.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:abdul.gafur@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 1:52 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN PERHOTELAN |
|
||||||
PROGRAM
STUDI PENGELOLAAN PERHOTELAN |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Bahasa Inggris Korespondensi & Presentasi |
MP360121 |
1 |
1 |
2 |
42 |
6 |
22-02-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Abdul Gafur S.Pd., M.Pd. |
Ranti Rustika S.S., M.Sc. |
|||||||
NIP/NIK. 198902182015041001 |
NIP/NIK. 199104022019032018 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-8) Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademi (S-11) Menerapkan nilai-nilai hospitality (Integritas, Sempurna, Terpercaya, Profesional, Berkepribadian), dan |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-8) Konsep dan teknik komunikasi lisan dan tulisan dalam Bahasa Indonesia, minimal satu bahasa internasional, atau minimal satu bahasa asing lainnya, dan (P-9) Prinsip dan teknik komunikasi persuasif dan lintas budaya. |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-8) Mampu merancang kegiatan promosi atas produk dan layanan hotel yang dapat menunjukan potensi nyata dari produk dan layanan yang dipromosikan pada aspek penambahan jumlah tamu |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-4) Mampu menyusun hasil kajiannya dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni yang mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mahasiswa mampu membuat surat-surat dan melakukan presentasi secara baik di tempat kerja dengan mengikuti aturan penulisan surat dan presentasi yang sudah baku. |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
1. Mampu mempersiapkan diri untuk dapat menghadapi dunia kerja dan sikap yang harus dimiliki sebagai job seeker 2. Mampu mempelajari jenis-jenis surat formal dalam bahasa Inggris 1 3. Mampu mempelajari jenis-jenis surat formal dalam bahasa Inggris 2 4. Mampu menganalisis jenis lowongan pekerjaan 5. Mampu Membuat surat lamaran pekerjaan sesuai lowongan pekerjaan 6. Mampu mengidentifikasi diri dan membuat Curriculum Vitae sendiri 7. Mampu membedakan antara CV dan Resume serta dapat membuat resume diri sendiri 9. Mampu mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan pada saat job getting ( sikap, performace, dan tata cara pada saat job interview). 10. Mampu menganalisa pertanyaan pada saat job interview dan mempraktekkan bagaimana menjawab pertanyaan tersebut. 11. Mampu membuat konsep presentasi dalam bahasa Inggris 12. Mampu membuat visual aids atau Power points dari konsep presentasi yang telah dirancang 13. Mampu mempraktikan Business Presentation di depan publik 14. Mampu menganalisa bentuk trik penguasaan soal-soal TOEIC 15. Mampu mengerjakan soal TOEIC |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah Bahasa Inggris Korespondensi & Presentasi adalah mata kuliah yang memberikan pengetahuan, melatih keterampilan dalam 4 sub skil, yakni: mendengarkan/menyimak, berbicara, membaca dan menulis dalam Bahasa Inggris. Selain memberikan pengetahuan dan melatih keterampilan, mata kuliah ini juga membentuk sikap mahasiswa, di antaranya kerajinan, disiplin dan bertanggungjawab untuk mengikuti perkuliahan dan mengerjakan tugas-tugas yang terkait dengan mata kuliah. Mata ini memberikan pengetahuan dan keterampilan berbahasa Inggris yang terkait tentang penulisan surat menyurat termasuk didalamnya membuat surat lamaran, curriculum vitae, menguasai wawancara kerja dalam bahasa Inggris, serta dapat melakukan presentasi-presentasi bisnis maupun akademis. Selain itu mata kuliah ini juga memberikan pengetahuan terkait menyelesaikan soal-soal pada TOEIC. | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Introduction to the working world |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: 1. Lasswell, David, A Guide for a Job Search Key for Moving Up, 2006 2. Gartside, L. 1989. Modern Business Correspondence. Jakarta: Binarupa
Aksara. 3. Christie, Deon, Internet Affiliate Marketing Jobs& The 3 Sequential Basic Steps, 2016 4. FluentU TOEIC®. 2021. 5 Awesome Tips to Master the TOEIC Listening Section. [online] Available at: https://www.fluentu.com/blog/toeic/toeic-listening-tips/ |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : power point slide alat: Laptop Proyektor Papan tulis |
|||||||
Dosen Pengampu |
Abdul Gafur, |
Mata Kuliah |
Bahasa Inggris Korespondensi & Presentasi |
|||
Kode Mata Kuliah |
MP360121 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | 1. Mampu mempersiapkan diri untuk dapat menghadapi dunia kerja dan sikap yang harus dimiliki sebagai job seeker |
Ketepatan holistik mahasiswa dalam memahami dunia kerja yang akan dihadapi setelah lulus dari kampus nantinya. |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test : diskusi. |
Kuliah dan diskusi (3 x 50 Menit) |
1. Introduction to the working world Lasswell, David, A Guide for a Job Search Key for Moving Up, 2006 |
3 |
|||
2 | 2. Mampu mempelajari jenis-jenis surat formal dalam bahasa Inggris 1 |
Ketepatan mempelajari dan mengidentifikasi jenis-jenis surat formal yang sering digunakan dalam korespondensi di perkantoran dalam bahasa Inggris |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test : diskusi. |
Kuliah dan diskusi (3 x 50 Menit) |
2. English Correspondence 1 Gartside, L. 1989. Modern Business Correspondence. Jakarta: Binarupa Aksara. |
3 |
|||
3 | 3. Mampu mempelajari jenis-jenis surat formal dalam bahasa Inggris 2 |
Mampu membuat setidaknya 2 atau 3 jenis surat formal dalam business correspondence in English secara integratif |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test : diskusi. |
Kuliah dan diskusi (2 x 50 Menit) |
3. English Correspondence 2 Gartside, L. 1989. Modern Business Correspondence. Jakarta: Binarupa Aksara. |
2 |
|||
4 | 4. Mampu menganalisis jenis lowongan pekerjaan |
Ketepatan dalam mengidentifikasi lowongan pekerjaan yang ada di berbagai sumber informasi |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test : diskusi. |
Kuliah dan diskusi (3 x 50 Menit) |
4. Making Cover Letter 1 Lasswell, David, A Guide for a Job Search Key for Moving Up, 2006 |
3 |
|||
5 | 5. Mampu Membuat surat lamaran pekerjaan sesuai lowongan pekerjaan |
Ketepatan dalam membuat surat lamaran pekerjaan yang sesuai dengan lowongan pekerjaan yang dicari dalam bahasa Inggris |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test : diskusi. |
Kuliah dan diskusi (3 x 50 Menit) |
5. Making Cover Letter 2 Lasswell, David, A Guide for a Job Search Key for Moving Up, 2006 |
3 |
|||
6 | 6. Mampu mengidentifikasi diri dan membuat Curriculum Vitae sendiri |
Ketepatan dalam membuat identifikasi diri dan menuangkannya dalam bentuk Curriculum Vitae yang digunakan untuk melamar pekerjaan |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test : diskusi. |
Kuliah dan diskusi (3 x 50 Menit) |
6. Making CV Lasswell, David, A Guide for a Job Search Key for Moving Up, 2006 |
3 |
|||
7 | 7. Mampu membedakan antara CV dan Resume serta dapat membuat resume diri sendiri |
Ketepatan secara integratif membuat perbedaan antara CV dan Resume serta dapat membuat Resume dari identifikasi diri yang telah dibuat sebelumnya |
Kriteria : Pemahaman, kelancaran komunikasi, dan keterampilan yang dimiliki Bentuk non-test : diskusi |
Kuliah dan diskusi (3 x 50 Menit) |
Lasswell, David, A Guide for a Job Search Key for Moving Up, 2006 |
3 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
30 |
|||||||
9 | 9. Mampu mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan pada saat job getting ( sikap, performace, dan tata cara pada saat job interview). |
Ketepatan dalam bersikap dan dapat menggunakan dress code yang sesuai pada saat mengahadapi job interview. |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test : diskusi. |
Kuliah dan diskusi (3 x 50 Menit) |
9. Job Interview 1 Lasswell, David, A Guide for a Job Search Key for Moving Up, 2006 |
3 |
|||
10 | 10. Mampu menganalisa pertanyaan pada saat job interview dan mempraktekkan bagaimana menjawab pertanyaan tersebut. |
Ketepatan secara interaktif menjawab pertanyaan pada saat job interview dan didukung dengan kemapuan mahasiswa dalam memahami kompetensi apa saja yang dimiliki disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan yang akan didaftar. |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test : diskusi. |
Kuliah dan diskusi (3 x 50 Menit) |
10. Job Interview 2 Lasswell, David, A Guide for a Job Search Key for Moving Up, 2006 |
2 |
|||
11 | 11. Mampu membuat konsep presentasi dalam bahasa Inggris |
Ketepatan dalam membuat outline dan konsep dari presentasi bisnis yang akan di lakukan |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test : diskusi. |
Kuliah dan diskusi (3 x 50 Menit) |
11. Introduction to Presentation Structure
|
3 |
|||
12 | 12. Mampu membuat visual aids atau Power points dari konsep presentasi yang telah dirancang |
Ketepatan dalam mempraktekan dan mengimplementasikan konsep presentasi yang akan dilakukan kedalam bentuk bantuan presentasi berupa power points |
Kriteria : Pemahaman dan implementasi Bentuk : Tes dan diskusi |
Kuliah dan tes (3 x 50 Menit) |
12. Making Visual Aids for Presentations Lasswell, David, A Guide for a Job Search Key for Moving Up, 2006 |
3 |
|||
13 | 13. Mampu mempraktikan Business Presentation di depan publik |
Ketepatan secara interaktif dalam mempraktekan presentasi bisnis di depan publik berdasarkan konsep dan visual aids yang telah dibuat sebelumnya |
Kriteria : Pemahaman dan implementasi trik Bentuk : Tes dan diskusi |
Kuliah dan tes (3 x 50 Menit) |
13. Business Presentation Christie, Deon, Internet Affiliate Marketing Jobs& The 3 Sequential Basic Steps, 2016 |
3 |
|||
14 | 14. Mampu menganalisa bentuk trik penguasaan soal-soal TOEIC |
Ketepatan dalam mempraktekan bentuk trik - trik TOEIC Prediction Test dan terdapat peningkatan skor TOEIC dengan mengimplementasikan trik tersebut. |
Kriteria : Pemahaman dan implementasi trik Bentuk : Tes dan diskusi |
Kuliah dan tes (3 x 50 Menit) |
14. TOEIC Tips and Trick FluentU TOEIC®. 2021. 5 Awesome Tips to Master the TOEIC Listening Section. [online] Available at: https://www.fluentu.com/blog/toeic/toeic-listening-tips/ |
3 |
|||
15 | 15. Mampu mengerjakan soal TOEIC |
Ketepatan holistik dalam mengerjakan soal TOEIC |
Kriteria : Pemahaman dan implementasi trik Bentuk : Tes |
Kuliah dan tes (3 x 50 Menit) |
15. TOEIC FluentU TOEIC®. 2021. 5 Awesome Tips to Master the TOEIC Listening Section. [online] Available at: https://www.fluentu.com/blog/toeic/toeic-listening-tips/ |
3 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
30 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Abdul Gafur lahir di Balikpapan pada tanggal Jabatan fungsional Lektor Jurusan PERHOTELAN Program Studi Tata Boga |
|