.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:patria.rahmawati@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 4:02 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN AKUNTANSI |
|
||||||
PROGRAM
STUDI AKUNTANSI PERPAJAKAN |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Pendidikan Anti Korupsi |
AP120122 |
2 |
0 |
2 |
28 |
2 |
22-02-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Patria Rahmawaty S.Psi., M.MPd.Psikolog. |
Endang Sri Apriani S.E., M.E., CFRM. |
|||||||
NIP/NIK. 197601312003122002 |
NIP/NIK. 2021.90.003 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-1) Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (S-2) Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika (S-3) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (S-4) Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa (S-7) Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S-8) Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S-9) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-3) Mampu mengambil keputusan operasional yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data akuntansi untuk mememberikan alternatif solusi baik secara mandiri maupun kelompok dan mampu menyajikan laporan sesuai dengan lingkup dan tangggung jawabnya (P-4) Mampu melakukan evaluasi dan supervisi terhadap pencapaian hasil pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya baik sebagai anggota dan/atau pimpinan dalam suatu organisasi |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-2) Mampu menghasilkan informasi akuntansi yang akuntabel, benar dan wajar untuk internal perusahaan di bidang perpajakan seperti menyiapkan perhitungan dan penyetoran PPN, PPnBM menyiapkan perhitungan dan penyetoran PPh Wajib Pajak Badan Menyiapkan perhitungan dan penyetoran Wajib Pajak Asing dan menyiapkan perhitungan dan penyetoran PPh khusus |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
1. Mampu menjelaskan tentang konsep dan prinsip anti korupsi 2. Mampu menjelaskan tentang Faktor penyebab korupsi 3. Mampu menjelaskan tentang dampak masif korupsi 4. Mampu menjelaskan tentang upaya pemberantasan korupsi 5. Mampu menjelaskan tentang tindak pidana korupsi dalam perundang-undangan dan perkembanganya 6. Mampu menjelaskan gerakan kerjasama dan instrumen nasional pencegahab korupsi 7. Mampu menjelaskan gerakan kerjsama dan instrumen internasional pencegahan korupsi 8. Mampu menjelaskan sikap mahasiswa dalam dalam upaya pencegahan korupsi 9. Mampu menjelaskan tentang korupsi dan pelayanan publik |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Mampu menjelaskan tentang konsep korupsi dan prinsip anti korupsi Mampu membuat contoh pentingnya pendidikan anti korupsi di perguruan tinggi Mampu melakukan analisa tentang sejarah dan upaya pemberantasan korupsi Mampu melakukan analisa terhadap penyebab korupsi di masyarakat Mampu melakukan analisa terhadap dampak tindakan korupsi secara mikro dan makro Mampu menjelaskan berbagai bentuk tindak pidana korupsi dalam undang-undang Mampu membuat rekomendasi upaya menekan perilaku korupsi di masyarakat Mampu melakukan analisa tentang upaya pencegahab dalam layanan publik Mampu melakukan analisa terhadap kasus-kasus tindak pidana korupsi di daerah Mampu menjelaskan tindakan koruptif yang dialami oleh masyarakat Mampu menganalisa tindakan koruptif dimasyarakat Mampu membuat iklan layanan masyarakat dalam melawan korupsi Mampu mendemonstrasikan hasil pembuatan iklan layanan masyarakat anti korupsi Mampu untuk merefleksikan perkuliahan pendidikan anti korupsi dan menjadikan agen anti korupsi |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Pendidikan Anti Korupsi merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan proses belajar mengajar yang kritis terhadap nilai-nilai anti korupsi. Kuliah ini memberikan bekal pada mahasiswa untuk mengerti tentang korupsi, tindakan anti korupsi, penyebab korupsi, hukum, bentuk-bentuk korupsi baik yang terjadi secara nasional maupun internasional, pencegahan koru[si, dan melakukan analisis mendalam atas berbagai kasus korupsi yang terjadi di masyarakat. | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Pengertian korupsi dan prinsip-prinsip anti korupsi 2. Faktor-faktor penyebab korupsi 3. Dampak masif korupsi 4. Upaya pemberantasan korupsi 5. Tidak pidana korupsi dalam perundang-undangan dan perkembanganya 6. Gerakan kerjasama nasional dan instrumen nasional pencegahan korupsi 7. Gerakan kerjsama internasional pencegahan korupsi 8. Mahasiswa dalam upaya pencegahan korupsi 9. Korupsi dan pelayanan publik |
|||||||
Pustaka |
1. Halimang.2022.Pendidikan Anti KOrupsi. Yogyakarta.Bildung 2. Pangaribuan,L.2019. Tidak Pidana ekonomi dan Anti Korupsi. Jakarta. Pupus SInar SInanti 3. Pendidikan Anti Korupsi Untuk Perguruan Tinggi. Edisi Revisi Kemenristekdikti 4. Wijayanato, Ridwan Zachri (ed). Korupsi Mengorupsi Indonesia: Sebab, Akibat dan Prospek Pemberantasan.PT. Gramedia Pustaka Utama.. 2009 5. Buku KPK cek di ACLC.acle.kpk.go.id |
|||||||
Media Pembelajaran |
1. Modul Pendidikan Anti Korupsi 2. Buku Tambahan 3. laptop 4. LCD |
|||||||
Dosen Pengampu |
Patria Rahmawaty, |
Mata Kuliah |
Pendidikan Anti Korupsi |
|||
Kode Mata Kuliah |
AP120122 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Mampu menjelaskan tentang konsep korupsi dan prinsip anti korupsi |
Mampu menganalisis konsep korupsi dan integritas, nilai dan prinsip anti korupsi di indonesia |
Sikap, Keaktifan & pemahaman materi |
Karakteristik : Kontekstual Kuliah dan diskusi 2 x 50 Menit |
Konsep dan Prinsip Anti Korupsi di Indonesia |
2 |
|||
2 | Mampu membuat contoh pentingnya pendidikan anti korupsi di perguruan tinggi |
Mampu menjelaskan urgensi pendidikan anti korupsi |
Sikap, keaktifan dan pemahaman materi |
Karakteristik : Kontekstual Kuliah dan diskusi 2 x 50 Menit |
1. Pendidikan Anti Korupsi 2. Perguruan tinggi dan sikap koruptif |
2 |
|||
3 | Mampu melakukan analisa tentang sejarah dan upaya pemberantasan korupsi |
Mampu menganalisa sejarah dan upaya pemberantasan korupsi di Indonesia |
Sikap, keaktifan dan pemahaman materi |
Karakteristik : Interaktif Kuliah dan diskusi 2x 50 Menit |
1. Sejarah korupsi di iNdonesia sejak zaman kolonial hingg saat ini 2. Upaya pemberantasan korupsi dari masa ke masa |
2 |
|||
4 | Mampu melakukan analisa terhadap penyebab korupsi di masyarakat |
Mampu menganalisa faktor-faktor penyebab tindak pidana korupsi di masyarakat |
Sikap, keaktifan dan pemahaman materi |
Pendekatan saitifik, kuliah dan diskusi 2 x 50 Menit |
Faktor-faktor tindakan korupsi dimasyarakat |
3 |
|||
5 | Mampu melakukan analisa terhadap dampak tindakan korupsi secara mikro dan makro |
Mampu menganalisa dampak tindakan korupsi mikro dan makro |
Sikap, keaktifan dan pemahaman materi |
Karakteristik : Kontekstual Kuliah dan diskusi |
Dampak korupsi secara mikro dan makro |
3 |
|||
6 | Mampu menjelaskan berbagai bentuk tindak pidana korupsi dalam undang-undang |
Mampu menjelaskan berbagai bentuk tindak pidana dalam undang-undang |
Sikap, keaktifan dan pemahaman materi |
Karakteristik : Interaktif & Kontekstual Kuliah dan diskusi 2 x 50 Menit |
1. Tindak korupsi 2.Unang-undang tindak korupsi |
3 |
|||
7 | Mampu membuat rekomendasi upaya menekan perilaku korupsi di masyarakat |
Mampu menjelaskan bentuk-bentuk perilaku koruptif Upaya pemberantasan perilaku koruptif |
Sikap, keaktifan dan pemahaman materi |
Karakteristik : Interaktif Kuliah dan diskusi 2 x 50 Menit |
1. Perilaku koruptif 2. Upaya menekan perilaku koruptif dalam lingkup mikro dan makro |
2 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
25 |
|||||||
9 | Mampu melakukan analisa tentang upaya pencegahab dalam layanan publik |
Mampu menganalsa etika pelayanan publik Mampu menganalisa upaya lemahnya layanan publik dalam melawan korupsi |
Sikap, keaktifan dan pemahaman materi |
Karakteristik : Interaktif Kuliah dan diskusi 2 x 50 Meniy |
1. Etika publik 2. Korupsi dan layanan publik |
3 |
|||
10 | Mampu melakukan analisa terhadap kasus-kasus tindak pidana korupsi di daerah |
Mampu menganalisa berbagai kasus tindak korupsi di daerah seluruh Indonesia |
Sikap, keaktifan dan pemahaman matero |
Karakteristik : Kontekstual Kuliah ddan diskusi 2 x 50 Menit |
Kasus-kasus tindak pidana korupsi |
3 |
|||
11 | Mampu menjelaskan tindakan koruptif yang dialami oleh masyarakat |
Mampu menjelaskan berbagai tindakan koruptif di masyarakat |
SIkap, keaktifan dan pemaham materi |
Karalteristik : Interaktif Kuliah dan diskusi 2 x 50 Menit |
Pengalaman mahasiswa dalam menemukan tindakna koruptif di masyarakat |
2 |
|||
12 | Mampu menganalisa tindakan koruptif dimasyarakat |
Mampu menganalisa penyebab tindakan koruptif di masyarakat berdasarkan pengalaman mahasiswa |
SIkap, keaktifan dan pemahaman materi |
Karakteristik : Kontekstual & Interaktif Kuliah dan diskusi 2 x 50 Menit |
Pengalaman Mahasiswa |
5 |
|||
13 | Mampu membuat iklan layanan masyarakat dalam melawan korupsi |
Mampu untuk membuat iklan layanan masyarakat dalam melawan korupsi anti korupsi dalam bentuk audio video |
Ketepatan dalam membuat iklan layanan |
Karakteristik : Kolaboratif Kuliah dan diskusi 2 x 50 Menit |
Demo Iklan |
5 |
|||
14 | Mampu mendemonstrasikan hasil pembuatan iklan layanan masyarakat anti korupsi |
Mampu menjelaskan iklan layanan masyarakat nti korupsi dengan tema tertentu |
Diskusi dan Tanya Jawab |
Karakteristik : Kolaboratif & Interaktif Kuliah dan Diskusi 2 x 50 Menit |
Demo Iklan |
5 |
|||
15 | Mampu untuk merefleksikan perkuliahan pendidikan anti korupsi dan menjadikan agen anti korupsi |
Menjadikan pendidikan anti korupsi sebagai wadah membangun kesadaran anti korupsi |
Sikap, Keaktifan dan pemahaman materi |
Karakteristik : Kontekstual Kuliah dan diskusi 2 x 50 Menit |
Pendidikan anti korupsi selama satu semester |
5 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
30 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Patria Rahmawaty lahir di Balikpapan pada tanggal 31 Januari 1976 Jabatan fungsional Lektor Jurusan TEKNIK MESIN Program Studi Alat Berat |
|