.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:arwin@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 4:10 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK MESIN |
|
||||||
PROGRAM
STUDI ALAT BERAT |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Kinematika dan Dinamika |
AB120722 |
2 |
0 |
2 |
28 |
2 |
06-10-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Arwin S.Pd., M.T. |
Ali Abrar S.Si., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 199001072022031005 |
NIP/NIK. 197702032015041003 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-5) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (S-8) Menginternalisasai nilai, norma, dan etika akademik |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Mengusai konsep teoritis secara umum matematika terapan fisika terapan kimia, prinsip-prinsip rekayasa (enginering principles), sains rekayasa dan perancangan rekayasa yang diperlukan untuk analasis dan perancangan system, proses, produk atau komponen |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudah baku |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menerapkan matematika, fisika dan kimia terapan ke dalam prosedur dan praktek teknikal (technical practice) untuk menjalankan perawatan alat berat yang terdefinisi dengan jelas (welldefined) |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK : Mampu memahami dasar teori Kinematika dan Dinamika Teknik, menentukan kecepatan dan percepatan dalam suatu mekanisme serta dapat merancang suatu mekanisme |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub-CPMK 1 : Mampu menjelaskan tentang teori, konsep dasar kinematika dan dinamika teknik. (C2, A1,P1) Sub-CPMK 2 : Mampu menentukan dan membandingkan kecepatan dan percepatan dalam suatu mekanisme . (C4, A2,P2) Sub-CPMK 3 : Mampu merancang suatu mekanisme (C4, P2, A2) |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Kinematika dan Dinamika mempelajari tentang konsep dasar kinematika dan dinamika; Kecepatan dan percepatan: gerak relative, diagram kinematis, penerapan persamaan kecepatan dan percepatan relative. |
|||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Sosialisasi Perkuliahan dan Pendahuluan |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: 1. Vinogradov, O. (2000). Fundamentals of Kinematics and Dynamics of Machines and Mechanisms. New York: CRC Press. |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Modul, Buku Referensi, Proyektor, laptop/notebook, whiteboard, spidol warna (hitam, merah dan biru), serta alat tulis |
|||||||
Dosen Pengampu |
Arwin, |
Mata Kuliah |
Kinematika dan Dinamika |
|||
Kode Mata Kuliah |
AB120722 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub-CPMK 1 : Mampu menjelaskan tentang teori, konsep dasar kinematika dan dinamika teknik. (C2, A1,P1) |
|
Kriteria : Rubrik (Pedoman Penskoran) Bentuk Penilaian : Tes ( Soal Essay) |
Metode Pembelajaran: TM, 2 x 50 menit. Ceramah, pemaparan materi, tanya jawab, dan diskusi kelompok (Interaktif,integratif) BT, 1 x 60 menit. Tugas 1 Membuat ringkasan tentang konsep-konsep dasar kinematika dan dinamika teknik BM, 1 x 60 menit. Mempelajari materi pertemuan ke-1 di BLP2.
|
Materi Pembelajaran:
Pustaka:
|
3 |
|||
2 | Sub-CPMK 1 : Mampu menjelaskan tentang teori, konsep dasar kinematika dan dinamika teknik. (C2, A1,P1) |
|
Kriteria : Rubrik (Pedoman Penskoran) Bentuk Penilaian : Tes ( Soal Essay) |
Metode Pembelajaran: TM, 2 x 50 menit. Ceramah, pemaparan materi, tanya jawab, dan diskusi kelompok (Interaktif,integratif) BT, 1 x 60 menit. Tugas 2 Menyelesaikan soal latihan yang berkaitan dengan konsep dasar dari kinematika dan dinamika BM, 1 x 60 menit. Mempelajari materi pertemuan ke-2 di BLP2. |
Pustaka:
|
3 |
|||
3 | Sub-CPMK 1 : Mampu menjelaskan tentang teori, konsep dasar kinematika dan dinamika teknik. (C2, A1,P1) |
|
Kriteria : Rubrik (Pedoman Penskoran) Bentuk Penilaian : Tes ( Soal Essay) |
Metode Pembelajaran: TM, 2 x 50 menit. Ceramah, pemaparan materi, tanya jawab, dan diskusi kelompok (Interaktif,integratif) BT, 1 x 60 menit. Tugas 3 Mengerjakan soal latihan yang berkaitan dengan Derajat kebebasan BM, 1 x 60 menit. Mempelajari materi pertemuan ke-3 di BLP2. |
Materi Pembelajaran:
Pustaka:
|
3 |
|||
4 | Sub-CPMK 1 : Mampu menjelaskan tentang teori, konsep dasar kinematika dan dinamika teknik. (C2, A1,P1) |
|
Kriteria : Rubrik (Pedoman Penskoran) Bentuk Penilaian : Tes ( Soal Essay) |
Metode Pembelajaran: TM, 2 x 50 menit. Ceramah, pemaparan materi, tanya jawab, dan diskusi kelompok (Interaktif,integratif,kontekstual) BT, 1 x 60 menit. Tugas 4 Membuat ringkasan tentang kecepatan linear, kecepatan sudut, dsn percepatan sudut BM, 1 x 60 menit. Mempelajari materi pertemuan ke-4 di BLP2. |
Materi Pembelajaran:
Pustaka:
|
3 |
|||
5 | Sub-CPMK 1 : Mampu menjelaskan tentang teori, konsep dasar kinematika dan dinamika teknik. (C2, A1,P1) |
|
Kriteria : Rubrik (Pedoman Penskoran) Bentuk Penilaian : Tes ( Soal Essay) |
Metode Pembelajaran: TM, 2 x 50 menit. Ceramah, pemaparan materi, tanya jawab, dan diskusi kelompok (Interaktif,integratif,kontekstual) BT, 1 x 60 menit. Tugas 4 Mengerjakan soal latihan yang berkaitan dengan pusat sesaat BM, 1 x 60 menit. Mempelajari materi pertemuan ke-5 di BLP2 |
Materi Pembelajaran:
Pustaka:
|
3 |
|||
6 | Sub-CPMK 2 : Mampu menentukan dan membandingkan kecepatan dan percepatan dalam suatu mekanisme . (C4, A2,P2) |
|
Kriteria : Rubrik (Pedoman Penskoran) Bentuk Penilaian : Tes ( Soal Essay) |
Metode Pembelajaran: TM, 2 x 50 menit. Ceramah, pemaparan materi, tanya jawab, dan diskusi kelompok (Interaktif,integratif,kontekstual) BT, 1 x 60 menit. Tugas 6 Menghitung kecepatan dari berbagai mekanisme dengan pusat sesaat BM, 1 x 60 menit. Mempelajari materi pertemuan ke-6 di BLP2 |
Materi Pembelajaran:
Pustaka :
|
3 |
|||
7 | Sub-CPMK 2 : Mampu menentukan dan membandingkan kecepatan dan percepatan dalam suatu mekanisme . (C4, A2,P2) |
|
Kriteria : Rubrik (Pedoman Penskoran) Bentuk Penilaian : Tes ( Soal Essay) |
Metode Pembelajaran: TM, 2 x 50 menit. Ceramah, pemaparan materi, tanya jawab, dan diskusi kelompok (Interaktif,integratif,kontekstual) BT, 1 x 60 menit. Tugas 7 Menghitung penentuan kecepatan dengan metode bayangan BM, 1 x 60 menit. Mempelajari materi pertemuan ke-7 di BLP2 |
Materi Pembelajaran:
Pustaka :
|
3 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
25 |
|||||||
9 | Sub-CPMK 2 : Mampu menentukan dan membandingkan kecepatan dan percepatan dalam suatu mekanisme . (C4, A2,P2) |
|
Kriteria : Rubrik (Pedoman Penskoran) Bentuk Penilaian : Tes ( Soal Essay) |
Metode Pembelajaran: TM, 2 x 50 menit. Ceramah, pemaparan materi, tanya jawab, dan diskusi kelompok (Interaktif,integratif,kontekstual) BT, 1 x 60 menit. Tugas 8 Menghitung kecepatan pada mekanisme batang penghubung dan mesin powel BM, 1 x 60 menit. Mempelajari materi pertemuan ke-9 di BLP2 |
Materi Pembelajaran:
Pustaka :
|
3 |
|||
10 | Sub-CPMK 2 : Mampu menentukan dan membandingkan kecepatan dan percepatan dalam suatu mekanisme . (C4, A2,P2) |
|
Kriteria : Rubrik (Pedoman Penskoran) Bentuk Penilaian : Tes ( Soal Essay |
Metode Pembelajaran: TM, 2 x 50 menit. Ceramah, pemaparan materi, tanya jawab, dan diskusi kelompok (Interaktif,integratif,kontekstual) BT, 1 x 60 menit. Tugas 9 Menghitung kecepatan mekanisme penyerut termodifikasi dengan metoda khusus BM, 1 x 60 menit. Mempelajari materi pertemuan ke-10 di BLP2 |
Materi Pembelajaran:
Pustaka :
|
3 |
|||
11 | Sub-CPMK 2 : Mampu menentukan dan membandingkan kecepatan dan percepatan dalam suatu mekanisme . (C4, A2,P2) |
|
Kriteria : Rubrik (Pedoman Penskoran) Bentuk Penilaian : Tes ( Soal Essay) |
Metode Pembelajaran: TM, 2 x 50 menit. Ceramah, pemaparan materi, tanya jawab, dan diskusi kelompok (Interaktif,integratif) BT, 1 x 60 menit. Tugas 10 Membuat ringkasan tentang penentuan percepatan dengan kecepatan relatif BM, 1 x 60 menit. Mempelajari materi pertemuan ke-11 di BLP2. |
Materi Pembelajaran:
Pustaka:
|
3 |
|||
12 | Sub-CPMK 3 : Mampu merancang suatu mekanisme (C4, P2, A2) |
|
Kriteria : Rubrik (Pedoman Penskoran) Bentuk Penilaian : Tes ( Soal Essay) |
Metode Pembelajaran: TM, 2 x 50 menit. Ceramah, pemaparan materi, tanya jawab, dan diskusi kelompok (Interaktif,integratif) BT, 1 x 60 menit. Tugas 11 Membuat ringkasan tentang analisa gaya statis dalam mesin BM, 1 x 60 menit. Mempelajari materi pertemuan ke-12 di BLP2. |
Materi Pembelajaran:
Pustaka:
|
3 |
|||
13 | Sub-CPMK 3 : Mampu merancang suatu mekanisme (C4, P2, A2) |
|
Kriteria : Rubrik (Pedoman Penskoran) Bentuk Penilaian : Tes ( Soal Essay) |
Metode Pembelajaran: TM, 2 x 50 menit. Ceramah, pemaparan materi, tanya jawab, dan diskusi kelompok (Interaktif,integratif) BT, 1 x 60 menit. Tugas 12 Menghitung DH parameter dari mekanisme yang dirancang. BM, 1 x 60 menit. Mempelajari materi pertemuan ke-13 di BLP2. |
Materi Pembelajaran:
Pustaka :
|
3 |
|||
14 | Sub-CPMK 3 : Mampu merancang suatu mekanisme (C4, P2, A2) |
|
Kriteria : Rubrik (Pedoman Penskoran) Bentuk Penilaian : Tes ( Soal Essay) |
Metode Pembelajaran: TM, 2 x 50 menit. Ceramah, pemaparan materi, tanya jawab, dan diskusi kelompok (Interaktif,integratif) BT, 1 x 60 menit. Tugas 13 Membuat ringkasan tentang manipulator kinematis BM, 1 x 60 menit. Mempelajari materi pertemuan ke-14 di BLP2. |
Materi Pembelajaran: manipulator kinematis Pustaka:
|
4 |
|||
15 | Sub-CPMK 3 : Mampu merancang suatu mekanisme (C4, P2, A2) |
Ketepatan merancang sebuah mekanisme sederhana |
Kriteria : Rubrik (Pedoman Penskoran) Bentuk Penilaian : Tes ( Soal Essay) |
Metode Pembelajaran: TM, 2 x 50 menit. Ceramah, pemaparan materi, tanya jawab, dan diskusi kelompok (Interaktif,integratif) BT, 1 x 60 menit. Tugas 14 Membuat rancangan mekanisme BM, 1 x 60 menit. Mempelajari materi pertemuan ke-15 di BLP2. |
Materi Pembelajaran: Merancang mekanisme Pustaka:
|
5 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
30 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Arwin lahir di Toli-toli pada tanggal 07 Januari 1990 Jabatan fungsional Jurusan TEKNIK MESIN Program Studi Alat Berat |
|