.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:yudi.kurniawan@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 3:52 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK MESIN |
|
||||||
PROGRAM
STUDI ALAT BERAT |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Bahasa Indonesia |
AB310222 |
2 |
0 |
2 |
28 |
5 |
27-03-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Yudi Kurniawan S.T., M.T. |
Ali Abrar S.Si., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 198905132020121003 |
NIP/NIK. 197702032015041003 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-5) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-2) Menguasai konsep teroritis secara umum tentang tujuan dan metode perawatan, sumber daya, perangkat IT, dan teknologi modern yang sesuai untuk melaksanakan program perawatan alat berat |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-3) Mampu memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK 1 : Mampu menjelaskan tentang prinsip dasar perkembangan Bahasa Indonesia dengan tepat CPMK 2 : Mampu membuat Karya Tulis Ilmiah dengan menggunakan Bahasa Indonesia secara tepat CPMK 3 : Mampu membuat Karya Tulis Ilmiah dengan sistematika penulisan yang sudah distandarisasi |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub CPMK 1 : Mampu menjelaskan prinsip dasar perkembangan bahasa indonesia (CPMK 1) (S-5) (C2, P3, A3) Sub CPMK 2 : Mampu menjelaskan tentang penggunaan Ejaan Yang Disempurnakan (CPMK 2) (S-5, KU-3) (C2, P3, A3) Sub CPMK 3 : Mampu mengaplikasikan tentang penggunaan Ejaan Yang Disempurnakan (CPMK 2) (S-5, KU-3) (C3, P3, A3) Sub CPMK 4 : Mampu menjelaskan tentang kalimat efektif (CPMK 2) (S-5, KU-3) (C2, P3, A3) Sub CPMK 5 : Mampu menjelaskan tentang Karya Tulis Ilmiah berupa sistematika penulisan, judul, topik, tema, paragraf dan ringkasan atau abstrak (CPMK 2, CPMK 3) (S-5, P-2, KU-3) (C2, P3, A3) Sub CPMK 6 : Mampu mengaplikasikan tentang Karya Tulis Ilmiah berupa sistematika penulisan, judul, topik, tema, paragraf dan ringkasan atau abstrak (CPMK 2, CPMK 3) (S-5, P-2, KU-3) (C3, P3, A3) Sub CPMK 7 : Mampu menjelaskan tentang Sistematika Penulisan Tugas Akhir (CPMK 2, CPMK 3) (S-5, P-2, KU-3) (C2, P3, A3) Sub CPMK 8 : Mampu mengaplikasikan tentang Sistematika Penulisan Tugas Akhir (CPMK 2, CPMK 3) (S-5, P-2, KU-3) (C3, P3, A3) Sub CPMK 9 : Mampu mengaplikasikan teori Mendeley sebagai dasar pengutipan pada Penulisan Tugas Akhir (CPMK 2, CPMK 3) (S-5, P-2, KU-3) (C2, P3, A3) |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Bahasa Indonesia mempelajari tentang prinsip dasar sejarah perkembangan dan
kedudukan Bahasa Indonesia, Ejaan Yang Disempurnakan, Kalimat Efektif, Karya Tulis Ilmiah, SIstematika
Penulias Karya Tulis Ilmiah, Penulisan Judul, Topik, Tema, Paragraf,
Ringkasan atau Abstrak, serta Sistematika Penulisan Tugas Akhir |
|||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. prinsip dasar sejarah perkembangan dan kedudukan Bahasa Indonesia |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: [1] Sujinah, Fatin. Idhoofiyatul, Rachmawati. Dian Karina. Buku Ajar Bahasa Indonesia. 2018. UM Surabaya Publishing [2] Nurdjan. Sukirman., Dasar - Dasar Memahami Bahasa Indonesia. 2014. Read Institute Press [3] P4MP. Pedoman teknis penulisan tugas akhir mahasiswa. 2012. Poltekba |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Laptop Modul Zoom Meeting |
|||||||
Dosen Pengampu |
Aryati Muhaymin Marali, |
Mata Kuliah |
Bahasa Indonesia |
|||
Kode Mata Kuliah |
AB310222 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub CPMK 1 : Mampu menjelaskan prinsip dasar perkembangan bahasa indonesia (CPMK 1) (S-5) (C2, P3, A3) |
Ketepatan dalam menjelaskan pengertian prinsip dasar perkembangan bahasa indonesia |
Kriteria : Ketepatan dalam menjelaskan pengertian prinsip dasar perkembangan bahasa indonesia Bentuk non-test : Diskusi |
Metode Pembelajaran :
|
Prinsip dasar perkembangan bahasa indonesia [1] hal. 1 - 12 [2] hal. 1 - 13 |
5 |
|||
2 | Sub CPMK 2 : Mampu menjelaskan tentang penggunaan Ejaan Yang Disempurnakan (CPMK 2) (S-5, KU-3) (C2, P3, A3) |
Ketepatan dalam menjelaskan tentang penggunaan ejaan yang disempurnakan |
Kriteria : Ketepatan dalam menjelaskan pengertian prinsip tentang penggunaan ejaan yang disempurnakan Bentuk non-test : Diskusi |
Metode Pembelajaran :
|
Prinsip tentang penggunaan ejaan yang disempurnakan [1] hal. 39 - 48 [2] hal. 19 - 30 |
3 |
|||
3 | Sub CPMK 3 : Mampu mengaplikasikan tentang penggunaan Ejaan Yang Disempurnakan (CPMK 2) (S-5, KU-3) (C3, P3, A3) |
Ketepatan mengaplikasikan prinsip tentang penggunaan ejaan yang disempurnakan |
Kriteria : Ketepatan dalam mengaplikasikan prinsip tentang penggunaan ejaan yang disempurnakan Bentuk test : Tugas Tertulis Bentuk non-test : Diskusi |
Metode Pembelajaran :
|
prinsip tentang penggunaan ejaan yang disempurnakan [1] hal 39 - 48 [2] hal. 19 - 42 |
5 |
|||
4 | Sub CPMK 3 : Mampu mengaplikasikan tentang penggunaan Ejaan Yang Disempurnakan (CPMK 2) (S-5, KU-3) (C3, P3, A3) |
Ketepatan mengaplikasikan prinsip tentang penggunaan ejaan yang disempurnakan |
Kriteria : Ketepatan dalam mengaplikasikan prinsip tentang penggunaan ejaan yang disempurnakan Bentuk test : Tugas Tertulis Bentuk non-test : Presentasi dan Diskusi
|
Metode Pembelajaran :
|
Prinsip tentang penggunaan ejaan yang disempurnakan [1] hal 39 - 48 [2] hal. 19 - 42 |
5 |
|||
5 | Sub CPMK 4 : Mampu menjelaskan tentang kalimat efektif (CPMK 2) (S-5, KU-3) (C2, P3, A3) |
Ketepatan dalam menjelaskan tentang kalimat efektif |
Kriteria :
Bentuk Penilaian test : non-test |
Metode Pembelajaran:
|
kalimat efektif [1] hal. 25 - 38 |
2 |
|||
6 | Sub CPMK 5 : Mampu menjelaskan tentang Karya Tulis Ilmiah berupa sistematika penulisan, judul, topik, tema, paragraf dan ringkasan atau abstrak (CPMK 2, CPMK 3) (S-5, P-2, KU-3) (C2, P3, A3) |
Ketepatan menjelaskan karya tulis ilmiah berupa sistematika penulisan judul, topik, tema, paragraf, dan ringkasan |
Kriteria :
Bentuk Penilaian test : non-test |
Metode Pembelajaran:
|
Karya tulis ilmiah berupa sistematika penulisan judul, topik, tema, paragraf, dan ringkasan [2] hal. 110 - 118 |
3 |
|||
7 | Sub CPMK 6 : Mampu mengaplikasikan tentang Karya Tulis Ilmiah berupa sistematika penulisan, judul, topik, tema, paragraf dan ringkasan atau abstrak (CPMK 2, CPMK 3) (S-5, P-2, KU-3) (C3, P3, A3) |
Ketepatan mengaplikasikan karya tulis ilmiah berupa sistematika penulisan judul, topik, tema, paragraf, dan ringkasan |
Kriteria : Ketepatan dalam memahami pengertian materi terkait dan memberikan contoh aplikasi sesuai dengan bidang keahlian Bentuk test : Tugas tertulis Bentuk non-test : Presentasi dan diskusi |
Metode Pembelajaran: CBL (holistik, kontekstual, tematik, kolaboratif, berpusat pada mahasiswa) Estimasi Waktu : Daring (2 x 50') |
Karya tulis ilmiah berupa sistematika penulisan judul, topik, tema, paragraf, dan ringkasan [2] hal. 110 - 118 |
5 |
|||
8 | Sub CPMK 6 : Mampu mengaplikasikan tentang Karya Tulis Ilmiah berupa sistematika penulisan, judul, topik, tema, paragraf dan ringkasan atau abstrak (CPMK 2, CPMK 3) (S-5, P-2, KU-3) (C3, P3, A3) |
Ketepatan mengaplikasikan karya tulis ilmiah berupa sistematika penulisan judul, topik, tema, paragraf, dan ringkasan |
Kriteria : Ketepatan dalam memahami pengertian materi terkait dan memberikan contoh aplikasi sesuai dengan bidang keahlian Bentuk test : Tugas tertulis Bentuk non-test : Presentasi dan diskusi |
Metode Pembelajaran: CBL (holistik, kontekstual, tematik, kolaboratif, berpusat pada mahasiswa) Estimasi Waktu : Daring (2 x 50') |
Karya tulis ilmiah berupa sistematika penulisan judul, topik, tema, paragraf, dan ringkasan [2] hal. 110 - 118 |
5 |
|||
9 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
10 | Sub CPMK 7 : Mampu menjelaskan tentang Sistematika Penulisan Tugas Akhir (CPMK 2, CPMK 3) (S-5, P-2, KU-3) (C2, P3, A3) |
Ketepatan dalam menjelaskan sistematika penulisan tugas akhir |
Kriteria : Ketepatan dalam mengaplikasikan prinsip tentang materi terkait Bentuk non-test : Diskusi |
Metode Pembelajaran :
|
Ketepatan dalam menjelaskan sistematika penulisan tugas akhir [2] hal.119 - 125 [3] |
2 |
|||
11 | Sub CPMK 8 : Mampu mengaplikasikan tentang Sistematika Penulisan Tugas Akhir (CPMK 2, CPMK 3) (S-5, P-2, KU-3) (C3, P3, A3) |
Ketepatan dalam mengaplikasikan tentang sistematika penulisan tugas akhir pada Bab I Pendahuluan |
Kriteria : Ketepatan dalam mengaplikasikan materi terkait Bentuk test : Tugas tertulis |
Metode Pembelajaran :
|
Ketepatan dalam menjelaskan sistematika penulisan tugas akhir [2] hal.119 - 125
[3] |
7 |
|||
12 | Sub CPMK 8 : Mampu mengaplikasikan tentang Sistematika Penulisan Tugas Akhir (CPMK 2, CPMK 3) (S-5, P-2, KU-3) (C3, P3, A3) |
Ketepatan dalam menjelaskan sistematika penulisan tugas akhir pada Bab II Kajian Teori |
Kriteria : Ketepatan dalam mengaplikasikan prinsip tentang materi terkait Bentuk test : Terulis |
Metode Pembelajaran :
|
Ketepatan dalam menjelaskan sistematika penulisan tugas akhir [2] hal.119 - 125 [3] |
7 |
|||
13 | Sub CPMK 8 : Mampu mengaplikasikan tentang Sistematika Penulisan Tugas Akhir (CPMK 2, CPMK 3) (S-5, P-2, KU-3) (C3, P3, A3) |
Ketepatan dalam menjelaskan sistematika penulisan tugas akhir pada Bab III Metode Penelitian |
Kriteria : Ketepatan dalam mengaplikasikan prinsip tentang materi terkait Bentuk test : Terulis |
Metode Pembelajaran :
|
Ketepatan dalam menjelaskan sistematika penulisan tugas akhir [2] hal.119 - 125
[3] |
5 |
|||
14 | Sub CPMK 9 : Mampu mengaplikasikan Mendeley sebagai dasar pengutipan pada Penulisan Tugas Akhir (CPMK 2, CPMK 3) (S-5, P-2, KU-3) (C2, P3, A3) |
Ketepatan dalam memahami teori mendeley dan dasar pengutipan pada penulisan tugas akhir |
Kriteria : Ketepatan dalam mengaplikasikan prinsip tentang materi terkait Bentuk test : Terulis |
Metode Pembelajaran :
|
Teori mendeley dan dasar pengutipan pada penulisan tugas [3] [4] |
3 |
|||
15 | Sub CPMK 9 : Mampu mengaplikasikan Mendeley sebagai dasar pengutipan pada Penulisan Tugas Akhir (CPMK 2, CPMK 3) (S-5, P-2, KU-3) (C2, P3, A3) |
Ketepatan dalam mengaplikasikan teori mendeley dan dasar pengutipan pada penulisan tugas akhir |
Kriteria : Ketepatan dalam mengaplikasikan prinsip tentang materi terkait Bentuk test : Terulis |
Metode Pembelajaran :
|
Teori mendeley dan dasar pengutipan pada penulisan tugas [3]
[4] |
3 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
20 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Yudi Kurniawan lahir di Balikpapan pada tanggal Jabatan fungsional Asisten Ahli Jurusan TEKNIK MESIN Program Studi Alat Berat |
|