.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:nawang.retno@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 4:05 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK SIPIL |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Pendidikan Pancasila |
TS120322 |
2 |
0 |
2 |
28 |
2 |
28-02-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Dra. Nawang Retno Dwiningrum M.Si. |
Ezra Hartarto Pongtuluran S.T., M.Eng. |
|||||||
NIP/NIK. 196612192007012017 |
NIP/NIK. 199110232019031013 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-1) Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (S-3) Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa serta turut menjaga (S-4) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila (S-5) Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (S-6) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (S-7) Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S-9) Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-5) Menguasai prinsip ilmu lingkungan, pengetahuan faktual tentang Analisa Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL), ekonomi, dan sosial |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU-3) Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-2) Mampu mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah pelaksanaan bangunan sipil yang terdefinisi secara jelas, dengan menganalisis data, memanfaatkan standar dan pedoman teknis, serta mampu memilih metode penyelesaian yang tepat dengan memperhatikan aspek kesehatan, keselamatan publik , lingkungan (SMK3L),aspek hukum dan ekonomi |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK1 .Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasar Pancasila CPMK 2 . Memupuk sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
1. mampu memahami sejarah lahirnya Pancasila 2. mampu menganalisa dan menerapkan Pancasila sebagai dasar Negara 3.mampu menerapkan Pancasila sebagai ideologi negara, 4.mampu menganalisa filsafat Pancasila 5. mampu memahami dan menerapkan Pancasila sebagai sistem etika 6 mampu menerapkan Pancasila sebagaoi dasar Ilmu pengetahuan dan teknologi 7 mampu menganalisisPancasila sebagai paradigma pembangunan nasional |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Pancasila mempelajari sejarah dan nilai luhur Pancasila dan penerapan Pancasila dalam kehidupan bangsa dan negara | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
A, Sejarah lahirnya pancasila |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: 1. Syarbaini S.2014, Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi , Bogor :Ghalia Indonesia 2. Kaelan 2001 Pendidikan Pancasila, Yogyakarta:Paradigma |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : 1 buku Pancasila 2 handout Pancasila 3 LCD |
|||||||
Dosen Pengampu |
Nawang Retno Dwiningrum, |
Mata Kuliah |
Pendidikan Pancasila |
|||
Kode Mata Kuliah |
TS120322 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | mampu menjelaskan sejarah lahirnya Pancasila |
ketepatan menjelaskan lahirnya Pancasila (integratif) |
kajian literatur |
Kuliah dan diskusi 2x50 Mengkaji literatur tentang sejarah Pancasila Karakterisitik interaktif dan holistik |
sejarah lahirnya Pancasila Kaelan , 2001, Pendidikan Pancasila, Paradigma ,Yogyakarta |
3 |
|||
2 | mampu menjelaskan dan menerapkan pancasila sebagai dasar negara |
mampu menjelaskan Pancasila sebagai Dasar negara (kolaboratif) |
kajian literatur |
kuliah dan diskusi berdiskusi tentang sejarah Pancasila karakterisitik interaktif dan holistik |
1. Pengertian Pancasila sebagai Dasar negara 2. Hubungan Pancasila dengan Pembukaan UUD 3, Hubungan Pembukaan dan batang tubuh Kelan, 2001, Pendidikan pancasila, Paradigma, Yogyakarta |
2 |
|||
3 | mampu menjelaskan dan menerapkan pancasila sebagai dasar negara |
mampu menganalisis Pancasila sebagai dasar negara ( Integratif danKolaboratif) |
kriteria: 1. rubrik skala persepsi 2. portopolio Teknik non test: menganlisis implementasi Pancasila dalam pembuatan kebijakan negara |
presentasi 2x50 presentasi tentang penerapan dasar negara Pancasila dalam pembuatan kebijakan karakteristik interaktif dan holistik
|
implementasi Pancasila dalam pembuatan kebijakan negara dalam bidang politik, ekonomi, sosial budaya dan hankam Syarbani, syahrial, 2014, Pendidikan Pancasila di Perguruan Toinggi, Ghalia Indonesia , Bogor |
3 |
|||
4 | mampu menjelaskan pancasila sebagai ideologi |
mampu menjelaskan Pancasila sebagai ideologi (Kolaboratif) |
kritria : 1. rubrik skala persepsi 2. portopolio Tes: kajian literatur, lesan, diskusi |
kuliah dan diskusi 2x50 presentasi mengenai perbandingan ideologi karakterisitik kolaboratif |
1. pengertian ideologi 2, ideologi terbuka dan tertutup 3. Pancaila sebagai ideologi kaelan, 2001, Pendidikan Pancasila, Paradigma yogyakarta |
2 |
|||
5 | mampu menjelaskan pancasila sebagai ideologi |
mampu menganalisis ideologi Pancasila dan membandingkan dengan ideologi lain (Kolaboratif dan integratif) |
Kriteria : 1. rubrik skala persepsi 2. portopolio presentasi dan kajian literatur |
diskusi dan presentasi tentang perbandingan ideologi karakterisitik interaktif dan holistik |
1. ideologi Pancasila 2. ideologi Komunis, Liberal dan ideologi keagamaan kaelan , 2001, Pendidikan Pancasila, paradigma , Yogyakarta |
3 |
|||
6 | mampu memahamai pancasila sebagai sistem filsafat |
mampu memahami filsafat Pancasila (Kolaboratif) |
kriteria rubrik skala persepsi :tes :lesan |
kuliah dan diskusi 2x50 diskusi tentang filsafat Pancasila karakteristik kolaboratif |
1. pengertian filsafat, aliran filsafat 2. Pengertian Pancasila secara filsafat Kaelan 2001, Pendidikan Pancasila, Paradigma Yogyakarta |
3 |
|||
7 | mampu memahamai pancasila sebagai sistem filsafat |
mampu menganalisa filsafat pancasila dalam aspek ontologi, epistimologi dan aksiologi (Kolaboratif) |
kriteria : rubrik skala persepsoi dan portopolio |
diskusi, 2x50 presentasi tentang filsafat Pancasila karakteristik interaktif dan holistik |
aspek ontologi, epistimologi dan aksiologi kaelan, 2001, Pendidikan Pancasila, paradigma, Yogyakarta |
3 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
30 |
|||||||
9 | mampu memahami dan menerapkan Pancasila sebagai sistem etika |
mampu memahami Pancasila sebagai sistem etika (kolaboratif) |
Tes:lesan
|
kuliah dan disksusi 2x50 Kajian literatur tentang etika karakteristik interaktif dan holistik |
1, pengertian etika 2. aliran -aliran dalam etika Syarbani syahrial, 2014,Pendidikan Pancasila di Perguruan tinggi, Ghalia Indonesia , Bogor |
3 |
|||
10 | mampu memahami dan menerapkan Pancasila sebagai sistem etika |
mampu menerapkan Pancasila sebagai sistem etika dalam kehidupan sehari-hari (Kolaboratif) |
rubrik skala persepsi dan presntasi |
kuliah dan diskusi 2x50 presentasi tentang penerapan etika Pancasila karakteristik kolaboratif |
penerapan etika Pancasila dalam bidang ekonomi, politik dan sosial budaya Kaelan, 2001, Pendidikan Pancasila,Paradigma ,Yogyakarta |
3 |
|||
11 | mampu menjelaskan Pancasila sebagai Dasar nilai pengembangan Ilmu dan teknologi |
memahami perkembangan ilmu dan teknologi dan nilai dalam pengembangan ilmu dan teknologi ( integratif dankolaboratif) |
kajian literatur dan tes lesan |
kuliah dan diskusi, 2x50 karakteristik interaktif dan holistik |
perkembangan ilmu dan teknologi dan masalah nilai dalam perkembangan tehnologi Kaelan, 2001,Pendidikan Pancasila, Paradigma, yogyakarta |
3 |
|||
12 | mampu memahami Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan iptek |
mampu menganalisis ilmu pengetahuan dan teknologi yang sesuai dan tidak sesuai dengan Pancasila (Kolaboratif) |
Kriteria: 1. rubrik skala persepsi 2. portopolio Tes: presentasi |
kuliah dan diskusi 2x50 mempresentasikan tentang pengetahuan yang sesuai dan tidak sesuai dengan Pancasila karakterisrttik kolaboratif |
Pancasila sebagai dasar nilai dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi Kaelan, 2001, Pendidikan pancasila, Paradigma , Yogyakarta |
3 |
|||
13 | mampu memahami dan penerapannya Pancasila sebagai paradigma pembangunan |
pengertian Pancasila sebagai paradigma pembanguanan (Kolaboratif) |
tes : menyusun laporan dengan kajian literatur |
kuliah dan diskusi 2 x50 menyusun laporan tentang pancasila sebagai paradigma pembangunan |
pengertian paradigma dan Pancasila sebagai paradigma pembangunan Kaelan, Pendidikan Pancasila , Paradigma , Yogyakarta |
3 |
|||
14 | mampu memahami dan penerapannya Pancasila sebagai paradigma pembangunan |
mampu menganalisa pancasila sebagai paradigma pembangunan dalam bidang politik dan ekonomi (Kolaboratif) |
presentasi |
kuliah dan diskusi 2x50 mempresentasikan tentang Pancasila sebagai paradigma pembangunan bidang politik dan ekonomki karakteristik interaktif dan holistik |
Pancasila sebagai paradigma pembangunan bidang politik dan ekonomi Kaelan, 2001, Pndidikan Pancasila, Paradigma, Yogyakarta |
3 |
|||
15 | mampu memahami dan penerapannya Pancasila sebagai paradigma pembangunan |
menganalisis pancasila sebagai paradigma pembangunan dalam bidang sosial budaya (Integratif dan Kolaboratif) |
kriteria : 1. rubrik skala persepsi 2. portopolio presentasi |
kuliah dan diskusi , 2x50 presentasi tentang Pancasila sebagai dasar paradigma pembangunan bidang sosial budaya dan pertahanan keamanan karakteristik interaktif dan holistik |
Pancasila sebagai paradigma pembangunan dalam bidang sosial budaya dan pertahanan keamanan Syarbani, Syahrial, 2014, Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi, Ghalia Indonesia, Bogor |
3 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
30 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Nawang Retno Dwiningrum lahir di Magelang pada tanggal Jabatan fungsional Lektor Jurusan PERHOTELAN Program Studi Tata Boga |
|