pembelajaran: Interaktif, Berpusat pada Mahasiswa
|
Mengoperasikan perangkat lunak perkantoran lembar sebar (Microsoft Excel) Utama :
|
3 |
||||
SUB-CPMK 4: Mampu mengoperasikan perangkat lunak perkantoran |
|
Kriteria: Pedoman Penskoran (Marking Scheme) Bentuk Penilaian: • Menilai tugastugas yang diberikan, dan keaktifan
|
Metode Pembelajaran: Praktikum (P: 3x170"): Mengerjakan tugas-tugas dan praktikum yang diberikan Karakteristik Pembelajaran: Interaktif, Berpusat pada Mahasiswa |
Mengoperasikan perangkat lunak perkantoran lembar sebar (Microsoft Excel) Owen, G. (2013). Using Microsoft Excel and Access 2013 for Accounting (Vol. 53, Issue 9). Cengage Learning. |
5 |
||||
13,14,15 | SUB-CPMK 5: Mampu membuat program aplikasi pengolah data berbasis microsoft Access dan analisis data SPSS |
|
Kriteria: Pedoman Penskoran (Marking Scheme) Bentuk Penilaian: • Menilai tugastugas yang diberikan • Keaktifan
|
Metode Pembelajaran: Praktikum (P: 3x170"): Mengerjakan tugas-tugas dan praktikum yang diberikan Karakteristik Pembelajaran: Interaktif, Berpusat pada Mahasiswa |
Membuat Program Aplikasi berbasis Microsoft Access Owen, G. (2013). Using Microsoft Excel and Access 2013 for Accounting (Vol. 53, Issue 9). Cengage Learning. |
3 |
|||
SUB-CPMK 5: Mampu membuat program aplikasi pengolah data berbasis microsoft Access dan analisis data SPSS |
|
Kriteria: Pedoman Penskoran (Marking Scheme) Bentuk Penilaian: • Menilai tugastugas yang diberikan • Keaktifan |
Metode Pembelajaran: Praktikum (P: 3x170"): Mengerjakan tugas-tugas dan praktikum yang diberikan Karakteristik Pembelajaran: Interaktif, Berpusat pada Mahasiswa |
Membuat Program Aplikasi berbasis Microsoft Access Owen, G. (2013). Using Microsoft Excel and Access 2013 for Accounting (Vol. 53, Issue 9). Cengage Learning |
5 |
||||
SUB-CPMK 5: Mampu membuat program aplikasi pengolah data berbasis microsoft Access dan analisis data SPSS |
|
Kriteria: Pedoman Penskoran (Marking Scheme) Bentuk Penilaian: • Menilai tugastugas yang diberikan • Keaktifan |
Metode Pembelajaran: Praktikum (P: 3x170"): Mengerjakan tugas-tugas dan praktikum yang diberikan Karakteristik Pembelajaran: Interaktif, Berpusat pada Mahasiswa |
Pengenalan SPSS Analisis Data Utama : Aldrich, J. O., & Cunningham, J. B. (2016). Using IBM SPSS Statistics. In B. C. Allen (Ed.), SAGE (Second, Vol. 53). SAGE Publications, Inc. |
3 |
||||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
25 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Danar Retno Sari lahir di Balikpapan pada tanggal Jabatan fungsional Asisten Ahli Jurusan TEKNIK ELEKTRO Program Studi Teknik Elektronika |
|