.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:armin@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 1:17 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK ELEKTRONIKA |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Pemrograman Web |
TE240622 |
1 |
2 |
3 |
70 |
4 |
04-03-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Drs. Armin M.T. |
Qory Hidayati S.T., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 196408211988031006 |
NIP/NIK. 198611142019032014 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-9) Menunjukan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahlian secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-3) Menguasai pengetahuan tentang perangkat pemrograman, simulasi dan penggunaan teknologi informasi untuk rekayasa dan penyelesaian pekerjaan bidang instrumentasi dan sistem kendali (P-5) Menguasai konsep teoritis tentang sains terapan pada bidang instrumentasi dan sistem kendali |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur (KU-5) Mampu bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovatif pada bidang instrumentasi dan sistema kendali |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-4) Mampu melakukan pengujian dan pengukuran instrumentasi dan system kendali berdasarkan prosedur dan standar IEC untuk menganalisis, menginterpretasi dan menerapkan sesuai peruntukan (KK-5) Mampu menggunakan alat ukur elektronik perangkat lunak, simulasi dan penggunaan teknologi informasi untuk rekayasa, penyelesaian pekerjaan dalam bidang instrumentasi dan sistem kendali (KK-6) Mampu mengimplementasikan sistem kendali, mikrokontroler, PLC berdasarkan standar IEC (KK-8) Mampu mengintegrasikan sistem kendali dengan menggunakan komunikasi kabel dan atau nirkabel |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK-1: Menguasai pengetahuan perangkat pemrograman dan penggunaan teknologi informasi untuk rekayasa dan penyelesaian pekerjaan bidang instrumentasi dan sistem kendali, serta menguasai konsep teoritis tentang sains terapan (P3)(P5) CPMK-2: Mampu menggunakan teknologi informasi untuk rekayasa penyelesaian pekerjaan dalam bidang instrumentasi dan sistem kendali dengan kinerja yang bermutu dan terukur dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (KK5, KU2) CMPK-3: Mampu merealisasikan rancangan sistem kendali sederhana yang memenuhi kebutuhan spesifik berdasarkan standar IEC dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, K3, dan lingkungan. (KK4, KK6,KK7,KK8) CPMK-4: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahlian secara mandiri maupun bekerja sama dalam tim. (S9, KU5) |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
SUB-CPMK-1: Mampu merumuskan algoritma dan flowchart penyelesaian suatu masalah. SUB-CPMK-2: Mampu merancang dan mengimplementasikan user interface. SUB-CPMK-3: Mampu menerapkan perintah eksekusi bahasa pemrograman berbasis teks, grafik, dan multimedia. SUB-CPMK-4: Mampu menyusun fungsi, file, atau sumber daya pemrograman yang lain dalam organisasi yang rapi. SUB-CPMK-5: Mampu menulis kode dengan prinsip sesuai guidelines dan best practices SUB-CPMK-6: Mampu mengimplementasikan pemrograman terstruktur SUB-CMPK-7: Mampu menggunakan Library atau Komponen Pre-Existing |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah Pemrograman Web adalah mata kuliah yang membahas tentang logika pemrograman serta perancangan dan pembuatan aplikasi berbasis web dengan bahasa Prepocessor Hypertext Programming (PHP) dan atau Framework-nya. Selain itu mata kuliah ini juga mempelajari cara pembuatan user interface menggunakan CSS dan atau bootstrap dan sekaligus koneksi ke database management system yang diterapkan pada bidang elektronika. | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Merumuskan algoritma dan flowchart penyelesaian suatu masalah. |
|||||||
Pustaka |
Pratama, Andre. 2016. PHP Uncover, Panduan PHP Lengkap Untuk Pemula. Duniailkom.com Pustaka Pendukung: Inixindo. 2014. Building Application PHP and MySQL. Yogyakarta: Inixindo Hartono, Jogiyanto. 2009. Pengenalan Komputer: Dasar Ilmu Komputer, Pemrograman, Sistem Informasi, dan Intelegensi Buatan. Yogyakarta: Andi |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Ruangan Lab Pemrograman dan perlengkapannya, Panduan Praktek, proyektor dan layar, laptop, PC, whiteboard, spidol warna (hitam, merah dan biru), koneksi internet. |
|||||||
Dosen Pengampu |
Armin, |
Mata Kuliah |
Pemrograman Web |
|||
Kode Mata Kuliah |
TE240622 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | SUB-CPMK-1: Mampu merumuskan algoritma dan flowchart penyelesaian suatu masalah. |
1.1 Ketepatan menginstalasi alat bantu pengembangan web pada komputer kerja |
Kriteria: Bentuk Penilaian: |
Metode Pembelajaran: Catatan: Penugasan Terstruktur, Kegiatan Mandiri, dan Praktikum menggunakan RTM1 Karakteristik Pembelajaran: |
Pengantar Algoritma dan Flowchart Utama : |
2 |
|||
2,3 | SUB-CPMK-2: Mampu merancang dan mengimplementasikan user interface. |
2.1. Ketepatan merancang User Interface |
Kriteria: Bentuk Penilaian: |
Metode Pembelajaran: Karakteristik Pembelajaran: |
Mengimplementasikan dan mengidentifikasi rancangan user interface Utama : |
2 |
|||
SUB-CPMK-2: Mampu merancang dan mengimplementasikan user interface. |
3.1. Ketepatan mengembangkan program aplikasi yang sudah ada menjadi program aplikasi yang sesuai kebutuhan |
Kriteria: Bentuk Penilaian: |
Metode Pembelajaran: Karakterisik Pembelajaran: |
Mengimplementasikan User Interface Utama: |
10 |
||||
4,5,6,7 | SUB-CPMK-3: Mampu menerapkan perintah eksekusi bahasa pemrograman berbasis teks, grafik, dan multimedia. |
4.1. Ketepatan mengidentifikasi mekanisme running atau eksekusi source code |
Kriteria: Bentuk Penilaian: |
Metode Pembelajaran: Karakteristik Pembelajaran: |
Menerapkan perintah eksekusi bahasa pemrograman berbasis teks, grafik, dan multimedia Utama: |
3 |
|||
SUB-CPMK-3: Mampu menerapkan perintah eksekusi bahasa pemrograman berbasis teks, grafik, dan multimedia. |
5.1. Ketepatan menggunakan Fungsi Javascript |
Kriteria: Bentuk Penilaian: |
Metode Pembelajaran: Karakteristik Pembelajaran: |
Menerapkan perintah eksekusi bahasa pemrograman berbasis teks, grafik, dan multimedia Utama: |
2 |
||||
SUB-CPMK-3: Mampu menerapkan perintah eksekusi bahasa pemrograman berbasis teks, grafik, dan multimedia. |
6.1. Ketepatan mengeksekusi source code (XAMPP, PHP) |
Kriteria: Bentuk Penilaian: |
Metode Pembelajaran: Karakteristik Pembelajaran: |
Menerapkan perintah eksekusi bahasa pemrograman berbasis teks, grafik, dan multimedia Utama: |
2 |
||||
SUB-CPMK-3: Mampu menerapkan perintah eksekusi bahasa pemrograman berbasis teks, grafik, dan multimedia. |
7.1. Ketepatan membuat Login Validation |
Kriteria: Bentuk Penilaian: |
Metode Pembelajaran: Karakteristik Pembelajaran: |
Menerapkan perintah eksekusi bahasa pemrograman berbasis teks, grafik, dan multimedia Utama: |
10 |
||||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
10 |
|||||||
9 | SUB-CPMK-4: Mampu menyusun fungsi, file, atau sumber daya pemrograman yang lain dalam organisasi yang rapi. |
9.1. Ketepatan mengksekusi script Web sesuai skenario |
Kriteria: Bentuk Penilaian: |
Metode Pembelajaran: Karakteristik Pembelajaran: |
Menyusun fungsi, file, atau sumber daya pemrograman yang lain dalam organisasi yang rapi Utama: |
5 |
|||
10 | SUB-CPMK-5: Mampu menulis kode dengan prinsip sesuai guidelines dan best practices |
10.1. Ketepatanmenggunakan tipe data dan kontrol program pada PHP |
Kriteria: Bentuk Penilaian: |
Metode Pembelajaran: Karakteristik Pembelajaran: |
Menulis kode dengan prinsip sesuai guidelines dan best practices. Utama: |
5 |
|||
11,12,13 | SUB-CPMK-6: Mampu mengimplementasikan pemrograman terstruktur |
11.1. Ketepatan membuat program sederhana |
Kriteria: Bentuk Penilaian: |
Metode Pembelajaran: Karakteristik Pembelajaran: |
Mengimplementasikan pemrograman terstruktur Utama: |
2 |
|||
SUB-CPMK-6: Mampu mengimplementasikan pemrograman terstruktur |
12.1 Ketepatan membuat program menggunakan array |
Kriteria: Bentuk Penilaian: |
Metode Pembelajaran: Karakteristik Pembelajaran: |
Mengimplementasikan pemrograman terstruktur Utama: |
2 |
||||
SUB-CPMK-6: Mampu mengimplementasikan pemrograman terstruktur |
13.1 Ketepatan membuat data entry pada website |
Kriteria: Bentuk Penilaian: |
Metode Pembelajaran: Karakteristik Pembelajaran: |
Mengimplementasikan pemrograman terstruktur Utama: |
10 |
||||
14,15 | SUB-CMPK-7: Mampu menggunakan Library atau Komponen Pre-Existing |
14.1 Ketepatan membuat fungsi Create & Read dari/ke database |
Kriteria: Bentuk Penilaian: |
Metode Pembelajaran: Karakteristik Pembelajaran: |
Menggunakan Library atau Komponen Pre-Existing Utama: |
10 |
|||
SUB-CMPK-7: Mampu menggunakan Library atau Komponen Pre-Existing |
15.1. Ketepatan Membuat Program Update dan Delete pada PHP dengan Menggunakan Database MySQL |
Kriteria: Bentuk Penilaian: |
Metode Pembelajaran: Proyek ke-6: Karakteristik Pembelajaran: |
Menggunakan Library atau Komponen Pre-Existing Utama: |
15 |
||||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
10 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Armin lahir di Mendingin pada tanggal Jabatan fungsional Lektor Jurusan TEKNIK ELEKTRO Program Studi Teknik Elektronika |
|