.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:emil.azmanajaya@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@April 16, 2025, 10:10 pm Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNOLOGI REKAYASA KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Hidrologi |
JJ120822 |
3 |
0 |
3 |
42 |
2 |
19-07-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Dr. Emil Azmanajaya S.T., M.T. |
Mohamad Isram M. Ain S.T., M.Sc. |
|||||||
NIP/NIK. 197702242012121001 |
NIP/NIK. 198903052022031010 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-1) Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (S-3) Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa serta turut menjaga perdamaian dunia (S-4) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila (S-5) Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (S-6) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (S-8) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S-9) Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-2) Menguasai prinsip dan teknik perancangan rekayasa meliputi ilmu bahan, mekanika (mekanika teknik, mekanika tanah, mekanika fluida), sistem transportasi darat, hidrologi, rekayas geoteknik, rekayasa jalan, rekayasa struktur jembatan, rekayasa konstruksi, dan rekayas lingkungan jalan (P-7) Menguasai issue terkini di bidang transportasi, teknologi jalan dan jembatan, ekonomi, sosial, budaya, kesehatan dan keselamatan publik, lingkungan dan analisa dampak lingkungan akibat lalu lintas (andalalin) (P-9) Menguasai pengetahuan faktual tentang perkembangan di bidang teknologi konstruksi jalan dan jembatan |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menerapkan pemikian logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakuka pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan (KU-2) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur (KU-5) Mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan prosedur baku, spesifikasi desain, persyaratan keselamatan dan keamanan kerja dalam melakukan supervisi dan evaluasi pada pekerjaannya |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-2) Mampu merumuskan esensi perancangan bangunan jalan dan jembatan sesuai dengan Standar Indonesia dan/atau Standar Internasional 2 |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CP-MK1 : Mampu menghitung paramater komponen Hidrologi untuk sebuah perencanaan bangunan air CP-MK2 : Mampu menghitung hujan/banjir rencana dengan metode yang benar CP-MK3 : Mampu menerapkan simulasi hidrologi menggunakan SWMM |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub-CPMK1 : Mahasiswa memahami daur hidrologi dan neraca air Sub-CPMK2 : Mahasiswa memahami parameter iklim dan klimatologi Sub-CPMK3 : Mahasiswa memahami dan mampu menghitung parameter infiltrasi dan perkolasi Sub-CPMK4 : Mahasiswa memahami dan mampu menghitung parameter evapotranspirasi Sub-CPMK5 : Mahasiswa mampu menghitung analisa frekuensi curah hujan metode Gumbel Sub-CPMK6 : Mahasiswa mampu menghitung analisa frekuensi curah hujan metode Normal Sub-CPMK7 : Mahasiswa mampu menghitung analisa frekuensi curah hujan metode log Pearson III Sub-CPMK8 : Mahasiswa mampu menghitung analisa uji frekuensi curah hujan metode Smirnov-Kolmogorov Sub-CPMK9 : Mahasiswa mampu menghitung analisa uji frekuensi curah hujan metode Chi Square Sub-CPMK10 : Mahasiswa mampu memahami fitur2 pada SWMM Sub-CPMK11 : Mahasiswa mampu menginput DAS bersumber dari Google Earth Sub-CPMK12 : Mahasiswa mampu menginput parameter Hujan dan Saluran Sub-CPMK13 : Mahasiswa mampu mengintrepretasi hasil simulasi Sub-CPMK14 : Mahasiswa mampu memodifikasi saluran |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata Kuliah Hidrologi merupakan ilmu yang berkaitan dengan air di bumi, baik mengenai terjadinya, peredaran dan penyebarannya, sifat-sifat dan hubungan dengan lingkungannya terutama dengan makhluk hidup. Pada mata kuliah ini akan diajarkan metode perhitungan hujan rencana dan simulasinya pada suatu saluran kawasan menggunakan aplikasi Storm Water Management Modelling (SWMM). | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Pengantar Hidrologi |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Infokus, papan tulis, lapyop |
|||||||
Dosen Pengampu |
Emil Azmanajaya, |
Mata Kuliah |
Hidrologi |
|||
Kode Mata Kuliah |
JJ120822 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub-CPMK1 : Mahasiswa memahami daur hidrologi dan neraca air |
Mahasiswa mampu menjelaskan proses siklus hidrologi |
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. |
Case Based Learning (CBL), diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa; dengan Menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes). 170 menit x 3 sks = 510 menit (150 menit tatap muka, 180 menit tugas terstruktur, dan 180 menit belajar mandiri) |
|
2 |
|||
2 | Sub-CPMK2 : Mahasiswa memahami parameter iklim dan klimatologi |
Mahasiswa mampu menjelaskan informasi terkait iklim dan meteorologi dan angka kunci yang berlaku di Indonesia |
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. |
Case Based Learning (CBL), diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa; dengan Menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes). 170 menit x 3 sks = 510 menit (150 menit tatap muka, 180 menit tugas terstruktur CBL, dan 180 menit belajar mandiri) |
|
4 |
|||
3 | Sub-CPMK3 : Mahasiswa memahami dan mampu menghitung parameter infiltrasi dan perkolasi |
Mahasiswa mampu menjelaskan proses terjadinya Infiltrasi dan Perkolasi, dapat menghitung besarnya infiltrasi dan perkolasi yang terjadi di Indonesia |
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. |
Case Based Learning (CBL), diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa; dengan Menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes). 170 menit x 3 sks = 510 menit (150 menit tatap muka, 180 menit tugas terstruktur CBL, dan 180 menit belajar mandiri) |
|
2 |
|||
4 | Sub-CPMK4 : Mahasiswa memahami dan mampu menghitung parameter evapotranspirasi |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan menghitung evapotranspirasi |
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. |
Case Based Learning (CBL), diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa; dengan Menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes). 170 menit x 3 sks = 510 menit (150 menit tatap muka, 180 menit tugas terstruktur CBL, dan 180 menit belajar mandiri) |
|
2 |
|||
5 | Sub-CPMK5 : Mahasiswa mampu menghitung analisa frekuensi curah hujan metode Gumbel |
Mahasiswa mampu menyelesaiakn dan menjelaskan curah hujan rancangan dan banjir rancangan dengan metode Gumbel |
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. |
Case Based Learning (CBL), diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa; dengan Menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes). 170 menit x 3 sks = 510 menit (150 menit tatap muka, 180 menit tugas terstruktur, dan 180 menit belajar mandiri) |
Metode Gumbel
|
2 |
|||
6 | Sub-CPMK6 : Mahasiswa mampu menghitung analisa frekuensi curah hujan metode Normal |
Mahasiswa mampu menyelesaiakn dan menjelaskan curah hujan rancangan dan banjir rancangan dengan metode Normal |
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. |
Case Based Learning (CBL), diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa; dengan Menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes). 170 menit x 3 sks = 510 menit (150 menit tatap muka, 180 menit tugas terstruktur CBL, dan 180 menit belajar mandiri) |
|
2 |
|||
7 | Sub-CPMK7 : Mahasiswa mampu menghitung analisa frekuensi curah hujan metode log Pearson III |
Mahasiswa mampu menyelesaiakn dan menjelaskan curah hujan rancangan dan banjir rancangan dengan metode log Pearson III |
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. |
Case Based Learning (CBL), diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa; dengan Menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes). 170 menit x 3 sks = 510 menit (150 menit tatap muka, 180 menit tugas terstruktur, dan 180 menit belajar mandiri) |
Metode Log Pearson III
|
2 |
|||
UTS : Ujian Tengah Semester |
30 |
||||||||
9 | Sub-CPMK8 : Mahasiswa mampu menghitung analisa uji frekuensi curah hujan metode Smirnov-Kolmogorov |
Mahasiswa mampu menganalisa uji frekuensi CH menggunakan metode Smirnov Kolmogorov |
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. |
Case Based Learning (CBL), diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa; dengan Menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes). 170 menit x 3 sks = 510 menit (150 menit tatap muka, 180 menit tugas terstruktur CBL, dan 180 menit belajar mandiri) |
Metode Smirnov-Kolmogorov
|
2 |
|||
10 | Sub-CPMK9 : Mahasiswa mampu menghitung analisa uji frekuensi curah hujan metode Chi Square |
Mahasiswa mampu melakukan analisa Uji frekuensi metode Chi Square |
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. |
Case Based Learning (CBL), diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa; dengan Menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes). 170 menit x 3 sks = 510 menit (150 menit tatap muka, 180 menit tugas terstruktur CBL, dan 180 menit belajar mandiri) |
Metode Chi Square
|
2 |
|||
11 | Sub-CPMK10 : Mahasiswa mampu memahami fitur2 pada SWMM |
Mahasiswa menginstal aplikasi SWMM pada laptop masing-masing dan memehami fungsi dan kegunaannya |
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. |
Case Based Learning (CBL), diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa; dengan Menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes). 170 menit x 3 sks = 510 menit (150 menit tatap muka, 180 menit tugas terstruktur CBL, dan 180 menit belajar mandiri) |
EPA Water Supply and Water Resources Division, 2016, Storm Water Management Model Reference Manual, Volume I – Hydrology (Revised), EPA/600/R-15/162A | January 2016 | www2.epa.gov/water-research |
2 |
|||
12 | Sub-CPMK11 : Mahasiswa mampu menginput DAS bersumber dari Google Earth |
Mahasiswa mampu memahami cara membuat peta DAS pada SWMM |
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. |
Case Based Learning (CBL), diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa; dengan Menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes). 170 menit x 3 sks = 510 menit (150 menit tatap muka, 180 menit tugas terstruktur CBL, dan 180 menit belajar mandiri) |
EPA Water Supply and Water Resources Division, 2016, Storm Water Management Model Reference Manual, Volume I – Hydrology (Revised), EPA/600/R-15/162A | January 2016 | www2.epa.gov/water-research |
2 |
|||
13 | Sub-CPMK12 : Mahasiswa mampu menginput parameter Hujan dan Saluran |
Mahasiswa mampu menginput dan interpretasi data hujan dan saluran |
|
2 |
|||||
14 | Sub-CPMK13 : Mahasiswa mampu mengintrepretasi hasil simulasi |
Mahasiswa mampu menginterpretasi hasil simulasi |
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. |
Case Based Learning (CBL), diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa; dengan Menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes). 170 menit x 3 sks = 510 menit (150 menit tatap muka, 180 menit tugas terstruktur CBL, dan 180 menit belajar mandiri) |
|
2 |
|||
15 | Sub-CPMK14 : Mahasiswa mampu memodifikasi saluran |
Mahasiswa mampu memodifikasi dimensi saluran berdasarkan hasil simulasi hidrologi SWMM |
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. |
Case Based Learning (CBL), diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa; dengan Menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes). 170 menit x 3 sks = 510 menit (150 menit tatap muka, 180 menit tugas terstruktur CBL, dan 180 menit belajar mandiri) |
|
2 |
|||
UAS : Ujian Akhir Semester |
40 |
||||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Emil Azmanajaya lahir di Jambi pada tanggal 24-02-1977 Jabatan fungsional Lektor Kepala Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknik Sipil |
|