.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:masrul.huda@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 3:40 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN AKUNTANSI |
|
||||||
PROGRAM
STUDI PERBANKAN DAN KEUANGAN DIGITAL |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
English For Banking |
PK.240122 |
1 |
1 |
2 |
42 |
4 |
22-02-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Masrul Huda M.A. |
Kety Lulu Agustin S.E., M.M. |
|||||||
NIP/NIK. 198810072018031001 |
NIP/NIK. 2021.90.005 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-3) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Menguasai konsep tentang produk dan jasa bank (P-3) Menguasai konsep dan teknik praktikum perbankan |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-3) Mampu mengkaji kasus penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang bidang Perbankan dan Keuangan Digital dalam rangka menghasilkan prototype, prosedur baku, desain atau karya seni, menyusun hasil kajiannya dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi (KU-9) Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-2) Mampu mengembangkan kompetensi Perbankan dan Keuangan Digital untuk mendukung kemajuan industri (KK-3) Mampu menerapkan prinsip dan praktik good corporate governance sesuai standar yang berlaku di industri Perbankan dan Keuangan Digital (KK-11) Mampu melakukan proses transaksi back office dan proses transaksi end of period |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mahasiswa mempunyai pengetahuan dan mampu menerapkan Bahasa Inggris yang dipergunakan dalam dunia bisnis khususnya perbankan |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub CPMK 1 Mahasiswa mampu menjelaskan mengenai tujuan mata kuliah English for Banking Sub CPMK 2 Mahasiswa mampu mengidentifikasi Types of Companies Sub CPMK 3 Mahasiswa mampu untuk Describing Companies Sub CPMK 4 Mahasiswa mampu menjelaskan Products & Services in business Sub CPMK 5 Mahasiswa mampu menjelaskan Company Histories Sub CPMK 6 Mahasiswa mampu menggunakan ungkapan untuk Visiting Companies Sub CPMK 7 Mahasiswa mampu menjelaskan Business Cultures Sub CPMK 8 Mahasiswa mampu melakukan Interview Sub CPMK 9 Mahasiswa mampu berperan sebagai Customer Service Sub CPMK 10 Mahasiswa mampu menggunakan ungkapan Customer Satisfaction Sub CPMK 11 Mahasiswa mampu menjelaskan E-Commerce Sub CPMK 12 Mahasiswa mampu menggunakan ungkapan Dealing with Orders Sub CPMK 13 Mahasiswa mampu menggunakan ungkapan Handling Complaints Sub CPMK 14 Mahasiswa mampu menjelaskan Jobs & Responsibilities |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah English for Banking diperuntukkan untuk mempelajari Bahasa Inggris yang berhubungan dengan dunia bisnis khususnya perbankan dalam konteks tata bahasa baku dan budaya bisnis | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
- Introduction to English for Banking |
|||||||
Pustaka |
1. Taylor, John and Peltier, Stephen. (2011). Career Paths: Accounting. Express Publishing:UK |
|||||||
Media Pembelajaran |
White board, Laptop, LCD |
|||||||
Dosen Pengampu |
Masrul Huda, |
Mata Kuliah |
English For Banking |
|||
Kode Mata Kuliah |
PK.240122 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub CPMK 1 Mahasiswa mampu menjelaskan mengenai tujuan mata kuliah English for Banking |
Mahasiswa mampu menjelaskan poin penting pembelajaran dan memiliki motivasi dalam mempelajari English for Banking |
Sikap dan Keaktifan (Rubrik Afektif) |
Ceramah Tanya-Jawab BM 1 x 60 menit (Membaca learning contract dan RPS di BLP) TM 1 x 50 menit Pemaparan learning contract dan pengenalan English for Banking secara umum BT 1 x 60 menit Mengerjakan fill in the blank exercise Karakteristik: - Interaktif - Holistik - Integratif |
Introduction to English for Banking
#Pustaka 1 |
2 |
|||
2 | Sub CPMK 2 Mahasiswa mampu mengidentifikasi Types of Companies |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi serta membedakan jenis-jenis perusahaan dalam dunia bisnis |
Sikap dan Keaktifan Soal Pilihan Ganda |
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi BM 1 x 60 menit (Menonton video pada platform Youtube dan membuat mind map) TM 1 x 50 menit Pemaparan materi BT 1 x 60 menit Mengerjakan multiple choice Karakteristik: - Integratif - Interaktif |
Types of Companies
#Pustaka 1 |
2 |
|||
3 | Sub CPMK 3 Mahasiswa mampu untuk Describing Companies |
Mahasiswa mampu menggambarkan dan menjelaskan mengenai perusahaan yang bergerak dalam dunia bisnis |
Sikap dan Keaktifan Presentasi Pilihan Ganda |
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi BM 1 x 60 menit (Menonton video pada platform Youtube dan membuat mind map) TM 1 x 50 menit Pemaparan materi BT 1 x 60 menit Mengerjakan multiple choice
Karakteristik: - Integratif - Interaktif |
Describing Companies
#Pustaka 1 |
2 |
|||
4 | Sub CPMK 4 Mahasiswa mampu menjelaskan Products & Services in business |
Mahasiswa mampu menjelaskan tentang produk dan layanan yang berhubungan dengan dunia bisnis |
Sikap dan Keaktifan Presentasi Soal Pilihan Ganda
|
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi BM 1 x 60 menit (Menonton video pada platform Youtube dan membuat mind map) TM 1 x 50 menit Pemaparan materi BT 1 x 60 menit Mengerjakan multiple choice Karakteristik: - Interaktif - Integratif |
Products & Services # Pustaka 1 |
2 |
|||
5 | Sub CPMK 5 Mahasiswa mampu menjelaskan Company Histories |
Mahasiswa mampu menjelaskan profil perusahaan serta sejarah perusahaan |
Sikap dan Keaktifan Presentasi Soal Pilihan Ganda |
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi BM 1 x 60 menit (Menonton video pada platform Youtube dan membuat mind map) TM 1 x 50 menit Pemaparan materi BT 1 x 60 menit Mengerjakan multiple choice Karakteristik: - Interaktif - Integratif - Holistik |
Company Histories
# Pustaka 1 |
2 |
|||
6 | Sub CPMK 6 Mahasiswa mampu menggunakan ungkapan untuk Visiting Companies |
Mahasiswa mampu menggunakan ungkapan yang digunakan ketika melakukan kunjungan ke sebuah perusahaan |
Sikap dan Keaktifan Roleplay Soal Pilihan Ganda
|
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi BM 1 x 60 menit (Menonton video pada platform Youtube dan membuat mind map) TM 1 x 50 menit Pemaparan materi BT 1 x 60 menit Mengerjakan multiple choice Karakteristik: - Interaktif - Integratif - Holistik |
Visiting Companies
# Pustaka 1 |
2 |
|||
7 | Sub CPMK 7 Mahasiswa mampu menjelaskan Business Cultures |
Mahasiswa mampu menjelaskan mengenai budaya bisnis yang berada di berbagai negara serta mencari perbedaan budaya bisnis tersebut |
Sikap dan Keaktifan Presentasi Soal Pilihan Ganda |
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi BM 1 x 60 menit (Menonton video pada platform Youtube dan membuat mind map) TM 1 x 50 menit Pemaparan materi BT 1 x 60 menit Mengerjakan multiple choice Karakteristik: - Interaktif - Integratif - Holistik
|
Business Cultures
# Pustaka 1 |
5 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9 | Sub CPMK 8 Mahasiswa mampu melakukan Interview |
Mahasiswa mampu mempraktekkan proses interview kerja |
Sikap dan Keaktifan Role Play |
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi BM 1 x 60 menit (Menonton video pada platform Youtube dan membuat mind map) TM 1 x 50 menit Pemaparan materi BT 1 x 60 menit Role Play Karakteristik: - Interaktif - Integratif - Holistik |
Interview
#Pustaka1 |
5 |
|||
10 | Sub CPMK 9 Mahasiswa mampu berperan sebagai Customer Service |
Mahasiswa mampu menggunakan ungkapan Bahasa Inggris dan berperan sebagai Customer Service di sebuah perusahaan |
Sikap dan Keaktifan Role Play |
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi BM 1 x 60 menit (Menonton video pada platform Youtube dan membuat mind map) TM 1 x 50 menit Pemaparan materi BT 1 x 60 menit Role Play Karakteristik: - Interaktif - Integratif - Holistik |
Customer Service
#Pustaka 1 |
5 |
|||
11 | Sub CPMK 10 Mahasiswa mampu menggunakan ungkapan Customer Satisfaction |
Mahasiswa mampu menggunakan ungkapan untuk menanyakan mengenai kepuasan pelanggan terhadap produk atau servis tertentu |
Sikap dan Keaktifan Role Play |
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi BM 1 x 60 menit (Menonton video pada platform Youtube dan membuat mind map) TM 1 x 50 menit Pemaparan materi BT 1 x 60 menit Role Play
Karakteristik: - Interaktif - Integratif - Holistik |
Customer Satisfaction
#Pustaka1 |
5 |
|||
12 | Sub CPMK 11 Mahasiswa mampu menjelaskan E-Commerce |
Mahasiswa mampu menjelaskan berbagai macam E- Commerce di Indonesia dan bagaimana sistem kerja dari perusahaan tersebut |
Sikap dan Keaktifan Presentasi |
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi BM 1 x 60 menit (Menonton video pada platform Youtube dan membuat mind map) TM 1 x 50 menit Pemaparan materi BT 1 x 60 menit Presentasi Karakteristik: - Interaktif - Integratif - Holistik |
E- Commerce
#Pustaka 1 |
5 |
|||
13 | Sub CPMK 12 Mahasiswa mampu menggunakan ungkapan Dealing with Orders |
Mahasiswa mampu menggunakan ungkapan dalam melakukan pemesanan baik layanan maupun barang dalam Bahasa Inggris baku |
Sikap dan Keaktifan Role Play |
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi BM 1 x 60 menit (Menonton video pada platform Youtube dan membuat mind map) TM 1 x 50 menit Pemaparan materi BT 1 x 60 menit Role Play Karakteristik: - Interaktif - Integratif - Holistik |
Dealing with Orders
#Pustaka1 |
5 |
|||
14 | Sub CPMK 13 Mahasiswa mampu menggunakan ungkapan Handling Complaints |
Mahasiswa mampu menggunakan ungkapan untuk menangani sebuah komplain dari pelanggan berupa ketidakpuasan terhadap layanan maupun produk |
Sikap dan Keaktifan Role Play |
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi BM 1 x 60 menit (Menonton video pada platform Youtube dan membuat mind map) TM 1 x 50 menit Pemaparan materi BT 1 x 60 menit Role Play Karakteristik: - Interaktif - Integratif - Holistik |
Handling Complaints
#Pustaka1 |
5 |
|||
15 | Mahasiswa mampu mengerjakan TOEIC simulation pada bagian reading. |
Mahasiswa mampu menjelaskan berbagai pekerjaan dalam dunia bisnis dan tanggung jawab dari pekerjaan tersebut |
Sikap dan Keaktifan Presentasi |
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi BM 1 x 60 menit (Menonton video pada platform youtube dan membuat mindmap) TM 1 x 50 menit Pemaparan materi BT 1 x 60 menit Presentasi Karakteristik: - Interaktif - Integratif - Holistik |
Jobs & Responsibilities
#Pustaka1 |
3 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
30 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Masrul Huda lahir di Kediri pada tanggal 07-10-1988 Jabatan fungsional Asisten Ahli Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan dan Jembatan |
|