.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:zulkarnain@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 1:26 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK ELEKTRONIKA |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Pancasila |
TE120222 |
2 |
0 |
2 |
28 |
2 |
29-04-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Zulkarnain M.Pd. |
Qory Hidayati S.T., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 199301042020121005 |
NIP/NIK. 198611142019032014 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-9) Menunjukan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahlian secara mandiri (S-10) Menginternalisasi semangat kemadirian, kejuangan dan kewirausahaan |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-3) Menguasai pengetahuan tentang perangkat pemrograman, simulasi dan penggunaan teknologi informasi untuk rekayasa dan penyelesaian pekerjaan bidang instrumentasi dan sistem kendali (P-7) Menguasai prinsip dan issue terkini dalam ekonomi, sosial, ekologi secara umum |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menyelesaikan pekerjaan pada bidang instrumentasi dan sistema kendali dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai dengan bidang elektronika (KU-3) Mampu memecahkan masalah pekerjaan pada bidang instrumentasi dan sistem kendali didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggungjawab atas hasilnya secara mandiri |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-5) Mampu menggunakan alat ukur elektronik perangkat lunak, simulasi dan penggunaan teknologi informasi untuk rekayasa, penyelesaian pekerjaan dalam bidang instrumentasi dan sistem kendali |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK: Mahasiswa dapat menganalisis dan memecahkan masalah-masalah pembangunan bangsa dan negara berdasar nilai-nilai Pancasila |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub CPMK1: Mampu menjelaskan Pancasila dalam sejarah Perjuangan Bangsa Sub CPMK2: Mampu menjelaskan Pancasila sebagai dasar negara Sub CPMK3: Mampu menganalisaPancasila sebagai dasar negara Sub CPMK4: Mampu menjelaskan Pancasila sebagai ideologi Sub CPMK5: Mampu menganalisa ideologi pancasila dan membandingkan dengan ideologi lain Sub CPMK6: Mampu menjelaskan Filsafat Pancasila Sub CPMK7: Mampu menganalisa filsafat Pancasila Sub CPMK9: Mampu menjelaskan Pancasila sebagai sistem etika Sub CPMK10: mampu menerapkan etika Pancasila dalam kehidupan bangsa dan negara Sub CPMK11: Mampu menjelaskan Pancasila sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Sub CPMK12: Mampu menganalisa Pancasila sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Sub CPMK13: Mampu menjelaskan Pancasila sebagai paradigma pembangunan nasional Sub CPMK14:Mampu menganalisa Pancasila sebagai paradigma pembangunan nasional dalam bidang politik dan ekonomi Sub CPMK15: Mampu menganalisa Pancasila sebagai paradigma pembangunan nasional dalam bidang sosial dan budaya dan pertahanan keamanan |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Pada mata kuliah Pancasila mahasiswa akan mempelajari tentang pentingnya pemahaman dan penghayatan tentang Pancasila sebagai ideologi bangsa dan negara Republik Indonesia. |
|||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Pancasila dalam sejarah Perjuangan Bangsa |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: Ali, As’ad Said, 2009, Negara Pancasila Jalan Kemaslahatan Berbangsa, Pustaka LP3ES, Jakarta; Darmodihardjo , D, 1978, Orientasi Singkat Pancasila, PT Gita Karya, Jakarta; Kaelan, 2001, Pendidikan Pancasila, Paradigma Yogyakarta; Suwarno,1993, Pancasila Budaya Bangsa Indonesia, Kanisius, Yogyakarta; Syarbaini, Syahrial, 2014, Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi, Ghalia Indonesia, Bogor |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Modul, LCD, Laptop |
|||||||
Dosen Pengampu |
Zulkarnain, |
Mata Kuliah |
Pancasila |
|||
Kode Mata Kuliah |
TE120222 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub CPMK1: Mampu menjelaskan Pancasila dalam sejarah Perjuangan Bangsa |
Ketepatan menjelaskan Pancasila era sebelum kemerdekaan dan Pancasila era sesudah kemerdekaan |
ketepatan dan pemahaman materi Bentuk tes: kajian literatur Karakteristik Pembelajaran : |
Kuliah dan diskusi TM 1x(2x50’) Metode Pembelajaran : Metode Diskusi |
1. Pancasila era sebelum kemerdekaan 2. Pancasila era sesudah kemerdekaan Ali, As’ad Said, 2009, Negara Pancasila Jalan Kemaslahatan Berbangsa, Pustaka LP3ES, Jakarta; Darmodihardjo , D, 1978, Orientasi Singkat Pancasila, PT Gita Karya, Jakarta; Kaelan, 2001, Pendidikan Pancasila, Paradigma Yogyakarta; Suwarno,1993, Pancasila Budaya Bangsa Indonesia, Kanisius, Yogyakarta; Syarbaini, Syahrial, 2014, Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi, Ghalia Indonesia, Bogor |
2 |
|||
2 | Sub CPMK2: Mampu menjelaskan Pancasila sebagai dasar negara |
Ketepatan menjelaskan 1. Pengertian Pancasila sebagai Dasar Negara 2. Hubungan Pancasila dengan Pembukaan UUD 1945 3. Pokok kaidah yang fundamental 4. Hubungan Pembukaan dan Batang Tubuh UUD 1945 |
Kriteria penilaian : ketepatan dan pemahaman materi Bentuk tes: kajian literatur Karakteristik Pembelajaran : |
Kuliah dan diskusi TM 1x(2x50’) Metode Pembelajaran : Metode Diskusi |
1. Pengertian Pancasila sebagai Dasar Negara 2. Hubungan Pancasila dengan Pembukaan UUD 1945 3. Pokok kaidah yang fundamental 4. Hubungan Pembukaan dan Batang Tubuh UUD 1945 Ali, As’ad Said, 2009, Negara Pancasila Jalan Kemaslahatan Berbangsa, Pustaka LP3ES, Jakarta; Darmodihardjo , D, 1978, Orientasi Singkat Pancasila, PT Gita Karya, Jakarta; Kaelan, 2001, Pendidikan Pancasila, Paradigma Yogyakarta; Suwarno,1993, Pancasila Budaya Bangsa Indonesia, Kanisius, Yogyakarta; Syarbaini, Syahrial, 2014, Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi, Ghalia Indonesia, Bogor |
5 |
|||
3 | Sub CPMK3: Mampu menganalisaPancasila sebagai dasar negara |
Ketepatan menganalisa: Implementasi Pancasila dalam pembuatan kebijakan Negara dalam bidang politik ekonomi, social budaya dan Hankam |
Kriteria penilaian : ketepatan dan pemahaman materi Bentuk tes: kajian literatur dan presentasi Karakteristik Pembelajaran : |
Kuliah dan diskusi TM 1x(2x50’) Metode Pembelajaran : Metode Diskusi
|
Implementasi Pancasila dalam pembuatan kebijakan Negara dalam bidang politik ekonomi, social budaya dan Hankam Ali, As’ad Said, 2009, Negara Pancasila Jalan Kemaslahatan Berbangsa, Pustaka LP3ES, Jakarta; Darmodihardjo , D, 1978, Orientasi Singkat Pancasila, PT Gita Karya, Jakarta; Kaelan, 2001, Pendidikan Pancasila, Paradigma Yogyakarta; Suwarno,1993, Pancasila Budaya Bangsa Indonesia, Kanisius, Yogyakarta; Syarbaini, Syahrial, 2014, Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi, Ghalia Indonesia, Bogor |
5 |
|||
4 | Sub CPMK4: Mampu menjelaskan Pancasila sebagai ideologi |
Ketepatan menjelaskan 1. Pengertian ideologi 2. Unsur ideologi 3. Ideologi terbuka dan tertutup 4. Pancasila sebagai ideologi terbuka 5. Pancasila sebagai ideologi Berbangsa dan bernegara |
Kriteria penilaian : ketepatan dan pemahaman materi Bentuk tes: kajian literatur Karakteristik Pembelajaran : |
Kuliah dan diskusi TM 1x(2x50’) Metode Pembelajaran : Metode Diskusi
|
1. Pengertian ideologi 2. Unsur ideologi 3. Ideologi terbuka dan tertutup 4. Pancasila sebagai ideologi terbuka 5. Pancasila sebagai ideologi Berbangsa dan bernegara Ali, As’ad Said, 2009, Negara Pancasila Jalan Kemaslahatan Berbangsa, Pustaka LP3ES, Jakarta; Darmodihardjo , D, 1978, Orientasi Singkat Pancasila, PT Gita Karya, Jakarta; Kaelan, 2001, Pendidikan Pancasila, Paradigma Yogyakarta; Suwarno,1993, Pancasila Budaya Bangsa Indonesia, Kanisius, Yogyakarta; Syarbaini, Syahrial, 2014, Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi, Ghalia Indonesia, Bogor |
4 |
|||
5 | Sub CPMK5: Mampu menganalisa ideologi pancasila dan membandingkan dengan ideologi lain |
Ketepatan menganalisa dan membandingkan idelogi 1. Ideologi Pancasila 2. Ideologi Liberal 3. Ideologi Komunis 4. Ideologi keagamaan |
Kriteria penilaian : ketepatan dan pemahaman materi Bentuk non tes: presentasi dan diskusi Karakteristik Pembelajaran : |
Kuliah dan diskusi TM 1x(2x50’) Metode Pembelajaran : Metode Diskusi
|
1. Ideologi pancasila 2. Ideologi Liberal 3. Ideologi Komunis 4. Ideologi keagamaan Ali, As’ad Said, 2009, Negara Pancasila Jalan Kemaslahatan Berbangsa, Pustaka LP3ES, Jakarta; Darmodihardjo , D, 1978, Orientasi Singkat Pancasila, PT Gita Karya, Jakarta; Kaelan, 2001, Pendidikan Pancasila, Paradigma Yogyakarta; Suwarno,1993, Pancasila Budaya Bangsa Indonesia, Kanisius, Yogyakarta; Syarbaini, Syahrial, 2014, Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi, Ghalia Indonesia, Bogor |
5 |
|||
6 | Sub CPMK6: Mampu menjelaskan Filsafat Pancasila |
Ketepatan menjelaskan 1. Pengertian Filsafat 2. Aliran aliran filsafat 3. Pengertian Pancasila secara filsafat |
Kriteria penilaian : ketepatan dan pemahaman materi Bentuk tes: kajian literatur Karakteristik Pembelajaran : |
Kuliah dan diskusi TM 1x(2x50’) Metode Pembelajaran : Metode Diskusi
|
1. Pengertian Filsafat 2. Aliran aliran filsafat 3. Pengertian Pancasila secara filsafat Ali, As’ad Said, 2009, Negara Pancasila Jalan Kemaslahatan Berbangsa, Pustaka LP3ES, Jakarta; Darmodihardjo , D, 1978, Orientasi Singkat Pancasila, PT Gita Karya, Jakarta; Kaelan, 2001, Pendidikan Pancasila, Paradigma Yogyakarta; Suwarno,1993, Pancasila Budaya Bangsa Indonesia, Kanisius, Yogyakarta; Syarbaini, Syahrial, 2014, Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi, Ghalia Indonesia, Bogor |
3 |
|||
7 | Sub CPMK7: Mampu menganalisa filsafat Pancasila |
Mampu menganalisa filsafat Pancasila Ketepatan menganalisa 1. Aspek ontologi 2. Aspek epistimologi 3. Aspek aksiologi 4. Teori kebenaran Pancasila |
Kriteria penilaian : ketepatan dan pemahaman materi Bentuk tes: kajian literatur Karakteristik Pembelajaran : |
Kuliah dan diskusi TM 1x(2x50’) Metode Pembelajaran : Metode Diskusi
|
1. Aspek ontologi 2. Aspek epistimologi 3. Aspek aksiologi 4. Teori kebenaran Pancasila Ali, As’ad Said, 2009, Negara Pancasila Jalan Kemaslahatan Berbangsa, Pustaka LP3ES, Jakarta; Darmodihardjo , D, 1978, Orientasi Singkat Pancasila, PT Gita Karya, Jakarta; Kaelan, 2001, Pendidikan Pancasila, Paradigma Yogyakarta; Suwarno,1993, Pancasila Budaya Bangsa Indonesia, Kanisius, Yogyakarta; Syarbaini, Syahrial, 2014, Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi, Ghalia Indonesia, Bogor |
5 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9 | Sub CPMK9: Mampu menjelaskan Pancasila sebagai sistem etika |
Ketepatan menjelaskan 1. Pengertian etika 2. Pengertian nilai, moral dan Norma 3. Aliran etika |
Kriteria penilaian : ketepatan dan pemahaman materi Bentuk tes: kajian literatur Karakteristik Pembelajaran :
|
Kuliah dan diskusi TM 1x(2x50’) Metode Pembelajaran : Metode Diskusi |
1. Pengertian etika 2. Pengertian nilai, moral dan Norma 3. Aliran etika Ali, As’ad Said, 2009, Negara Pancasila Jalan Kemaslahatan Berbangsa, Pustaka LP3ES, Jakarta; Darmodihardjo , D, 1978, Orientasi Singkat Pancasila, PT Gita Karya, Jakarta; Kaelan, 2001, Pendidikan Pancasila, Paradigma Yogyakarta; Suwarno,1993, Pancasila Budaya Bangsa Indonesia, Kanisius, Yogyakarta; Syarbaini, Syahrial, 2014, Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi, Ghalia Indonesia, Bogor |
5 |
|||
10 | Sub CPMK10: mampu menerapkan etika Pancasila dalam kehidupan bangsa dan negara |
Ketepatan menerapkan 1. Etika pancasila 2. Etika politik dalam berbangsa dan bernegara |
Kriteria penilaian : ketepatan dan pemahaman materi Bentuk non tes: Pembelajaran berbasis masalah Kuliah dan diskusi Karakteristik Pembelajaran :
|
Kuliah dan diskusi TM 1x(2x50’) Metode Pembelajaran : Metode Diskusi
|
1. Etika pancasila 2. Etika politik dalam berbangsa dan bernegara Ali, As’ad Said, 2009, Negara Pancasila Jalan Kemaslahatan Berbangsa, Pustaka LP3ES, Jakarta; Darmodihardjo , D, 1978, Orientasi Singkat Pancasila, PT Gita Karya, Jakarta; Kaelan, 2001, Pendidikan Pancasila, Paradigma Yogyakarta; Suwarno,1993, Pancasila Budaya Bangsa Indonesia, Kanisius, Yogyakarta; Syarbaini, Syahrial, 2014, Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi, Ghalia Indonesia, Bogor |
5 |
|||
11 | Sub CPMK11: Mampu menjelaskan Pancasila sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi |
Ketepatan menjelaskan 1. Perkembangan ilmu dan teknologi 2. Masalah nilai dalam pengembangan ilmu dan teknologi |
Kriteria penilaian : ketepatan dan pemahaman materi Bentuk tes: kajian literatur Karakteristik Pembelajaran :
|
Kuliah dan diskusi TM 1x(2x50’) Metode Pembelajaran : Metode Diskusi |
1. Perkembangan ilmu dan teknologi 2. Masalah nilai dalam pengembangan ilmu dan teknologi Ali, As’ad Said, 2009, Negara Pancasila Jalan Kemaslahatan Berbangsa, Pustaka LP3ES, Jakarta; Darmodihardjo , D, 1978, Orientasi Singkat Pancasila, PT Gita Karya, Jakarta; Kaelan, 2001, Pendidikan Pancasila, Paradigma Yogyakarta; Suwarno,1993, Pancasila Budaya Bangsa Indonesia, Kanisius, Yogyakarta; Syarbaini, Syahrial, 2014, Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi, Ghalia Indonesia, Bogor |
2 |
|||
12 | Sub CPMK12: Mampu menganalisa Pancasila sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi |
Ketepatan menganalisa: Pancasila sebagai dasar nilai dalam pengembangan IPTEK |
Kriteria penilaian : ketepatan dan pemahaman materi Bentuk non tes: Pembelajaran berbasis masalah Kuliah dan diskusi Karakteristik Pembelajaran : |
Kuliah dan diskusi TM 1x(2x50’) Metode Pembelajaran : Metode Diskusi
|
Pancasila sebagai dasar nilai dalam pengembangan IPTEK Ali, As’ad Said, 2009, Negara Pancasila Jalan Kemaslahatan Berbangsa, Pustaka LP3ES, Jakarta; Darmodihardjo , D, 1978, Orientasi Singkat Pancasila, PT Gita Karya, Jakarta; Kaelan, 2001, Pendidikan Pancasila, Paradigma Yogyakarta; Suwarno,1993, Pancasila Budaya Bangsa Indonesia, Kanisius, Yogyakarta; Syarbaini, Syahrial, 2014, Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi, Ghalia Indonesia, Bogor |
5 |
|||
13 | Sub CPMK13: Mampu menjelaskan Pancasila sebagai paradigma pembangunan nasional |
Ketepatan menjelaskan: Pengertian paradigma menjelaskan Pancasila sebagai paradigma dalam pembangunan nasional |
Kriteria penilaian : ketepatan dan pemahaman materi Bentuk non tes: Pembelajaran berbasis masalah Karakteristik Pembelajaran : |
Kuliah dan diskusi TM 1x(2x50’) Metode Pembelajaran : Metode Diskusi
|
1. Pengertian paradigma 2. menjelaskan Pancasila sebagai paradigma dalam pembangunan nasional Ali, As’ad Said, 2009, Negara Pancasila Jalan Kemaslahatan Berbangsa, Pustaka LP3ES, Jakarta; Darmodihardjo , D, 1978, Orientasi Singkat Pancasila, PT Gita Karya, Jakarta; Kaelan, 2001, Pendidikan Pancasila, Paradigma Yogyakarta; Suwarno,1993, Pancasila Budaya Bangsa Indonesia, Kanisius, Yogyakarta; Syarbaini, Syahrial, 2014, Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi, Ghalia Indonesia, Bogor |
4 |
|||
14 | Sub CPMK14:Mampu menganalisa Pancasila sebagai paradigma pembangunan nasional dalam bidang politik dan ekonomi |
Ketepatan menjelaskan Pancasila sebagai paradigma dalam pembangunan nasional dalam bidang Politik , ekonomi |
Bentuk non tes: Pembelajaran berbasis masalah Karakteristik Pembelajaran : |
Kuliah dan diskusi TM 1x(2x50’) Metode Pembelajaran : Metode Diskusi
|
Pancasila sebagai paradigma dalam pembangunan nasional dalam bidang Politik , ekonomi Ali, As’ad Said, 2009, Negara Pancasila Jalan Kemaslahatan Berbangsa, Pustaka LP3ES, Jakarta; Darmodihardjo , D, 1978, Orientasi Singkat Pancasila, PT Gita Karya, Jakarta; Kaelan, 2001, Pendidikan Pancasila, Paradigma Yogyakarta; Suwarno,1993, Pancasila Budaya Bangsa Indonesia, Kanisius, Yogyakarta; Syarbaini, Syahrial, 2014, Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi, Ghalia Indonesia, Bogor |
5 |
|||
15 | Sub CPMK15: Mampu menganalisa Pancasila sebagai paradigma pembangunan nasional dalam bidang sosial dan budaya dan pertahanan keamanan |
Ketepatan menjelaskan: Pancasila sebagai paradigma dalam pembangunan nasional dalam bidang sosial budaya dan pertahanan keamanan |
Kriteria penilaian : ketepatan dan pemahaman materi Bentuk non tes: Pembelajaran berbasis masalah Kuliah dan diskusi Karakteristik Pembelajaran : |
Kuliah dan diskusi TM 1x(2x50’) Metode Pembelajaran : Metode Diskusi
|
Pancasila sebagai paradigma dalam pembangunan nasional dalam bidang sosial budaya dan pertahanan keamanan Ali, As’ad Said, 2009, Negara Pancasila Jalan Kemaslahatan Berbangsa, Pustaka LP3ES, Jakarta; Darmodihardjo , D, 1978, Orientasi Singkat Pancasila, PT Gita Karya, Jakarta; Kaelan, 2001, Pendidikan Pancasila, Paradigma Yogyakarta; Suwarno,1993, Pancasila Budaya Bangsa Indonesia, Kanisius, Yogyakarta; Syarbaini, Syahrial, 2014, Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi, Ghalia Indonesia, Bogor |
5 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
20 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Zulkarnain lahir di Pringgasela pada tanggal 04-01-1993 Jabatan fungsional Asisten Ahli Jurusan Program Studi |
|