.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:basri.dahlan@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 3:58 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK SIPIL |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Pendidikan Agama |
TS120122 |
2 |
0 |
2 |
28 |
2 |
23-04-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Basri S.Ag, M.Pd.I |
Ezra Hartarto Pongtuluran S.T., M.Eng. |
|||||||
NIP/NIK. 197108272007011025 |
NIP/NIK. 199110232019031013 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-1) Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-2) Mampu mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah pelaksanaan bangunan sipil yang terdefinisi secara jelas, dengan menganalisis data, memanfaatkan standar dan pedoman teknis, serta mampu memilih metode penyelesaian yang tepat dengan memperhatikan aspek kesehatan, keselamatan publik , lingkungan (SMK3L),aspek hukum dan ekonomi |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK1: Mampu mengamalkan nilai-nilai ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari. |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub CPMK1: Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa dapat menjelaskan mengapa dan bagaimana PAI diajarkan di perguruan tinggi Sub CPMK2: Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa dapat menjelaskan mengapa manusia membutuhkan agama Sub CPMK3: Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa dapat menjelaskan bagaimana manusia bertuhan Sub CPMK4: Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa dapat menjelaskan bagaimana agama menjamin kebahagiaan. Sub CPMK5: Setelah Mengikuti kuliah ini mahasiswa memiliki sikap positif dalam kehidupan kampus, dunia kerja bermasyarakat Sub CPMK6: Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa dapat menjelaskan bagaimana mengintegrasikan iman, Islam dan ihsan dalam membentuk insan kamil Sub CPMK7: Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa dapat menjelaskan bagaimana membangun kepribadian qur’ani Sub CPMK 8: Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa dapat menyelesaikan soal yang diberikan Sub CPMK 9: Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa dapat mendeskripsikan pola bacaan Sub CPMK11 : Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa dapat menerapkan pola bacaan al-Quran Sub CPMK12: Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa dapat menjelaskan bagaimana membumikan Islam di Indonesia Sub CPMK13: Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa dapat menjelaskan bagaimana Islam menghadapi tantangan modernisasi. Sub CPMK14: Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa dapat Mengidentifikasi permasalahan agama dan sosial dan menuliskannya Sub CPMK15: Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa dapat Memahami Konsep Islam tentang Iptek, ekonomi, politik, Sosial Budaya. |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Agama ini mahasiswa mempelajari upaya membentuk karakter mahasiswa menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, dan menghargai perbedaan | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Materi pertama sampai dengan terakhir |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: Buku Pendidikan Agama Islam Perguruan Tinggi Umum, Kemristek Dikti
Daud Ali, Pendidikan Agama Islam, 2013 Raja Grafindo Persada Jakara |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : LAPTOP,LCD, Papan Tulis |
|||||||
Dosen Pengampu |
Basri, |
Mata Kuliah |
Pendidikan Agama |
|||
Kode Mata Kuliah |
TS120122 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub-CPMK2 : C2 |
Mahasiswa Memahami Sistem Pembelajaran di Perguruan Tinggi |
Test Tanya Jawab Lisan |
Ceramah
Tanya Jawab
Diskusi |
Menelusuri Konsep Pembelajaran di Perguruan Tinggi Pedoman Akademik Kontrak Kuliah Jurnal dan RPS Buku Pendidikan Agama islam Perguruan Tinggi Umum |
2 |
|||
2 | Sub-CPMK2 : C2 |
Mahasiswa memahami manusia dan kebutuhan manusia yang menunjang hidupnya |
Tanya Jawab
Memahami Contoh Peristiwa |
Ceramah, Pemutaran video |
Hakekat Manusia dan Kebutuhannya Mohammad Daud Ali, Pendidikan Agama Islam |
3 |
|||
3 | Sub-CPMK2 : C2 |
Mahasiswa mampu menjelaskan penelaahan secara konseptual |
Rumusan dan Presentasi hasil Telaah |
Diskusi Kelompok
|
Menelusuri Konsep Spritualitas Sebagai Landasan Bertuhan Tim Kemdikbud, Buku Pendidikan Agama Islam Perguruan Tinggi Umum |
3 |
|||
4 | Sub-CPMK2 : C3 |
Mahasiswa mampu menerapkan nilai-nilai di dunia kerja sebagai manifestasi dari pemahaman ajaran Islam yang diyakininya |
Simulasi / Unjuk kinerja
Presentasi
Tanya Jawab |
Simulasi situasi kerja di workshop |
Sikap dan Prilaku di dunnia kerja dan kehidupan Sosial Proses Terbentuknya Prilaku Mohammad Daud Ali, Pendidikan Agama, Raja Grafindo Jakarta |
5 |
|||
5 | Sub-CPMK2 : C3 |
Mampu menunjukkan sikap tobat (selalu introspeksi dan koreksi diri) untuk selalu berpegang pada nilai-nilai kebenaran ilahiah; mampu mensyukuri karunia Allah berupa nikmat iman, Islam, dan kehidupan; bertanggung jawab terhadap sikap dan perilaku yang dilakukan secara sadar; serta mampu menjunjung tinggi kejujuran, kebenaran, dan keadilan dalam menjalani |
Mampu menunjukkan dan menerapkan rasa syukur ketika mendapat kesuksesan dalam berbagai karunia |
Diskusi kelas
|
Menelusuri Konsep dan Karakteristik Agama sebagai Jalan Menuju Tuhan dan Kebahagiaan Kemdikbud, Pendidikan Agama di Perguruan Tinggi |
3 |
|||
6 | Sub-CPMK2 : C2 |
Mahasiswa mampu menjelaskan esensi dan urgensi integrasi iman, Islam, dan ihsan dalam pembentukan insan kamil, serta mengkreasi pemetaan konsistensi dan koherensi pokok-pokok ajaran |
Pengamatan
Tes Lisan |
Diskusi Kelas
Presentasi |
Menelusuri Konsep dan Urgensi Islam, Iman dan Ihsan dalam Membentuk Insan Kamil (Manusia Sempurna) Tim KEMDIKBUD Pendidikan Agama Islam Perguruan Tinggi Umum |
3 |
|||
7 | Sub-CPMK2 : C2 |
Mampu menganalisis dan menyajikan hasil penelaahan konseptual tentang sumber ajaran Islam dan kontekstualisasinya dalam kehidupan |
Pengamatan hasil telaah dan diskusi |
Diskusi Kelas
Presentasi
100 Menit |
Bagaimana Membangun Paradigma Qur`ani Tim KEMDIKBUD, Pendidikan Agama islam Untuk Perguruan Tinggi Umum |
3 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
25 |
|||||||
9 | Sub-CPMK2 : C2 |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan dasar dasar ulumul Qur'an serta contohnya
|
Pengamatan Hasil Analisis dan pertanyaan
|
Ceramah ,
Diskusi dan tanya Jawab |
Dasar dasar ulumul Qur`an Buku Ulumul Qur;an Tajwid Praktis |
3 |
|||
10 | Sub-CPMK2 : C2 |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan ulumul Qur'an pola bacaan yang membentuk irama murottal maupun tilawah |
Mahasiswa Menganalisis Tema Mencari ayat ayat IPTEK
|
Diskusi Kelompok
Tanya Jawab
100 Menit |
Menelusuri Konsep Keberagaman Islam dan Membangun Persatuan Umat dalam Keberagaman Ulumul Qur'an Buku Tajwid Praktis Tim KEMDIKBUD, Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum |
4 |
|||
11 | Sub-CPMK2 : C2 |
Mahasiswa mampu menunjukkan ulumul Qur;an dalam ayat ayat IPTEK |
Observasi dari Hasil Telaah Masaalah terkait Topik
|
Diskusi Kelompok Kecil lalu ke Kelompok Besar
Presentasi Rekaman |
Membangun Persatuan Umat dalam Keberagaman Buku Tajwid Praktis |
4 |
|||
12 | Sub-CPMK2 : C2 |
Mampu mendeskrisikan bagaimana membumikan Islam di Indonesia
|
Membagikan Kartu secara acak dan menyusun kembali berdasarkan dan diberi judul
Observasi |
Cart Sort, Membagikan Kertas Kosong Secara Acak, Lalu menuliskan kata Kunci, mahasiswa mencari kata sejenis
100 Menit |
Menelusuri Transpormasi wahyu dan implikasinya terhadap corak keberagaman Tim KEMDIKBUD, Pendidikan Agama Islam Perguruan Tinggi Umum |
3 |
|||
13 | Sub-CPMK2 : C2 |
Mahasiswa memahami tantangan Islam dalam menghadapi modernisasi |
Mahasiswa Mengidentifikasi permasalahan
Tanya jawab |
Ceramah, Tanya Jawab,
100 Menit
|
Konsep Islam iptek, pendidikan politik, ekonomi sosial dan budaya KEMDIKBUDRISTEK Modul PAI |
4 |
|||
14 | Sub-CPMK2 : C2 |
Mahasiswa mampu menemukan permasalahan agama, sosial dalam kehidupan modern dan menuliskannya |
Menemukan pemasalahan kehidupan sosial dan permasalahan agama di Indonesia |
Mahasiswa merumuskan permasalahan agama kini dan permasalahan kehidupan sosial
|
Permasalahan agama dan permasalahan kehidupan sosial Tim KEMDIKBUD, Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum |
3 |
|||
15 | Sub-CPMK2 : C2 |
Mahasiswa memiliki kemampuan menganalisis peran dan fungsi masjid kampus sebagai pusat pengembangan budaya Islam serta mengembangkan program masjid kampus sebagai pusat pengembangan budaya Islam |
Tanya jawab, Soal Tertulis |
Diskusi Kelompok |
Menelusuri Konsep dan Fungsi Masjid dalam Membangun Budaya Islam Kemdikbud. Pendidikan Agama Islam Perguruan Tinggi Umum |
2 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
30 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Basri lahir di Palece pada tanggal 27 Agustus 1971 Jabatan fungsional Lektor Jurusan TEKNIK MESIN Program Studi Alat Berat |
|