.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:dito.rozaqi@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 1:08 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN AKUNTANSI |
|
||||||
PROGRAM
STUDI AKUNTANSI PERPAJAKAN |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2024/2025 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Pengantar Akuntansi I |
AP110722 |
1 |
2 |
3 |
70 |
1 |
22-08-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Dito Rozaqi Arazy S.E.,M.S.A.,CFRM |
Endang Sri Apriani S.E., M.E., CFRM. |
|||||||
NIP/NIK. 2021.90.002 |
NIP/NIK. 2021.90.003 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-1) Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (S-8) Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S-9) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-3) Mampu mengambil keputusan operasional yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data akuntansi untuk mememberikan alternatif solusi baik secara mandiri maupun kelompok dan mampu menyajikan laporan sesuai dengan lingkup dan tangggung jawabnya (P-5) Mampu menguasai konsep pada bidang akuntansi secara umum, meliputi identifikasi transaksi bisnis sampai dengan penyampaian informasi keuangan bagi pihak - pihak yang berkepentingan (stakeholders) dengan informasi tersebut |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakukan pekerjaan di bidang akuntansi perpajakan serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang perpajakan (KU-2) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur (KU-9) Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menjadi teknisi akuntansi ahli yang mampu melakukan pekerjaan di bidang akuntansi pada perusahaan (entitas bisnis) jasa, dagang, dan/atau manufaktur berskala besar dan/atau go-public dan mampu mengaplikasikan pada bidang keahlian akuntansi secara spesifik antara lain akuntansi sektor publik, akuntansi manajemen, akuntansi perpajakan, sistem informasi akuntansi dan akuntansi syariah yang sesuai dengan standar dan prinsip- prinsip yang berlaku umum dan relevan di bidang akuntansi, melalui proses penganalisisan data keuangan dan pemilihan metode yang sesuai, didukung dengan kemampuan di bidang manajemen, teknologi informasi, keahlian interpersonal dan komunikasi |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK 1: MAMPU MENYUSUN LAPORAN KEUANGAN JASA BERDASARKAN SAK |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub CPMK 1: Mampu memahami konsep dasar , fungsi, asumsi, prinsip akuntansi, siklus akuntansi, persamaan dasar akuntansi serta jenis-jenis laporan keuangan [C2, P2, A2] Sub CPMK-2: Mampu melakukan pencatatan transaksi jurnal [C3, P3, A3] Sub CPMK-3: Mampu memposting transaksi jurnal ke buku besar [C3, P3, A3] Sub CPMK-4: Mampu melakukan pencatatan transaksi penyesuaian [C3, P3, A3] Sub CPMK-5: Mampu menyusun laporan keuangan [C6, P4, A5] Sub CPMK-6: Mampu membuat jurnal penutup dan neraca saldo setelah penutupan [C6, P4, A5] |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Pengantar Akuntansi I mempelajari pemahaman umum akuntansi, pencatatan transaksi keuangan sampai dengan penyusunan laporan keuangan untuk perusahaan jasa. | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Pengertian, Fungsi, Prinsip, Asumsi Dasar Akuntansi Jenis – Jenis Laporan Keuangan Persamaan Dasar Akuntansi, Siklus Akuntansi, Aset, Liabilitas dan Ekuitas Bukti Transaksi dan Penjurnalan Posting, Buku Besar, Buku Besar Pembantu, Neraca Saldo Jurnal Penyesuaian, Posting ke Buku Besar, Neraca Saldo Setelah Penyesuaian Menyajikan Laporan Keuangan Membuat Jurnal Penutup Memposting Jurnal Penutup ke Buku Besar |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama:
1. Yusuf, Al Haryono. Dasar-dasar Akuntansi Jilid 2. Bagian Penerbitan STIE YKPN. Yogyakarta: 2011.
2. Catur Sasongko, dkk. 2018. Akuntansi Suatu Pengantar Buku 1 Berbasis PSAK. Salemba Empat.
3. Weygandt Kimmel Kieso. 2018. Pengantar Akuntansi 1 Berbasis IFRS. Salemba Empat.
4. Carl S. Warren dkk. 2017. Pengantar Akuntansi 1 Adaptasi Indonesia Edisi 4. Salemba Empat |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media :
Buku Ajar, Kertas Kerja Latihan Soal, Slide Mata Kuliah, LCD Proyektor, Papan Tulis. |
|||||||
Dosen Pengampu |
Dito Rozaqi Arazy, |
Mata Kuliah |
Pengantar Akuntansi I |
|||
Kode Mata Kuliah |
AP110722 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub CPMK 1: Mampu memahami konsep dasar , fungsi, asumsi, prinsip akuntansi, siklus akuntansi, persamaan dasar akuntansi serta jenis-jenis laporan keuangan [C2, P2, A2] |
1. Ketepatan menjelaskan pengertian akuntansi. 2. Ketepatan menjelaskan fungsi akuntansi. 3. Ketepatan menjelaskan pihak – pihak berkepentingan. 4. Ketepatan menjelaskan asumsi & konsep dasar akuntansi. 5. Ketepatan menjelaskan prinsip – prinsip akuntansi. 6. Ketepatan menjelaskan siklus akuntansi. |
1. Sikap dan Keaktifan 2. Study Break/Kuis 1 |
1. Ceramah. 2. Diskusi dan Tanya Jawab. 3. Study Break/Kuis. 4. 1 x 50 menit (teori). 5. 2 x 100 menit (praktek). 6. Karakteristik Pembelajaran Efektivitas |
1. Pengertian Akuntansi. 2. Fungsi Akuntansi. 3. Pihak Berkepentingan. 4. Asumsi & Konsep Dasar Akuntansi. 5. Prinsip – Prinsip Akuntansi. 6. Siklus Akuntansi Pustaka #1 Pustaka #2 Pustaka #3 Pustaka #4 |
3 |
|||
2 | Sub CPMK 1: Mampu memahami konsep dasar , fungsi, asumsi, prinsip akuntansi, siklus akuntansi, persamaan dasar akuntansi serta jenis-jenis laporan keuangan [C2, P2, A2] |
1. Ketepatan menjelaskan jenis – jenis laporan keuangan. 2. Ketepatan menjelaskan laporan posisi keuangan. 3. Ketepatan menjelaskan laporan laba rugi komprehensif. 4. Ketepatan menjelaskan laporan perubahan ekuitas. 5. Ketepatan menjelaskan laporan arus kas. 6. Ketepatan menjelaskan Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK). |
1. Sikap dan Keaktifan 2. Tes tertulis (pilihan ganda)/Kuis 2 |
CBL 1. Ceramah. 2. Diskusi dan Tanya Jawab. 3. Studi Kasus 4. 1 x 50 menit (teori). 5. 2 x 100 menit (praktek). 6. Karakteristik Pembelajaran Efektivitas |
1. Jenis – Jenis Laporan Keuangan. 2. Laporan Posisi Keuangan. 3. Laporan Laba Rugi Komprehensif. 4. Laporan Perubahan Ekuitas. 5. Laporan Arus Kas. 6. Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK). Pustaka #1 Pustaka #2 Pustaka #3 Pustaka #4 |
4 |
|||
3 | Sub CPMK 1: Mampu memahami konsep dasar , fungsi, asumsi, prinsip akuntansi, siklus akuntansi, persamaan dasar akuntansi serta jenis-jenis laporan keuangan [C2, P2, A2] |
1. Ketepatan menjelaskan laporan perubahan ekuitas. 2. Ketepatan menjelaskan laporan arus kas. 3. Ketepatan menjelaskan Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK). |
1. Sikap dan Keaktifan 2. Tes tertulis (pilihan ganda)/Kuis 2 |
CBL 1. Ceramah. 2. Diskusi dan Tanya Jawab. 3. Studi Kasus 4. 1 x 50 menit (teori). 5. 2 x 100 menit (praktek). 6. Karakteristik Pembelajaran Efektivitas |
1. Laporan Perubahan Ekuitas. 2. Laporan Arus Kas. 3. Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK). Pustaka #1 Pustaka #2 Pustaka #3 Pustaka #4 |
3 |
|||
4 | Sub CPMK 1: Mampu memahami konsep dasar , fungsi, asumsi, prinsip akuntansi, siklus akuntansi, persamaan dasar akuntansi serta jenis-jenis laporan keuangan [C2, P2, A2] |
1. Ketepatan menjelaskan persamaan dasar akuntansi (aktiva, utang, modal). 2. Ketepatan menjelaskan siklus akuntansi. |
1. Sikap dan Keaktifan 2. Tes Tertulis (uraian atau pilihan ganda) |
1. Ceramah. 2. Diskusi dan Tanya Jawab. 3. Study Break/Kuis. 4. 1 x 50 menit (teori). 5. 2 x 100 menit (praktek). 6. Karakteristik Pembelajaran Efektivitas |
1. Persamaan Dasar Akuntansi (Aktiva, Utang, Modal). 2. Siklus Akuntansi. Pustaka #1 Pustaka #2 Pustaka #3 Pustaka #4 |
3 |
|||
5 | Sub CPMK-2: Mampu melakukan pencatatan transaksi jurnal [C3, P3, A3] |
Ketepatan mengidentifikasi bukti transaksi |
1. Sikap dan Keaktifan 2. Tes tertulis (pilihan ganda dan essay) |
CBL 1. Ceramah. 2. Diskusi dan Tanya Jawab. 3. Studi Kasus. 4. 1 x 50 menit (teori). 5. 2 x 100 menit (praktek). 6. Karakteristik Pembelajaran Efektivitas |
Identifikasi Bukti Transaksi Pustaka #1 Pustaka #2 Pustaka #3 Pustaka #4 |
4 |
|||
6 | Sub CPMK-2: Mampu melakukan pencatatan transaksi jurnal [C3, P3, A3] |
Ketepatan melakukan pencatatan transaksi |
1. Sikap dan Keaktifan 2. Tes tertulis (pilihan ganda dan essay |
CBL 1. Ceramah. 2. Diskusi dan Tanya Jawab. 3. Studi Kasus. 4. 1 x 50 menit (teori). 5. 2 x 100 menit (praktek). 6. Karakteristik Pembelajaran Efektivitas
|
Identifikasi Bukti Transaksi Pustaka #1 Pustaka #2 Pustaka #3 Pustaka #4 |
3 |
|||
7 | Sub CPMK-3: Mampu memposting transaksi jurnal ke buku besar [C3, P3, A3] |
1. Ketepatan enjelaskan buku besar, buku besar pembantu, dan neraca saldo. 2. Ketepatan melakukan posting ke buku besar dan buku besar pembantu. 3. Kebenaran membuat neraca saldo. |
1. Sikap dan Keaktifan 2. Tes tertulis (pilihan ganda dan essay) |
CBL 1. Ceramah. 2. Diskusi dan Tanya Jawab. 3. Studi Kasus. 4. 1 x 50 menit (teori). 5. 2 x 100 menit (praktek). 6. Karakteristik Pembelajaran Efektivitas |
1. Buku Besar, Buku Besar Pembantu dan Neraca Saldo. 2. Posting ke Buku Besar dan Buku Besar Pembantu. 3. Membuat Neraca Saldo. Pustaka #1 Pustaka #2 Pustaka #3 Pustaka #4 |
4 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
25 |
|||||||
9 | Sub CPMK-4: Mampu melakukan pencatatan transaksi penyesuaian [C3, P3, A3] |
1. Kebenaran identifikasi transaksi penyesuaian. 2. Kebenaran melakukan penjurnalan transaksi penyesuaian. |
1. Sikap dan Keaktifan 2. Tes tertulis (uraian atau pilihan ganda) |
CBL 1. Ceramah. 2. Diskusi dan Tanya Jawab. 3. Studi Kasus. 4. 1 x 50 menit (teori). 5. 2 x 100 menit (praktek). 6. Karakteristik Pembelajaran Efektivitas |
1. Identifikasi transaksi penyesuaian 2. Penjurnalan Transaksi Penyesuaian Pustaka #1 Pustaka #2 Pustaka #3 Pustaka #4 |
4 |
|||
10 | Sub CPMK-4: Mampu melakukan pencatatan transaksi penyesuaian [C3, P3, A3] |
1. Kebenaran melakukan posting ke buku besar. 2. Kebenaran menyusun neraca saldo setelah penyesuaian. |
1. Sikap dan Keaktifan 2. Tes tertulis (uraian atau pilihan ganda) |
CBL 1. Ceramah. 2. Diskusi dan Tanya Jawab. 3. Studi Kasus. 4. 1 x 50 menit (teori). 5. 2 x 100 menit (praktek). 6. Karakteristik Pembelajaran Efektivitas |
1. Posting ke buku besar. 2. Neraca saldo setelah penyesuaian Pustaka #1 Pustaka #2 Pustaka #3 Pustaka #4 |
4 |
|||
11 | Sub CPMK-5: Mampu menyusun laporan keuangan [C6, P4, A5] |
1. Ketepatan menjelaskan pengertian dan kegunaan neraca lajur. 2. Kebenaran melakukan pencatatan pada neraca lajur. |
1. Sikap dan Keaktifan. 2. Tes tertulis (uraian atau pilihan ganda) |
CBL 1. Ceramah. 2. Diskusi dan Tanya Jawab. 3. Studi kasus. 4. 1 x 50 menit (teori). 5. 2 x 100 menit (praktek). 6. Karakteristik Pembelajaran Efektivitas |
1. Pengertian dan Kegunaan Neraca Lajur. 2. Pencatatan dan Penyesuaian pada Neraca Lajur. Pustaka #1 Pustaka #2 Pustaka #3 Pustaka #4 |
4 |
|||
12 | Sub CPMK-5: Mampu menyusun laporan keuangan [C6, P4, A5] |
Kebenaran membuat laporan keuangan |
1. Sikap dan Keaktifan. 2. Tes tertulis (uraian atau pilihan ganda) |
CBL 1. Ceramah. 2. Diskusi dan Tanya Jawab. 3. Studi kasus. 4. 1 x 50 menit (teori). 5. 2 x 100 menit (praktek). 6. Karakteristik Pembelajaran Efektivitas |
Penyusunan Laporan Keuangan Pustaka #1 Pustaka #2 Pustaka #3 Pustaka #4 |
3 |
|||
13 | Sub CPMK-6: Mampu membuat jurnal penutup dan neraca saldo setelah penutupan [C6, P4, A5] |
Kebenaran membuat jurnal penutup. |
1. Sikap dan Keaktifan. 2. Tes tertulis (uraian atau pilihan ganda) |
CBL 1. Ceramah. 2. Diskusi dan Tanya Jawab. 3. Studi kasus. 4. 1 x 50 menit (teori). 5. 2 x 100 menit (praktek) 6. Karakteristik Pembelajaran Efektivitas |
Jurnal penutup Pustaka #1 Pustaka #2 Pustaka #3 Pustaka #4 |
3 |
|||
14 | Sub CPMK-6: Mampu membuat jurnal penutup dan neraca saldo setelah penutupan [C6, P4, A5] |
Kebenaran dalam membuat neraca saldo setelah penutupan. |
1. Sikap dan Keaktifan. 2. Tes tertulis (uraian atau pilihan ganda) |
CBL 1. Ceramah. 2. Diskusi dan Tanya Jawab. 3. Studi kasus. 4. 1 x 50 menit (teori). 5. 2 x 100 menit (praktek) 6. Karakteristik Pembelajaran Efektivitas |
Neraca saldo setelah penutupan Pustaka #1 Pustaka #2 Pustaka #3 Pustaka #4 |
4 |
|||
15 | Sub CPMK-6: Mampu membuat jurnal penutup dan neraca saldo setelah penutupan [C6, P4, A5] |
Kebenaran dalam mengerjakan soal latihan studi kasus mulai dari identifikasi transaksi sampai dengan pembuatan neraca saldo setelah penutupan. |
1. Sikap 2. Tes tertulis (uraian dan pilihan ganda) |
CBL 1. Studi kasus. 2. 1 x 50 menit (teori). 3. 2 x 100 menit (praktek). 4. Karakteristik Pembelajaran Efektivitas |
Materi Pertemuan 1 sampai dengan 14 Pustaka #1 Pustaka #2 Pustaka #3 |
4 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
25 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Dito Rozaqi Arazy lahir di 25 Oktober 1991 pada tanggal Jabatan fungsional Jurusan AKUNTANSI Program Studi Akuntansi Perpajakan |
|