.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:basri.dahlan@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 3:49 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK ELEKTRONIKA |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Agama |
TE120122 |
2 |
0 |
2 |
28 |
2 |
03-03-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Basri S.Ag, M.Pd.I |
Qory Hidayati S.T., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 197108272007011025 |
NIP/NIK. 198611142019032014 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-1) Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukan sikap religius |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK1: Mampu mengamalkan nilai-nilai ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari. |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub CPMK1: Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa dapat menjelaskan mengapa dan bagaimana PAI diajarkan di perguruan tinggi Sub CPMK2: Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa dapat menjelaskan mengapa manusia membutuhkan agama Sub CPMK3: Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa dapat menjelaskan bagaimana manusia bertuhan Sub CPMK4: Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa dapat menjelaskan bagaimana agama menjamin kebahagiaan. Sub CPMK5: Setelah Mengikuti kuliah ini mahasiswa memiliki sikap positif dalam kehidupan kampus, dunia kerja bermasyarakat Sub CPMK6: Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa dapat menjelaskan bagaimana mengintegrasikan iman, Islam dan ihsan dalam membentuk insan kamil Sub CPMK7: Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa dapat menjelaskan bagaimana membangun kepribadian qur’ani Sub CPMK 8: Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa dapat menyelesaikan soal yang diberikan Sub CPMK 9: Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa dapat mendeskripsikan pola bacaan Sub CPMK11 : Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa dapat menerapkan pola bacaan al-Quran Sub CPMK12: Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa dapat menjelaskan bagaimana membumikan Islam di Indonesia Sub CPMK13: Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa dapat menjelaskan bagaimana Islam menghadapi tantangan modernisasi. Sub CPMK14: Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa dapat Mengidentifikasi permasalahan agama dan sosial dan menuliskannya Sub CPMK15: Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa dapat Memahami Konsep Islam tentang Iptek, ekonomi, politik, Sosial Budaya. |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Agama ini mahasiswa mempelajari upaya membentuk karakter mahasiswa menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, dan menghargai perbedaan | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Materi pertama sampai dengan terakhir |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: Buku Pendidikan Agama Islam Perguruan Tinggi Umum, Kemristek Dikti
Daud Ali, Pendidikan Agama Islam, 2013 Raja Grafindo Persada Jakara |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : LAPTOP,LCD, Papan Tulis |
|||||||
Dosen Pengampu |
Basri, |
Mata Kuliah |
Agama |
|||
Kode Mata Kuliah |
TE120122 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub-CPMK2 : C2 |
Mahasiswa Memahami Sistem Pembelajaran di Perguruan Tinggi |
Test Tanya Jawab Lisan |
Ceramah
Tanya Jawab
Diskusi |
Menelusuri Konsep Pembelajaran di Perguruan Tinggi Pedoman Akademik Kontrak Kuliah Jurnal dan RPS Buku Pendidikan Agama islam Perguruan Tinggi Umum |
2 |
|||
2 | Sub-CPMK2 : C2 |
Mahasiswa memahami manusia dan kebutuhan manusia yang menunjang hidupnya |
Tanya Jawab
Memahami Contoh Peristiwa |
Ceramah, Pemutaran video |
Hakekat Manusia dan Kebutuhannya Mohammad Daud Ali, Pendidikan Agama Islam |
3 |
|||
3 | Sub-CPMK2 : C2 |
Mahasiswa mampu menjelaskan penelaahan secara konseptual |
Rumusan dan Presentasi hasil Telaah |
Diskusi Kelompok
|
Menelusuri Konsep Spritualitas Sebagai Landasan Bertuhan Tim Kemdikbud, Buku Pendidikan Agama Islam Perguruan Tinggi Umum |
3 |
|||
4 | Sub-CPMK2 : C3 |
Mahasiswa mampu menerapkan nilai-nilai di dunia kerja sebagai manifestasi dari pemahaman ajaran Islam yang diyakininya |
Simulasi / Unjuk kinerja
Presentasi
Tanya Jawab |
Simulasi situasi kerja di workshop |
Sikap dan Prilaku di dunnia kerja dan kehidupan Sosial Proses Terbentuknya Prilaku Mohammad Daud Ali, Pendidikan Agama, Raja Grafindo Jakarta |
5 |
|||
5 | Sub-CPMK2 : C3 |
Mampu menunjukkan sikap tobat (selalu introspeksi dan koreksi diri) untuk selalu berpegang pada nilai-nilai kebenaran ilahiah; mampu mensyukuri karunia Allah berupa nikmat iman, Islam, dan kehidupan; bertanggung jawab terhadap sikap dan perilaku yang dilakukan secara sadar; serta mampu menjunjung tinggi kejujuran, kebenaran, dan keadilan dalam menjalani |
Mampu menunjukkan dan menerapkan rasa syukur ketika mendapat kesuksesan dalam berbagai karunia |
Diskusi kelas
|
Menelusuri Konsep dan Karakteristik Agama sebagai Jalan Menuju Tuhan dan Kebahagiaan Kemdikbud, Pendidikan Agama di Perguruan Tinggi |
3 |
|||
6 | Sub-CPMK2 : C2 |
Mahasiswa mampu menjelaskan esensi dan urgensi integrasi iman, Islam, dan ihsan dalam pembentukan insan kamil, serta mengkreasi pemetaan konsistensi dan koherensi pokok-pokok ajaran |
Pengamatan
Tes Lisan |
Diskusi Kelas
Presentasi |
Menelusuri Konsep dan Urgensi Islam, Iman dan Ihsan dalam Membentuk Insan Kamil (Manusia Sempurna) Tim KEMDIKBUD Pendidikan Agama Islam Perguruan Tinggi Umum |
3 |
|||
7 | Sub-CPMK2 : C2 |
Mampu menganalisis dan menyajikan hasil penelaahan konseptual tentang sumber ajaran Islam dan kontekstualisasinya dalam kehidupan |
Pengamatan hasil telaah dan diskusi |
Diskusi Kelas
Presentasi
100 Menit |
Bagaimana Membangun Paradigma Qur`ani Tim KEMDIKBUD, Pendidikan Agama islam Untuk Perguruan Tinggi Umum |
3 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
25 |
|||||||
9 | Sub-CPMK2 : C2 |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan dasar dasar ulumul Qur'an serta contohnya
|
Pengamatan Hasil Analisis dan pertanyaan
|
Ceramah ,
Diskusi dan tanya Jawab |
Dasar dasar ulumul Qur`an Buku Ulumul Qur;an Tajwid Praktis |
3 |
|||
10 | Sub-CPMK2 : C2 |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan ulumul Qur'an pola bacaan yang membentuk irama murottal maupun tilawah |
Mahasiswa Menganalisis Tema Mencari ayat ayat IPTEK
|
Diskusi Kelompok
Tanya Jawab
100 Menit |
Menelusuri Konsep Keberagaman Islam dan Membangun Persatuan Umat dalam Keberagaman Ulumul Qur'an Buku Tajwid Praktis Tim KEMDIKBUD, Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum |
4 |
|||
11 | Sub-CPMK2 : C2 |
Mahasiswa mampu menunjukkan ulumul Qur;an dalam ayat ayat IPTEK |
Observasi dari Hasil Telaah Masaalah terkait Topik
|
Diskusi Kelompok Kecil lalu ke Kelompok Besar
Presentasi Rekaman |
Membangun Persatuan Umat dalam Keberagaman Buku Tajwid Praktis |
4 |
|||
12 | Sub-CPMK2 : C2 |
Mampu mendeskrisikan bagaimana membumikan Islam di Indonesia
|
Membagikan Kartu secara acak dan menyusun kembali berdasarkan dan diberi judul
Observasi |
Cart Sort, Membagikan Kertas Kosong Secara Acak, Lalu menuliskan kata Kunci, mahasiswa mencari kata sejenis
100 Menit |
Menelusuri Transpormasi wahyu dan implikasinya terhadap corak keberagaman Tim KEMDIKBUD, Pendidikan Agama Islam Perguruan Tinggi Umum |
3 |
|||
13 | Sub-CPMK2 : C2 |
Mahasiswa memahami tantangan Islam dalam menghadapi modernisasi |
Mahasiswa Mengidentifikasi permasalahan
Tanya jawab |
Ceramah, Tanya Jawab,
100 Menit
|
Konsep Islam iptek, pendidikan politik, ekonomi sosial dan budaya KEMDIKBUDRISTEK Modul PAI |
4 |
|||
14 | Sub-CPMK2 : C2 |
Mahasiswa mampu menemukan permasalahan agama, sosial dalam kehidupan modern dan menuliskannya |
Menemukan pemasalahan kehidupan sosial dan permasalahan agama di Indonesia |
Mahasiswa merumuskan permasalahan agama kini dan permasalahan kehidupan sosial
|
Permasalahan agama dan permasalahan kehidupan sosial Tim KEMDIKBUD, Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum |
3 |
|||
15 | Sub-CPMK2 : C2 |
Mahasiswa memiliki kemampuan menganalisis peran dan fungsi masjid kampus sebagai pusat pengembangan budaya Islam serta mengembangkan program masjid kampus sebagai pusat pengembangan budaya Islam |
Tanya jawab, Soal Tertulis |
Diskusi Kelompok |
Menelusuri Konsep dan Fungsi Masjid dalam Membangun Budaya Islam Kemdikbud. Pendidikan Agama Islam Perguruan Tinggi Umum |
2 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
30 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Basri lahir di Palece pada tanggal 27 Agustus 1971 Jabatan fungsional Lektor Jurusan TEKNIK MESIN Program Studi Alat Berat |
|