.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:abdul.gafur@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 1:08 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN PERHOTELAN |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TATA BOGA |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
BAHASA INGGRIS PROFESI MENENGAH |
TB240115 |
1 |
1 |
2 |
56 |
4 |
22-02-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Abdul Gafur S.Pd., M.Pd. |
Dr. Tuatul Mahfud S.Pd., M.Pd. |
|||||||
NIP/NIK. 198902182015041001 |
NIP/NIK. 198609252012121001 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-2) Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika (S-5) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (S-6) Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (S-7) Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S-9) Menunjukkan sikap tanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-13) Menguasai minimal salah satu bahasa internasional (P-14) Menguasai prinsip dan teknik komunikasi efektif untuk bekerja dalam tim (P-18) Menguasai prinsip dan teknik komunikasi persuasi dalam pemasaran produk-produk masakan |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-4) Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengkomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan (KU-5) Mampu bekerjasama, berkomunikasi, berinovatif dalam pekerjaannya |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-9) Mampu berkomunikasi dalam bahasa asing (KK-12) Mampu menerapkan teknik-teknik berkomunikasi secara efektif (KK-15) Mampu menyiapkan dan menyusun laporan tertulis tentang hasil pekerjaan baik yang menjadi tanggung jawabnya sendiri maupun menjadi tanggungjawab kelompok kerja (team work) secara komprehensif |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mahasiswa mampu menggunakan struktur dan pola kalimat dalam bahasa inggris secara benar serta mampu mengungkapkan berbagai gagasan secara tertulis dengan menggunakan berbagai pola kalimat dan kosakata yang diperlukan untuk menciptakan berbagai teks Mahasiswa mampu mengetahui pentingnya Bahasa Inggris di dunia tata boga Mahasiswa mampu berpidato dalam Bahasa inggris mengenai pentingnya Bahasa Inggris di Restoran |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
1. Mahasiswa mampu menguasai kalimat aktif dan passive dalam Bahasa Inggris berdasarkan Tenses dasar yang mereka pelajari. Dan mahasiswa mampu mengerjakan soal Structure and Written Expression pada TOEFL dengan cepat dan terjadi peningkatan skor TOEFL mahasiswa yang signifikan secara bertahap. 2. Mampu mempelajari formula Simple Present Tense serta menerapkannya pada kalimat 3. Mampu mempelajari formula Past Tense serta menerapkannya pada kalimat 4. Mampu mempelajari formula Present Continuous Tense serta menerapkannya pada kalimat. 5. Mampu mempelajari formula Future Tense serta menerapkannya pada kalimat. 6. Mampu Mempelajari formula Present Perfect Tense serta menerapkannya pada kalimat. 7. Mampu mempelajari bentuk formula kalimat Agreement/ Concord 9. Mampu mempelajari teks essay narasi dengan berdasarkan runtutan kejadian sehari-hari yang dialami. 10. Mampu mempelajari teks essay eksposisi dengan berdasarkan benda/hal yang mereka selalu lihat setiap hari. 11. Mampu membuat teks pidato bahasa inggris mengenai promosi restoranrestoran yang mereka buat sendiri. 12. Mampu mempelajari cara-cara membuat teks prosedur dalam bahasa inggris mengenai menu-menu aneka masakan. 13. Mampu mempelajari cara-cara membuat teks prosedur dalam bahasa inggris mengenai menu-menu aneka masakan Indonesia (Appetizer and Soup / makanan pembuka dan makanan berkuah). 14. Mampu mempelajari cara-cara membuat teks prosedur dalam bahasa inggris mengenai menu-menu aneka masakan Indonesia (Main Course/ Makanan Utama). 15. Mampu mempelajari cara-cara membuat teks prosedur dalam bahasa inggris mengenai menu-menu aneka masakan Indonesia (Dessert and Beverage/ Makanan penutup dan Minuman). |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah BAHASA INGGRIS PROFESI MENENGAH mempelajari dan membuat bentuk-bentuk kalimat berbahasa Inggris sesuai dengan tenses (grammar) juga mampu menulis pola-pola kalimat yang benar dalam bentuk essay. Serta mahasiswa mampu mempresentasikan menu-menu makanan terutama masakan Indonesia dalam Bahasa Inggris dengan benar | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1.Grammar for TOEFL |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: Adamson, D. 1989. International Hotel English. Hemel Hemstead. Prentice Hall. Clynes, A. 1983. English for Food and Beverage Service. Nusa Dua: BPLP Bali.
Deterding, David. (2001). The Grammar of English. Singapore:Pearson Education Asia Pte Ltd
Hinkel, Eli (2005). TOEFL Test Strategies.: Jakarta : Binarupa Aksara Publishing Co.
Keane, L. 1990. International Restaurant English. Hemel Hemstead. Prentice Hall.
Muliana, I Wayan, M.Ed. 2013. Basic English for Food and Beverage Service. Sekolah Tinggi Pariwisata Bali. Bali.
Tumidjo, and Riyanto, Slamet. (2015). Buku Terbaik Belajar TOEFL Untuk Pemula. Yogyakarta: Local Books Distribution and Sketsa
Schrampfer, Betty. (1992). Fundamentals of English Grammar. Prentice-Hall, Inc.
Sharpe, J Pamela. (2005). How to prepare for the TOEFL Test. Jakarta: Binarupa Aksara
Yates, C. St J. 1991. May I Help You: English in Tourism. Cassel. London |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : - Modul pegangan mahasiswa
- Dictionary
- Bahan ajar pegangan dosen |
|||||||
Dosen Pengampu |
Abdul Gafur, |
Mata Kuliah |
BAHASA INGGRIS PROFESI MENENGAH |
|||
Kode Mata Kuliah |
TB240115 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | 1. Mahasiswa mampu menguasai kalimat aktif dan passive dalam Bahasa Inggris berdasarkan Tenses dasar yang mereka pelajari. Dan mahasiswa mampu mengerjakan soal Structure and Written Expression pada TOEFL dengan cepat dan terjadi peningkatan skor TOEFL mahasiswa yang signifikan secara bertahap. |
Ketepatan mengerjakan soal-soal TOEFL |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test : diskusi. |
Kuliah dan diskusi TM 2x (3x50') Tugas kelompok : BT+BM : (1+1)x (2x50') |
Grammar for TOEFL Deterding, David. (2001). The Grammar of English. Singapore:Pearson Education Asia Pte Ltd |
3 |
|||
2 | 2. Mampu mempelajari formula Simple Present Tense serta menerapkannya pada kalimat |
Ketepatan dalam mengerjakan soal-soal Simple Present Tense |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test : diskusi. |
Kuliah dan diskusi TM 1x (3x50') |
Simple present tense Deterding, David. (2001). The Grammar of English. Singapore:Pearson Education Asia Pte Ltd |
3 |
|||
3 | 4. Mampu mempelajari formula Present Continuous Tense serta menerapkannya pada kalimat. |
Ketepatan dalam mengerjakan soal-soal Simple Past Tense |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test : diskusi |
Kuliah dan diskusi TM 1x (3x50') |
Simple Past Tense Hinkel, Eli (2005). TOEFL Test Strategies.: Jakarta : Binarupa Aksara Publishing Co. |
2 |
|||
4 | 4. Mampu mempelajari formula Present Continuous Tense serta menerapkannya pada kalimat. |
Ketepatan dalam mengerjakan soal-soal Active dan Passive pada Present Continuous Tense |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test : diskusi. |
Kuliah dan diskusi TM 1x (3x50') |
Present Continuous Tense Tumidjo, and Riyanto, Slamet. (2015). Buku Terbaik Belajar TOEFL Untuk Pemula. Yogyakarta: Local Books Distribution and Sketsa Schrampfer, Betty. (1992). Fundamentals of English Grammar. Prentice-Hall, Inc. Sharpe, J Pamela. (2005). How to prepare for the TOEFL Test. Jakarta: Binarupa Aksara |
3 |
|||
5 | 5. Mampu mempelajari formula Future Tense serta menerapkannya pada kalimat. |
Ketepatan dalam mengerjakan soal-soal Future Tense |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test : diskusi. Tes : Quiz |
Kuliah dan diskusi TM 1x (3x50') |
Future Tense Deterding, David. (2001). The Grammar of English. Singapore:Pearson Education Asia Pte Ltd Hinkel, Eli (2005). TOEFL Test Strategies.: Jakarta : Binarupa Aksara Publishing Co. |
3 |
|||
6 | 6. Mampu Mempelajari formula Present Perfect Tense serta menerapkannya pada kalimat. |
Ketepatan dalam mengerjakan soal-soal Present Perfect Tense
|
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test : diskusi. |
Kuliah dan diskusi TM 1x (3x50') |
Present Perfect Tense Tumidjo, and Riyanto, Slamet. (2015). Buku Terbaik Belajar TOEFL Untuk Pemula. Yogyakarta: Local Books Distribution and Sketsa |
3 |
|||
7 | 7. Mampu mempelajari bentuk formula kalimat Agreement/ Concord |
Ketepatan dalam mengerjakan soal-soal Agreement/Concord |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test : diskusi. |
Kuliah dan diskusi TM 1x (3x50') |
Agreement/Concord Deterding, David. (2001). The Grammar of English. Singapore:Pearson Education Asia Pte Ltd Hinkel, Eli (2005). TOEFL Test Strategies.: Jakarta : Binarupa Aksara Publishing Co. |
3 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
30 |
|||||||
9 | 9. Mampu mempelajari teks essay narasi dengan berdasarkan runtutan kejadian sehari-hari yang dialami. |
Membuat teks essay narasi dengan berdasarkan runtutan kejadian sehari-hari yang dialami. |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test : diskusi. |
Kuliah dan diskusi TM 1x (3x50') |
Writing Ability 1 Schrampfer, Betty. (1992). Fundamentals of English Grammar. Prentice-Hall, Inc. |
3 |
|||
10 | 10. Mampu mempelajari teks essay eksposisi dengan berdasarkan benda/hal yang mereka selalu lihat setiap hari. |
Membuat teks essay eksposisi dengan berdasarkan benda/hal yang mereka selalu lihat setiap hari.
|
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test : diskusi. |
Kuliah dan diskusi TM 1x (3x50') |
Writing Ability 2 Schrampfer, Betty. (1992). Fundamentals of English Grammar. Prentice-Hall, Inc |
2 |
|||
11 | 11. Mampu membuat teks pidato bahasa inggris mengenai promosi restoranrestoran yang mereka buat sendiri. |
Mampu presentasi dan berpromosi mengenai restoran yang mereka buat sendiri.
|
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test : diskusi. |
Kuliah dan diskusi TM 1x (3x50') |
Explaining the Menu 1 Yates, C. St J. 1991. May I Help You: English in Tourism. Cassel. London |
3 |
|||
12 | 12. Mampu mempelajari cara-cara membuat teks prosedur dalam bahasa inggris mengenai menu-menu aneka masakan. |
Mempresentasikan mengenai menu-menu aneka Masakan. |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test : diskusi. |
Kuliah dan diskusi TM 1x (3x50') |
Explaining the Menu 2 Yates, C. St J. 1991. May I Help You: English in Tourism. Cassel. London |
3 |
|||
13 | 13. Mampu mempelajari cara-cara membuat teks prosedur dalam bahasa inggris mengenai menu-menu aneka masakan Indonesia (Appetizer and Soup / makanan pembuka dan makanan berkuah). |
Mahasiswa mampu presentasi mengenai menu-menu aneka masakan Indonesia (Appetizer and Soup / makanan pembuka dan makanan berkuah).
|
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test : diskusi.
|
Kuliah dan diskusi TM 1x (3x50') |
Presentation of Indonesian Food Adamson, D. 1989. International Hotel English. Hemel Hemstead. Prentice Hall. |
3 |
|||
14 | 14. Mampu mempelajari cara-cara membuat teks prosedur dalam bahasa inggris mengenai menu-menu aneka masakan Indonesia (Main Course/ Makanan Utama). |
Mahasiswa mampu presentasi mengenai menu-menu aneka masakan Indonesia (Main Course/ Makanan Utama).
|
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test : diskusi. |
Kuliah dan diskusi TM 1x (3x50') |
Presentation of Indonesian Food 2 Adamson, D. 1989. International Hotel English. Hemel Hemstead. Prentice Hall. |
3 |
|||
15 | 15. Mampu mempelajari cara-cara membuat teks prosedur dalam bahasa inggris mengenai menu-menu aneka masakan Indonesia (Dessert and Beverage/ Makanan penutup dan Minuman). |
Mahasiswa mampu presentasi mengenai menu-menu aneka masakan Indonesia (Dessert and Beverage/ Makanan penutup dan Minuman).
|
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test : diskusi. |
Kuliah dan diskusi TM 1x (3x50') |
Presentation of Indonesian Food 3 Adamson, D. 1989. International Hotel English. Hemel Hemstead. Prentice Hall. |
3 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
30 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Abdul Gafur lahir di Balikpapan pada tanggal Jabatan fungsional Lektor Jurusan PERHOTELAN Program Studi Tata Boga |
|