.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:qory.hidayati@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 1:26 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK ELEKTRONIKA |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Dasar Teknik Listrik |
TE120422 |
1 |
1 |
2 |
42 |
2 |
02-03-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Qory Hidayati S.T., M.T. |
Qory Hidayati S.T., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 198611142019032014 |
NIP/NIK. 198611142019032014 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-1) Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukan sikap religius (S-2) Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika (S-7) Taat hokum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Menguasi konsep teoritis matematika teknik dan fisika terapan terkait dengan praktek instalasi dankonfigurasi, interpertasi instruksi, pengoperasian, pengujian, pemeliharaan dan perbaikan untuk menyelesaikan permasalahan bidang instrumentasi dan sistem kendali (P-8) Menguasai pengetahuan tentang SOP perbengkelan, aktivitas laboratorium dan K3 |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-5) Mampu menggunakan alat ukur elektronik perangkat lunak, simulasi dan penggunaan teknologi informasi untuk rekayasa, penyelesaian pekerjaan dalam bidang instrumentasi dan sistem kendali (KK-9) Mampu menerapkan regulasi K3 diberbagai sektor tempat kerja |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK 1: Menguasai konsep teoritis matematika teknik dan fisika terapan terkait dengan praktek instalasi dan konfigurasi, interpertasi instruksi, pengoperasian, pengujian, pemeliharaan dan perbaikan untuk menyelesaikan permasalahan bidang instrumentasi dan sistem kendali dan etika akademik dengan sikap relegius (CPL1) (CPL2)(CPL7)(CPL11) CPMK 2: Menguasai pengetahuan tentang SOP perbengkelan, aktivitas laboratorium dan K3 serta kinerja bermutu dan terukur (CPL 18)(CPL 19) CPMK 3: Mampu menggunakan alat ukur elektronik perangkat lunak, simulasi dan penggunaan teknologi informasi untuk rekayasa, penyelesaian pekerjaan dalam bidang instrumentasi dan sistem kendali dengan menerapkan regulasi K3 (CPL 32 ) (CPL36) |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub CPMK1: Mahasiswa mampu memahami mekanisme, kontrak kuliah dan seluruh isi materi perkuliahan dasar teknik listrik Sub CPMK2: Mahasiswa mampu menjelaskan arti dan definisi terkait istilah dalam materi perkuliahan teori Dasar Teknik Listrik Sub CPMK3: Mahasiswa mampu menjelaskan jenis-jenis listrik dan sumber listrik Sub CPMK4: Mahasiswa mampu menjelaskan karakteristik pusat pembangkit listrik dan medianya, Hukum dan rumus terkait pada pembangkit tenaga listrik Sub CPMK5: Mahasiswa mampu menjelaskan dan menerapkan prinsip kerja transformator Sub CPMK6: Mahasiswa mampu menjelaskan terkait materi mesin-mesin listrik Sub CPMK7: Menjelaskan dan menerapkan prinsip kerja generator arus bolak-balik. Sub CPMK8: Menjelaskan dan menerapkan prinsip kerja generator arus searah Sub CPMK9: Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip kerja dan karakteristik motor listrik arus searah. Sub CPMK10: Mahasiswa mampu menjelaskan dan menerapkan macam-macam motor DC. Sub CPMK11: Mahasiswa mampu menjelaskan cara mengatur kecepatan perputaran motor DC. Sub CPMK12: Mahasiswa mampu menerapkan motor DC dalam perangkat listrik kehidupan sehari- hari. Sub CPMK13: Mahasiswa mampu menjelaskan dan menerapkan pengereman motor DC Sub CPMK14: Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip kerja motor AC lalu dibandingkan dengan prinsip kerja motor DC. |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah Dasar Teknik Listrik mempelajari sumber-sumber listrik, mesin-mesin listrik DC, AC. Materi mencakup jenis-jenis sumber/pembangkit listrik, karakteristik mesin listrik, pengujian mesin listrik, aplikasi mesin listrik dan penggerak peralatan industri | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Teori dasar listrik, Prinsip kerja generator arus searah, macam-macam penguatan, belitan jangkar, reaksi jangkar, komutasi,karakteristik generator arus searah, prinsip kerja motor arus searah, macam-macam motor DC, karakteristik motor DC, cara menjalankan motor DC, cara mengatur kecepatannya, cara pengeremannya dan cara menghitung efisiensinya. |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama:Zuhal,Dasar Teknik Tenaga Listrik Dan Elektronika Daya Sunyoto,Mesin-Mesin Listrik,Yogyakarta,1988 |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Laptop, LCD, alat dan bahan listrik yang mendukung mata kuliah Dasar Teknik Listrik |
|||||||
Dosen Pengampu |
Qory Hidayati, |
Mata Kuliah |
Dasar Teknik Listrik |
|||
Kode Mata Kuliah |
TE120422 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub CPMK1: Mahasiswa mampu memahami mekanisme, kontrak kuliah dan seluruh isi materi perkuliahan dasar teknik listrik |
Ketepatan menjelaskan kembali yang disampaikan pada perkuliahan dan sistem keaktifan mahasiswa dalam diskusi |
Kriteria:
|
Metode Pembelajaran: Karakteristik Pembelajaran: |
Definisi, konsep, perancangan, hukum/rumus, perhitungan materi yang dibahas dalam mata kuliah Dasar Teknik Listrik - Zuhal, DasarTeknik Tenaga Listrik Dan Elektronika Daya |
5 |
|||
2 | Sub CPMK2: Mahasiswa mampu menjelaskan arti dan definisi terkait istilah dalam materi perkuliahan teori Dasar Teknik Listrik |
|
Kriteria:
|
Metode Pembelajaran: Karakteristik Pembelajaran: |
Pengenalan terhadap kelistrikan, aliran elektron, konduktor, semikonduktor, dan arah arus listrik - Zuhal, DasarTeknik TenagaListrik DanElektronika Daya |
5 |
|||
3 | Sub CPMK3: Mahasiswa mampu menjelaskan jenis-jenis listrik dan sumber listrik |
Mahasiswa mampu menjelaskan jebis - jenis dan sumber listrik |
Kriteria: |
Metode Pembelajaran: Karakteristik Pembelajaran: |
Jenis-jenis listrik dan sumber listrik, hukum dan hubungan nya - Zuhal, Dasar Teknik Tenaga Listrik Dan Elektronika Daya |
5 |
|||
4 | Sub CPMK4: Mahasiswa mampu menjelaskan karakteristik pusat pembangkit listrik dan medianya, Hukum dan rumus terkait pada pembangkit tenaga listrik |
Ketepatan dalam mendefinisikan dan menjelaskan dalam studi kasus pembangkitan tenaga listrik dan jenis media nya Ketepatan menelaah data hasil perhitungan materi yang disampaikan |
Kriteria:
|
Metode Pembelajaran: Karakteristik Pembelajaran: |
- Zuhal, Dasar Teknik Tenaga Listrik Dan Elektronika Daya |
5 |
|||
5 | Sub CPMK5: Mahasiswa mampu menjelaskan dan menerapkan prinsip kerja transformator |
Ketepatan menjelaskan prinsip kerja transformator Ketepatan analisa dan perhitungan pengukuran beban |
Kriteria:
|
Metode Pembelajaran: Karakteristik Pembelajaran: |
Pengertian dan prinsip kerja transformator Trafo tanpa dan dengan beban Rugi-rugi dan pengaturan serta pengukuran beban - Zuhal, Dasar Teknik Tenaga Listrik Dan Elektronika Daya |
5 |
|||
6 | Sub CPMK6: Mahasiswa mampu menjelaskan terkait materi mesin-mesin listrik |
Ketepatan menyelesaikan secara teoritik dan hitungan Mampu mendeskripsi terkait materi mesin-mesin listrik Mampu menganalisa dan mengambil solusi |
Kriteria:
|
Metode Pembelajaran: Karakteristik Pembelajaran: |
Pengertian motor listrik dan jenisnya Analisa karakteristik model berdasarkan persoalan yang dihadapi dilapangan study kasus - Zuhal, Dasar Teknik Tenaga Listrik Dan Elektronika Daya |
5 |
|||
7 | Sub CPMK7: Menjelaskan dan menerapkan prinsip kerja generator arus bolak-balik. |
Ketepatan menjelaskan dan menerapkan prinsip kerja generator arus bolak-balik. |
Kriteria:
|
Metode Pembelajaran: Karakteristik Pembelajaran: |
Prinsip kerja generator arus bolak- balik. - Zuhal, Dasar Teknik TenagaListrik Dan Elektronika Daya |
5 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
15 |
|||||||
9 | Sub CPMK8: Menjelaskan dan menerapkan prinsip kerja generator arus searah |
Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip kerja dan karakteristik generator arus searah. |
Kriteria:
|
Metode Pembelajaran: Karakteristik Pembelajaran: |
Prinsip kerja dan karakteristik gennerator arus searah. - Zuhal, Dasar Teknik Tenaga Listrik Dan Elektronika Daya |
5 |
|||
10 | Sub CPMK9: Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip kerja dan karakteristik motor listrik arus searah. |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan menerapkan motor listrik arus searah |
Kriteria:
|
Metode Pembelajaran: Karakteristik Pembelajaran: |
Menjelaskan dan menerapkan macam-macam motor DC. - Zuhal, Dasar Teknik Tenaga Listrik Dan Elektronika Daya |
5 |
|||
11 | Sub CPMK10: Mahasiswa mampu menjelaskan dan menerapkan macam-macam motor DC. |
Mahasiswa mampu menjelaskan macam-macam motor DC. |
Pedoman Penskoran (Marking Scheme) |
Metode Pembelajaran: Karakteristik Pembelajaran: |
Macam-macam motor DC. - Zuhal, Dasar Teknik Tenaga Listrik Dan Elektronika Daya |
5 |
|||
12 | Sub CPMK11: Mahasiswa mampu menjelaskan cara mengatur kecepatan perputaran motor DC. |
Mahasiswa mampu mmengatur kecepatan motor DC |
Pedoman Penskoran (Marking Scheme) |
Metode Pembelajaran: Karakteristik Pembelajaran: |
Menerapkankecepatan motor DC dalam perangkat listrik kehidupan sehari- hari. - Zuhal, Dasar Teknik Tenaga Listrik Dan Elektronika Daya |
5 |
|||
13 | Sub CPMK12: Mahasiswa mampu menerapkan motor DC dalam perangkat listrik kehidupan sehari- hari. |
Mahasiswa mampu menerapkan motor DC dalam perangkat listrik kehidupan sehari-hari. |
Pedoman Penskoran (Marking Scheme) |
Metode Pembelajaran: Karakteristik Pembelajaran: |
Menerapkan motor DC dalam perangkat listrik kehidupan sehari-hari. - Zuhal, Dasar Teknik TenagaListrik Dan Elektronika Daya |
5 |
|||
14 | Sub CPMK13: Mahasiswa mampu menjelaskan dan menerapkan pengereman motor DC |
Mahasiswa mampu menerapkan pengereman motor DC. |
Pedoman Penskoran (Marking Scheme) |
Metode Pembelajaran: Karakteristik Pembelajaran: |
Menerapkan pengereman motor DC. - Zuhal, Dasar Teknik Tenaga Listrik Dan Elektronika Daya |
5 |
|||
15 | Sub CPMK14: Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip kerja motor AC lalu dibandingkan dengan prinsip kerja motor DC. |
Mahasiswa menjelaskan prinsip motor AC dan DC (review) |
Pedoman Penskoran (Marking Scheme) |
Metode Pembelajaran: Karakteristik Pembelajaran: |
Materi dasar teknik listrik mulai tatap mukake-1 sampai tatap muka ke-14. - Zuhal, DasarTeknik TenagaListrik DanElektronika Daya |
5 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
15 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Qory Hidayati lahir di Samarinda pada tanggal Jabatan fungsional Lektor Jurusan TEKNIK ELEKTRO Program Studi Teknik Elektronika |
|