.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:abdul.gafur@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 1:18 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN PERHOTELAN |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TATA BOGA |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
PEMAHAMAN LINTAS BUDAYA |
TB230615 |
2 |
0 |
2 |
28 |
3 |
01-09-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Abdul Gafur S.Pd., M.Pd. |
Praseptia Gardiarini S.Gz., M.P.H. |
|||||||
NIP/NIK. 198902182015041001 |
NIP/NIK. 198808272020122003 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-5) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (S-6) Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (S-7) Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S-8) Mengiternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S-9) Menunjukkan sikap tanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-14) Menguasai prinsip dan teknik komunikasi efektif untuk bekerja dalam tim |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-3) Mampu memecahkan maslah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri (KU-5) Mampu bekerjasama, berkomunikasi, berinovatif dalam pekerjaannya |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-11) Mampu menyesuaikan diri dengan cepat di lingkungan kerjanya dan dapat bekerjasama dalam kerja kelompok (team work) (KK-12) Mampu menerapkan teknik-teknik berkomunikasi secara efektif (KK-13) Mampu menerapkan etika pergaulan dan praktik profesional dalam pekerjaan |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CP-MK: Mahasiswa mampu mempraktekkan komunikasi lintas budaya secara efektif |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub-CPMK 1: Mampu menjelaskan konsep dasar budaya Sub-CPMK 2: Mampu menjelaskan dinamika kebudayaan Sub-CPMK 3: Mampu mengklasifikasikan model klasifikasi budaya Sub-CPMK 5: Mampu mempraktekkan komunikasi lintas budaya yang efektif Sub-CPMK 4: Mampu mengklasifikasikan budaya multiaktif, reaktif, dan linear aktif |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah PEMAHAMAN LINTAS BUDAYA mempelajari kompleksitas dan dinamika antar budaya yang berbeda. Mata kuliah pemahaman lintas budaya mencakup berbagai topik yang membantu mahasiswa dalam memahami dan mengklasifikasikan budaya serta meningkatkan kemampuan komunikasi dengan orang-orang dari latar belakang budaya yang berbeda secara efektif. | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Konsep dasar kebudayaan |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media: |
|||||||
Dosen Pengampu |
Maria Veronika Simanjuntak, Abdul Gafur, |
Mata Kuliah |
PEMAHAMAN LINTAS BUDAYA |
|||
Kode Mata Kuliah |
TB230615 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub-CPMK 1: Mampu menjelaskan konsep dasar budaya |
Ketapatan menjelaskan definisi kebudayaan, jenis dan tingkat kebudayaan, dan dimensi kebudayaan |
Kriteria:
Teknik non-test:
|
Luring
[Kolaboratif]
|
|
3 |
|||
2 | Sub-CPMK 1: Mampu menjelaskan konsep dasar budaya |
Ketapatan menjelaskan dan memetakan identitas budaya dan perbedaannya |
Kriteria:
Teknik non-test:
|
Luring
[HOLISTIK] |
|
4 |
|||
3 | Sub-CPMK 1: Mampu menjelaskan konsep dasar budaya |
Ketepatan dalam mendiskusikan dan menjelaskan pemahaman lintas budaya |
Kriteria:
Teknik non-test:
|
Luring
[Kolaboratif dan Berpusat pada Mahasiswa] |
|
4 |
|||
4 | Sub-CPMK 2: Mampu menjelaskan dinamika kebudayaan |
Ketapatan menjelaskan dan memetakan dinamika kebudayaan |
Kriteria:
Teknik non-test:
|
Kriteria:
Teknik non-test:
[Kontekstual] |
|
4 |
|||
5 | Sub-CPMK 2: Mampu menjelaskan dinamika kebudayaan |
Ketepatan dalam menjelaskan dinamika kebudayaan |
Kriteria:
Teknik non-test:
|
Luring
[Kolaboratif dan Berpusat pada Mahasiswa]
|
|
4 |
|||
6 | Sub-CPMK 3: Mampu mengklasifikasikan model klasifikasi budaya |
Ketepatan dalam mengklasifikasikan klasifikasi budaya dalam bisnis |
Kriteria:
Teknik non-test:
|
Luring
[Kolaboratif dan Berpusat pada Mahasiswa]
|
|
4 |
|||
7 | Sub-CPMK 3: Mampu mengklasifikasikan model klasifikasi budaya |
Ketepatan dalam mengklasifikasikan klasifikasi budaya dalam bisnis |
Kriteria:
Teknik non-test:
|
Luring
[Kolaboratif dan Berpusat pada Mahasiswa] |
|
4 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9,10 | Sub-CPMK 5: Mampu mempraktekkan komunikasi lintas budaya yang efektif |
ketepatan dalam mengklasifikasikan karakteristik budaya bangsa-bangsa (multiaktif, reaktif, dan linear aktif) |
Kriteria:
Teknik non-test:
|
Luring
[Kolaboratif dan Berpusat pada Mahasiswa] |
|
4 |
|||
Sub-CPMK 4: Mampu mengklasifikasikan budaya multiaktif, reaktif, dan linear aktif |
ketepatan dalam mengklasifikasikan karakteristik budaya bangsa-bangsa (multiaktif, reaktif, dan linear aktif) |
Kriteria:
Teknik non-test:
|
Luring
[Kolaboratif dan Berpusat pada Mahasiswa] |
|
4 |
||||
11 | Sub-CPMK 5: Mampu menjelaskan mempraktekkan komunikasi lintas budaya yang efektif |
Ketepatan dalam etika dan interaksi antarbudaya |
Kriteria:
Teknik non-test:
|
Luring
[Kolaboratif dan Berpusat pada Mahasiswa] |
|
5 |
|||
12 | Sub-CPMK 5: Mampu menjelaskan mempraktekkan komunikasi lintas budaya yang efektif |
Ketepatan dalam mempraktikkan kompetensi antarbudaya |
Kriteria:
Teknik non-test:
|
Luring
[Kolaboratif dan Berpusat pada Mahasiswa] |
|
5 |
|||
13 | Sub-CPMK 5: Mampu menjelaskan mempraktekkan komunikasi lintas budaya yang efektif |
Ketepatan dalam mempraktikkan komunikasi lintas budaya yang efektif |
Kriteria:
Teknik non-test:
|
Luring
[Kontekstual] |
|
5 |
|||
14 | Sub-CPMK 5: Mampu menjelaskan mempraktekkan komunikasi lintas budaya yang efektif |
Ketaptaan dalam mempraktikkan komunikasi yang efektif dengan latar belakang yang berbeda |
Kriteria:
Teknik non-test:
|
Luring
[Kolaboratif dan Berpusat pada Mahasiswa] |
|
5 |
|||
15 | Sub CP-MK 11: Mahasiswa mampu menunjukkan praktik komunikasi interpersonal yang beretika |
Ketepatan dalam mempraktikkan komunikasi yang efektif dengan latar belakang yang berbeda |
Kriteria:
Teknik non-test:
|
Luring
[Holistik] |
|
5 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
20 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Abdul Gafur lahir di Balikpapan pada tanggal Jabatan fungsional Lektor Jurusan PERHOTELAN Program Studi Tata Boga |
|