.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:masrul.huda@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 3:49 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN AKUNTANSI |
|
||||||
PROGRAM
STUDI PERBANKAN DAN KEUANGAN DIGITAL |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
English For Test |
PK.480222 |
1 |
1 |
2 |
42 |
8 |
22-02-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Masrul Huda M.A. |
Kety Lulu Agustin S.E., M.M. |
|||||||
NIP/NIK. 198810072018031001 |
NIP/NIK. 2021.90.005 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-7) Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-2) Menguasai konsep dan teknik komunikasi bisnis, pelayanan nasabah, hukum dan etika bisnis (P-8) Menguasai konsep dan teknik manajemen Lalin dan keuangan perbankan nasional (P-9) Menguasai konsep dan teknik pasar modal, pasar uang, asuransi, kewirausahaan dan ecommerce |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-3) Mampu mengkaji kasus penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang bidang Perbankan dan Keuangan Digital dalam rangka menghasilkan prototype, prosedur baku, desain atau karya seni, menyusun hasil kajiannya dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi (KU-6) Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja sama dan hasil kerja sama didalam maupun di luar lembaganya |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-3) Mampu menerapkan prinsip dan praktik good corporate governance sesuai standar yang berlaku di industri Perbankan dan Keuangan Digital |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK 1: Mahasiswa mampu untuk mempersiapkan dan membuat dokumen yang diperlukan dalam Job Getting CPMK 2: Mahasiswa mampu untuk menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan wawancara CPMK 3: Mahasiswa mampu untuk memahami materi yang berkaitan dengan tes TOEIC CPMK 4: Mahasiswa mampu untuk menjawab soal-soal dalam tes TOEIC |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub CPMK 1: Mampu untuk memahami sikap yang diperlukan untuk memasuki dunia kerja (C2, A1) Sub CPMK 2: Mampu mencari lowongan pekerjaan yang kredible (C2, A2) Sub CPMK 3: Mampu untuk membuat surat lamaran pekerjaan (C3, A2) Sub CPMK 4: Mampu untuk membuat Resume (C3, A2) Sub CPMK 5: Mampu untuk membuat Curriculum Vitae (C3, A2) Sub CPMK 6: Mampu untuk memahami hal yang berkaitan dengan wawancara kerja (C2, A2) Sub CPMK 7: Mampu untuk menjawab pertanyaan dalam wawancara kerja (C2, A2) Sub CPMK 8: Mampu untuk memahami konsep Noun (C2, A1) Sub CPMK 9: Mampu untuk memahami konsep Adjective (C2, A1) Sub CPMK 10: Mampu untuk memahami konsep Adverb (C2, A1) Sub CPMK 11: Mampu untuk memahami konsep Verb (C2, A1) Sub CPMK 12: Mampu untuk menjawab soal dalam tes TOEIC - Listening Part (C2, A1) Sub CPMK 13: Mampu untuk menjawab soal dalam tes TOEIC - Reading Part (C2, A1) |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Bahasa Inggris III mempelajari mengenai hal yang berkaitan dengan Job Getting dan Tes TOEIC | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Introduction to English for Test |
|||||||
Pustaka |
1. Dalton, Steve. (2020). The 2-Hour Job Search: Using Technology to Get The Right Job Faster. USA: Ten Speed Press
2. Dan, Clay. (2018). How to Write The Perfect Resume: Stand Out, Land Interviews, and Get The Job You Want. UK: Book Depository International
3. Innes, James. (2012). The Cover Letter Book. UK: FtPr
4. Kelley, Thea. (2021). The Quick and Complete Guide to a Winning Interview. USA: Plovercrest Press
5. Roberts, David. (2014) How to Write a Cover Letter for Job Applications. USA: Bookbaby
6. Azar, Betty Schrampher. (2002). Understanding and Using English Grammar, 3rd Edition. New Jersey: Prentice-Hall, Inc. 7. Azar, Betty Schrampher. (1993). Fundamentals of English Grammar, 2nd Edition. Jakarta: Binarupa Aksara 8. Eastwood, J. (1996). Oxford Practice Grammar. Oxford: Oxford University Press
9. ETS. (2015). The New TOEIC Official Test Preparation Guide. Jakarta: PT International Test Center
10. Ibbotson, Mark. (2009). Professional English in Use. Oxford: Cambridge University Press
11. Murphy, Raymond. (1995). English Grammar in Use. Great Britain: Cambridge University Press
|
|||||||
Media Pembelajaran |
Laptop, LCD, Marker, Whiteboard |
|||||||
Dosen Pengampu |
Masrul Huda, |
Mata Kuliah |
English For Test |
|||
Kode Mata Kuliah |
PK.480222 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub CPMK 1: Mampu untuk memahami sikap yang diperlukan untuk memasuki dunia kerja (C2, A1) |
Ketepatan dalam menentukan sikap yang diperlukan dalam hal persiapan memasuki dunia kerja |
Sikap dan Keaktifan |
TM (3x50 Menit) - Presentasi - Diskusi Karakteristik: - Interaktif - Integratif - Holistik |
Introduction Sikap dalam Job Getting
#Pustaka 1 |
1 |
|||
2 | Sub CPMK 2: Mampu mencari lowongan pekerjaan yang kredible (C2, A2) |
Ketepatan untuk mencari dan menganalisa job position dalam sebuah iklan lowongan pekerjaan yang kredibel |
Sikap dan Keaktifan Tugas 1 (Mencari iklan lowongan pekerjaan) |
TM (3x50 Menit) - Presentasi - Diskusi Karakteristik: - Interaktif - Integratif - Holistik |
Contoh lowongan pekerjaan yang kredibel
#Pustaka 1 |
5 |
|||
3 | Sub CPMK 3: Mampu untuk membuat surat lamaran pekerjaan (C3, A2) |
Ketepatan dalam membuat surat lamaran pekerjaan dengan format yang sesuai dan serta menggunakan tata bahasa dan diksi yang baku di dalam Bahasa Inggris |
Sikap dan Keaktifan Tugas 2 (Membuat surat lamaran pekerjaan) |
TM (3x50 Menit) - Presentasi - Diskusi Karakteristik: - Interaktif - Integratif - Holistik
|
Contoh surat lamaran pekerjaan #Pustaka 3 #Pustaka 5 |
5 |
|||
4 | Sub CPMK 4: Mampu untuk membuat Resume (C3, A2) |
Ketepatan dalam membuat Resume dengan menggunakan format dan tata bahasa yang baku |
Sikap dan Keaktifan Tugas 3 (Membuat Resume) |
TM (3x50 Menit) - Presentasi - Diskusi Karakteristik: - Interaktif - Integratif - Holistik |
Contoh Resume
#Pustaka 2 |
5 |
|||
5 | Sub CPMK 5: Mampu untuk membuat Curriculum Vitae (C3, A2) |
Ketepatan dalam membuat Curriculum Vitae dengan menggunakan format dan tata bahasa yang baku |
Sikap dan Keaktifan Tugas 4 (Membuat Curriculum Vitae) |
TM (3x50 Menit) - Presentasi - Diskusi Karakteristik: - Interaktif - Integratif - Holistik |
Contoh Curriculum Vitae
#Pustaka 2 |
5 |
|||
6 | Sub CPMK 6: Mampu untuk memahami hal yang berkaitan dengan wawancara kerja (C2, A2) |
Ketepatan untuk bersikap dalam hal persiapan wawancara kerja |
Sikap dan Keaktifan |
TM (3x50 Menit) - Presentasi - Diskusi Karakteristik: - Interaktif - Integratif - Holistik |
Sikap dan Performance untuk persiapan wawancara kerja
#Pustaka 4 |
2 |
|||
7 | Sub CPMK 7: Mampu untuk menjawab pertanyaan dalam wawancara kerja (C2, A2) |
Ketepatan dalam menjawab pertanyaan dalam wawancara kerja |
Sikap dan Keaktifan Roleplay |
TM (3x50 Menit) - Presentasi - Diskusi - Roleplay Karakteristik: - Interaktif - Integratif - Holistik |
Pertanyaan dalam wawancara kerja
#Pustaka 4 |
10 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9 | Sub CPMK 8: Mampu untuk memahami konsep Noun (C2, A1) |
Ketepatan dalam menggunakan Noun dalam konteks kalimat |
Sikap dan Keaktifan |
TM (3x50 Menit) - Presentasi - Diskusi Karakteristik: - Interaktif - Integratif - Holistik |
Noun dan contoh soal yang berkaitan dengan Noun
#Pustaka 6 |
2 |
|||
10 | Sub CPMK 9: Mampu untuk memahami konsep Adjective (C2, A1) |
Ketepatan dalam menggunakan Adjective dalam konteks kalimat |
Sikap dan Keaktifan |
TM (3x50 Menit) - Presentasi - Diskusi Karakteristik: - Interaktif - Integratif - Holistik |
Adjective dan contoh soal yang berkaitan dengan Adjective
#Pustaka 7 |
2 |
|||
11 | Sub CPMK 10: Mampu untuk memahami konsep Adverb (C2, A1) |
Ketepatan dalam menggunakan Adverb dalam konteks kalimat |
Sikap dan Keaktifan |
TM (3x50 Menit) - Presentasi - Diskusi Karakteristik: - Interaktif - Integratif - Holistik |
Adverb dan contoh soal yang berkaitan dengan Adverb
#Pustaka 8 |
2 |
|||
12 | Sub CPMK 11: Mampu untuk memahami konsep Verb (C2, A1) |
Ketepatan dalam menggunakan Verb dalam konteks kalimat |
Sikap dan Keaktifan |
TM (3x50 Menit) - Presentasi - Diskusi Karakteristik: - Interaktif - Integratif - Holistik |
Verb dan contoh soal yang berkaitan dengan Verb
#Pustaka 11 |
2 |
|||
13 | Sub CPMK 13: Mampu untuk menjawab soal dalam tes TOEIC - Reading Part (C2, A1) |
Ketepatan dalam menjawab soal dalam tes TOEIC di bagian Reading - Short Passages |
Sikap dan Keaktifan |
TM (3x50 Menit) - Presentasi - Diskusi Karakteristik: - Interaktif - Integratif - Holistik |
Contoh soal Short Passages dalam tes TOEIC - Reading Part #Pustaka 9 #Pustaka 10 |
3 |
|||
14 | Sub CPMK 13: Mampu untuk menjawab soal dalam tes TOEIC - Reading Part (C2, A1) |
Ketepatan dalam menjawab soal dalam tes TOEIC di bagian Reading - Long Passages |
Sikap dan Keaktifan Tugas 5 (Menjawab soal Reading Comprehension Test) |
TM (3x50 Menit) - Presentasi - Diskusi Karakteristik: - Interaktif - Integratif - Holistik |
Contoh soal Long Passages dalam tes TOEIC - Reading Part #Pustaka 9 #Pustaka 10 |
3 |
|||
15 | Sub CPMK 12: Mampu untuk menjawab soal dalam tes TOEIC - Listening Part (C2, A1) |
Ketepatan dalam menjawab soal dalam tes TOEIC di bagian Listening |
Sikap dan Keaktifan Tugas 6 (Menjawab soal Listening Comprehension Test) |
TM (3x50 Menit) - Presentasi - Diskusi Karakteristik: - Interaktif - Integratif - Holistik |
Contoh soal dalam tes TOEIC - Listening Part #Pustaka 9 #Pustaka 10 |
3 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
30 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Masrul Huda lahir di Kediri pada tanggal 07-10-1988 Jabatan fungsional Asisten Ahli Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan dan Jembatan |
|