.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:aryati.muhaymin@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 4:02 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK MESIN |
|
||||||
PROGRAM
STUDI ALAT BERAT |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Termodinamika |
AB120622 |
2 |
0 |
2 |
28 |
2 |
30-03-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Aryati Muhaymin Marali S.Pd., M.T. |
Ali Abrar S.Si., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 199209062022032009 |
NIP/NIK. 197702032015041003 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-9) Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Mengusai konsep teoritis secara umum matematika terapan fisika terapan kimia, prinsip-prinsip rekayasa (enginering principles), sains rekayasa dan perancangan rekayasa yang diperlukan untuk analasis dan perancangan system, proses, produk atau komponen |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudah baku |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menerapkan matematika, fisika dan kimia terapan ke dalam prosedur dan praktek teknikal (technical practice) untuk menjalankan perawatan alat berat yang terdefinisi dengan jelas (welldefined) |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK1 : Mampu memahami dasar hukum termodinamika I dan II serta aplikasinya pada motor bakar beserta perpindahan panasnya. |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub CPMK 1: Mampu menjelaskan konsep dasar termodinamika (C2, A2, P1) Sub CPMK 2: Mampu menjelaskan jenis-jenis dan keseimbangan energi (C2, A2, P1) Sub CPMK 3: Mampu menjelaskan diagram dan tabel properti serta gas ideal (C2, A2, P1) Sub CPMK 4: Mampu menjelaskan Hukum Termodinamika I (C2, A2, P1) Sub CPMK 5: Mampu menjelaskan Hukum Termodinamika II (C2, A2, P1) Sub CPMK 6: Mampu menjelaskan entropi (C2, A2, P1) Sub CPMK 7: Mampu menjelaskan siklus otto dan diesel (C2, A2, P1) Sub CPMK 8: Mampu menganalisis aplikasi termodinamika (C4, A2, P1) Sub CPMK 9: Mampu menjelaskan mekanisme dasar perpindahan panas (C2, A2, P1) |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah Termodinamika mempelajari pengantar termodinamika, ernergi, properti termodinamika, Hukum Termodinamika I, Hukum Termodinamika II, Entropi, siklus daya, dan perpindahan panas. | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Pengantar termodinamika |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Video pembelajaran Slides Audio pembelajaran Alat : Laptop LCD Perangkat audio-visual Kertas karton Alat tulis |
|||||||
Dosen Pengampu |
Aryati Muhaymin Marali, |
Mata Kuliah |
Termodinamika |
|||
Kode Mata Kuliah |
AB120622 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub CPMK 1: Mampu menjelaskan konsep dasar termodinamika (C2, A2, P1) |
Mampu menjelaskan konsep dasar termodinamika |
Kriteria : Ketepatan menjelaskan konsep dasar termodinamika
|
Metode Pembelajaran :
|
|
2 |
|||
2 | Sub CPMK 2: Mampu menjelaskan jenis-jenis dan keseimbangan energi (C2, A2, P1) |
Mampu menjelaskan jenis-jenis dan keseimbangan energi |
Kriteria : Ketepatan menjelaskan jenis-jenis dan keseimbangan energi Bentuk non-test : Diskusi kelompok |
Metode Pembelajaran :
|
Energi (bentuk-bentuk energi dan Hukum Termodinamika I)
|
2 |
|||
3 & 4 | Sub CPMK 3: Mampu menjelaskan diagram dan tabel properti serta gas ideal (C2, A2, P1) |
|
Kriteria :
Bentuk Penilaian non-test: Diskusi |
Metode Pembelajaran:
Estimasi Waktu : Tatap Muka (2 x 50') |
Properti termodinamika (diagram properti proses perubahan fase)
|
2 |
|||
Sub CPMK 3: Mampu menjelaskan diagram dan tabel properti serta gas ideal (C2, A2, P1) |
|
Kriteria :
Bentuk Penilaian non-test: Diskusi |
Metode Pembelajaran:
Estimasi Waktu : Tatap Muka (2 x 50') |
Properti termodinamika (tabel properti dan persamaan gas ideal)
|
2 |
||||
5 | Sub CPMK 4: Mampu menjelaskan Hukum Termodinamika I (C2, A2, P1) |
Mampu menjelaskan Hukum Termodinamika I |
Kriteria :
Bentuk Test : Kuis Bentuk Non-test : Diskusi kelompok |
Metode Pembelajaran:
Estimasi Waktu : Tatap Muka (2 x 50') |
Ketepatan menjelaskan Hukum Termodinamika I
|
4 |
|||
6 | Sub CPMK 6: Mampu menjelaskan entropi (C2, A2, P1) |
Mampu menjelaskan Hukum Termodinamika II |
Kriteria :
Bentuk Penilaian non-test : Diskusi kelompok |
Metode Pembelajaran:
|
Hukum Termodinamika II (prinsip mesin kalor)
|
2 |
|||
7 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
8, 9, 10 | Sub CPMK 5: Mampu menjelaskan Hukum Termodinamika II (C2, A2, P1) |
Mampu menjelaskan Hukum Termodinamika II |
Kriteria : Ketepatan menjelaskan Hukum Termodinamika II Bentuk test : Tugas tertulis Bentuk non-test : Presentasi dan diskusi |
Metode Pembelajaran:
Estimasi Waktu : Tatap Muka (2 x 50') |
Hukum Termodinamika II (efisiensi mesin kalor)
|
2 |
|||
Sub CPMK 5: Mampu menjelaskan Hukum Termodinamika II (C2, A2, P1) |
Mampu menjelaskan Hukum Termodinamika II |
Kriteria : Ketepatan menjelaskan Hukum Termodinamika II Bentuk Test : Kuis |
Metode Pembelajaran:
|
Hukum Termodinamika II (proses reversible dan irreversible)
|
5 |
||||
Sub CPMK 5: Mampu menjelaskan Hukum Termodinamika II (C2, A2, P1) |
Mampu menjelaskan Hukum Termodinamika II |
Kriteria : Ketepatan menjelaskan Hukum Termodinamika II Bentuk test : Tugas tertulis Bentuk non-test : Presentasi dan diskusi |
Metode Pembelajaran:
|
|
2 |
||||
11 | Sub CPMK 6: Mampu menjelaskan entropi (C2, A2, P1) |
Mampu menjelaskan entropi |
Kriteria: Ketepatan menjelaskan entropi Bentuk Non-test : Diskusi kelompok |
Metode Pembelajaran:
Estimasi Waktu : Tatap Muka (2 x 50') |
Entropi (prinsip kenaikan entropi dan proses isentropik)
|
2 |
|||
12 | Sub CPMK 7: Mampu menjelaskan siklus otto dan diesel (C2, A2, P1) |
Mampu menjelaskan siklus otto dan diesel |
Kriteria : Ketepatan menjelaskan siklus otto dan diesel Bentuk Non-test : Diskusi kelompok |
Metode Pembelajaran:
Estimasi Waktu : Tatap Muka (2 x 50') |
Siklus daya (reciprocating engine, siklus otto, dan siklus diesel)
|
5 |
|||
13 | Sub CPMK 8: Mampu menganalisis aplikasi termodinamika (C4, A2, P1) |
Mampu menganalisis aplikasi termodinamika |
Kriteria : Ketepatan menganalisis aplikasi termodinamika. Bentuk Test : Tugas Tertulis Bentuk Non-test : Diskusi dan keaktifan peserta didik |
Metode Pembelajaran:
|
Aplikasi termodinamika
|
15 |
|||
14 | Sub CPMK 9: Mampu menjelaskan mekanisme dasar perpindahan panas (C2, A2, P1) |
Mampu menjelaskan mekanisme dasar perpindahan panas |
Kriteria : Ketepatan menjelaskan mekanisme dasar perpindahan panas Bentuk Non-test : Diskusi dan keaktifan peserta didik |
Metode Pembelajaran:
Estimasi Waktu : Tatap Muka (2 x 50') |
Perpindahan panas (konduksi, konveksi, dan radiasi)
|
5 |
|||
15 | Sub CPMK 9: Mampu menjelaskan mekanisme dasar perpindahan panas (C2, A2, P1) |
Mampu menjelaskan mekanisme dasar perpindahan panas |
Kriteria: Ketepatan menjelaskan mekanisme dasar perpindahan panas Bentuk Penilaian Non-test: Diskusi & Keaktifan mahasiswa di dalam kelompok |
Metode pembelajaran : CBL (Interaktif, Integratif, Konstektual, Tematik, Kolaboratif, Berpusat pada mahasiswa) Estimasi Waktu : Tatap Muka (2 x 50') |
Aplikasi Perpindahan panas (konduksi, konveksi, dan radiasi)
Pustaka 1 Pustaka 2 |
5 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
25 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Aryati Muhaymin Marali lahir di Balikpapan pada tanggal Jabatan fungsional Jurusan TEKNIK MESIN Program Studi Alat Berat |
|