.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:abdul.gafur@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 1:58 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN PERHOTELAN |
|
||||||
PROGRAM
STUDI PENGELOLAAN PERHOTELAN |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Bahasa Inggris Perhotelan Dasar |
MP120421 |
1 |
1 |
2 |
42 |
2 |
23-02-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Abdul Gafur S.Pd., M.Pd. |
Ranti Rustika S.S., M.Sc. |
|||||||
NIP/NIK. 198902182015041001 |
NIP/NIK. 199104022019032018 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-11) Menerapkan nilai-nilai hospitality (Integritas, Sempurna, Terpercaya, Profesional, Berkepribadian), dan |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-8) Konsep dan teknik komunikasi lisan dan tulisan dalam Bahasa Indonesia, minimal satu bahasa internasional, atau minimal satu bahasa asing lainnya, dan (P-9) Prinsip dan teknik komunikasi persuasif dan lintas budaya. |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) Mampu secara mandiri mengelola kegiatan operasional hotel berskala kecil (meliputi kemampuan merencanakan, menjalankan, mengawasi, mengevaluasi dan menindaklanjuti hasil evaluasi kegiatan operasional hotel) yang dapat dibuktikan dengan bertambahnya tingkat kepuasan tamu hotel khususnya pada aspek jumlah tamu, reliabilitas dan responsibilitas layanan, kebersihan, dan efisiensi harga |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-4) Mampu menyusun hasil kajiannya dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni yang mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Pada akhir pembelajaran ESP for Hospitality ini diharpakan mahasiswa mampu menguasi dan mengunggkapan ekspresi dalam bidang perhotelan dan menggunakannya dalam dunia kerja mereka yang meliputi : Greeting and Receiving Guesst, Dealing with Guests Request, Problems and Complaint, Giving and Receiving Compliment, Offering Help and Advice, Asking for Repeats, Describing Hotel Facilities, Giving Directions, Using the Telephone, Bill Settlement, Shopping at the Hotel, Verb Tenses and Usage, Parts of Speech. |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
1. Mampu berbicara dengan bahasa Inggris pada saat greeting dan receiving guests 2. Mampu berbicara dengan bahasa Inggris pada saat menghadapi guest request. 3. Mampu berbicara dengan bahasa Inggris pada saat menghadapi problems and complaints 4. Mampu berbicara dengan bahasa Inggris dalam mengungkapkan Giving and Receiving Compliments 5. Mampu berbicara dengan bahasa Inggris dalam offering help and advice 6. Mampu berbicara dengan bahasa Inggris dalam offering help and advice 7. Mampu mendeskripsikan dalam bahasa Inggris hotel facilities. 9. Mampu berbicara dalam bahasa Inggris dalam giving direction 10. Mampu berbicara dalam bahasa Inggris dalam menggunakan Telephone 11. Mampu berbicara dalam bahasa Inggris dalam mengungkapakan Bill Settlement 12. Mampu berbicara dalam bahasa Inggris pada saat Shopping di Hotel. 13. Mampu menggunakan Verb Tenses and Usage 14. Mampu mempraktekan strategi dalam mengerjakan soal TOEIC 15. Mampu mempraktekan strategi dalam mengerjakan soal TOEIC |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Bahasa Inggris Perhotelan Dasar mempelajari tentang English for Specific Purposes ( ESP ) for hospitalitydan diakhir pembelajaran diharpakan mahasiswa mampu menghadapi situasi khusus yang harus mereka pahami dan adapat meresponnya dalam bahasa Inggris sesuai dengan bidang mereka dalam perhotelan. | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Greeting and Receiving Guests |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: 1. Pre-Intermediate English for International Tourism. Iwona Dubicka and Margaret O Keeffee. Longman. Pearson Education Ltd. Edinburgh Gate. Harlow. England. 2003 2. English for Professional Hotel Communication. Sutanto Leo. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta. 2003 3. FluentU TOEIC. 2021. 5 Awesome Tips to Master the TOEIC Listening Section. [online] Available at: https://www.fluentu.com/blog/toeic/toeic-listening-tips/ |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : handout, LCD, laptop, sound system, whiteboard, marker. |
|||||||
Dosen Pengampu |
Abdul Gafur, |
Mata Kuliah |
Bahasa Inggris Perhotelan Dasar |
|||
Kode Mata Kuliah |
MP120421 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | 1. Mampu berbicara dengan bahasa Inggris pada saat greeting dan receiving guests |
Ketepatan holistik dalam mengugkapkan berbagai macam ekspresi bahasa Inggris untuk greetings, introductions, asking about well being, chit chat with a guest and identify appropriate topics to talk about, and farewells.
|
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test : diskusi |
Kuliah dan drilling DK 1x (3x50') |
1. Greeting and Receiving Guests English forprofessional Hotel Communication. Sutanto Leo. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta. 2003 |
3 |
|||
2 | 2. Mampu berbicara dengan bahasa Inggris pada saat menghadapi guest request. |
Ketepatan interaktif dalam mengugkapkan berbagai macam ekspresi bahasa Inggris untuk responding to guest request dengan situasidan posisi sebagai : Bell Desk Staff, Front Desk Staff, Housekeeping staff, Kitchen Saff, Spa, etc |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test : diskusi. |
Kuliah dan role play DK 1x (3x50') |
2. Dealing with Guests Requests Pre-intermediate English for international Tourism. Iwonna Dubicka & Margaret O Keeffe.Longman. Pearson Education Ltd. Edinburgh Gate. Harlow. England 2003 |
3 |
|||
3 | 3. Mampu berbicara dengan bahasa Inggris pada saat menghadapi problems and complaints |
Ketepatan dalam mengungkapakan handling complaint,dan clarifying.
|
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test : diskusi. |
Drilling dan Diskusi DK 1x (2x50') |
3. Problems and Complaints
|
2 |
|||
4 | 4. Mampu berbicara dengan bahasa Inggris dalam mengungkapkan Giving and Receiving Compliments |
Ketepatan dalam mengugkapkan berbagai macam ekspresi bahasa Inggris pada saat Giving and Receiving Compliments |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test : diskusi |
Kuliah dan diskusi DK1x (3x50') |
4. Giving and Receiving Compliments Pre-intermediate English for international Tourism. Iwonna Dubicka & Margaret O Keeffe.Longman. Pearson Education Ltd. Edinburgh Gate. Harlow. England 2003 English forprofessional Hotel Communication. Sutanto Leo. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta. 2003 |
3 |
|||
5 | 5. Mampu berbicara dengan bahasa Inggris dalam offering help and advice |
Ketepatan dalam mempraktekan offering help and advice secara integratif |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test : diskusi. |
Kuliah dan performance DK 1x (3x50') |
5. Offering Help and Advice
English forprofessional Hotel Communication. Sutanto Leo. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta. 2003 |
3 |
|||
6 | 6. Mampu berbicara dengan bahasa Inggris dalam offering help and advice |
Ketepatan dalam menggunakan ekspresi dalam offering help and advice
|
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test : diskusi. |
Kuliah dan diskusi DK 1x (3x50') |
6. Asking for Repeats Pre-intermediate English for international Tourism. Iwonna Dubicka & Margaret O Keeffe.Longman. Pearson Education Ltd. Edinburgh Gate. Harlow. England 2003 English forprofessional Hotel Communication. Sutanto Leo. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta. 2003 |
3 |
|||
7 | 7. Mampu mendeskripsikan dalam bahasa Inggris hotel facilities. |
Ketepatan dalam mendeskripsikan hotel facilities.
|
Kriteria : Pemahaman, kelancaran komunikasi, dan keterampilan yang dimiliki Bentuk non-test : diskusi |
Kuliah dan performance DK 1x (3x50') |
7. Describing Hotel Facilities Pre-intermediate English for international Tourism. Iwonna Dubicka & Margaret O Keeffe.Longman. Pearson Education Ltd. Edinburgh Gate. Harlow. England 2003 English forprofessional Hotel Communication. Sutanto Leo. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta. 2003 |
3 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
30 |
|||||||
9 | 9. Mampu berbicara dalam bahasa Inggris dalam giving direction |
Ketepatan dalam membuat teks essay eksposisi dengan berdasarkan benda/hal yang mereka selalu lihat setiap hari. i. |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test : diskus |
Kuliah dan diskusi DK 1x (3x50') |
9. Giving Directions Pre-intermediate English for international Tourism. Iwonna Dubicka & Margaret O Keeffe.Longman. Pearson Education Ltd. Edinburgh Gate. Harlow. England 2003 English forprofessional Hotel Communication. Sutanto Leo. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta. 2003 |
3 |
|||
10 | 10. Mampu berbicara dalam bahasa Inggris dalam menggunakan Telephone |
Ketepatan dalam berbicara sebagai Telephone Operator
|
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test : diskusi. |
Kuliah dan performace DK 1x (3x50') |
10. Using the Telephone
|
2 |
|||
11 | 11. Mampu berbicara dalam bahasa Inggris dalam mengungkapakan Bill Settlement |
Ketepatan dalam mengungkapkan berbagai macam expresi dalam settling bills and receiving payment for services secara holistik
|
Kriteria : Pemahaman dan kelancaran berkomunikasi Bentuk : role play |
Kuliah dan performance DK 1x (3x50') |
11. Bill Settlement
|
3 |
|||
12 | 12. Mampu berbicara dalam bahasa Inggris pada saat Shopping di Hotel. |
Ketepatan secara interaktif dalam mengungkapkan ekspresi ketika shopping.
|
Kriteria : Pemahaman dan kelancaran bicara Bentuk : role play |
Kuliah dan performance DK 1x (3x50') |
12. Shopping at the Hotel
English forprofessional Hotel Communication. Sutanto Leo. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta. 2003 |
3 |
|||
13 | 13. Mampu menggunakan Verb Tenses and Usage |
Ketepatan dalam menyusun dan membuat kalimat dengan verb tense sceara integratif yang benar. |
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman kalimat Bentuk : diskusi |
Kuliah dan performance DK 1x (3x50') |
13. Verb Tenses and Usage FluentU TOEIC®. 2021. 5 Awesome Tips to Master the TOEIC Listening Section. [online] Available at: https://www.fluentu.com/blog/toeic/toeic-listening-tips/ |
3 |
|||
14 | 14. Mampu mempraktekan strategi dalam mengerjakan soal TOEIC |
Ketepatan dalam mengerjakan soal pada TOEIC |
Kriteria : Implementasi trik pada TOEIC Bentuk : Tes |
Kuliah dan diskusi DK 1x (3x50') |
FluentU TOEIC®. 2021. 5 Awesome Tips to Master the TOEIC Listening Section. [online] Available at: https://www.fluentu.com/blog/toeic/toeic-listening-tips/ |
3 |
|||
15 | 15. Mampu mempraktekan strategi dalam mengerjakan soal TOEIC |
Ketepatan dalam mengerjakan soal TOEIC |
Kriteria : Implementasi trik pada TOEIC Bentuk : Tes |
Kuliah dan diskusi DK 1x (3x50') |
FluentU TOEIC®. 2021. 5 Awesome Tips to Master the TOEIC Listening Section. [online] Available at: https://www.fluentu.com/blog/toeic/toeic-listening-tips/ |
3 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
30 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Abdul Gafur lahir di Balikpapan pada tanggal Jabatan fungsional Lektor Jurusan PERHOTELAN Program Studi Tata Boga |
|