.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:herdian.dwimas@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 12:58 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK MESIN |
|
||||||
PROGRAM
STUDI ALAT BERAT |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2024/2025 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Statistik |
AB210922 |
2 |
0 |
2 |
28 |
3 |
03-09-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Herdian Dwimas S.T., M.T. |
Aryati Muhaymin Marali S.Pd., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 199509052022031013 |
NIP/NIK. 199209062022032009 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-1) Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (S-3) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan memajukan peradaban berdasarkan Pancasila |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Mengusai konsep teoritis secara umum matematika terapan fisika terapan kimia, prinsip-prinsip rekayasa (enginering principles), sains rekayasa dan perancangan rekayasa yang diperlukan untuk analasis dan perancangan system, proses, produk atau komponen (P-2) Menguasai konsep teroritis secara umum tentang tujuan dan metode perawatan, sumber daya, perangkat IT, dan teknologi modern yang sesuai untuk melaksanakan program perawatan alat berat |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudah baku (KU-5) Mampu bekerjasama, berkomunikasi, dan berinovatif dalam pekerjaanya |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menerapkan matematika, fisika dan kimia terapan ke dalam prosedur dan praktek teknikal (technical practice) untuk menjalankan perawatan alat berat yang terdefinisi dengan jelas (welldefined) (KK-8) Mampu melakukan diagnose dan pemecahan masalah sederhana pada unit alat berat dengan memperhatikan konsep troubleshooting dengan memperhatikan K3L |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mampu mengidentifikasi dan menerapkan konsep - konsep dasar statistik untuk eksperimen teknik mesin |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
(CPMK1) Mampu menjabarkan data dalam bentuk tabel dan grafik (C2) (CPMK1) Mampu menghitung ukuran pemusatan data dan penyebaran data (C2) (CPMK1) Mampu menjabarkan sampel dan populasi statistik (C2) (CPMK1) Mampu menjabarkan Distribusi Frekuensi (C3) (CPMK 1) Mampu menerapkan Pengumpulan, pengorganisasian dan penyajian data (C3) (CPMK 1) mampu menerapkan aplikasi statistik (C3) Pengantar Statistik |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Statistik mempelajari tentang statistik deskriptif dan statistika induktif. Dalam statistika deskriptif dibahas tentang: - Cara menyajikan data dalam bentuk tabel dan grafik. - Menghitung ukuran pemusatan dan penyebaran data. Dibahas juga tentang konsep-konsep peluang, ragam sebarannya dan cara penarikan contoh. Dalam statistika induktif dibahas tentang: - Pendugaan parameter - Pengujian hipotesis - Analisa regresi dan korelasi | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Statistika deskriptif - Ukuran statistik bagi data - Pendeskripsian data |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama : |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Alat :
|
|||||||
Dosen Pengampu |
Herdian Dwimas, |
Mata Kuliah |
Statistik |
|||
Kode Mata Kuliah |
AB210922 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Pengantar Statistik |
Ketepatan dalam menjelaskan pengertian prinsip dasar statistik yang berkaitan dengan penyajian data |
kriteria : Ketepatan dalam menjelaskan pengertian prinsip dasar statistik yang berkaitan dengan penyajian data Bentuk non-test : Diskusi |
Metode Pembelajaran: Tugas dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca RPS) TM : 2 x 50 menit (pemaparan RPS dan pemaparan materi) BT : 2 x 60 menit (Mengerjakan soal latihan) |
Pustaka [1] |
2 |
|||
2 | (CPMK1) Mampu menjabarkan sampel dan populasi statistik (C2) |
Ketepatan dalam menjabarakan sampel dan populasi statistik |
Kriteria: Rubrik (Pedoman Penskoran) Teknik: Soal Esay |
Metode Pembelajaran :
|
Pustaka [1], [2] |
2 |
|||
3 | (CPMK1) Mampu menjabarkan data dalam bentuk tabel dan grafik (C2) |
Ketepatan dalam menjabarkan dasar dasar statistik yang berkaitan dengan penyajian data |
Metode Pembelajaran :
|
Metode Pembelajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca RPS dan Materi Pendahuluan yang diupload BLP) TM : 2 x 50 menit (pemaparan RPS dan pemaparan materi) BT : 2 x 60 menit (Mengerjakan soal latihan) |
Penyajian data berupa:
Pustaka [1], [2] |
2 |
|||
4 | (CPMK1) Mampu menguraikan konsep-konsep peluang statistik (C2) |
Ketepatan dalam menjelaskan tentang distribusi data kuantitafi dan data kualitatif |
Kriteria: Rubrik (Pedoman Penskoran)
Teknik: Soal Esay |
Metode Pembelajaran: 1. Ceramah 2. Diskusi 3. Tugas Tugasdengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca RPS dan Materi Pendahuluan yang diupload BLP) TM : 2 x 50 menit (pemaparan RPS dan pemaparan materi) BT : 2 x 60 menit (Mengerjakan soal latihan) |
[1], [2] |
2 |
|||
5 | (CPMK1) Mampu menguraikan konsep-konsep peluang statistik (C2) |
Ketepatan dalam menjelaskan metode peluang statistik |
Kriteria: Rubrik (Pedoman Penskoran) Teknik: Soal Esay |
Metode Pembelajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca RPS dan Materi Pendahuluan yang diupload BLP) TM : 2 x 50 menit (pemaparan RPS dan pemaparan materi) BT : 2 x 60 menit (Mengerjakan soal latihan) |
[1], [2] |
3 |
|||
6 | (CPMK1) Mampu menghitung ukuran pemusatan data dan penyebaran data (C2) |
Ketepatan dalam menghitung ukuran pemusatan dan penyebaran data |
Kriteria: Rubrik (Pedoman Penskoran) Teknik: Soal Esay |
Metode Pembelajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca RPS dan Materi Pendahuluan yang diupload BLP) TM : 2 x 50 menit (pemaparan RPS dan pemaparan materi) BT : 2 x 60 menit (Mengerjakan soal latihan) |
Persamaan - persamaan ukuran pemusatan 1], [2] |
2 |
|||
7 | (CPMK1) Mampu menghitung ukuran pemusatan data dan penyebaran data (C2) |
Ketepatan dalam menghitung persamamaan - persamaan ukuran sebaran data |
CBL |
CBL (170 menit) (interaktif dan kolaboratif) |
Persamaan – persamaan ukuran dispersi
[1], [2], [3] |
10 |
|||
8 | (CPMK1) Mampu menjabarkan Distribusi Frekuensi (C3) |
MAmpu menjabarkan distribusi frekuensi |
Metode Pembelajaran :
|
Metode Pembelajaran: Tugas dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca RPS) TM : 2 x 50 menit (pemaparan RPS dan pemaparan materi) BT : 2 x 60 menit (Mengerjakan soal latihan) |
distribusi frekuensi |
5 |
|||
9 | (CPMK1) Mampu menghitung ukuran pemusatan data dan penyebaran data (C2) |
Ketepatan menjabarkan kurva normal |
CBL |
CBL (170 menit) (interaktif dan kolaboratif) |
[1], [2] |
10 |
|||
10 | (CPMK 1) mampu menerapkan aplikasi statistik (C3) |
Ketepatan dalam memahami metode statistik |
CBL |
CBL (170 menit) (interaktif dan kolaboratif) |
metode statistik [1], [2] |
10 |
|||
11 | (CPMK 1) mampu menerapkan aplikasi statistik (C3) |
Ketepatan dalam menjelaskan analisis uji hipotesis |
Kriteria: Rubrik (Pedoman Penskoran) Teknik: Soal Esay |
Metode Pembelajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca RPS dan Materi Pendahuluan yang diupload BLP) TM : 2 x 50 menit (pemaparan RPS dan pemaparan materi) BT : 2 x 60 menit (Mengerjakan soal latihan) |
uji hipotesis [1], [2] |
2 |
|||
12 | (CPMK 1) mampu menerapkan aplikasi statistik (C3) |
Ketepatan dalam menggunakan konsep uji hipotesis |
CBL |
CBL (170 menit) (interaktif dan kolaboratif) |
[1], [2] |
5 |
|||
13 | (CPMK 1) mampu menerapkan aplikasi statistik (C3) |
Ketepatan dalam menghitung uji hipotesis |
CBL |
CBL (170 menit) (interaktif dan kolaboratif) |
uji hipotesis [1], [2] |
10 |
|||
14 | (CPMK 1) mampu menerapkan aplikasi statistik (C3) |
Ketepatan dalam memahami konsep konsep dasar aplikasi statistik |
CBL |
CBL (170 menit) (interaktif dan kolaboratif) |
Pengenalan Anova [1], [2] |
5 |
|||
15 | (CPMK 1) mampu menerapkan aplikasi statistik (C3) |
Ketepatan dalam menggunakan aplikasi statistk |
CBL |
CBL (170 menit) (interaktif dan kolaboratif) |
Penggunaan aplikasi Anova [1], [2] |
5 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
25 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Herdian Dwimas lahir di Samarinda pada tanggal Jabatan fungsional Jurusan TEKNIK MESIN Program Studi Teknologi Rekayasa Manufaktur |
|