.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:ida.bagus@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 1:58 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK MESIN |
|
||||||
PROGRAM
STUDI ALAT BERAT |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Material Handling |
AB220622 |
1 |
1 |
2 |
42 |
4 |
28-02-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Ir. Ida Bagus Dharmawan S.T., M.Si. |
Ali Abrar S.Si., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 197412312007011181 |
NIP/NIK. 197702032015041003 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-8) Menginternalisasai nilai, norma, dan etika akademik (S-9) Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-3) Mengusai konsep K3L |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-5) Mampu bekerjasama, berkomunikasi, dan berinovatif dalam pekerjaanya |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menerapkan matematika, fisika dan kimia terapan ke dalam prosedur dan praktek teknikal (technical practice) untuk menjalankan perawatan alat berat yang terdefinisi dengan jelas (welldefined) (KK-3) Mampu merencanakan waktu, menyiapkan komponen, membuat estimasi, dan merealisasikan prosedur perawatan alat berat sesuai dengan service literatur yang telah ditetapkan dengan pertimbangan K3L |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mahasiswa mengetahui dan memahami alat transportasi, alat pemindah tenaga (conveyor, crane dan forklift), manual handling, metode pengangkatan, komponen penyambung dan komponen sling, serta mahasiswa mampu mengaplikasikan metode pengangkatan dan melakukan perhitungan Safe Working Load (SWL) dengan cara yang benar. |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub CPMK1 - Mampu menjelaskan mengenai alat transportasi (C2. A1) Sub CPMK2 - Mampu menjelaskan mengenai alat pemindah mekanis conveyor (C2, A1) Sub CPMK3 : Mampu menjelaskan dan mengaplikasikan manual handling (C3, A2, P2) Sub CPMK4 : Mampu menjelaskan alat pemindah mekanis crane (C2, A1) Sub CPMK5 : Mampu menjelaskan mengenai komponen penyambung (C2, A1) Sub CPMK6 : Mampu menjelaskan mengenai komponen sling (C2, A1) Sub CPMK7 : Mampu menjelaskan dan mengaplikasikan metode pengangkatan (C3, A2, P2) Sub CPMK8 : Mampu menjelaskan dan menggunakan alat pemindah mekanis forklift (C3, A2, P2) |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Material Handling mempelajari tentang fasilitas transport, conveyor, manual handling, crane, , komponen penyambung, sling, metode pengangkatan dan forklift |
|||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Fasilitas Transport |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: R, Rudenko. 1996. Mesin Pengangkat. erlangga
Training Center PT. United Tractor Kideco Batu Kajang. Pengetahuan dasar Remove dan install
Susi Fatena R, Ir, M.sc. 2002. Alat Berat Untuk Proyek Konstruksi, Jakarta: Rineka Cipta |
|||||||
Media Pembelajaran |
Alat ; Laptop, LCD & Projector, perangkat audio visual |
|||||||
Dosen Pengampu |
Ida Bagus Dharmawan, |
Mata Kuliah |
Material Handling |
|||
Kode Mata Kuliah |
AB220622 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub CPMK1 - Mampu menjelaskan mengenai alat transportasi (C2. A1) |
|
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi Bentuk non-test : diskusi |
Model Pembelajaran
|
Pustaka |
2 |
|||
2 | Sub CPMK2 - Mampu menjelaskan mengenai alat pemindah mekanis conveyor (C2, A1) |
|
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi Bentuk non-test : diskusi |
Model Pembelajaran
|
Pustaka |
3 |
|||
3 & 4 | Sub CPMK3 : Mampu menjelaskan dan mengaplikasikan manual handling (C3, A2, P2) |
|
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi Bentuk non-test : diskusi Bentuk test : tugas dan praktek |
Model Pembelajaran
|
Pustaka |
2 |
|||
Sub CPMK3 : Mampu menjelaskan dan mengaplikasikan manual handling (C3, A2, P2) |
|
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman aplikasi kegiatan manusal handling, serta keselamatan dan kesehatan kegiatan manual handling. Bentuk non-test : diskusi Bentuk test : tugas dan praktek |
Model Pembelajaran
|
Pustaka |
10 |
||||
5 & 6 | Sub CPMK4 : Mampu menjelaskan alat pemindah mekanis crane (C2, A1) |
|
Kriteria :
Bentuk non-test : diskusi Bentuk test : tugas dan praktek |
Model Pembelajaran:
|
Pustaka |
3 |
|||
Sub CPMK4 : Mampu menjelaskan alat pemindah mekanis crane (C2, A1) |
|
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi Bentuk non-test : diskusi Bentuk test : tugas dan praktek |
Model Pembelajaran
|
Pustaka |
3 |
||||
7 | Sub CPMK5 : Mampu menjelaskan mengenai komponen penyambung (C2, A1) |
|
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi Bentuk non-test : diskusi |
Model Pembelajaran : kooperatif (mahasiswa melakukan presentasi) (Tatap Muka (luring) 3x50”) (berpusat pada mahasiswa) |
Pustaka |
3 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9 | Sub CPMK5 : Mampu menjelaskan mengenai komponen penyambung (C2, A1) |
Menjelaskan cara inspeksi komponen penyambung |
Kriteria : Ketepatan menjelaskan cara inspeksi komponen penyambung Bentuk non-test : diskusi Bentuk test : tugas |
Model Pembelajaran kooperatif (mahasiswa melakukan presentasi) (berpusat pada mahasiswa) (Tatap Muka (luring) 3x50”) |
Inspeksi komponen penyambung
Pustaka |
3 |
|||
10 & 11 | Sub CPMK6 : Mampu menjelaskan mengenai komponen sling (C2, A1) |
Mampu menjelaskan definisi komponen sling |
Kriteria : ketepatan menjelaskan definisi komponen sling Bentuk non-test : diskusi Bentuk test : tugas |
Model Pembelajaran
|
Pustaka |
3 |
|||
Sub CPMK6 : Mampu menjelaskan mengenai komponen sling (C2, A1) |
Mampu menjelaskan dan mengidentifikasi komponen sling yaitu tali baja, tali rami dan rantai |
Kriteria : Ketepatan menjelaskan dan mengidentifikasi komponen sling yaitu tali baja, tali rami dan rantai Bentuk non-test : diskusi Bentuk test : tugas |
Model Pembelajaran
|
Jenis-jenis komponen sling yaitu tali baja, tali rami dan rantai Pustaka |
5 |
||||
12 & 13 | Sub CPMK7 : Mampu menjelaskan dan mengaplikasikan metode pengangkatan (C3, A2, P2) |
|
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi Bentuk non-test : diskusi Bentuk test : tugas |
Model Pembelajaran
|
Ketepatan menjelaskan definisi komponen sling
Pustaka |
5 |
|||
Sub CPMK7 : Mampu menjelaskan dan mengaplikasikan metode pengangkatan (C3, A2, P2) |
|
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi Bentuk non-test : diskusi Bentuk test : tugas |
Model Pembelajaran
|
Pustaka |
3 |
||||
14 & 15 | Sub CPMK8 : Mampu menjelaskan dan menggunakan alat pemindah mekanis forklift (C3, A2, P2) |
|
Kriteria :
Bentuk non-test : diskusi Bentuk test : yugas |
Model Pembelajaran
|
Pustaka |
3 |
|||
Sub CPMK8 : Mampu menjelaskan dan menggunakan alat pemindah mekanis forklift (C3, A2, P2) |
Mampu menggunakan pengoperasian forklift sesuai prosedur |
Kriteria : Ketepatan menggunakan prosedur pengoperasian forklift Bentuk non-test : diskusi Bentuk test : praktek |
Model Pembelajaran
|
Peraturan pengoperasian forklift Pustaka |
10 |
||||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
25 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Ida Bagus Dharmawan lahir di Tanah Grogot pada tanggal Jabatan fungsional Lektor Jurusan TEKNIK MESIN Program Studi Alat Berat |
|