.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:angga.wahyu@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 4:05 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNOLOGI LISTRIK |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Sistem Kendali |
TL120622 |
1 |
1 |
2 |
56 |
2 |
15-03-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Angga Wahyu Aditya S.ST., M.T. |
Hadiyanto S.T., M. Eng. |
|||||||
NIP/NIK. 199411012019031015 |
NIP/NIK. 198007082014041001 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-1) bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (S-3) berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (S-5) menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Menguasai konsep teoritis matematika teknik dan fisika terapan terkait dengan praktek instalasi dan konfigurasi, interpretasi instruksi, pengoperasian, pengujian, pemeliharaan dan perbaikan untuk menyelesaikan permasalahan bidang instrumentasi dan sistem kendali. (P-3) Menguasai pengetahuan tentang perangkat pemrograman, simulasi dan penggunaan teknologi informasi untuk rekayasa dan penyelesaian pekerjaan bidang instrumentasi dan sistem kendali. |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-3) mampu memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian perapannya didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri (KU-4) mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikan-nya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-5) Mampu mengoperasikan dan mengendalikan peralatan dan mesin listrik dengan menggunakan peralatan berbasis teknologi elektromagnetik dan VSD (Variable Speed Drive), kendali terprogram, SCADA, sistem terkomputerisasi dan teknologi IT. (KK-7) Mampu mengikuti perkembangan teknik dan teknologi isu terkini yang terkait di bidang kelistrikan. |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK – 1 : Memahami sistem kendali dasar dan bagian utama yang membangun sistem kendali tersebut. CPMK – 2 : Menjelaskan dan menganalisa sistem orde 1 dan orde 2 dan sistem kendali lup tertutup. CPMK – 3 : Mensimulasikan analisis yang digunakan pada sistem kendali menggunakankan MATLAB. CPMK – 4 : Menjelaskan dan menganalisa implementasi P,PI, PID. |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub - CPMK 1 : Dapat menjelaskan apa yang dimaksud dengan sistem kendali lup terbuka dan tertutup, dan prinsip-prinsip yang melandasi beberapa contoh dari sistem kendali yang sederhana [C2,A3] Sub - CPMK 2 : Dapat membuat model sistem sistem fisik dalam bentuk diagram blok sederhana [C2,A3] Sub - CPMK 3 : Dapat menentukan fungsi alih sistem dan mahir menggunakan teknik-teknik penyederhanaan diagram blok. Sub - CPMK 4 : Dapat menjabarkan fungsi dan terminologi suatu pengendali proses dan penggunaan hukum-hukum kendali PID serta dapat menjabarkan elemen-elemen dasar dalam PLC. [C3,A3] Sub - CPMK 5 : Dapat menentukan respon sistem terhadap bentuk bentuk masukan sederhana dan dapat menentukan parameter, kinerja dan karakteristik saat diberi masukan sinyal tangga (step) serta dapat menjelaskan dan mencek kestabilan dari suatu sistem dengan gain yang berubah-ubah [C3,A3] Sub - CPMK 6 : Dapat menentukan fungsi respon frekuensi dari fungsi alihnya dan dapat menggambarkan bode diagram berdasarkan fungsi alih sistem. [C3,A3] Sub - CPMK 7 : Dapat menggambarkan dan memahami diagram Nyquist. Sub - CPMK 8 : Dapat menjelaskan alasan-alasan mengaplikasikan pengendali P,PI, PID serta menganalisa pengaruh efek dead time pada sistem kendali. |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Sistem Kendali mempelajari mengenai sistem pengaturan dan aplikasinya dalam bidang keteknikan. |
|||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Sistem Kendali dalam Bidang Keteknikan |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: 1. Katsuhiko Ogatha, Kontrol Automatik, terjemahan, penerbit Airlangga, edisi 4, jilid 1, 2003 Pendukung: 1. W. Bolton, Teknik Instrumentasi dan Kontrol |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Laptop Software Matlab |
|||||||
Dosen Pengampu |
Angga Wahyu Aditya, |
Mata Kuliah |
Sistem Kendali |
|||
Kode Mata Kuliah |
TL120622 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1,2 | Sub - CPMK 1 : Dapat menjelaskan apa yang dimaksud dengan sistem kendali lup terbuka dan tertutup, dan prinsip-prinsip yang melandasi beberapa contoh dari sistem kendali yang sederhana [C2,A3] |
1. Ketepatan dalam menjelaskan perngertian dan konsep sistem kendali lup terbuka dan tertutup, dan prinsip-prinsipnya; |
Kriteria Ketepatan dan Penguasaan Materi Bentuk Penilaian Presentasi & Tulisan Makalah |
Kuliah : Ceramah (Discovery Inquiry) Diskusi dalam kelompok [TM:2x(3x50”)] Tugas-1 : Menyusun ringkasan tentang konsep sistem kendali lup terbuka dan tertutup, dan prinsip- prinsipnya dalam bentuk makalah [BT+BM:(1x1)x(2x60”)] Tugas-2 : Menyusun ringkasan tentang aplikasi sistem kendali dalam kehidupan sehari-hari |
1. Pengertian sistem kendali di bidang keteknikan. 2. Istilah istilah sistem kendali (lup terbuka dan lup tertutup) 3. Contoh sistem kendali dasar (variabel, urutan, terjadi atau tidak terjadi) 4. Pengenalan system kendali analog dan diskrit/digital. 5. Pengenalan berbagai jenis komponen pengendali elektronik. Relay, Rangkaian Opamp, MCB, Mikrokontroler (AT Mega, Arduino ), PLC [1] hal. 7-40 |
4 |
|||
Sub - CPMK 1 : Dapat menjelaskan apa yang dimaksud dengan sistem kendali lup terbuka dan tertutup, dan prinsip-prinsip yang melandasi beberapa contoh dari sistem kendali yang sederhana [C2,A3] |
1. Ketepatan dalam menjelaskan perngertian dan konsep sistem kendali lup terbuka dan tertutup, dan prinsip-prinsipnya; |
Kriteria Ketepatan dan Penguasaan Materi Bentuk Penilaian Presentasi & Tulisan Makalah |
Kuliah : Ceramah (Discovery Inquiry) Diskusi dalam kelompok [TM:2x(3x50”)] Tugas-1 : Menyusun ringkasan tentang konsep sistem kendali lup terbuka dan tertutup, dan prinsip- prinsipnya dalam bentuk makalah [BT+BM:(1x1)x(2x60”)] Tugas-2 : Menyusun ringkasan tentang aplikasi sistem kendali dalam kehidupan sehari-hari |
1. Pengertian sistem kendali di bidang keteknikan. 2. Istilah istilah sistem kendali (lup terbuka dan lup tertutup) 3. Contoh sistem kendali dasar (variabel, urutan, terjadi atau tidak terjadi) 4. Pengenalan system kendali analog dan diskrit/digital. 5. Pengenalan berbagai jenis komponen pengendali elektronik. Relay, Rangkaian Opamp, MCB, Mikrokontroler (AT Mega, Arduino ), PLC [1] hal. 7-40 |
4 |
||||
3 | Sub - CPMK 2 : Dapat membuat model sistem sistem fisik dalam bentuk diagram blok sederhana [C2,A3] |
|
Kriteria Ketepatan dan Penguasaan Materi Bentuk Penilaian Presentasi & Tulisan makalah |
1. Kuliah dan Diskusi : |
1. Model gain/ sistem pengali [1] hal. 43-78 |
4 |
|||
4,5 | Sub - CPMK 3 : Dapat menentukan fungsi alih sistem dan mahir menggunakan teknik-teknik penyederhanaan diagram blok. |
|
Kriteria Ketepatan penguasaan materi Bentuk Penilaian Portofolio : menyusun dan menentukan fungsi alih sistem dan prinsip kerjanya |
Kuliah : Discovery Learning, Diskusi dalam Kelompok [TM:1x(3x50”)] Tugas-4 : menyusun fungsi alih sistem dan prinsip kerjanya [BT+BM:(1+1)x(2x60”)] Kuliah dan Diskusi : [TM:1x(3x50”)] Tugas-5 : Studi pustaka dan meringkas teknik- teknik penyederhanaan diagram blok dengan cara reduksi [BT+BM:(1+1)x(2x60”)] |
1. Fungsi alih dan sistem [1] hal. 82-115 |
4 |
|||
Sub - CPMK 3 : Dapat menentukan fungsi alih sistem dan mahir menggunakan teknik-teknik penyederhanaan diagram blok. |
|
Kriteria Ketepatan penguasaan materi Bentuk Penilaian Portofolio : menyusun dan menentukan fungsi alih sistem dan prinsip kerjanya |
Kuliah : Discovery Learning, Diskusi dalam Kelompok [TM:1x(3x50”)] Tugas-4 : menyusun fungsi alih sistem dan prinsip kerjanya [BT+BM:(1+1)x(2x60”)] Kuliah dan Diskusi : [TM:1x(3x50”)] Tugas-5 : Studi pustaka dan meringkas teknik- teknik penyederhanaan diagram blok dengan cara reduksi [BT+BM:(1+1)x(2x60”)] |
1. Fungsi alih dan sistem [1] hal. 82-115 |
4 |
||||
6,7 | Sub - CPMK 4 : Dapat menjabarkan fungsi dan terminologi suatu pengendali proses dan penggunaan hukum-hukum kendali PID serta dapat menjabarkan elemen-elemen dasar dalam PLC. [C3,A3] |
|
Kriteria Ketepatan Penguasaan Materi Bentuk Penilaian Tugas |
Kuliah : |
1. Aplikasi kendali pada kendali proses di industri.
2. Pengenalan PLC
|
4 |
|||
Sub - CPMK 4 : Dapat menjabarkan fungsi dan terminologi suatu pengendali proses dan penggunaan hukum-hukum kendali PID serta dapat menjabarkan elemen-elemen dasar dalam PLC. [C3,A3] |
|
Kriteria Ketepatan Penguasaan Materi Bentuk Penilaian Tugas |
Kuliah : |
1. Aplikasi kendali pada kendali proses di industri.
2. Pengenalan PLC
|
4 |
||||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
25 |
|||||||
9.10 | Sub - CPMK 5 : Dapat menentukan respon sistem terhadap bentuk bentuk masukan sederhana dan dapat menentukan parameter, kinerja dan karakteristik saat diberi masukan sinyal tangga (step) serta dapat menjelaskan dan mencek kestabilan dari suatu sistem dengan gain yang berubah-ubah [C3,A3] |
Ketepatan menjelaskan respon sistem terhadap bentuk-bentuk masukan sederhana yang dikenal. |
Kriteria Ketepatan penguasaan materi Bentuk Penilaian Presentasi kelompok |
Kuliah : |
1. Sistem orde 1 (karakteristik transien hingga kondisi tunak) 2. Sistem orde 2 (karakteristik transien hingga kondisi tunak) 3. Analisis kestabilan dengan routh hurwitz 4. Analisis kestabilan sistem terhadap perubahan gain dengan metoda root locus (tugas simulasi dengan MATLAB). 5. Teorema nilai akhir dan DC gain sistem stabil |
4 |
|||
9,10 | Sub - CPMK 5 : Dapat menentukan respon sistem terhadap bentuk bentuk masukan sederhana dan dapat menentukan parameter, kinerja dan karakteristik saat diberi masukan sinyal tangga (step) serta dapat menjelaskan dan mencek kestabilan dari suatu sistem dengan gain yang berubah-ubah [C3,A3] |
Ketepatan menjelaskan respon sistem terhadap bentuk-bentuk masukan sederhana yang dikenal. |
Kriteria Ketepatan penguasaan materi Bentuk Penilaian Presentasi kelompok |
Kuliah : |
1. Sistem orde 1 (karakteristik transien hingga kondisi tunak) 2. Sistem orde 2 (karakteristik transien hingga kondisi tunak) 3. Analisis kestabilan dengan routh hurwitz 4. Analisis kestabilan sistem terhadap perubahan gain dengan metoda root locus (tugas simulasi dengan MATLAB). 5. Teorema nilai akhir dan DC gain sistem stabil |
4 |
|||
11,12 | Sub - CPMK 6 : Dapat menentukan fungsi respon frekuensi dari fungsi alihnya dan dapat menggambarkan bode diagram berdasarkan fungsi alih sistem. [C3,A3] |
Ketepatan dalam menjelaskan fungsi respon frekuensi dari fungsi alihnya Ketepatan dalam menganalisis fungsi respon frekuensi dan menggambarkan bode diagram berdasarkan fungsi alih sistem orde 1 dan orde 2 |
Kriteria Ketepatan penguasaan materi Bentuk Penilaian Kuis; soal tes |
Kuliah : |
1. Penggambaran diagram bode plot untuk fungsi alih dasar dan gabungannya. |
4 |
|||
Sub - CPMK 6 : Dapat menentukan fungsi respon frekuensi dari fungsi alihnya dan dapat menggambarkan bode diagram berdasarkan fungsi alih sistem. [C3,A3] |
Ketepatan dalam menjelaskan fungsi respon frekuensi dari fungsi alihnya Ketepatan dalam menganalisis fungsi respon frekuensi dan menggambarkan bode diagram berdasarkan fungsi alih sistem orde 1 dan orde 2 |
Kriteria Ketepatan penguasaan materi Bentuk Penilaian Kuis; soal tes |
Kuliah : |
1. Penggambaran diagram bode plot untuk fungsi alih dasar dan gabungannya. |
4 |
||||
13 | Sub - CPMK 7 : Dapat menggambarkan dan memahami diagram Nyquist. |
|
Kriteria Ketepatan Penguasaan Materi Bentuk Penilaian Presentasi kelompok |
Kuliah : |
1. Plot Polar. |
2 |
|||
14, 15 | Sub - CPMK 8 : Dapat menjelaskan alasan-alasan mengaplikasikan pengendali P,PI, PID serta menganalisa pengaruh efek dead time pada sistem kendali. |
|
Kriteria Ketepatan Penguasaan materi Bentuk Penilaian Kuis : ringkasan mandiri |
Kuliah : [TM:1x(3x50”)] Membuat ringkasan dan presentasi mandiri pengaruh efek dead time pada sistem kendali [BT+BM:(1+1)x(2x60”)] |
1. Analisis PID |
2 |
|||
14, 15 | Sub - CPMK 8 : Dapat menjelaskan alasan-alasan mengaplikasikan pengendali P,PI, PID serta menganalisa pengaruh efek dead time pada sistem kendali. |
|
Kriteria Ketepatan Penguasaan materi Bentuk Penilaian Kuis : ringkasan mandiri |
Kuliah : [TM:1x(3x50”)] Membuat ringkasan dan presentasi mandiri pengaruh efek dead time pada sistem kendali [BT+BM:(1+1)x(2x60”)] |
1. Analisis PID |
2 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
25 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Angga Wahyu Aditya lahir di Pacitan pada tanggal Jabatan fungsional Lektor Jurusan TEKNIK ELEKTRO Program Studi Teknologi Listrik |
|