
|
JURUSAN AKUNTANSI
|

|
|
PROGRAM
STUDI AKUNTANSI PERPAJAKAN
|
|
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2024/2025
|
|
MATA KULIAH
|
KODE
|
BOBOT SKS
|
JAM/SMT
|
SEMESTER
|
TANGGAL PENYUSUNAN
|
|
T
|
P
|
TOTAL
|
|
Teori Akuntansi |
AP 602 |
2 |
0 |
2 |
28 |
6 |
04-09-2024 |
|
OTORISASI
|
DOSEN PENGEMBANG RPS
|
KETUA PROGRAM STUDI
|
|

Scan QR untuk Akses
Dokumen ini
|
|
|
|
|
Hasto Finanto S.E., M.Sc. |
Endang Sri Apriani S.E., M.E., CFRM. |
|
NIP/NIK. 2015.90.017
|
NIP/NIK. 2021.90.003
|
|
Capaian Pembelajaran
(CPL)
|
CPL
- PRODI
|
|
SIKAP
|
|
(S-1) Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (S-8) Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S-9) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
|
|
PENGETAHUAN
|
|
(P-1) Mampu mengaplikasikan bidang keahlian akuntansi perpajakan dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi (P-2) Menguasai konsep teoritis akuntansi secara mendalam dan penerapannya pada bidang secara spesifik antara lain akuntansi sektor publik, akuntansi manajemen, akuntansi perpajakan, sistem informasi akuntansi dan akuntansi syariah untuk menyelesaikan masalah secara sistematis (P-5) Mampu menguasai konsep pada bidang akuntansi secara umum, meliputi identifikasi transaksi bisnis sampai dengan penyampaian informasi keuangan bagi pihak - pihak yang berkepentingan (stakeholders) dengan informasi tersebut (P-6) Mampu menguasai konsep cabang-cabang ilmu akuntansi meliputi akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, akuntansi perpajakan, audit internal, dan audit eksternal untuk mendukung pengambilan keputusan, baik keputusan internal organisasi maupun eksternal organisasi
|
|
KETRAMPILAN
UMUM
|
|
(KU-1) Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakukan pekerjaan di bidang akuntansi perpajakan serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang perpajakan (KU-2) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur (KU-4) Mampu menyusun hasil kajian bidang akuntansi perpajakan dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi (KU-9) Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
|
|
KETERAMPILAN
KHUSUS
|
|
(KK-12) Mampu menerapkan penelitian terapan di bidang akuntansi dan perpajakan sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
|
|
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK)
|
CP
- MK
|
|
CPMK-1: Mampu mengaplikasikan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi Teori Akuntansi CPMK-2: Mampu menganalisis tentang isu-isu terkini dan memperbaharui pengetahuan serta wawasan luas yang berkaitan dengan Teori Akuntansi CPMK-3: Mampu berkomunikasi secara efektif dan bertnggung jawab, serta memiliki etika profesional sebagai Akuntan
|
|
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK)
|
|
Sub-CPMK1: Mampu menganalisis sejarah dan perkembangan akuntansi (C4, P2, A2) Sub-CPMK2: Mampu memahami tentang teori dan perumusan teori akuntansi (C2, P2, A2) Sub-CPMK3: Mampu menilai aspek kelembagaan dalam pengembangan akuntansi (C5, P4, A4) Sub-CPMK4: Mampu memahami tentang kerangka konseptual pelaporan keuangan (C2, P2, A2) Sub-CPMK5: Mampu menganalisis pendekatan dalam penyusunan standar dan kebijakan akuntansi (C4, P2, A2) Sub-CPMK6: Mampu mengidentifikasi dan menganalisis tentang konsep aset (C4, P2, A2) Sub-CPMK7: Mampu mengidentifikasi dan menganalisis tentang konsep utang dan ekuitas (C4, P2, A2) Sub-CPMK8: Mampu mengidentifikasi dan menganalisis tentang konsep pendapatan (C4, P2, A2) Sub-CPMK9: Mampu mengidentifikasi dan menganalisis tentang konsep biaya (C4, P2, A2) Sub-CPMK10: Mampu mengidentifikasi dan menganalisis tentang konsep laba (C4, P2, A2) Sub-CPMK11: Mampu mengidentifikasi dan menganalisis tentang pengungkapan laporan keuangan (C4, P2, A2) Sub-CPMK12: Mampu mengidentifikasi dan menganalisis elemen struktur teori akuntansi: Postulat Akuntansi
|
|
Deskripsi Mata Kuliah
|
Matakuliah Teori Akuntansi mempelajari Sejarah Perkembangan Akuntansi; Teori dan Perumusan Akuntansi; Kerangka Konseptual Pelaporan Keuangan; hingga Prinsip-Prinsip Akuntansi, Standar dan Kebijakan serta, Konsep yang ada pada masing-masing elemen dalam laporan keuangan. |
|
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan
|
Sejarah dan Perkembangan Akuntansi
Teori Dan Perumusan Teori Akuntansi
Aspek Kelembagaan Dalam Pengembangan Akuntansi Kerangka Konseptual Pelaporan Keuangan
Standar dan Kebijakan Akuntansi
Konsep Aset
Konsep Utang dan Ekuitas
Konsep Pendapatan
Konsep Biaya
Konsep Laba
|
|
Pustaka
|
Pustaka Utama:
- Harahap, Sofyan Syafri (2010). Teori Akuntansi. Edisi Revisi. Jakarta: Erlangga
- Belkaoui, Ahmed Riahi (2011). Accounting Theory. 5th edition. Salemba Empat
- Ikatan Akuntan Indonesia (2004). Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Salemba Empat
- Suwardjono (2006). Teori Akuntansi: Perekayasaan Pelaporan Keuangan. Edisi Ketiga. Yogyakata: BPFE
- Yadiati, Winwin. (2010). Teori Akuntansi Suatu Pengantar. Jakarta: Kencana.
- Wolk Harry I, Michael G. Tearney and James L. Dodd (2001). Accounting Theory: A Conceptual and
Instiutional Approach. USA:South-Western
|
|
Media Pembelajaran
|
Media : - Buku
- Laptop, tablet
- Proyektor, pointer
- Whiteboard
- gmeet, zoom, dll
|
|
Dosen Pengampu
|
Hasto Finanto,
|
|
Minggu ke-
|
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan)
|
Indikator
|
Kriteria & Bentuk
Penilaian
|
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu)
|
Materi Pembelajaran
(Pustaka)
|
Bobot Penilaian
(%)
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
1
|
Sub-CPMK1: Mampu menganalisis sejarah dan perkembangan akuntansi (C4, P2, A2) |
- Mahasiswa mampu memahami latar belakang mempelajari mata kuliah Teori Akuntansi materi yang akan dipelajari selama satu semester,
- Mahasiswa mampu memahami sejarah perkembangan Akuntansi
|
Tugas dan Study Break dalam bentuk pertanyaan dilakukan secara acak
|
Lecture method & Model discovery-inquiry learning, Diskusi (SCL, Interaktif)
TM = Tatap Muka, BT = Belajar Terstruktur, BM = Belajar Mandiri
1. Mata kuliah teori
- TM 1x (2x50’) dibaca : kuliah tatap muka 1 kali (minggu) x 2 SKS x 50 menit = 100 menit
- (BT + BM : (1x1) x (2x60’) dibaca belajar terstruktur 1 kali (minggu) dan belajar mandiri 1x (minggu) x 2 SKS x 60 menit = 120 menit (2 jam)
2. Mata kuliah praktik
- 1 sks jam praktik 2 – 3 jam (TM 1 x jmlh sks x 50’ x 2/3)
|
- RPS, Kontrak dan Jurnal Perkuliahan
- Sejarah Perkembangan Akuntansi Dunia dan Indonesia
- Harahap, Sofyan Syafri (2010). Teori Akuntansi. Edisi Revisi. Jakarta: Erlangga
- Belkaoui, Ahmed Riahi (2011). Accounting Theory. 5th edition. Salemba Empat
- Ikatan Akuntan Indonesia (2004). Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Salemba Empat
- Suwardjono (2006). Teori Akuntansi: Perekayasaan Pelaporan Keuangan. Edisi Ketiga. Yogyakata: BPFE
- Yadiati, Winwin. (2010). Teori Akuntansi Suatu Pengantar. Jakarta: Kencana.
- Wolk Harry I, Michael G. Tearney and James L. Dodd (2001). Accounting Theory: A Conceptual and Instiutional Approach. USA:South- Western
|
3
|
2
|
Sub-CPMK1: Mampu menganalisis sejarah dan perkembangan akuntansi (C4, P2, A2) |
- Mahasiswa mengetahui tentang evolusi pembukuan berpasangan.
- Mahasiswa dapat menjelaskan hubungan akuntansi dan kapitalisme.
- Mahasiswa mengetahui relevansi sejarah akuntansi.
- Mahasiswa mengetahui perkembangan akuntansi di Indonesia.
|
Tugas dan Study Break dalam bentuk pertanyaan dilakukan secara acak
|
Lecture method & Model discovery-inquiry learning, Diskusi (SCL, Interaktif)
TM = Tatap Muka, BT = Belajar Terstruktur, BM = Belajar Mandiri
1. Mata kuliah teori
- TM 1x (2x50’) dibaca : kuliah tatap muka 1 kali (minggu) x 2 SKS x 50 menit = 100 menit
- (BT + BM : (1x1) x (2x60’) dibaca belajar terstruktur 1 kali (minggu) dan belajar mandiri 1x (minggu) x 2 SKS x 60 menit = 120 menit (2 jam)
2. Mata kuliah praktik
- 1 sks jam praktik 2 – 3 jam (TM 1 x jmlh sks x 50’ x 2/3)
|
-
Evolusi pembukuan berpasangan
-
Akuntansi dan kapitalisme
-
Relevansi sejarah akuntansi
-
Perkembangan akuntansi di Indonesia
-
Harahap, Sofyan Syafri (2010). Teori Akuntansi. Edisi Revisi. Jakarta: Erlangga
-
Belkaoui, Ahmed Riahi (2011). Accounting Theory. 5th edition. Salemba Empat
-
Ikatan Akuntan Indonesia (2004). Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Salemba Empat
-
Suwardjono (2006). Teori Akuntansi: Perekayasaan Pelaporan Keuangan. Edisi Ketiga. Yogyakata: BPFE
-
Yadiati, Winwin. (2010). Teori Akuntansi Suatu Pengantar. Jakarta: Kencana.
-
Wolk Harry I, Michael G. Tearney and James L. Dodd (2001). Accounting Theory: A Conceptual and Instiutional Approach. USA:South- Western
|
3
|
3
|
Sub-CPMK3: Mampu menilai aspek kelembagaan dalam pengembangan akuntansi (C5, P4, A4) |
-
Mahasiswa menjelaskan Pengertian Akuntansi
-
Mahasiswa menjelaskan Siklus Akuntansi
-
Mahasiswa menjelaskan Konsep Teoritis Akuntansi
-
Mahasiswa menganalisis aspek kelembagaan dalam penyusunan standar akuntansi di Amerika.
-
Mahasiswa menganalisis aspek kelembagaan dalam penyusunan standar akuntansi di Indonesia.
|
Tugas dan Study Break dalam bentuk pertanyaan dilakukan secara acak
|
Lecture method & Model discovery-inquiry learning, Diskusi (SCL, Interaktif)
TM = Tatap Muka, BT = Belajar Terstruktur, BM = Belajar Mandiri
1. Mata kuliah teori
- TM 1x (2x50’) dibaca : kuliah tatap muka 1 kali (minggu) x 2 SKS x 50 menit = 100 menit
- (BT + BM : (1x1) x (2x60’) dibaca belajar terstruktur 1 kali (minggu) dan belajar mandiri 1x (minggu) x 2 SKS x 60 menit = 120 menit (2 jam)
2. Mata kuliah praktik
- 1 sks jam praktik 2 – 3 jam (TM 1 x jmlh sks x 50’ x 2/3)
|
-
Pengertian Akuntansi
-
Siklus Akuntansi
-
Konsep Teoritis
Akuntansi
-
Aspek
kelembagaan dalam penyusunan standar akuntansi di Amerika
-
Aspek kelembagaan dalam penyusunan standar akuntansi di Indonesia
1. Harahap, Sofyan Syafri (2010). Teori Akuntansi. Edisi Revisi. Jakarta:
Erlangga
-
Belkaoui, Ahmed
Riahi (2011). Accounting Theory. 5th edition. Salemba Empat
-
Ikatan Akuntan Indonesia (2004). Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Salemba Empat
-
Suwardjono (2006). Teori Akuntansi: Perekayasaan Pelaporan Keuangan. Edisi Ketiga. Yogyakata: BPFE
-
Yadiati, Winwin. (2010). Teori Akuntansi Suatu Pengantar. Jakarta: Kencana.
-
Wolk Harry I, Michael G. Tearney and James L. Dodd (2001). Accounting Theory: A Conceptual and Instiutional Approach. USA:South- Western
|
3
|
4
|
Sub-CPMK2: Mampu memahami tentang teori dan perumusan teori akuntansi (C2, P2, A2) |
1. Mahasiswa menjelaskan pengertian, perumusan dan
pengujian teori.
-
Mahasiswa
menjelaskan pengertian dan perumusan teori akuntansi.
-
Mahasiswa menjelaskan Sifat Teori Akuntansi
-
Mahasiswa menjelaskan Metode Perumusan Teori Akuntansi
-
Mahasiswa menjelaskan Pendekatan Perumusan Teori Akuntansi
-
Mahasiswa menjelaskan Perumusan Teori Akuntansi Di Indonesia
|
Tugas dan Study Break dalam bentuk pertanyaan dilakukan secara acak
|
Lecture method & Model discovery-inquiry learning, Diskusi (SCL, Interaktif)
TM = Tatap Muka, BT = Belajar Terstruktur, BM = Belajar Mandiri
1. Mata kuliah teori
- TM 1x (2x50’) dibaca : kuliah tatap muka 1 kali (minggu) x 2 SKS x 50 menit = 100 menit
- (BT + BM : (1x1) x (2x60’) dibaca belajar terstruktur 1 kali (minggu) dan belajar mandiri 1x (minggu) x 2 SKS x 60 menit = 120 menit (2 jam)
2. Mata kuliah praktik
- 1 sks jam praktik 2 – 3 jam (TM 1 x jmlh sks x 50’ x 2/3)
|
- Pengertian, perumusan dan pengujian teori
- Pengertian dan
- perumusan teori
- akuntansi
- Sifat Teori Akuntansi
- Metode Perumusan Teori Akuntansi
- Pendekatan Perumusan Teori Akuntansi
- Perumusan Teori Akuntansi Di Indonesia
- Harahap, Sofyan Syafri (2010). Teori Akuntansi. Edisi Revisi. Jakarta: Erlangga
- Belkaoui, Ahmed Riahi (2011). Accounting Theory. 5th edition. Salemba Empat
- Ikatan Akuntan Indonesia (2004). Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Salemba Empat
- Suwardjono (2006). Teori Akuntansi: Perekayasaan Pelaporan Keuangan. Edisi Ketiga. Yogyakata: BPFE
- Yadiati, Winwin. (2010). Teori Akuntansi Suatu Pengantar. Jakarta: Kencana.
- Wolk Harry I, Michael G. Tearney and James L. Dodd (2001). Accounting Theory: A Conceptual and Instiutional Approach. USA:South- Western
|
3
|
5
|
Sub-CPMK4: Mampu memahami tentang kerangka konseptual pelaporan keuangan (C2, P2, A2) |
-
Mahasiswa menjelaskan pengertian dan arti penting kerangka konseptual pelaporan keuangan.
-
Mahasiswa menjelaskan Prinsip-prinsip Akuntansi
-
Mahasiswa menganalisis perumusan kerangka konseptual pelaporan keuangan.
-
Mahasiswa menganalisis kerangka konseptual pelaporan keuangan di Indonesia.
|
Tugas dan Study Break dalam bentuk pertanyaan dilakukan secara acak
|
Lecture method & Model discovery-inquiry learning, Diskusi (SCL, Interaktif)
TM = Tatap Muka, BT = Belajar Terstruktur, BM = Belajar Mandiri
1. Mata kuliah teori
- TM 1x (2x50’) dibaca : kuliah tatap muka 1 kali (minggu) x 2 SKS x 50 menit = 100 menit
- (BT + BM : (1x1) x (2x60’) dibaca belajar terstruktur 1 kali (minggu) dan belajar mandiri 1x (minggu) x 2 SKS x 60 menit = 120 menit (2 jam)
2. Mata kuliah praktik
- 1 sks jam praktik 2 – 3 jam (TM 1 x jmlh sks x 50’ x 2/3)
|
-
Pengertian dan arti penting kerangka konseptual pelaporan keuangan
-
Prinsip-prinsip Akuntansi
-
Perumusan kerangka
konseptual pelaporan keuangan
-
Kerangka konseptual pelaporan keuangan di Indonesia
-
Harahap, Sofyan Syafri (2010). Teori Akuntansi. Edisi Revisi. Jakarta: Erlangga
-
Belkaoui, Ahmed Riahi (2011). Accounting Theory. 5th edition. Salemba Empat
-
Ikatan Akuntan Indonesia (2004). Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Salemba Empat
-
Suwardjono (2006). Teori Akuntansi: Perekayasaan Pelaporan Keuangan. Edisi Ketiga. Yogyakata: BPFE
-
Yadiati, Winwin. (2010). Teori Akuntansi Suatu Pengantar. Jakarta: Kencana.
-
Wolk Harry I, Michael G. Tearney and James L. Dodd (2001). Accounting Theory: A Conceptual and Instiutional Approach. USA:South- Western
|
3
|
6
|
Sub-CPMK12: Mampu mengidentifikasi dan menganalisis elemen struktur teori akuntansi: Postulat Akuntansi |
- Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menganalisis Kesatuan Usaha/Entitas (The Business Entity)
- Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menganalisis Keberlanjutan Usaha (The Going Concern/Continuity ofActivity)
- Mahasiswa mampu
- mengidentifikasi dan menganalisis Unit Pengukuran (The Unit of Measure)
- Mahasiswa mampu
- mengidentifikasi dan menganalisis Periode Akuntansi (The Accounting Period /Time Period)
|
Tugas dan Study Break dalam bentuk pertanyaan dilakukan secara acak.
|
Lecture method & Model discovery-inquiry learning, Diskusi (SCL, Interaktif)
TM = Tatap Muka, BT = Belajar Terstruktur, BM = Belajar Mandiri
1. Mata kuliah teori
- TM 1x (2x50’) dibaca : kuliah tatap muka 1 kali (minggu) x 2 SKS x 50 menit = 100 menit
- (BT + BM : (1x1) x (2x60’) dibaca belajar terstruktur 1 kali (minggu) dan belajar mandiri 1x (minggu) x 2 SKS x 60 menit = 120 menit (2 jam)
2. Mata kuliah praktik
- 1 sks jam praktik 2 – 3 jam (TM 1 x jmlh sks x 50’ x 2/3)
|
-
Kesatuan Usaha/Entitas (The Business Entity)
-
Keberlanjutan Usaha (The Going Concern/Continuity of Activity)
-
Unit Pengukuran (The Unit of Measure)
-
Periode Akuntansi (The Accounting Period /Time Period)
-
Harahap, Sofyan Syafri (2010). Teori Akuntansi. Edisi Revisi. Jakarta: Erlangga
-
Belkaoui, Ahmed Riahi (2011). Accounting Theory. 5th edition. Salemba Empat
-
Ikatan Akuntan Indonesia (2004). Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Salemba Empat
-
Suwardjono (2006). Teori Akuntansi: Perekayasaan Pelaporan Keuangan. Edisi Ketiga. Yogyakata: BPFE
-
Yadiati, Winwin. (2010). Teori Akuntansi Suatu Pengantar. Jakarta: Kencana.
-
Wolk Harry I, Michael G. Tearney andJames L. Dodd (2001). Accounting Theory: A Conceptual and Instiutional Approach. USA:South- Western
|
5
|
7
|
Sub-CPMK5: Mampu menganalisis pendekatan dalam penyusunan standar dan kebijakan akuntansi (C4, P2, A2) |
-
Mahasiswa mengetahui tentang pengertian dan arti penting standar akuntansi.
-
Mahasiswa mengetahui tentang pendekatan dalam penentuan standar.
-
Mahasiswa dapat menjelaskan tentang teori regulasi.
-
Mahasiswa dapat menjelaskan tentang overload standar akuntansi.
-
Mahasiswa dapat menjelaskan tentang pengertian kebijakan akuntansi.
-
Mahasiswa dapat menganalisis tentang tujuan kebijakan akuntansi.
-
Mahasiswa dapat menganalisis tentangkonsekuensi sosial dan ekonomi kebijakan akuntansi.
|
Tugas dan Study Break dalam bentuk pertanyaan dilakukan secara acak
|
Lecture method & Model discovery-inquiry learning, Diskusi (SCL, Interaktif)
TM = Tatap Muka, BT = Belajar Terstruktur, BM = Belajar Mandiri
1. Mata kuliah teori
- TM 1x (2x50’) dibaca : kuliah tatap muka 1 kali (minggu) x 2 SKS x 50 menit = 100 menit
- (BT + BM : (1x1) x (2x60’) dibaca belajar terstruktur 1 kali (minggu) dan belajar mandiri 1x (minggu) x 2 SKS x 60 menit = 120 menit (2 jam)
2. Mata kuliah praktik
- 1 sks jam praktik 2 – 3 jam (TM 1 x jmlh sks x 50’ x 2/3)
|
-
Pengertian dan arti penting standar akuntansi
-
Pendekatan dalam penentuan standar
-
Teori regulasi
-
Overload standar akuntansi
-
Pengertian kebijakan akuntansi
-
Tujuan kebijakan akuntansi
-
Konsekuensi sosial dan ekonomi kebijakan akuntansi
-
Harahap, Sofyan Syafri (2010). Teori Akuntansi. Edisi Revisi. Jakarta: Erlangga
-
Belkaoui, Ahmed Riahi (2011). Accounting Theory. 5th edition. Salemba Empat
-
Ikatan Akuntan Indonesia (2004).
Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Salemba Empat
-
Suwardjono (2006). Teori Akuntansi: Perekayasaan Pelaporan Keuangan. Edisi Ketiga. Yogyakata: BPFE
-
Yadiati, Winwin. (2010). Teori Akuntansi Suatu Pengantar. Jakarta: Kencana.
-
Wolk Harry I, Michael G. Tearney and James L. Dodd (2001). Accounting Theory: A Conceptual and Instiutional Approach. USA:South- Western
|
5
|
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester
|
20
|
9
|
Sub-CPMK6: Mampu mengidentifikasi dan menganalisis tentang konsep aset (C4, P2, A2) |
-
Mahasiswa mengidentifikasi tentang karakteristik aset.
-
Mahasiswa menjelaskan tentang pengakuan aset.
-
Mahasiswa menjelaskan tentang penilaian aset.
-
Mahasiswa dapat menganalisis tentang masalah khusus aset.
|
Metode presentasi, ceramah dan penjelasan, serta diskusi
|
Lecture method & Model discovery-inquiry learning, Diskusi (SCL, Interaktif)
TM = Tatap Muka, BT = Belajar Terstruktur, BM = Belajar Mandiri
1. Mata kuliah teori
- TM 1x (2x50’) dibaca : kuliah tatap muka 1 kali (minggu) x 2 SKS x 50 menit = 100 menit
- (BT + BM : (1x1) x (2x60’) dibaca belajar terstruktur 1 kali (minggu) dan belajar mandiri 1x (minggu) x 2 SKS x 60 menit = 120 menit (2 jam)
2. Mata kuliah praktik
- 1 sks jam praktik 2 – 3 jam (TM 1 x jmlh sks x 50’ x 2/3)
|
-
Karakteristik aset
-
Pengakuan aset
-
Penilaian aset
-
Masalah khusus aset
- Harahap, Sofyan Syafri (2010). Teori Akuntansi. Edisi
- Harahap, Sofyan Syafri (2010). Teori Akuntansi. EdisiRevisi. Jakarta: Erlangga
- Belkaoui, Ahmed Riahi (2011). Accounting Theory. 5th edition. Salemba Empat
- Ikatan Akuntan Indonesia (2004). Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Salemba Empat
- Suwardjono (2006). Teori Akuntansi: Perekayasaan Pelaporan Keuangan. Edisi Ketiga. Yogyakata: BPFE
- Yadiati, Winwin. (2010). Teori Akuntansi Suatu Pengantar. Jakarta: Kencana.
- Wolk Harry I, Michael G. Tearney and James L. Dodd (2001). Accounting Theory: A Conceptual and Instiutional Approach. USA:South- Western
|
5
|
10
|
Sub-CPMK7: Mampu mengidentifikasi dan menganalisis tentang konsep utang dan ekuitas (C4, P2, A2) |
- Mahasiswa mengidentifikasi karakteristik utang.
- Mahasiswa dapat menjelaskan tentang pengakuan utang.
- Mahasiswa dapat menganalisis tentang penyelesaian utang.
- Mahasiswa dapat menjelaskan tentang penilaian utang.
|
Tugas dan Study Break dalam bentuk pertanyaan dilakukan secara acak
|
Lecture method & Model discovery-inquiry learning, Diskusi (SCL, Interaktif)
TM = Tatap Muka, BT = Belajar Terstruktur, BM = Belajar Mandiri
1. Mata kuliah teori
- TM 1x (2x50’) dibaca : kuliah tatap muka 1 kali (minggu) x 2 SKS x 50 menit = 100 menit
- (BT + BM : (1x1) x (2x60’) dibaca belajar terstruktur 1 kali (minggu) dan belajar mandiri 1x (minggu) x 2 SKS x 60 menit = 120 menit (2 jam)
2. Mata kuliah praktik
- 1 sks jam praktik 2 – 3 jam (TM 1 x jmlh sks x 50’ x 2/3)
|
- Karakteristik utang
- Pengakuan utang
- Penyelesaian utang
- Penilaian utang
-
Harahap, Sofyan Syafri (2010). Teori Akuntansi. Edisi Revisi. Jakarta: Erlangga
-
Belkaoui, Ahmed Riahi (2011). Accounting Theory. 5th edition. Salemba Empat
-
Ikatan Akuntan Indonesia (2004). Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Salemba Empat
-
Suwardjono (2006). Teori Akuntansi: Perekayasaan Pelaporan Keuangan. Edisi Ketiga. Yogyakata: BPFE
-
Yadiati, Winwin. (2010). Teori Akuntansi Suatu Pengantar. Jakarta: Kencana.
-
Wolk Harry I, Michael G. Tearney and James L. Dodd (2001). Accounting Theory: A Conceptual and InstiutionalApproach. USA:South- Western
|
5
|
11
|
Sub-CPMK7: Mampu mengidentifikasi dan menganalisis tentang konsep utang dan ekuitas (C4, P2, A2) |
-
Mahasiswa mengidentifikasi karakteristik ekuitas.
-
Mahasiswa dapat menjelaskan tentang pengakuan ekuitas.
-
Mahasiswa dapat menganalisis tentang penyelesaian ekuitas.
-
Mahasiswa dapat menjelaskan tentang penilaian ekuitas.
|
Tugas dan Study Break dalam bentuk pertanyaan dilakukan secara acak
|
Lecture method & Model discovery-inquiry learning, Diskusi (SCL, Interaktif)
TM = Tatap Muka, BT = Belajar Terstruktur, BM = Belajar Mandiri
1. Mata kuliah teori
- TM 1x (2x50’) dibaca : kuliah tatap muka 1 kali (minggu) x 2 SKS x 50 menit = 100 menit
- (BT + BM : (1x1) x (2x60’) dibaca belajar terstruktur 1 kali (minggu) dan belajar mandiri 1x (minggu) x 2 SKS x 60 menit = 120 menit (2 jam)
2. Mata kuliah praktik
- 1 sks jam praktik 2 – 3 jam (TM 1 x jmlh sks x 50’ x 2/3)
|
-
Karakteristik ekuitas.
-
Pengakuan ekuitas.
-
Penyelesaian ekuitas.
-
Penilaian ekuitas.
-
Harahap, Sofyan Syafri (2010). Teori Akuntansi. Edisi Revisi. Jakarta: Erlangga
-
Belkaoui, Ahmed Riahi (2011). Accounting Theory. 5th edition. Salemba Empat
-
Ikatan Akuntan Indonesia (2004). Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Salemba Empat
-
Suwardjono (2006). Teori Akuntansi: Perekayasaan Pelaporan Keuangan. Edisi Ketiga. Yogyakata: BPFE
-
Yadiati, Winwin. (2010). Teori Akuntansi Suatu Pengantar. Jakarta: Kencana.
-
Wolk Harry I, Michael G. Tearney and James L. Dodd (2001). Accounting Theory: A Conceptual and Instiutional Approach. USA:South- Western
|
5
|
12
|
Sub-CPMK8: Mampu mengidentifikasi dan menganalisis tentang konsep pendapatan (C4, P2, A2) |
-
Mahasiswa mengidentifikasi tentang karakteristik pendapatan.
-
Mahasiswa menjelaskan tentang pengakuan pendapatan.
-
Mahasiswa menjelaskan tentang pembentukan dan realisasi pendapatan.
-
Mahasiswa menganalisis tentang pengukuran pendapatan.
|
Tugas dan Study Break dalam bentuk pertanyaan dilakukan secara acak
|
Lecture method & Model discovery-inquiry learning, Diskusi (SCL, Interaktif)
TM = Tatap Muka, BT = Belajar Terstruktur, BM = Belajar Mandiri
1. Mata kuliah teori
- TM 1x (2x50’) dibaca : kuliah tatap muka 1 kali (minggu) x 2 SKS x 50 menit = 100 menit
- (BT + BM : (1x1) x (2x60’) dibaca belajar terstruktur 1 kali (minggu) dan belajar mandiri 1x (minggu) x 2 SKS x 60 menit = 120 menit (2 jam)
2. Mata kuliah praktik
- 1 sks jam praktik 2 – 3 jam (TM 1 x jmlh sks x 50’ x 2/3)
|
-
Karakteristik pendapatan
-
Pengakuan pendapatan
-
Pembentukan dan realisasi pendapatan
-
Pengukuran pendapatan
-
Harahap, Sofyan Syafri (2010). Teori Akuntansi. Edisi Revisi. Jakarta: Erlangga
-
Belkaoui, Ahmed Riahi (2011). Accounting Theory. 5th edition. Salemba Empat
-
Ikatan Akuntan Indonesia (2004). Standar Akuntansi
Keuangan. Jakarta: Salemba Empat
-
Suwardjono (2006). Teori Akuntansi: Perekayasaan Pelaporan Keuangan. Edisi Ketiga. Yogyakata: BPFE
-
Yadiati, Winwin. (2010). Teori Akuntansi Suatu Pengantar. Jakarta: Kencana.
-
Wolk Harry I, Michael G. Tearney and James L. Dodd (2001). Accounting Theory: A Conceptual and Instiutional Approach. USA:South- Western
|
5
|
13
|
Sub-CPMK9: Mampu mengidentifikasi dan menganalisis tentang konsep biaya (C4, P2, A2) |
-
Mahasiswa mengidentifikasi tentang karakteristik biaya.
-
Mahasiswa menjelaskan tentang pengakuan biaya.
-
Mahasiswa menjelaskan tentang pengukuran biaya.
-
Mahasiswa menganalisis kritik terhadap konsep penandingan
|
Tugas dan Study Break dalam bentuk pertanyaan dilakukan secara acak
|
Lecture method & Model discovery-inquiry learning, Diskusi (SCL, Interaktif)
TM = Tatap Muka, BT = Belajar Terstruktur, BM = Belajar Mandiri
1. Mata kuliah teori
- TM 1x (2x50’) dibaca : kuliah tatap muka 1 kali (minggu) x 2 SKS x 50 menit = 100 menit
- (BT + BM : (1x1) x (2x60’) dibaca belajar terstruktur 1 kali (minggu) dan belajar mandiri 1x (minggu) x 2 SKS x 60 menit = 120 menit (2 jam)
2. Mata kuliah praktik
- 1 sks jam praktik 2 – 3 jam (TM 1 x jmlh sks x 50’ x 2/3)
|
-
Karakteristik biaya
-
Pengakuan biaya
-
Pengukuran biaya
-
Kritik terhadap konsep penandingan
- Harahap, Sofyan Syafri (2010). Teori Akuntansi. Edisi Revisi. Jakarta: Erlangga
- Belkaoui, Ahmed Riahi (2011). Accounting Theory. 5th edition. Salemba Empat
- Ikatan Akuntan Indonesia (2004). Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Salemba Empat
- Suwardjono (2006). Teori Akuntansi: Perekayasaan Pelaporan Keuangan. Edisi Ketiga. Yogyakata: BPFE
- Yadiati, Winwin. (2010). Teori Akuntansi Suatu Pengantar. Jakarta: Kencana.
- Wolk Harry I, Michael G. Tearney and James L. Dodd (2001). Accounting Theory: A Conceptual and Instiutional Approach. USA:South- Western
|
5
|
14
|
Sub-CPMK10: Mampu mengidentifikasi dan menganalisis tentang konsep laba (C4, P2, A2) |
- Mahasiswa mengidentifikasi tentang karakteristik laba.
- Mahasiswa menjelaskan tentang pengakuan laba.
- Mahasiswa menjelaskan tentang pengukuran laba.
- Mahasiswa menganalisis tentang elemen laba.
- Mahasiswa menganalisis tentang income smoothing.
|
Tugas dan Study Break dalam bentuk pertanyaan dilakukan secara acak
|
Lecture method & Model discovery-inquiry learning, Diskusi (SCL, Interaktif)
TM = Tatap Muka, BT = Belajar Terstruktur, BM = Belajar Mandiri
1. Mata kuliah teori
- TM 1x (2x50’) dibaca : kuliah tatap muka 1 kali (minggu) x 2 SKS x 50 menit = 100 menit
- (BT + BM : (1x1) x (2x60’) dibaca belajar terstruktur 1 kali (minggu) dan belajar mandiri 1x (minggu) x 2 SKS x 60 menit = 120 menit (2 jam)
2. Mata kuliah praktik
- 1 sks jam praktik 2 – 3 jam (TM 1 x jmlh sks x 50’ x 2/3)
|
1. Karakteristik laba
2. Pengakuan laba
3. Pengukuran laba
4. Elemen laba
5. Income smoothing
-
Harahap, Sofyan Syafri (2010). Teori Akuntansi. Edisi Revisi. Jakarta: Erlangga
-
Belkaoui, Ahmed Riahi (2011). Accounting Theory. 5th edition. Salemba Empat
-
Ikatan Akuntan Indonesia (2004). Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Salemba Empat
-
Suwardjono (2006). Teori Akuntansi: Perekayasaan Pelaporan Keuangan. Edisi Ketiga. Yogyakata: BPFE
-
Yadiati, Winwin. (2010). Teori Akuntansi Suatu Pengantar. Jakarta: Kencana.
-
Wolk Harry I, Michael G. Tearney and James L. Dodd (2001). Accounting Theory: A Conceptual and Instiutional Approach.
|
5
|
15
|
Sub-CPMK11: Mampu mengidentifikasi dan menganalisis tentang pengungkapan laporan keuangan (C4, P2, A2) |
-
Mahasiswa menjelaskan tentang pengertian dan jenis pengungkapan.
-
Mahasiswa menganalisis tentang informasi yang harus diungkapkan.
-
Mahasiswa mengidentifikasi tentang pengungkapan sukarela.
-
Mahasiswa dapat menjelaskan tentang metode pengungkapan.
|
Tugas dan Study Break dalam bentuk pertanyaan dilakukan secara acak
|
Lecture method & Model discovery-inquiry learning, Diskusi (SCL, Interaktif)
TM = Tatap Muka, BT = Belajar Terstruktur, BM = Belajar Mandiri
1. Mata kuliah teori
- TM 1x (2x50’) dibaca : kuliah tatap muka 1 kali (minggu) x 2 SKS x 50 menit = 100 menit
- (BT + BM : (1x1) x (2x60’) dibaca belajar terstruktur 1 kali (minggu) dan belajar mandiri 1x (minggu) x 2 SKS x 60 menit = 120 menit (2 jam)
2. Mata kuliah praktik
- 1 sks jam praktik 2 – 3 jam (TM 1 x jmlh sks x 50’ x 2/3)
|
-
Pengertian dan jenis pengungkapan
-
Informasi yang harus diungkapkan
-
Pengungkapan sukarela
-
Metode pengungkapan
-
Harahap, Sofyan Syafri (2010). Teori Akuntansi. Edisi Revisi. Jakarta: Erlangga
-
Belkaoui, Ahmed Riahi (2011). Accounting Theory. 5th edition. Salemba Empat
-
Ikatan Akuntan Indonesia (2004). Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Salemba Empat
-
Suwardjono (2006). Teori Akuntansi: Perekayasaan Pelaporan Keuangan. Edisi Ketiga. Yogyakata:BPFE
-
Yadiati, Winwin.
(2010). Teori Akuntansi Suatu Pengantar. Jakarta: Kencana.
-
Wolk Harry I, Michael G. Tearney and James L. Dodd (2001). Accounting Theory: A Conceptual and Instiutional Approach. USA:South- Western
|
5
|
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|