.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:wahyu.anhar@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 3:55 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK MESIN |
|
||||||
PROGRAM
STUDI ALAT BERAT |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Ilmu Bahan |
AB210822 |
1 |
1 |
2 |
42 |
3 |
15-07-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Ir. Wahyu Anhar S.T., M.Eng. |
Ali Abrar S.Si., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 198105172021211006 |
NIP/NIK. 197702032015041003 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-9) Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Mengusai konsep teoritis secara umum matematika terapan fisika terapan kimia, prinsip-prinsip rekayasa (enginering principles), sains rekayasa dan perancangan rekayasa yang diperlukan untuk analasis dan perancangan system, proses, produk atau komponen |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-4) Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan (KU-6) Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menerapkan matematika, fisika dan kimia terapan ke dalam prosedur dan praktek teknikal (technical practice) untuk menjalankan perawatan alat berat yang terdefinisi dengan jelas (welldefined) |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mahasiswa mampu menjelaskan bahan teknik beserta penerapan karakterisasinya |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Mahasiswa mampu menjelaskan bahan teknik beserta sifatnya (C2, A3) Mahasiswa mampu menerapkan karakterisasi terhadap bahan teknik (C3, P3, A2) |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Ilmu Bahan mempelajari bahan teknik (logam, polimer, keramik dan komposit) beserta sifat dan penerapan karakterisasinya |
|||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Logam Ferrous (Baja dan Besi Cor) |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: Callister, W.D., (2001), Fundamentals of Materials Science and Engineering, John Wiley & Sons, USA ASM Handbook (2000), Volume 8, Mechanical Testing and Evaluation ASM Handbook (2000), Volume 11, Failure Analysis and Prevention |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : LCD, laptop, whiteboard, Tensile Testing, Vickers Hardness Testing, Rockwell Hardness Testing, Brinell Hardness Testing, Micro Structure Microscope |
|||||||
Dosen Pengampu |
Wahyu Anhar, |
Mata Kuliah |
Ilmu Bahan |
|||
Kode Mata Kuliah |
AB210822 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1, 2 | Mahasiswa mampu menjelaskan bahan teknik beserta sifatnya (C2, A3) |
Bahan baja beserta sifatnya dapat dijelaskan dengan baik |
Kejelasan konsep dan teori melalui tanya jawab dan tes tertulis |
Pembelajaran interakif: ceramah, tanya jawab, diskusi (3 x 50 menit) |
Baja Callister, W.D., (2001), Fundamentals of Materials Science and Engineering, John Wiley & Sons, USA |
8 |
|||
Mahasiswa mampu menjelaskan bahan teknik beserta sifatnya (C2, A3) |
Bahan baja beserta sifatnya dapat dijelaskan dengan baik |
Kejelasan konsep dan teori melalui tanya jawab dan tes tertulis |
Pembelajaran interakif: Ceramah, tanya jawab, diskusi (3 x 50 menit) |
Baja Callister, W.D., (2001), Fundamentals of Materials Science and Engineering, John Wiley & Sons, USA |
0 |
||||
3, 4 | Mahasiswa mampu menjelaskan bahan teknik beserta sifatnya (C2, A3) |
Bahan besi cor beserta sifatnya dapat dijelaskan dengan baik
|
Kejelasan konsep dan teori melalui tanya jawab dan tes tertulis |
Pembelajaran interakif: Ceramah, tanya jawab, diskusi (3 x 50 menit) |
Besi cor Callister, W.D., (2001), Fundamentals of Materials Science and Engineering, John Wiley & Sons, USA |
8 |
|||
Mahasiswa mampu menjelaskan bahan teknik beserta sifatnya (C2, A3) |
Bahan besi cor beserta sifatnya dapat dijelaskan dengan baik |
Kejelasan konsep dan teori melalui tanya jawab dan tes tertulis |
Pembelajaran interakif: Ceramah, tanya jawab, diskusi (3 x 50 menit) |
Besi cor Callister, W.D., (2001), Fundamentals of Materials Science and Engineering, John Wiley & Sons, USA |
0 |
||||
5 | Mahasiswa mampu menjelaskan bahan teknik beserta sifatnya (C2, A3) |
Bahan keramik beserta sifatnya dapat dijelaskan dengan baik |
Kejelasan konsep dan teori melalui tanya jawab dan tes tertulis |
Pembelajaran interakif: Ceramah, tanya jawab, diskusi (3 x 50 menit) |
Keramik Callister, W.D., (2001), Fundamentals of Materials Science and Engineering, John Wiley & Sons, USA |
3 |
|||
6 | Mahasiswa mampu menjelaskan bahan teknik beserta sifatnya (C2, A3) |
Bahan polimer beserta sifatnya dapat dijelaskan dengan baik |
Kejelasan konsep dan teori melalui tanya jawab dan tes tertulis |
Pembelajaran interakif: Ceramah, tanya jawab, diskusi (3 x 50 menit) |
Polimer Callister, W.D., (2001), Fundamentals of Materials Science and Engineering, John Wiley & Sons, USA |
3 |
|||
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan bahan teknik beserta sifatnya (C2, A3) |
Bahan komposit beserta sifatnya dapat dijelaskan dengan baik |
Kejelasan konsep dan teori melalui tanya jawab dan tes tertulis |
Pembelajaran interakif: Ceramah, tanya jawab, diskusi (3 x 50 menit) |
Komposit Callister, W.D., (2001), Fundamentals of Materials Science and Engineering, John Wiley & Sons, USA |
3 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
25 |
|||||||
9, 10 | Mahasiswa mampu menerapkan karakterisasi terhadap bahan teknik (C3, P3, A2) |
Pengujian tarik dapat dilaksanakan dengan benar |
Ketepatan pelaksanaan melalui praktek dan ujian tertulis |
Pembelajaran interaktif dan kolaboratif: ceramah, praktek, tanya jawab, diskusi (3 x 50 menit) |
Pengujian tarik ASM Handbook, (2000), Volume 8, Mechanical Testing and Evaluation |
8 |
|||
Mahasiswa mampu menerapkan karakterisasi terhadap bahan teknik (C3, P3, A2) |
Pengujian tarik dapat dilaksanakan dengan benar |
Ketepatan pelaksanaan melalui praktek dan ujian tertulis |
Pembelajaran interaktif dan kolaboratif: ceramah, praktek, tanya jawab, diskusi (3 x 50 menit) |
Pengujian tarik ASM Handbook (2000), Volume 8, Mechanical Testing and Evaluation |
0 |
||||
11 | Mahasiswa mampu menerapkan karakterisasi terhadap bahan teknik (C3, P3, A2) |
Pengujian kekerasan dapat dilaksanakan dengan benar |
Ketepatan pelaksanaan melalui praktek dan ujian tertulis |
Pembelajaran interaktif dan kolaboratif: ceramah, praktek, tanya jawab, diskusi (3 x 50 menit) |
Pengujian kekerasan ASM Handbook, (2000), Volume 8, Mechanical Testing and Evaluation |
4 |
|||
12 | Mahasiswa mampu menerapkan karakterisasi terhadap bahan teknik (C3, P3, A2) |
Pengujian Impak dapat dilaksanakan dengan benar |
Ketepatan pelaksanaan melalui praktek dan ujian tertulis |
Pembelajaran interaktif dan kolaboratif: ceramah, praktek, tanya jawab, diskusi (3 x 50 menit) |
Pengujian Impak ASM Handbook (2000), Volume 8, Mechanical Testing and Evaluation |
4 |
|||
13 | Mahasiswa mampu menerapkan karakterisasi terhadap bahan teknik (C3, P3, A2) |
Pengujian bending dapat dilaksanakan dengan benar |
Ketepatan pelaksanaan melalui praktek dan ujian tertulis |
Pembelajaran interaktif dan kolaboratif: ceramah, praktek, tanya jawab, diskusi (3 x 50 menit) |
Pengujian bending ASM Handbook (2000), Volume 8, Mechanical Testing and Evaluation |
3 |
|||
14 | Mahasiswa mampu menerapkan karakterisasi terhadap bahan teknik (C3, P3, A2) |
Pengujian fatik dapat dilaksanakan dengan benar |
Ketepatan pelaksanaan melalui praktek dan ujian tertulis |
Pembelajaran interaktif dan kolaboratif: ceramah, praktek, tanya jawab, diskusi (3 x 50 menit) |
Pengujian fatik ASM Handbook, (2000), Volume 8, Mechanical Testing and Evaluation |
3 |
|||
15 | Mahasiswa mampu menerapkan karakterisasi terhadap bahan teknik (C3, P3, A2) |
Pengujian creep dapat dilaksanakan dengan benar |
Ketepatan pelaksanaan melalui praktek dan ujian tertulis |
Pembelajaran interaktif dan kolaboratif: ceramah, praktek, tanya jawab, diskusi (3 x 50 menit) |
Pengujian creep ASM Handbook, (2000), Volume 8, Mechanical Testing and Evaluation |
3 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
25 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Wahyu Anhar lahir di Samarinda pada tanggal Jabatan fungsional Lektor Jurusan TEKNIK MESIN Program Studi Alat Berat |
|