.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:emil.azmanajaya@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@April 16, 2025, 10:03 pm Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNOLOGI REKAYASA KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Bangunan Tahan Gempa |
JJ360822 |
2 |
0 |
2 |
28 |
6 |
19-07-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Dr. Emil Azmanajaya S.T., M.T. |
Mohamad Isram M. Ain S.T., M.Sc. |
|||||||
NIP/NIK. 197702242012121001 |
NIP/NIK. 198903052022031010 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-1) Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (S-4) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila (S-7) Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan masyarakat dan bernegara (S-8) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S-9) Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Menguasai konsep teoritis matematika terapan, sains alam (fisika, kimia), sains rekayasa dan prinsip rekayasa untuk melakukan kerja perancangan, pelaksanaan dan pengawasan banguna jalan dan jembatan skala menengah1 (P-2) Menguasai prinsip dan teknik perancangan rekayasa meliputi ilmu bahan, mekanika (mekanika teknik, mekanika tanah, mekanika fluida), sistem transportasi darat, hidrologi, rekayas geoteknik, rekayasa jalan, rekayasa struktur jembatan, rekayasa konstruksi, dan rekayas lingkungan jalan (P-6) Menguasai referensi teknisyang berlaku di Indonesia dan minimal satu standar yang berlaku internasional (misalnya AASHTO, ACI, ASCI) bidang konstruksi jalan dan jembatan (P-7) Menguasai issue terkini di bidang transportasi, teknologi jalan dan jembatan, ekonomi, sosial, budaya, kesehatan dan keselamatan publik, lingkungan dan analisa dampak lingkungan akibat lalu lintas (andalalin) |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menerapkan pemikian logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakuka pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan (KU-2) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur (KU-8) Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menerapkan matematika terapan, sains alam (fisika, kimia), sains rekayasa dan prinsip rekayasa untuk melakukan perancangan, pelaksanaan dan pengawasan bangunan jalan da jembatan skala menengah 1 (KK-2) Mampu merumuskan esensi perancangan bangunan jalan dan jembatan sesuai dengan Standar Indonesia dan/atau Standar Internasional 2 (KK-4) Mampu merancang bangunan jalan dan jembatan dalam bentuk perancangan teknik rinci4 (detail engineering deGISn) dengan menggunakan pangkalan data dan referensi teknik konstruksi5 dengan mempertimbangkan faktor-faktor ekonomi, sosial, budaya, kesehatan da keselamatan publik dan lingkungan. (KK-10) Mampu memanfaatkan teknologi (piranti lunak untuk perancangan dan alat bantu konstruksi) dalam melaksanakan pekerjaan bangunan jalan dan jembatan |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK 1 : Mampu menjelaskan teori kegempaan, terjadinya gempa, dan pengukuran gelombang gempa CPMK 2 : Mampu melakukan analisis sistem derajat kebebasan CPMK 3 : Mampu memahami dan membuat grafik respon spektrum untuk berbagai jenis eksitasi CPMK 4 : Mampu mengaplikasikan SNI 1726-2019 dalam perencanaan struktur tanah gempa di Indonesia CPMK 5 : Mampu mendisain bangunan struktur tahan gempa |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub CP-MK1 : Mampu memahami teori kegempaan Sub CP-MK6: Mampu membuat grafik respon spetrum Kota-kota di Indonesia Sub CP-MK8: Mampu menghitung parameter dan beban gempa, sesuai SNI 1726-2019 Sub CP-MK9: Mampu mendisain balok dan kolom struktur tahan gempa menggunakan SAP2000 Sub CP-MK2 : Mampu menjelaskan zona gempa di Indonesia Sub CP-MK4 :Mampu melakukan analisis sistem derajat kebebasan banyak (MDOF) Sub CP-MK3 :Mampu melakukan analisis sistem derajat kebebasan tunggal (SDOF) Sub CP-MK5: Mampu menjelaskan standar bangunan tahan gempa Sub CP-MK10: Mampu menginterpretasi respon struktur terhadap beban gempa |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Bangunan Tahan Gempa mempelajari teori tentang gempa, SDOF, MDOF dan mendisain bangunan tahan gempa sesuai peraturan yang berlaku di Indonesia; menggunakan aplikasi SAP2000 | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Terjadinya Gempa Bumi |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Infokus, Papan Tulis |
|||||||
Dosen Pengampu |
Emil Azmanajaya, |
Mata Kuliah |
Bangunan Tahan Gempa |
|||
Kode Mata Kuliah |
JJ360822 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub CP-MK1 : Mampu memahami teori kegempaan |
Mampu memahami teori tentang kegempaan dan terjadinya gempa bumi |
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. |
Diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa; dengan Menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes). TM 1(2x50') |
Terjadinya Gempa Bumi SNI 1726 tahun 2019 (Tata Cara Perencanaan Gempa Untuk bangunan Gedung) |
2 |
|||
2 | Sub CP-MK2 : Mampu menjelaskan zona gempa di Indonesia |
Mampu menjelaskan zona-zona gempa dan parameter gempa sesuai SNI |
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. |
Diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa; dengan Menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes). TM (2x50') |
Zona Gempa di Indonesia SNI 1726 tahun 2019 (Tata Cara Perencanaan Gempa Untuk bangunan Gedung) |
2 |
|||
3 | Sub CP-MK3 :Mampu melakukan analisis sistem derajat kebebasan tunggal (SDOF) |
Mampu menganalisa struktur dengan sistem derajat kebebasan tunggal (SDOF) |
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. |
Diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa; dengan Menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes). TM(2x50') |
Persamaan Gerak Dinamik Struktur SNI 1726 tahun 2019 (Tata Cara Perencanaan Gempa Untuk bangunan Gedung) |
2 |
|||
4 | Sub CP-MK4 :Mampu melakukan analisis sistem derajat kebebasan banyak (MDOF) |
Mampu menganalisa struktur dengan sistem derajat kebebasan banyak |
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. |
Diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa; dengan Menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes). TM (2x50') |
Persamaan Gerak Dinamik Struktur (MDOF) SNI 1726 tahun 2019 (Tata Cara Perencanaan Gempa Untuk bangunan Gedung) |
2 |
|||
5 | Sub CP-MK5: Mampu menjelaskan standar bangunan tahan gempa |
Mampu menjelaskan standar bangunan tanah gempa |
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. |
Diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa; dengan Menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes). TM (2x50') |
Standar Bangunan Tahan Gempa SNI 1726 tahun 2019 (Tata Cara Perencanaan Gempa Untuk bangunan Gedung) |
2 |
|||
6 | Sub CP-MK6: Mampu membuat grafik respon spetrum Kota-kota di Indonesia |
Mampu membuat grafik RS pada beberapa Kota di Indonesia |
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. |
Diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa; dengan Menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes). TM (2x50') |
Respon Spektra SNI 1726 tahun 2019 (Tata Cara Perencanaan Gempa Untuk bangunan Gedung) |
2 |
|||
7 | Sub CP-MK8: Mampu menghitung parameter dan beban gempa, sesuai SNI 1726-2019 |
Mampu menghitung parameter dan beban gempa sesuai SNI |
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. |
Diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa; dengan Menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes). TM (2x50') |
Parameter Beban Gempa SNI 1726 tahun 2019 (Tata Cara Perencanaan Gempa Untuk bangunan Gedung) |
2 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9 | Sub CP-MK8: Mampu menghitung parameter dan beban gempa, sesuai SNI 1726-2019 |
Mampu menghitung Beban Gempa |
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. |
Diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa; dengan Menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes). |
Perhitungan Beban Gempa
|
4 |
|||
10 | Sub CP-MK8: Mampu mendisain balok dan kolom struktur tahan gempa menggunakan SAP2000 |
Mampu menghitung dimensi dan Tulangan Kolom struktur tahan gempa menggunakan SAP2000 |
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. |
Diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa; dengan Menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes). TM (2x50') |
Perencanaan Bangunan Tahan Gempa (SAP2000) -- Balok Struktur SNI 1726 tahun 2019 (Tata Cara Perencanaan Gempa Untuk bangunan Gedung) |
2 |
|||
11,12 | Sub CP-MK8: Mampu mendisain balok dan kolom struktur tahan gempa menggunakan SAP2000 |
Mampu menghitung dimensi dan Tulangan Balok struktur tahan gempa menggunakan SAP2000 |
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. |
Diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa; dengan Menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes). TM (2x50') |
Perencanaan Bangunan Tahan Gempa (SAP2000)--Balok Balok SNI 1726 tahun 2019 (Tata Cara Perencanaan Gempa Untuk bangunan Gedung) |
8 |
|||
|
0 |
||||||||
13,14 | Sub CP-MK8: Mampu mendisain balok dan kolom struktur tahan gempa menggunakan SAP2000 |
Mampu menghitung dimensi dan Tulangan Kolom struktur tahan gempa menggunakan SAP2000 |
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. |
Diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa; dengan Menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes). |
Perencanaan Bangunan Tahan Gempa (SAP2000) SNI 1726 tahun 2019 (Tata Cara Perencanaan Gempa Untuk bangunan Gedung) |
8 |
|||
15 | Sub CP-MK10: Mampu menginterpretasi respon struktur terhadap beban gempa |
Mampu menginterpretasi struktur tahan gempa hasil analisa SAP2000 |
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. |
Diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa; dengan Menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes). TM (2x50') |
Perencanaan Bangunan Tahan Gempa (SAP2000) SNI 1726 tahun 2019 (Tata Cara Perencanaan Gempa Untuk bangunan Gedung) |
4 |
|||
|
0 |
||||||||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
40 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Emil Azmanajaya lahir di Jambi pada tanggal 24-02-1977 Jabatan fungsional Lektor Kepala Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknik Sipil |
|