.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:yudi.kurniawan@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 3:48 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK MESIN |
|
||||||
PROGRAM
STUDI ALAT BERAT |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Statistik |
AB210922 |
2 |
0 |
2 |
28 |
3 |
18-04-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Yudi Kurniawan S.T., M.T. |
Ali Abrar S.Si., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 198905132020121003 |
NIP/NIK. 197702032015041003 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mampu mengidentifikasi dan menerapkan konsep - konsep dasar statistik untuk perencanaan bangunan jalan dan jembatan. (CPL KK1) |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
(CPMK1) Mampu menjabarkan data dalam bentuk tabel dan grafik (C2) (CPMK1) Mampu menghitung ukuran pemusatan data dan penyebaran data (C2) (CPMK1) Mampu menguraikan konsep-konsep peluang statistik (C2) (CPMK1) Mampu menjabarkan statistik inferens dan induktif (C3) (CPMK 1) Mampu menerapkan regresi dan korelasi data (C3) (CPMK 1) mampu menerapkan aplikasi statistik (C3) |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Statistik mempelajari tentang statistik deskriptif dan statistika induktif. Dalam statistika deskriptif dibahas tentang: - Cara menyajikan data dalam bentuk tabel dan grafik. - Menghitung ukuran pemusatan dan penyebaran data. Dibahas juga tentang konsep-konsep peluang, ragam sebarannya dan cara penarikan contoh. Dalam statistika induktif dibahas tentang: - Pendugaan parameter - Pengujian hipotesis - Analisa regresi dan korelasi | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Statistika deskriptif - Ukuran statistik bagi data - Pendeskripsian data |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama : |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Alat :
|
|||||||
Dosen Pengampu |
Mariatul Kiptiah, |
Mata Kuliah |
Statistik |
|||
Kode Mata Kuliah |
AB210922 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | (CPMK1) Mampu menjabarkan data dalam bentuk tabel dan grafik (C2) |
Ketepatan dalam menjabarkan dasar - dasar statistik yang berkaitan dengan penyajian data |
Kriteria: Rubrik (Pedoman Penskoran)
Teknik: Soal Esay |
Metode Pembelajaran: 1. Ceramah 2. Diskusi 3. Tugas Tugasdengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca RPS dan Materi Pendahuluan yang diupload BLP) TM : 2 x 50 menit (pemaparan RPS dan pemaparan materi) BT : 2 x 60 menit (Mengerjakan soal latihan) |
Pustaka [1] |
2 |
|||
2 | (CPMK1) Mampu menjabarkan data dalam bentuk tabel dan grafik (C2) |
Ketepatan dalam menjabarakan dasar dasar statistiik yang berkaitan dengan pengumpulan data dan pengolahan data |
Kriteria: Rubrik (Pedoman Penskoran) Teknik: Soal Esay |
Metode Pembelajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca RPS dan Materi Pendahuluan yang diupload BLP) TM : 2 x 50 menit (pemaparan RPS dan pemaparan materi) BT : 2 x 60 menit (Mengerjakan soal latihan) |
Pustaka [1], [2] |
2 |
|||
3 | (CPMK1) Mampu menjabarkan data dalam bentuk tabel dan grafik (C2) |
Ketepatan dalam menjabarkan dasar dasar statistik yang berkaitan dengan penyajian data |
Kriteria: Rubrik (Pedoman Penskoran) Teknik: Soal Esay |
Metode Pembelajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca RPS dan Materi Pendahuluan yang diupload BLP) TM : 2 x 50 menit (pemaparan RPS dan pemaparan materi) BT : 2 x 60 menit (Mengerjakan soal latihan) |
Penyajian data berupa:
Pustaka [1], [2] |
2 |
|||
4 | (CPMK1) Mampu menguraikan konsep-konsep peluang statistik (C2) |
Ketepatan dalam menjelaskan tentang distribusi data kuantitafi dan data kualitatif |
Kriteria: Rubrik (Pedoman Penskoran)
Teknik: Soal Esay |
Metode Pembelajaran: 1. Ceramah 2. Diskusi 3. Tugas Tugasdengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca RPS dan Materi Pendahuluan yang diupload BLP) TM : 2 x 50 menit (pemaparan RPS dan pemaparan materi) BT : 2 x 60 menit (Mengerjakan soal latihan) |
[1], [2] |
2 |
|||
5 | (CPMK1) Mampu menguraikan konsep-konsep peluang statistik (C2) |
Ketepatan dalam menjelaskan metode peluang statistik |
Kriteria: Rubrik (Pedoman Penskoran) Teknik: Soal Esay |
Metode Pembelajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca RPS dan Materi Pendahuluan yang diupload BLP) TM : 2 x 50 menit (pemaparan RPS dan pemaparan materi) BT : 2 x 60 menit (Mengerjakan soal latihan) |
[1], [2] |
2 |
|||
6 | (CPMK1) Mampu menghitung ukuran pemusatan data dan penyebaran data (C2) |
Ketepatan dalam menghitung ukuran pemusatan dan penyebaran data |
Kriteria: Rubrik (Pedoman Penskoran) Teknik: Soal Esay |
Metode Pembelajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca RPS dan Materi Pendahuluan yang diupload BLP) TM : 2 x 50 menit (pemaparan RPS dan pemaparan materi) BT : 2 x 60 menit (Mengerjakan soal latihan) |
Persamaan - persamaan ukuran pemusatan 1], [2] |
2 |
|||
7 | (CPMK1) Mampu menghitung ukuran pemusatan data dan penyebaran data (C2) |
Ketepatan dalam menghitung persamamaan - persamaan ukuran sebaran data |
Kriteria: Rubrik (Pedoman Penskoran) Teknik: Soal Esay |
Metode Pembelajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca RPS dan Materi Pendahuluan yang diupload BLP) TM : 2 x 50 menit (pemaparan RPS dan pemaparan materi) BT : 2 x 60 menit (Mengerjakan soal latihan) |
Persamaan – persamaan ukuran dispersi
[1], [2], [3] |
2 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
30 |
|||||||
9 | (CPMK1) Mampu menghitung ukuran pemusatan data dan penyebaran data (C2) |
Ketepatan menjabarkan kurva normal |
Kriteria: Rubrik (Pedoman Penskoran) Teknik: Soal Esay |
Metode Pembelajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca RPS dan Materi Pendahuluan yang diupload BLP) TM : 2 x 50 menit (pemaparan RPS dan pemaparan materi) BT : 2 x 60 menit (Mengerjakan soal latihan) |
[1], [2] |
3 |
|||
10 | (CPMK 1) Mampu menerapkan regresi dan korelasi data (C3) |
Ketepatan dalam memahami analisis korelasi |
Kriteria: Rubrik (Pedoman Penskoran) Teknik: Soal Esay |
Metode Pembelajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca RPS dan Materi Pendahuluan yang diupload BLP) TM : 2 x 50 menit (pemaparan RPS dan pemaparan materi) BT : 2 x 60 menit (Mengerjakan soal latihan) |
Analisa Korelasi [1], [2] |
3 |
|||
11 | (CPMK 1) Mampu menerapkan regresi dan korelasi data (C3) |
Ketepatan dalam menjelaskan analisis korelasi |
Kriteria: Rubrik (Pedoman Penskoran) Teknik: Soal Esay |
Metode Pembelajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca RPS dan Materi Pendahuluan yang diupload BLP) TM : 2 x 50 menit (pemaparan RPS dan pemaparan materi) BT : 2 x 60 menit (Mengerjakan soal latihan) |
Analisis Seragam [1], [2] |
2 |
|||
12 | (CPMK 1) Mampu menerapkan regresi dan korelasi data (C3) |
Ketepatan dalam menggunakan konsep regresi linear dalam statistik |
Kriteria: Rubrik (Pedoman Penskoran) Teknik: Soal Esay |
Metode Pembelajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca RPS dan Materi Pendahuluan yang diupload BLP) TM : 2 x 50 menit (pemaparan RPS dan pemaparan materi) BT : 2 x 60 menit (Mengerjakan soal latihan) |
[1], [2] |
2 |
|||
13 | (CPMK 1) Mampu menerapkan regresi dan korelasi data (C3) |
Ketepatan dalam menghitung analisis data berkala |
Kriteria: Rubrik (Pedoman Penskoran) Teknik: Soal Esay |
Metode Pembelajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca RPS dan Materi Pendahuluan yang diupload BLP) TM : 2 x 50 menit (pemaparan RPS dan pemaparan materi) BT : 2 x 60 menit (Mengerjakan soal latihan) |
Analisis data berkala [1], [2] |
2 |
|||
14 | (CPMK 1) mampu menerapkan aplikasi statistik (C3) |
Ketepatan dalam memahami konsep konsep dasar aplikasi statistik |
Kriteria: Rubrik (Pedoman Penskoran) Teknik: Soal Esay |
Metode Pembelajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca RPS dan Materi Pendahuluan yang diupload BLP) TM : 2 x 50 menit (pemaparan RPS dan pemaparan materi) BT : 2 x 60 menit (Mengerjakan soal latihan) |
Pengenalan Anova [1], [2] |
2 |
|||
15 | (CPMK 1) mampu menerapkan aplikasi statistik (C3) |
Ketepatan dalam menggunakan aplikasi statistk |
Kriteria: Rubrik (Pedoman Penskoran) Teknik: Soal Esay |
Metode Pembelajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca RPS dan Materi Pendahuluan yang diupload BLP) TM : 2 x 50 menit (pemaparan RPS dan pemaparan materi) BT : 2 x 60 menit (Mengerjakan soal latihan) |
Penggunaan aplikasi Anova [1], [2] |
2 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
40 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Yudi Kurniawan lahir di Balikpapan pada tanggal Jabatan fungsional Asisten Ahli Jurusan TEKNIK MESIN Program Studi Alat Berat |
|