.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:hadiyanto@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 11:42 pm Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK ELEKTRONIKA |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Instalasi Listrik Dasar |
TE120522 |
1 |
1 |
2 |
56 |
2 |
09-03-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Hadiyanto S.T., M. Eng. |
Qory Hidayati S.T., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 198007082014041001 |
NIP/NIK. 198611142019032014 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-1) Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukan sikap religius |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Menguasi konsep teoritis matematika teknik dan fisika terapan terkait dengan praktek instalasi dankonfigurasi, interpertasi instruksi, pengoperasian, pengujian, pemeliharaan dan perbaikan untuk menyelesaikan permasalahan bidang instrumentasi dan sistem kendali |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menyelesaikan pekerjaan pada bidang instrumentasi dan sistema kendali dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai dengan bidang elektronika (KU-6) Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervise dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan pada bidang instrumentasi dan sistem kendali yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menerapkan matematika teknik dan fisika terapan kedalam prosedur dan praktek instalasi, interpertasi instruksi, pengoperasian, pengujian, pemeliharaan, mengidentifikasi sumber masalah (trouble shooting), dan perbaikan untuk menyelesaikan permasalahan bidang instrumentasi dan sistem kendali berdasarkan teori yang bersesuaian (KK-2) Mampu merumuskan alternatif solusi untuk masalah instrumentasi dan system kendali menggunakan standar IEC dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, K3 dan lingkungan (KK-4) Mampu melakukan pengujian dan pengukuran instrumentasi dan system kendali berdasarkan prosedur dan standar IEC untuk menganalisis, menginterpretasi dan menerapkan sesuai peruntukan (KK-5) Mampu menggunakan alat ukur elektronik perangkat lunak, simulasi dan penggunaan teknologi informasi untuk rekayasa, penyelesaian pekerjaan dalam bidang instrumentasi dan sistem kendali (KK-9) Mampu menerapkan regulasi K3 diberbagai sektor tempat kerja |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CP-MK1: Mahasiswa menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri CP-MK2: Mahasiswa menguasi konsep teoriti s matemati ka teknik dan fi sika terapan terkait dengan praktek instalasi dan konfi gurasi,interpertasi instruksi, pengoperasian, pengujian, pemeliharaan dan perbaikan untuk menyelesaikan permasalahan bidang instrumentasi dan sistem kendali CP-MK3: Mahasiswa menguasai pengetahuan tentang teknik pengujian dan pengukuran instrumentasi dan sIstem kendali menggunakanprosedur dan standar Internati onal Electrotechnical Commission (IEC) CP-MK4: Mahasiswa menguasai konsep teoriti s tentang sains terapan pada bidang instrumentasi dan sistem kendali CP-MK5: Mahasiswa mampu menyelesaikan pekerjaan pada bidang instrumentasi dan sistema kendali dan menganalisis data denganberagam metode yang sesuai dengan bidang elektronika CP-MK6: Mahasiswa mampu memecahkan masalah pekerjaan pada bidang instrumentasi dan sistem kendali didasarkan pada pemikiranlogis, inovati f, dan bertanggungjawab atas hasilnya secara mandiri CP-MK7: Mahasiswa mampu bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovati f pada bidang instrumentasi dan sistem kendali CP-MK8: Mahasiswa mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadappenyelesaian pekerjaan pada bidang instrumentasi dan sistem kendali yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya CP-MK9: Mahasiswa mampu menerapkan matemati ka teknik dan fi sika terapan ke dalam prosedur dan praktek instalasi, interpretasiinstruksi, pengoperasian, pengujian, pemeliharaan, mengidenti fi kasi sumber masalah (trouble shooti ng), dan perbaikan untukmenyelesaikan permasalahan bidang instrumentasi dan sistem kendali berdasarkan teori yang bersesuaian CP-MK10: Mahasiswa mampu merumuskan alternati f solusi untuk masalah instrumentasi dan sistem kendali menggunakan standar IECdengan memperhati kan faktor-faktor ekonomi, K3 dan lingkungan CP-MK11: Mahasiswa mampu melakukan pengujian dan pengukuran instrumentasi dan sistem kendali berdasarkan prosedur dan standar IECuntuk menganalisis, menginterpretasi, dan menerapkan sesuai peruntukannya CP-MK12: Mahasiswa mampu menggunakan alat ukur elektronik perangkat lunak, simulasi, dan penggunaan teknologi informasi untukrekayasa penyelesaian pekerjaan dalam bidang instrumentasi dan sistem kendali |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub-CPMK1: Mahasiswa mampu menjelaskan dasar- dasar instalasi listrik dasar Sub-CPMK2: 1)Mahasiswa mampu membuat sambungan Ekor Babi, Bell Hanger Join, Mata Iti k dan sambungan bercabang. 2) Mahasiswa terampil membuat sambungan Ekor Babi, Bell Hanger Join, Mata Itik dan sambungan bercabang. Sub-CPMK3: 1) Mahasiswa mampu dan terampil merancang sistem pengawatan / wiring diagram dan single line diagram instalasipenerangan listrik menggunakan 1 ti ti k lampu, 1 saklar tunggal. dan 2) Mahasiswa mampu dan terampil memasang instalasi menggunakan1 titik lampu, 1 saklar tunggal. Sub-CPMK4: 1) Mahasiswa mampu dan terampil merancang wiring diagram dan single line diagram untuk 1 ti ti k lampu, 1 saklar tunggal dan1 stop kontak. 2) Mahasiswa mampu dan terampil memasang instalasi menggunakan 1 ti ti k lampu, 1 saklar tunggal dan 1 stop kontak. Sub-CPMK5: 1) Mahasiswa mampu dan terampil merancang wiring diagram dan single line diagram untuk 2 ti ti k lampu, 1 saklar tunggal dan1 stop kontak 2) Mahasiswa mampu dan terampil memasang instalasi menggunakan 2 ti ti k lampu, 1 saklar seri dan 1 stop kontak Sub-CPMK6: 1) Mahasiswa mampu dan terampil merancang wiring diagram dan single line diagram untuk 1 ti ti k lampu, 1 saklar seri dan 1stop kontak. 2) Mahasiswa mampu dan terampil memasang instalasi menggunakan 1 ti ti k lampu, 1 saklar seri dan 1 stop kontak. Sub-CPMK7: 1) Mahasiswa mampu dan terampil merancang wiring diagram dan single line diagram untuk 2 ti ti k lampu, 1 saklar seri dan 1stop kontak. 2) Mahasiswa mampu dan terampil memasang instalasi menggunakan 2 ti ti k lampu, 1 saklar seri dan 1 stop kontak. Sub-CPMK8: 1) Mahasiswa mampu dan terampil merancang wiring diagram dan single line diagram untuk 2 ti ti k lampu, 1 saklar tukar dan 1stop kontak. 2) Mahasiswa mampu dan terampil memasang instalasi menggunakan 2 ti ti k lampu, 1 saklar tukar dan 1 stop kontak Sub-CPMK9: 1) Mahasiswa mampu dan terampil merancang wiring diagram dan single line diagram untuk 3 ti ti k lampu, 1 saklar tunggal,1saklar tukar dan 1 stop kontak. 2) Mahasiswa mampu dan terampil memasang instalasi menggunakan 1 ti ti k lampu, 1 saklar tunggal, 1 saklartukar dan 1 stop kontak Sub CPMK10: 1) Mahasiswa mampu dan terampil merancang wiring diagram dan single line diagram untuk 3 ti ti k lampu, 1 saklar tunggal,1saklar seri dan 1 stop kontak. 2) Mahasiswa mampu dan terampil memasang instalasi menggunakan 1 ti ti k lampu, 1 saklar tunggal, 1 saklarseri dan 1 stop kontak. Sub CPMK11: 1) Mahasiswa mampu dan terampil merancang wiring diagram dan single line diagram untuk 4 ti ti k lampu, 1 saklar tunggal,1saklar seri, 1 saklar tukar dan 1 stop kontak. 2) Mahasiswa mampu dan terampil memasang instalasi menggunakan 1 ti ti k lampu, 1 saklartunggal, 1 saklar seri,1 saklar tukar dan 1 stop kontak Sub CPMK12: 1) Mahasiswa mampu dan terampil merancang wiring diagram dan single line diagram untuk 4 ti ti k lampu, 1 saklar tunggal, 1saklar seri, 1 saklar tukar dan 2 stop kontak. 2) Mahasiswa mampu dan terampil memasang instalasi menggunakan 4 ti ti k lampu, 1 saklartunggal, 1 saklar seri, 1 saklar tukar dan 2 stop kontak. Sub CPMK13: 1) Mahasiswa mampu dan terampil merancang wiring diagram dan single line diagram untuk 4 ti ti k lampu, 1 saklar tunggal, 1 saklar seri, 1 saklar tukar, 1 stop kontak dan 1 MCB. 2) Mahasiswa mampu dan terampil memasang instalasi menggunakan 4 ti ti k lampu, 1saklar tunggal, 1 saklar seri, 1 saklar tukar, 1 stop kontak dan 1 MCB. Sub CPMK14: Mahasiswa mampu mempresentasikan materi pertemuan 1 sampai pertemuan 14 |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Instalasi Listrik Dasar mempelajari konsep dasar instalasi listrik, jenis-jenis instalasi listrik, modelsambungan instalasi listrik, serta pengkabelan instalasi listrik tegangan rendah dan motor listrik. | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Panduan praktek-1 (pertemuan 2): Berlati h membuat sambungan ekor babi, bell hanger join, mata iti k dan sambungan bercabang. |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: 1. Modul instalasi listrik dasar 2. Website : https://titl.files.wordpress.com/2010/01/instalasi_listrik_dasar.pdf |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Panduan praktek, alat ukur (multimeter, megger), alat bantu pemasangan instalasi (tang potong, tang kupas, dan obeng), laptop,dan LCD |
|||||||
Dosen Pengampu |
Hadiyanto, |
Mata Kuliah |
Instalasi Listrik Dasar |
|||
Kode Mata Kuliah |
TE120522 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub-CPMK1: Mahasiswa mampu menjelaskan dasar- dasar instalasi listrik dasar |
1. Mampu mendapatkan informasi materi perkuliahan terkait tentang instalasi listrik dasar. 2. Mampumen jelaskan dasar-dasar instalasi listrik dasar 3. Mampumenandatangani kontrak perkuliahan diwakili oleh ketua tingkat. 4. Mampu diberi penjelasan mengenai sistem penilaian
|
Kriteria: Pedoman Penskoran (Marking Scheme) |
MetodePembelajaran: Estimasi Waktu: Praktek |
Berlatih membuat sambungan ekor babi, bell hanger join, mata itik dan sambungan bercabang 1. Modul instalasi listrik dasar |
5 |
|||
2 | Sub-CPMK2: 1)Mahasiswa mampu membuat sambungan Ekor Babi, Bell Hanger Join, Mata Iti k dan sambungan bercabang. 2) Mahasiswa terampil membuat sambungan Ekor Babi, Bell Hanger Join, Mata Itik dan sambungan bercabang. |
Mampu terampil membuat sambungan Ekor Babi, Bell HangerJoin, Mata Itik dan sambungan bercabang. |
Kriteria: Pedoman Penskoran (Marking Scheme) |
MetodePembelajaran: Estimasi Waktu: Praktek |
Konsep sambungan kabel berupa sambungan ekor babi, bell hanger join, mata itik dan sambungan bercabang 1. Modul instalasi listrik dasar |
5 |
|||
3 | Sub-CPMK3: 1) Mahasiswa mampu dan terampil merancang sistem pengawatan / wiring diagram dan single line diagram instalasipenerangan listrik menggunakan 1 ti ti k lampu, 1 saklar tunggal. dan 2) Mahasiswa mampu dan terampil memasang instalasi menggunakan1 titik lampu, 1 saklar tunggal. |
Mampu dan terampil merancang dan memasang sistem pengawatan /wiring diagramdan single lined iagram instalasi penerangan listrik menggunakan 1 titi k lampu dan 1 saklar tunggal |
Kriteria: Pedoman Penskoran (Marking Scheme) |
MetodePembelajaran: Estimasi Waktu: Praktek |
Sistem pengawatan /wiring diagram dan single lined iagram instalasi penerangan listrik menggunakan 1 titik lampu dan 1 saklar tunggal 1. Modul instalasi listrik dasar |
5 |
|||
4 | Sub-CPMK4: 1) Mahasiswa mampu dan terampil merancang wiring diagram dan single line diagram untuk 1 ti ti k lampu, 1 saklar tunggal dan1 stop kontak. 2) Mahasiswa mampu dan terampil memasang instalasi menggunakan 1 ti ti k lampu, 1 saklar tunggal dan 1 stop kontak. |
Mampu dan terampil merancang dan memasang wiring diagram dan single line diagram untuk1 titik lampu, 1 saklar tunggal dan 1 stop kontak |
Kriteria: Pedoman Penskoran (Marking Scheme) |
MetodePembelajaran: Estimasi Waktu: Praktek |
Pengkabelan instalasi listrik untuk untuk1 titik lampu, 1 saklar tunggal dan 1 stop kontak 1. Modul instalasi listrik dasar |
4 |
|||
5 | Sub-CPMK5: 1) Mahasiswa mampu dan terampil merancang wiring diagram dan single line diagram untuk 2 ti ti k lampu, 1 saklar tunggal dan1 stop kontak 2) Mahasiswa mampu dan terampil memasang instalasi menggunakan 2 ti ti k lampu, 1 saklar seri dan 1 stop kontak |
Mampu dan terampil merancang dan memasang wiring diagram dan singlel ine diagram untuk 2 titik lampu, 1 saklar tunggal dan 1 stop kontak. |
Kriteria: Pedoman Penskoran (Marking Scheme) |
MetodePembelajaran: Estimasi Waktu: Praktek |
Konsep sambungan kabel berupa wiring diagram dan singlel ine diagram untuk 2 titik lampu, 1 saklar tunggal dan 1 stop kontak 1. Modul instalasi listrik dasar |
5 |
|||
6 | Sub-CPMK6: 1) Mahasiswa mampu dan terampil merancang wiring diagram dan single line diagram untuk 1 ti ti k lampu, 1 saklar seri dan 1stop kontak. 2) Mahasiswa mampu dan terampil memasang instalasi menggunakan 1 ti ti k lampu, 1 saklar seri dan 1 stop kontak. |
Mampu dan terampil merancang wiring diagram dan singleline diagram untuk1 titik lampu, 1 saklar seri dan 1 stop kontak |
Kriteria: Pedoman Penskoran (Marking Scheme) |
MetodePembelajaran: Estimasi Waktu: Praktek |
Konsep wiring diagram dan single line diagram untuk 1 titik lampu, 1 saklar seri dan 1 stop kontak. 1. Modul instalasi listrik dasar |
5 |
|||
7 | Sub-CPMK7: 1) Mahasiswa mampu dan terampil merancang wiring diagram dan single line diagram untuk 2 ti ti k lampu, 1 saklar seri dan 1stop kontak. 2) Mahasiswa mampu dan terampil memasang instalasi menggunakan 2 ti ti k lampu, 1 saklar seri dan 1 stop kontak. |
Mampu dan terampil merancang wiring diagram dan singlel ine diagram untuk titik lampu, 1 saklar seri dan 1 stop kontak |
Kriteria: Pedoman Penskoran (Marking Scheme) |
MetodePembelajaran: Estimasi Waktu: Praktek |
Konsep wiring diagram dan single line diagram untuk 2 titik lampu, 1 saklar seri dan 1 stop kontak. 1. Modul instalasi listrik dasar |
5 |
|||
UTS : Ujian Tengah Semester |
25 |
||||||||
9 | Sub-CPMK8: 1) Mahasiswa mampu dan terampil merancang wiring diagram dan single line diagram untuk 2 ti ti k lampu, 1 saklar tukar dan 1stop kontak. 2) Mahasiswa mampu dan terampil memasang instalasi menggunakan 2 ti ti k lampu, 1 saklar tukar dan 1 stop kontak |
Mampu dan terampil merancang wiring diagram dan single line diagram untuk 2 titik lampu, 1 saklar tukar dan 1 stop kontak |
Kriteria: Pedoman Penskoran (Marking Scheme) |
MetodePembelajaran: Estimasi Waktu: Praktek |
Konsep wiring diagram dan single line diagram untuk 2 titik lampu, 1 saklar tukar dan 1 stop kontak 1. Modul instalasi listrik dasar |
5 |
|||
10 | Sub-CPMK9: 1) Mahasiswa mampu dan terampil merancang wiring diagram dan single line diagram untuk 3 ti ti k lampu, 1 saklar tunggal,1saklar tukar dan 1 stop kontak. 2) Mahasiswa mampu dan terampil memasang instalasi menggunakan 1 ti ti k lampu, 1 saklar tunggal, 1 saklartukar dan 1 stop kontak |
Mampu dan terampil merancang dan memasang wiring diagram dan single line diagram untuk 3 titik lampu, 1 saklar tunggal,1 saklar tukar dan 1 stop kontak. |
Kriteria: Pedoman Penskoran (Marking Scheme) |
MetodePembelajaran: Estimasi Waktu: Praktek |
Konsep wiring diagram dan single line diagram untuk 3 titik lampu, 1 saklar tunggal,1 saklar tukar dan 1 stop kontak 1. Modul instalasi listrik dasar |
5 |
|||
11 | Sub CPMK10: 1) Mahasiswa mampu dan terampil merancang wiring diagram dan single line diagram untuk 3 ti ti k lampu, 1 saklar tunggal,1saklar seri dan 1 stop kontak. 2) Mahasiswa mampu dan terampil memasang instalasi menggunakan 1 ti ti k lampu, 1 saklar tunggal, 1 saklarseri dan 1 stop kontak. |
Mampu dan terampil merancang dan memasang wiring diagram dan single line diagram untuk 3 titik lampu, 1 saklar tunggal,1 saklar seri dan 1 stop kontak |
Kriteria: Pedoman Penskoran (Marking Scheme) |
MetodePembelajaran: Estimasi Waktu: Praktek |
Konsep wiring diagram dan single line diagram untuk 3 titik lampu, 1 saklar tunggal,1 saklar seri dan 1 stop kontak 1. Modul instalasi listrik dasar |
5 |
|||
12 | Sub CPMK11: 1) Mahasiswa mampu dan terampil merancang wiring diagram dan single line diagram untuk 4 ti ti k lampu, 1 saklar tunggal,1saklar seri, 1 saklar tukar dan 1 stop kontak. 2) Mahasiswa mampu dan terampil memasang instalasi menggunakan 1 ti ti k lampu, 1 saklartunggal, 1 saklar seri,1 saklar tukar dan 1 stop kontak |
Mampu dan terampil merancang dan memasang wiring diagram dan single line diagram untuk 4 titik lampu, 1 saklar tunggal, 1 saklar seri, 1 saklar tukar dan 1 stop kontak |
Kriteria: Pedoman Penskoran (Marking Scheme) |
MetodePembelajaran: Estimasi Waktu: Praktek |
Konsep wiring diagram dan single line diagram untuk 4 titik lampu, 1 saklar tunggal, 1 saklar seri, 1 saklar tukar dan 1 stop kontak 1. Modul instalasi listrik dasar |
5 |
|||
13 | Sub CPMK12: 1) Mahasiswa mampu dan terampil merancang wiring diagram dan single line diagram untuk 4 ti ti k lampu, 1 saklar tunggal, 1saklar seri, 1 saklar tukar dan 2 stop kontak. 2) Mahasiswa mampu dan terampil memasang instalasi menggunakan 4 ti ti k lampu, 1 saklartunggal, 1 saklar seri, 1 saklar tukar dan 2 stop kontak. |
Mampu dan terampil merancang dan merancang wiring diagram dan single line diagram untuk 4 titik lampu, 1 saklar tunggal, 1 saklar seri, 1 saklar tukar dan 2 stop kontak. |
Kriteria: Pedoman Penskoran (Marking Scheme) |
MetodePembelajaran: Estimasi Waktu: Praktek |
Konsep wiring diagram dan single line diagram untuk 4 titik lampu, 1 saklar tunggal, 1 saklar seri, 1 saklar tukar dan 2 stop kontak. 1. Modul instalasi listrik dasar |
5 |
|||
14 | Sub CPMK13: 1) Mahasiswa mampu dan terampil merancang wiring diagram dan single line diagram untuk 4 ti ti k lampu, 1 saklar tunggal, 1 saklar seri, 1 saklar tukar, 1 stop kontak dan 1 MCB. 2) Mahasiswa mampu dan terampil memasang instalasi menggunakan 4 ti ti k lampu, 1saklar tunggal, 1 saklar seri, 1 saklar tukar, 1 stop kontak dan 1 MCB. |
Mampu dan terampil merancang dan memasang wiring diagram dan singleline diagram untuk 4 titik lampu, 1 saklar tunggal, 1 saklar seri, 1 saklar tukar, 1 stop kontak dan 1 MCB |
Kriteria: Pedoman Penskoran (Marking Scheme) |
MetodePembelajaran: Estimasi Waktu: Praktek |
Konsep wiring diagram dan singleline diagram untuk 4 titik lampu, 1 saklar tunggal, 1 saklar seri, 1 saklar tukar, 1 stop kontak dan 1 MCB 1. Modul instalasi listrik dasar |
5 |
|||
15 | Sub CPMK14: Mahasiswa mampu mempresentasikan materi pertemuan 1 sampai pertemuan 14 |
Mampu mempresentasikan materi pertemuan1 sampai pertemuan 14. |
Kriteria: Pedoman Penskoran (Marking Scheme) |
Estimasi Waktu: Praktek |
Materi pertemuan 1 sampai pertemuan 14 1. Modul instalasi listrik dasar |
5 |
|||
UAS : Ujian Akhir Semester |
15 |
||||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Hadiyanto lahir di Samarinda pada tanggal Jabatan fungsional Lektor Jurusan TEKNIK ELEKTRO Program Studi Teknologi Listrik |
|