.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:herdian.dwimas@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 1:33 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK MESIN |
|
||||||
PROGRAM
STUDI ALAT BERAT |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Mekanika Teknik |
AB120422 |
2 |
0 |
2 |
28 |
2 |
27-02-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Herdian Dwimas S.T., M.T. |
Ali Abrar S.Si., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 199509052022031013 |
NIP/NIK. 197702032015041003 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-6) Bekerjasama dan memiliki kepekaaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Mengusai konsep teoritis secara umum matematika terapan fisika terapan kimia, prinsip-prinsip rekayasa (enginering principles), sains rekayasa dan perancangan rekayasa yang diperlukan untuk analasis dan perancangan system, proses, produk atau komponen |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur (KU-3) Mampu memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menerapkan matematika, fisika dan kimia terapan ke dalam prosedur dan praktek teknikal (technical practice) untuk menjalankan perawatan alat berat yang terdefinisi dengan jelas (welldefined) |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CP-MK 1: Mampu menentukan gaya dan kesetimbangan CP-MK 2: Mampu menghitung momen gaya CP-MK 3: Mampu Menghitung besarnya beban yang terjadi (momen) CP-MK 4: Mampu menghitung kekuatan material atau struktur terhadap beban CP-MK 5: Mampu Memahami aplikasi dasar mekanika dalam perancangan |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
(P-1)=>Sub-CPMK 1: Mampu memahami definisi serta konsep dasar mekanika teknik (C1, A1) (P-1)=>Sub-CPMK 2: Mampu memahami pengertian gaya, momen, dan perhitungannya (C1, A1) (P-1)=>Sub-CPMK 3: Mampu memahami penjumlahan momen dan gaya (C2, A1) (KU-3)=>Sub-CPMK 4: Mampu memahami konsep kesetimbangan (C2, A1) (KK-1)=>Sub-CPMK 5: Mampu memahami kesetimbangan pada struktur sederhana (C2, A2) (P-1, KU-2)=>Sub-CPMK 6: Mampu memahami kesetimbangan pada struktur batang (KK-1)=>Sub-CPMK 7: Mampu memahami kesetimbangan pada struktur kerangka dan mesin (KU-3, KK-1)=>Sub-CPMK 8: Mampu menghitung kesetimbangan pada beban terdistribusi (P-1, KU-3)=>Sub-CPMK 9: Mampu memahami konsep plasitisitas dan regangan sisa (S-6, KU-3, KK-1)=>Sub-CPMK 10: Mampu memahami penggunaan mekanika teknik dalam perancangan |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Mekanika Teknik mempelajari struktur terhadap beban yang bekerja padanya. Perilaku struktur tersebut umumnya adalah lendutan dan gaya-gaya (gaya reaksi dan gaya internal). Mata kuliah ini banyak membicarakan stabilitas, keseimbangan gaya, dan kompabilitas antara deformasi dan jenis tumpuan elastisitasnya. Dengan mengetahui gaya-gaya dan lendutan yang terjadi maka selanjutnya struktur tersebut dapat direncanakan atau diproporsikan dimensinya berdasarkan material yang digunakan sehingga aman dan nyaman dalam menerima beban tersebut. | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Konsep besaran skalar dan vektor |
|||||||
Pustaka |
1. ian Gibson & David Rosen (2015): Additive Manufacturing Technologies. London - Springer 2. M Meriam, J.L.; Kraige, L.G. 2008. Mekanika Teknik: Statika. Terjemah: Tony Mulia. Penerbit Erlangga. 3. Popov, E.P. 2013. Mekanika Teknik (Mechanics of Material). Terjemah: Zainul Astamar. Yogyakarta: Penerbit Andi. |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Power point, audio, dan video Alat: Laptop, LCD, papan tulis, alat tulis |
|||||||
Dosen Pengampu |
Herdian Dwimas, |
Mata Kuliah |
Mekanika Teknik |
|||
Kode Mata Kuliah |
AB120422 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | (P-1)=>Sub-CPMK 1: Mampu memahami definisi serta konsep dasar mekanika teknik (C1, A1) |
|
sikap dan keaktifan |
Ceramah dan diskusi (Kolaboratif dan interaktif) 2 x 50 menit |
RPS, (1), & (2) |
2 |
|||
2 | (P-1)=>Sub-CPMK 2: Mampu memahami pengertian gaya, momen, dan perhitungannya (C1, A1) |
|
Kriteria:
Bentuk Penilaian:
|
Metode pembelajaran:
Estimasi Waktu:
|
(1), (2), dan (3) |
2 |
|||
3 | (P-1)=>Sub-CPMK 2: Mampu memahami pengertian gaya, momen, dan perhitungannya (C1, A1) |
|
Kriteria:
Bentuk penilaian:
|
Metoda pembelajaran:
Estimasi Waktu: 2 x 50 menit |
(1), (2), dan (3) |
4 |
|||
4 | (P-1)=>Sub-CPMK 3: Mampu memahami penjumlahan momen dan gaya (C2, A1) |
|
Kriteria:
bentuk penilaian:
|
Metoda pembelajaran:
Estimasi Waktu: 2 x 50 menit |
Penjumlahan gaya dan momen (1), (2), dan (3) |
4 |
|||
5 | (KU-3)=>Sub-CPMK 4: Mampu memahami konsep kesetimbangan (C2, A1) |
|
kriteria:
|
Metoda pembelajaran: Ceramah dan diskusi (Kolaboratif dan interaktif) Estimasi Waktu: 2 x 50 menit |
(1), (2), dan (3) |
2 |
|||
6 | (KK-1)=>Sub-CPMK 5: Mampu memahami kesetimbangan pada struktur sederhana (C2, A2) |
|
Kriteria:
bentuk penilaian: Sikap dan keaktifan tugas |
Metoda pembelajaran: Ceramah dan diskusi (Kolaboratif dan interaktif) Estimasi Waktu: 2 x 50 menit |
(1), (2), (3) |
4 |
|||
7 | (P-1, KU-2)=>Sub-CPMK 6: Mampu memahami kesetimbangan pada struktur batang |
|
Kriteria:
Bentuk penilaian:
|
Metoda pembelajaran: Ceramah dan diskusi (Kolaboratif dan interaktif) Estimasi Waktu: 2 x 50 menit |
(1), (2), dan (3) |
4 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
25 |
|||||||
9 | (P-1, KU-2)=>Sub-CPMK 6: Mampu memahami kesetimbangan pada struktur batang |
|
kriteria:
bentuk penilaian: sikap dan keaktifan |
Metoda pembelajaran: Ceramah dan diskusi (Kolaboratif dan interaktif) Estimasi Waktu: 2 x 50 menit |
(1), (2), (3) |
2 |
|||
10 | (KK-1)=>Sub-CPMK 7: Mampu memahami kesetimbangan pada struktur kerangka dan mesin |
|
Kriteria:
Bentuk penilaian:
|
Metoda pembelajaran: Ceramah dan diskusi (Kolaboratif dan interaktif) Estimasi Waktu:
|
(1), (2), (3) |
2 |
|||
11 | (KK-1)=>Sub-CPMK 7: Mampu memahami kesetimbangan pada struktur kerangka dan mesin |
|
Kriteria:
Bentuk penilaian:
|
Metoda pembelajaran: Case based learning (Tematik, Kolaboratif, dan interaktif) diskusi (interaktf) Estimasi Waktu:
|
(1), (2), (3) |
4 |
|||
12 | (KU-3, KK-1)=>Sub-CPMK 8: Mampu menghitung kesetimbangan pada beban terdistribusi |
|
Kriteria:
Bentuk Penilaian:
|
Metoda pembelajaran: Cased based learning (Kolaboratif dan interaktif) Estimasi Waktu: 2 x 50 menit |
(1), (2), dan (3) |
4 |
|||
13 | (P-1, KU-3)=>Sub-CPMK 9: Mampu memahami konsep plasitisitas dan regangan sisa |
|
Kriteria:
Bentuk Penilaian:
|
Metoda pembelajaran: Cased based learning (Kolaboratif, berpusat pada mahasiswa, dan interaktif) Estimasi Waktu: 2 x 50 menit |
(1), (2), (3 |
3 |
|||
14 | (P-1, KU-3)=>Sub-CPMK 9: Mampu memahami konsep plasitisitas dan regangan sisa |
|
kriteria:
bentuk penilaian:
|
Metoda pembelajaran: Case based learning (Kolaboratif dan interaktif) Estimasi Waktu:
|
(1), (2), (3 |
4 |
|||
15 | (S-6, KU-3, KK-1)=>Sub-CPMK 10: Mampu memahami penggunaan mekanika teknik dalam perancangan |
|
kriteria:
bentuk penilaian:
|
Metoda pembelajaran: Case based learning (Tematik, Kolaboratif, dan interaktif) Estimasi Waktu:
|
(1), (2), (3) |
4 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
30 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Herdian Dwimas lahir di Samarinda pada tanggal Jabatan fungsional Jurusan TEKNIK MESIN Program Studi Teknologi Rekayasa Manufaktur |
|