.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:ramli@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 3:26 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN AKUNTANSI |
|
||||||
PROGRAM
STUDI AKUNTANSI PERPAJAKAN |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2024/2025 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Kewirausahaan |
AP 705 |
1 |
1 |
2 |
42 |
7 |
25-08-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Ramli S.E., M.M. |
Endang Sri Apriani S.E., M.E., CFRM. |
|||||||
NIP/NIK. 196512312007011627 |
NIP/NIK. 2021.90.003 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-1) Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (S-2) Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika (S-5) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (S-6) Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (S-7) Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S-8) Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S-9) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S-10) Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-3) Mampu mengambil keputusan operasional yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data akuntansi untuk mememberikan alternatif solusi baik secara mandiri maupun kelompok dan mampu menyajikan laporan sesuai dengan lingkup dan tangggung jawabnya (P-4) Mampu melakukan evaluasi dan supervisi terhadap pencapaian hasil pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya baik sebagai anggota dan/atau pimpinan dalam suatu organisasi |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur (KU-6) Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja sama dan hasil kerja sama di dalam maupun di luar lembaganya (KU-8) Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri dan (KU-9) Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menjadi teknisi akuntansi ahli yang mampu melakukan pekerjaan di bidang akuntansi pada perusahaan (entitas bisnis) jasa, dagang, dan/atau manufaktur berskala besar dan/atau go-public dan mampu mengaplikasikan pada bidang keahlian akuntansi secara spesifik antara lain akuntansi sektor publik, akuntansi manajemen, akuntansi perpajakan, sistem informasi akuntansi dan akuntansi syariah yang sesuai dengan standar dan prinsip- prinsip yang berlaku umum dan relevan di bidang akuntansi, melalui proses penganalisisan data keuangan dan pemilihan metode yang sesuai, didukung dengan kemampuan di bidang manajemen, teknologi informasi, keahlian interpersonal dan komunikasi |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CP-MK 1 : Mampu bekerja secara efektif, baik secara individu maupun dalam kelompok, dan mampu menciptakan ide-ide kreatif dalam praktek kewirausahaan. |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub CP-MK 1 : Mahasiswa mampu memahami dunia Kewirausahaan beserta tantangannya Sub CP-MK 2 : Mahasiswa mampu memahami Konsep Dasar Kewirausahaan Sub CP-MK 3 : Mahasiswa mampu memahami Entrepreneurship dan Entrepreneurship Sub CP-MK 4 : Mahasiswa mampu memahami Membangun spirit dan motives kewirausahaan Sub CP-MK 5 : Mahasiswa mampu membuat perencanaan Usaha Sub CP-MK 6 : Mahasiswa memiliki keberanian merintis usaha Sub CP-MK 7 : Mahasiswa mampu Membangun Kreatifitas dan inovasi dalam bisnis Sub CP-MK 8 : Mahasiswa mampu Mengevaluasi Bisnis dan Kinerja Operational Sub CP-MK 9 : Mahasiswa mampu memahami Pemasaran Sub CP-MK 10 : Mahasiswa mampu memahami dan mengantisipasi risiko Bisnis Sub CP-MK 11 : Mahasiswa mampu memahami Etika dan tanggung jawab sosial Dalam Bisnis Sub CP-MK 12 : Mahasiswa mampu memahami Technopreneurship Sub CP-MK 13 : Mahasiswa mampu memahami Peluang dan tantangan Bisnis Era Revolution Industri 4.0 Sub CP-MK 14 : Mahasiswa mampu memahami Risiko Usaha |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Kewirausahaan mempelajari bagaimana menjadi wirausahaan yang memiliki ide atau gagasan usaha menjadi suatu lapangan usaha dengan memahami situasi dan kondisi yang terjadi disekitar dapat mencetak wirausahaan sukses dan dapat menciptakan lapangan kerja bagi orang lain. Mata kuliah ini juga menjadi implementasi dari dari berbagai teori yang diajarkan Dalam kewirausahaan sehingga mahasiswa diharapkan menjadi wirausahaan baru yang memiliki ide dan implementasi mengenai lapangan usata baru yang dapat memajukan perekonomian pribadi, perusahaan, agama dan negara. | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Kewirausahaan dan tantangannya, Konsep Dasar Kewirausahaan, Entrepreneurship dan Entrepreneurship, Membangun spirit dan motives kewirausahaan, membuat perencanaan Usaha, Keberanian merintis usaha, Membangun Kreatifitas dan inovasi dalam bisnis, Mengevaluasi Bisnis dan Kinerja Operational, Pemasaran, Resiko Bisnis, Etika dan tangoing jaw sosial Dalam Bisnis, Technopreneurship, Peluang dan tantangan Bisnis Era Revolution Industri 4.0 dan Risiko usaha |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: Hartawan, Roli Fola Cahya. (2023). Kewirausahaan untuk Perguruan Tinggi. Malang : PT. Literasi Nusantara Abadi Grup. Pustaka Pendukung : |
|||||||
Media Pembelajaran |
|
|||||||
Dosen Pengampu |
Mahsun, |
Mata Kuliah |
Kewirausahaan |
|||
Kode Mata Kuliah |
AP 705 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub CP-MK 1 : Mahasiswa mampu memahami dunia Kewirausahaan beserta tantangannya |
Mahasiswa mampu menjelaskan tentang Dunia Kewirausahaan beserta tantangannya |
Kriteria penilaian : Ketepatan mahasiswa dalam memahami materi dunia kewirausahaan beserta tantanganya Bentuk Penilaian : Keaktifan dan tugas presentasi mahasiswa |
Pembelajaran interaktif : bersifat saling melakukan aksi; antar - hubungan; saling aktif antara dosen dan mahasiswa Pembelajaran kontekstual merupakan suatu konsepsi pembelajarna yang membantu dosen dalam mengkaitkan materi perkuliahan dengan kehidupan nyata, dan memotivasi mahasiswa membuat hubungan antar pengetahuan yang dipelajari dengan kehidupan nyata. Estimasi waktu : 1x (50 menit) Materi pendahuluan 2x (50 menit) Diskusi Tugas Praktik pembuatan proposal studi kelayakan usaha |
Dunia kewirausahaan beserta tantanganya Pustaka Utama: Hartawan, Roli Fola Cahya. (2023). Kewirausahaan untuk Perguruan Tinggi. Malang : PT. Literasi Nusantara Abadi Grup. Pustaka Pendukung :
|
4 |
|||
2 | Sub CP-MK 2 : Mahasiswa mampu memahami Konsep Dasar Kewirausahaan |
Ketepatan mahasiswa dalam menjelaskan konsep dasar kewirausahaan |
Kriteria Penilaian : ketepatan mahasiswa dalam memahami materi konsep dasar kewirausahaan Bentuk penilaian : penguasaan materi dan keaktifan ketika proses diskusi |
Pembelajaran interaktif : bersifat saling melakukan aksi; antar - hubungan; saling aktif antara dosen dan mahasiswa Pembelajaran kontekstual merupakan suatu konsepsi pembelajarna yang membantu dosen dalam mengkaitkan materi perkuliahan dengan kehidupan nyata, dan memotivasi mahasiswa membuat hubungan antar pengetahuan yang dipelajari dengan kehidupan nyata. Estimasi waktu : 1x (50 menit) Materi pendahuluan 2x (50 menit) Praktik pembuatan proposal studi kelayakan usaha |
Konsep Dasar Kewirausahaan Pustaka Utama: Hartawan, Roli Fola Cahya. (2023). Kewirausahaan untuk Perguruan Tinggi. Malang : PT. Literasi Nusantara Abadi Grup. Pustaka Pendukung :
|
4 |
|||
3 | Sub CP-MK 3 : Mahasiswa mampu memahami Entrepreneurship dan Entrepreneurship |
Ketepatan mahasiswa dalam memahami Entreprenership dan Entrepreneurship |
Kriteria penilaian : Mahasiswa mampu memahami materi Entreprenership dan Entrepreneurship Bentuk penilaian :
|
Pembelajaran interaktif : bersifat saling melakukan aksi; antar - hubungan; saling aktif antara dosen dan mahasiswa Pembelajaran kontekstual merupakan suatu konsepsi pembelajarna yang membantu dosen dalam mengkaitkan materi perkuliahan dengan kehidupan nyata, dan memotivasi mahasiswa membuat hubungan antar pengetahuan yang dipelajari dengan kehidupan nyata. Estimasi waktu : 1x (50 menit) Materi pendahuluan 2x (50 menit) Praktik pembuatan proposal studi kelayakan usaha |
Memahami Entreprenership dan Entrepreneurship Pustaka Utama: Hartawan, Roli Fola Cahya. (2023). Kewirausahaan untuk Perguruan Tinggi. Malang : PT. Literasi Nusantara Abadi Grup. Pustaka Pendukung :
|
4 |
|||
4 | Sub CP-MK 4 : Mahasiswa mampu memahami Membangun spirit dan motives kewirausahaan |
Ketepatan mahasiswa mampu memahami bagaimana membangun spirit dan motivasi kewirausahaan
|
Kriteria penilaian : Ketepatan mahasiswa dalam memahami materi Bentuk Penilaian : Keaktifan dan tugas presentasi mahasiswa |
Pembelajaran interaktif : bersifat saling melakukan aksi; antar - hubungan; saling aktif antara dosen dan mahasiswa Pembelajaran kontekstual merupakan suatu konsepsi pembelajarna yang membantu dosen dalam mengkaitkan materi perkuliahan dengan kehidupan nyata, dan memotivasi mahasiswa membuat hubungan antar pengetahuan yang dipelajari dengan kehidupan nyata. Estimasi waktu : 1x (50 menit) Materi pendahuluan 2x (50 menit) Diskusi dan tanya jawab |
Membangun spirit dan motivasi kewirausahaan Pustaka Utama: Hartawan, Roli Fola Cahya. (2023). Kewirausahaan untuk Perguruan Tinggi. Malang : PT. Literasi Nusantara Abadi Grup. Pustaka Pendukung :
|
3 |
|||
5 | Sub CP-MK 5 : Mahasiswa mampu membuat perencanaan Usaha |
Ketepatan mahasiswa dalam membuat perencanaan usaha |
Kriteria penilaian : Ketepatan mahasiswa dalam memahami materi Bentuk Penilaian : Keaktifan dan tugas presentasi mahasiswa |
Pembelajaran interaktif : bersifat saling melakukan aksi; antar - hubungan; saling aktif antara dosen dan mahasiswa Pembelajaran kontekstual merupakan suatu konsepsi pembelajarna yang membantu dosen dalam mengkaitkan materi perkuliahan dengan kehidupan nyata, dan memotivasi mahasiswa membuat hubungan antar pengetahuan yang dipelajari dengan kehidupan nyata. Estimasi waktu : 1x (50 menit) Materi pendahuluan 2x (50 menit) Praktik pembuatan proposal studi kelayakan usaha |
Membuat Perencanaan Usaha Pustaka Utama: Hartawan, Roli Fola Cahya. (2023). Kewirausahaan untuk Perguruan Tinggi. Malang : PT. Literasi Nusantara Abadi Grup. Pustaka Pendukung :
|
4 |
|||
6 | Sub CP-MK 6 : Mahasiswa memiliki keberanian merintis usaha |
Ketepatan mahasiswa dalam memahami teori keberanian merintis bisnis |
Kriteria penilaian : Ketepatan mahasiswa dalam memahami materi Bentuk Penilaian : Keaktifan dan tugas presentasi mahasiswa |
Pembelajaran interaktif : bersifat saling melakukan aksi; antar - hubungan; saling aktif antara dosen dan mahasiswa Pembelajaran kontekstual merupakan suatu konsepsi pembelajarna yang membantu dosen dalam mengkaitkan materi perkuliahan dengan kehidupan nyata, dan memotivasi mahasiswa membuat hubungan antar pengetahuan yang dipelajari dengan kehidupan nyata. Estimasi waktu : 1x (50 menit) Materi pendahuluan 2x (50 menit) Praktik pembuatan proposal studi kelayakan usaha |
Keberanian merintis bisnis Pustaka Utama: Hartawan, Roli Fola Cahya. (2023). Kewirausahaan untuk Perguruan Tinggi. Malang : PT. Literasi Nusantara Abadi Grup. Pustaka Pendukung :
|
4 |
|||
7 | Sub CP-MK 7 : Mahasiswa mampu Membangun Kreatifitas dan inovasi dalam bisnis |
Ketepatan mahasiswa dalam memahami kreatifitas dan inovasi dalam bisnis
|
Kriteria penilaian : Ketepatan mahasiswa dalam memahami materi Bentuk Penilaian : Keaktifan dan tugas presentasi mahasiswa |
Pembelajaran interaktif : bersifat saling melakukan aksi; antar - hubungan; saling aktif antara dosen dan mahasiswa Pembelajaran kontekstual merupakan suatu konsepsi pembelajarna yang membantu dosen dalam mengkaitkan materi perkuliahan dengan kehidupan nyata, dan memotivasi mahasiswa membuat hubungan antar pengetahuan yang dipelajari dengan kehidupan nyata. Estimasi waktu : 1x (50 menit) Materi pendahuluan 2x (50 menit) Praktik pembuatan proposal studi kelayakan usaha |
Kreatifitas dan Inovasi dalam bisnis Pustaka Utama: Hartawan, Roli Fola Cahya. (2023). Kewirausahaan untuk Perguruan Tinggi. Malang : PT. Literasi Nusantara Abadi Grup. Pustaka Pendukung :
|
4 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9 | Sub CP-MK 8 : Mahasiswa mampu Mengevaluasi Bisnis dan Kinerja Operational |
Ketepatan mahasiswa dalam memahami Evaluasi bisnis dan kinerja operasional |
Kriteria penilaian : Ketepatan mahasiswa dalam memahami materi Bentuk Penilaian : Keaktifan dan tugas presentasi mahasiswa |
Pembelajaran interaktif : bersifat saling melakukan aksi; antar - hubungan; saling aktif antara dosen dan mahasiswa Pembelajaran kontekstual merupakan suatu konsepsi pembelajarna yang membantu dosen dalam mengkaitkan materi perkuliahan dengan kehidupan nyata, dan memotivasi mahasiswa membuat hubungan antar pengetahuan yang dipelajari dengan kehidupan nyata. Estimasi waktu : 1x (50 menit) Materi pendahuluan 2x (50 menit) Praktik pembuatan proposal studi kelayakan usaha |
Evaluasi bisnis dan kinerja operasional Pustaka Utama: Hartawan, Roli Fola Cahya. (2023). Kewirausahaan untuk Perguruan Tinggi. Malang : PT. Literasi Nusantara Abadi Grup. Pustaka Pendukung :
|
4 |
|||
10 | Sub CP-MK 9 : Mahasiswa mampu memahami Pemasaran |
Ketepatan mahasiswa dalam memahami teori pemasaran dan bagaimana praktik-praktik pemasaran pada perusahaan |
Kriteria penilaian : Ketepatan mahasiswa dalam memahami materi Bentuk Penilaian : Keaktifan dan tugas presentasi mahasiswa |
Pembelajaran interaktif : bersifat saling melakukan aksi; antar - hubungan; saling aktif antara dosen dan mahasiswa Pembelajaran kontekstual merupakan suatu konsepsi pembelajarna yang membantu dosen dalam mengkaitkan materi perkuliahan dengan kehidupan nyata, dan memotivasi mahasiswa membuat hubungan antar pengetahuan yang dipelajari dengan kehidupan nyata. Estimasi waktu : 1x (50 menit) Materi pendahuluan 2x (50 menit) Praktik pembuatan proposal studi kelayakan usaha |
Pemasaran Pustaka Utama: Hartawan, Roli Fola Cahya. (2023). Kewirausahaan untuk Perguruan Tinggi. Malang : PT. Literasi Nusantara Abadi Grup. Pustaka Pendukung :
|
4 |
|||
11 | Sub CP-MK 10 : Mahasiswa mampu memahami dan mengantisipasi risiko Bisnis |
Ketepatan mahasiswa dalam memahami bagaimana Mengantisipasi risiko Bisnis |
Kriteria penilaian : Ketepatan mahasiswa dalam memahami materi Bentuk Penilaian : Keaktifan dan tugas presentasi mahasiswa |
Pembelajaran interaktif : bersifat saling melakukan aksi; antar - hubungan; saling aktif antara dosen dan mahasiswa Pembelajaran kontekstual merupakan suatu konsepsi pembelajarna yang membantu dosen dalam mengkaitkan materi perkuliahan dengan kehidupan nyata, dan memotivasi mahasiswa membuat hubungan antar pengetahuan yang dipelajari dengan kehidupan nyata. Estimasi waktu : 1x (50 menit) Materi pendahuluan 2x (50 menit) Praktik pembuatan proposal studi kelayakan usaha |
Mengantisipasi risiko Bisnis Pustaka Utama: Hartawan, Roli Fola Cahya. (2023). Kewirausahaan untuk Perguruan Tinggi. Malang : PT. Literasi Nusantara Abadi Grup. Pustaka Pendukung :
|
4 |
|||
12 | Sub CP-MK 11 : Mahasiswa mampu memahami Etika dan tangoing jaw sosial Dalam Bisnis |
Ketepatan mahasiswa dalam memahami Etika dan Tanggung Jawab Sosial dalam Bisnis |
Kriteria penilaian : Ketepatan mahasiswa dalam memahami materi Bentuk Penilaian : Keaktifan dan tugas presentasi mahasiswa |
Pembelajaran interaktif : bersifat saling melakukan aksi; antar - hubungan; saling aktif antara dosen dan mahasiswa Pembelajaran kontekstual merupakan suatu konsepsi pembelajarna yang membantu dosen dalam mengkaitkan materi perkuliahan dengan kehidupan nyata, dan memotivasi mahasiswa membuat hubungan antar pengetahuan yang dipelajari dengan kehidupan nyata. Estimasi waktu : 1x (50 menit) Materi pendahuluan 2x (50 menit) Praktik pembuatan proposal studi kelayakan usaha |
Etika dan Tanggung Jawab Sosial dalam Bisnis Pustaka Utama: Hartawan, Roli Fola Cahya. (2023). Kewirausahaan untuk Perguruan Tinggi. Malang : PT. Literasi Nusantara Abadi Grup. Pustaka Pendukung :
|
4 |
|||
13 | Sub CP-MK 12 : Mahasiswa mampu memahami Technopreneurship |
Ketepatan mahasiswa dalam memahami Technopreneurship |
Kriteria penilaian : Ketepatan mahasiswa dalam memahami materi Bentuk Penilaian : Keaktifan dan tugas presentasi mahasiswa |
Pembelajaran interaktif : bersifat saling melakukan aksi; antar - hubungan; saling aktif antara dosen dan mahasiswa Pembelajaran kontekstual merupakan suatu konsepsi pembelajarna yang membantu dosen dalam mengkaitkan materi perkuliahan dengan kehidupan nyata, dan memotivasi mahasiswa membuat hubungan antar pengetahuan yang dipelajari dengan kehidupan nyata. Estimasi waktu : 1x (50 menit) Materi pendahuluan 2x (50 menit) Praktik pembuatan proposal studi kelayakan usaha |
Technopreneurship Pustaka Utama: Hartawan, Roli Fola Cahya. (2023). Kewirausahaan untuk Perguruan Tinggi. Malang : PT. Literasi Nusantara Abadi Grup. Pustaka Pendukung :
|
4 |
|||
14 | Sub CP-MK 13 : Mahasiswa mampu memahami Peluang dan tantangan Bisnis Era Revolution Industri 4.0 |
Ketepatan mahasiswa dalam memahami Peluang dan Tantangan Bisnis Era Revolution Industri 4.0 |
Kriteria penilaian : Ketepatan mahasiswa dalam memahami materi Bentuk Penilaian : Keaktifan dan tugas presentasi mahasiswa |
Pembelajaran interaktif : bersifat saling melakukan aksi; antar - hubungan; saling aktif antara dosen dan mahasiswa Pembelajaran kontekstual merupakan suatu konsepsi pembelajarna yang membantu dosen dalam mengkaitkan materi perkuliahan dengan kehidupan nyata, dan memotivasi mahasiswa membuat hubungan antar pengetahuan yang dipelajari dengan kehidupan nyata. Estimasi waktu : 1x (50 menit) Materi pendahuluan 2x (50 menit) Praktik pembuatan proposal studi kelayakan usaha |
Peluang dan Tantangan Bisnis Era Revolution Industri 4.0 Pustaka Utama: Hartawan, Roli Fola Cahya. (2023). Kewirausahaan untuk Perguruan Tinggi. Malang : PT. Literasi Nusantara Abadi Grup. Pustaka Pendukung :
|
4 |
|||
15 | Sub CP-MK 14 : Mahasiswa mampu memahami Risiko Usaha |
Ketepatan mahasiswa dalam memahami Risiko usaha |
Kriteria penilaian : Ketepatan mahasiswa dalam memahami materi Bentuk Penilaian : Keaktifan dan tugas presentasi mahasiswa |
Pembelajaran interaktif : bersifat saling melakukan aksi; antar - hubungan; saling aktif antara dosen dan mahasiswa Pembelajaran kontekstual merupakan suatu konsepsi pembelajarna yang membantu dosen dalam mengkaitkan materi perkuliahan dengan kehidupan nyata, dan memotivasi mahasiswa membuat hubungan antar pengetahuan yang dipelajari dengan kehidupan nyata. Estimasi waktu : 1x (50 menit) Materi pendahuluan 2x (50 menit) Praktik pembuatan proposal studi kelayakan usaha |
Risiko Usaha Pustaka Utama: Hartawan, Roli Fola Cahya. (2023). Kewirausahaan untuk Perguruan Tinggi. Malang : PT. Literasi Nusantara Abadi Grup. Pustaka Pendukung :
|
4 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
25 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Ramli lahir di Rappang pada tanggal Jabatan fungsional Lektor Jurusan AKUNTANSI Program Studi Perbankan dan Keuangan Digital |
|