
|
JURUSAN AKUNTANSI
|

|
|
PROGRAM
STUDI AKUNTANSI PERPAJAKAN
|
|
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2024/2025
|
|
MATA KULIAH
|
KODE
|
BOBOT SKS
|
JAM/SMT
|
SEMESTER
|
TANGGAL PENYUSUNAN
|
|
T
|
P
|
TOTAL
|
|
Akuntansi Biaya |
AP 301 |
1 |
2 |
3 |
70 |
3 |
23-08-2024 |
|
OTORISASI
|
DOSEN PENGEMBANG RPS
|
KETUA PROGRAM STUDI
|
|

Scan QR untuk Akses
Dokumen ini
|
|
|
|
|
Sisca Santika M.S.A. |
Endang Sri Apriani S.E., M.E., CFRM. |
|
NIP/NIK. 199309072022032015
|
NIP/NIK. 2021.90.003
|
|
Capaian Pembelajaran
(CPL)
|
CPL
- PRODI
|
|
SIKAP
|
|
(S-1) Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (S-8) Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S-9) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
|
|
PENGETAHUAN
|
|
(P-1) Mampu mengaplikasikan bidang keahlian akuntansi perpajakan dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi (P-2) Menguasai konsep teoritis akuntansi secara mendalam dan penerapannya pada bidang secara spesifik antara lain akuntansi sektor publik, akuntansi manajemen, akuntansi perpajakan, sistem informasi akuntansi dan akuntansi syariah untuk menyelesaikan masalah secara sistematis (P-3) Mampu mengambil keputusan operasional yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data akuntansi untuk mememberikan alternatif solusi baik secara mandiri maupun kelompok dan mampu menyajikan laporan sesuai dengan lingkup dan tangggung jawabnya (P-4) Mampu melakukan evaluasi dan supervisi terhadap pencapaian hasil pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya baik sebagai anggota dan/atau pimpinan dalam suatu organisasi (P-6) Mampu menguasai konsep cabang-cabang ilmu akuntansi meliputi akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, akuntansi perpajakan, audit internal, dan audit eksternal untuk mendukung pengambilan keputusan, baik keputusan internal organisasi maupun eksternal organisasi
|
|
KETRAMPILAN
UMUM
|
|
(KU-1) Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakukan pekerjaan di bidang akuntansi perpajakan serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang perpajakan (KU-2) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur
|
|
KETERAMPILAN
KHUSUS
|
|
(KK-12) Mampu menerapkan penelitian terapan di bidang akuntansi dan perpajakan sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
|
|
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK)
|
CP
- MK
|
|
Mampu secara mandiri menyusun dan menganalisis laporan tentang biaya produksi, manajemen biaya, pengukuran kinerja yang relevan dan andal dalam mendukung pengambilan keputusan oleh manajerial sebagai langkah melakukan pengendalian manajemen dengan menerapkan teknik-teknik akuntansi biaya.
|
|
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK)
|
|
Mampu menjelaskan pengertian, konsep dan peranan akuntansi biaya
|
|
Deskripsi Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini menjabarkan mengenai Konsep klasifikasi biaya, konsep pengukuran,pencatatan dan penyajian biaya pada perusahaan
manufaktur dan/ jasa,mencatat, menghitung dan menyusun laporan harga pokok penjualan,laporan biaya produksi dan laporan keuangan
pada perusahaan manufaktur. |
|
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan
|
Dasar Akuntansi Biaya
|
|
Pustaka
|
- Sabarudin, Muslim., Wibowo., & Purwaji, Agus. 2016. Akuntansi Biaya. Jakarta: Salemba Empat
- Cecily, Raiborn., & Kinney, Michael. 2014. Akuntansi Biaya (Dasar dan Perkembangan) Buku 1. Jakarta : Salemba Empat
- Cecily, Raiborn., & Kinney, Michael. 2014. Akuntansi Biaya (Dasar dan Perkembangan) Buku 2. Jakarta : Salemba Empat
- Mulyadi. 2005. Akuntansi biaya. Buku 5. UPP STIM YKPN.
|
|
Media Pembelajaran
|
- Buku Ajar
- Slide Power point
- Lembar Kerja
|
|
Dosen Pengampu
|
Sisca Santika,
|
|
Minggu ke-
|
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan)
|
Indikator
|
Kriteria & Bentuk
Penilaian
|
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu)
|
Materi Pembelajaran
(Pustaka)
|
Bobot Penilaian
(%)
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
1
|
Mampu menjelaskan pengertian, konsep ddan peranan akuntansi biaya |
- ketepatan dalam menjelaskan konsep dasar akuntansi biaya
|
- tes (resume dan essai)
- non tes (keaktifan mahasiswa)
|
- BM 5x60 menit
- TM 5X60 menit (karyawisata, ceramah dan tanya jawab)
- TT 5x60 menit
Karakteristik pembelajaran : pembelajaran efektivitas
|
- struktur organisasi perusahaan
- fungsi-fungsi manajemen
- akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen
- definisi dan peranan akuntansi biaya
- konsep dan terminologi biaya
- sistem informasi akuntansi biaya
- klasifikasi biaya
- Sabarudin, Muslim., Wibowo., & Purwaji, Agus. 2016. Akuntansi Biaya. Jakarta: Salemba Empat
- Cecily, Raiborn., & Kinney, Michael. 2014. Akuntansi Biaya (Dasar dan Perkembangan) Buku 1. Jakarta : Salemba Empat
- Cecily, Raiborn., & Kinney, Michael. 2014. Akuntansi Biaya (Dasar dan Perkembangan) Buku 2. Jakarta : Salemba Empat
- Mulyadi. 2005. Akuntansi biaya. Buku 5. UPP STIM YKPN.
|
3
|
3
|
Mampu melakukan bebagai sistem perhitungan biaya |
- ketepatan dalam menjelaskan sistem perhitungan biaya dan akumulasi biaya
|
- Tes (resume dan essai)
- Non tes (keaktifan mahasiswa)
|
- BM 5x60 menit
- TM 5x60 menit (Presentasi, Ceramah dan Cooperative learning)
- TT 5x60 menit
Karakteristik pembelajaran : pembelajaran efektivitas
|
- Sistem penentuan biaya
- pembebanan biaya
- akumulasi biaya
- proses produksi
- aliran biaya pada perusahaan manufaktur
- Sabarudin, Muslim., Wibowo., & Purwaji, Agus. 2016. Akuntansi Biaya. Jakarta: Salemba Empat
- Cecily, Raiborn., & Kinney, Michael. 2014. Akuntansi Biaya (Dasar dan Perkembangan) Buku 1. Jakarta : Salemba Empat
- Cecily, Raiborn., & Kinney, Michael. 2014. Akuntansi Biaya (Dasar dan Perkembangan) Buku 2. Jakarta : Salemba Empat
- Mulyadi. 2005. Akuntansi biaya. Buku 5. UPP STIM YKPN.
|
4
|
3
|
Mampu melakukan bebagai sistem perhitungan biaya |
- ketepatan dalam menjelaskan dan menghitung sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan (Job Order Costing)
|
- Tes (resume dan essai)
- Non tes (keaktifan mahasiswa)
|
- CBL
- BM 5x60 menit
- TM 5x60 menit (Presentasi, Ceramah dan Cooperative learning)
- TT 5x60 menit
Karakteristik pembelajaran : pembelajaran efektivitas
|
- Pengertian dan karakteristik produk pesanan
- Sistem akuntansi biaya berdasarkan pesanan
- Akuntansi untuk bahan
- Akuntansi untuk tenaga kerja
- Akuntansi untuk biaya overhead pabrik
- Akuntansi untuk produk jadi dan produk dalam proses akhir
- Akuntansi untuk penyerahan produk kepada pemesan
- Sabarudin, Muslim., Wibowo., & Purwaji, Agus. 2016. Akuntansi Biaya. Jakarta: Salemba Empat
- Cecily, Raiborn., & Kinney, Michael. 2014. Akuntansi Biaya (Dasar dan Perkembangan) Buku 1. Jakarta : Salemba Empat
- Cecily, Raiborn., & Kinney, Michael. 2014. Akuntansi Biaya (Dasar dan Perkembangan) Buku 2. Jakarta : Salemba Empat
- Mulyadi. 2005. Akuntansi biaya. Buku 5. UPP STIM YKPN.
|
5
|
4
|
Mampu melakukan bebagai sistem perhitungan biaya |
- ketepatan dalam menjelaskan dan menghitung biaya berdasarkan proses (Process Costing)
|
- Tes (resume dan essai)
- Non tes (keaktifan mahasiswa)
|
- CBL
- BM 5x60 menit
- TM 5x60 menit (Presentasi, Ceramah dan Cooperative learning)
- TT 5x60 menit
Karakteristik pembelajaran : pembelajaran efektivitas
|
- pengertian dan karakteristik sistem perhitungan biaya berdasarkan proses
- aliran proses produksi
- sistem akuntansi biaya pada sistem perhitungan biaya berdasarkan proses (bahan, tenaga kerja, biaya overhead pabrik, produk jadi dan produk dalam proses serta penjualan produk jadi)
- laporan biaya produksi
- penambahan bahan di departemen lanjutan (Departemen pengupasan, Penepungan, Pengelolaan, Pengemasan)
- Sabarudin, Muslim., Wibowo., & Purwaji, Agus. 2016. Akuntansi Biaya. Jakarta: Salemba Empat
- Cecily, Raiborn., & Kinney, Michael. 2014. Akuntansi Biaya (Dasar dan Perkembangan) Buku 1. Jakarta : Salemba Empat
- Cecily, Raiborn., & Kinney, Michael. 2014. Akuntansi Biaya (Dasar dan Perkembangan) Buku 2. Jakarta : Salemba Empat
- Mulyadi. 2005. Akuntansi biaya. Buku 5. UPP STIM YKPN.
|
5
|
5
|
Mampu melakukan bebagai sistem perhitungan biaya |
- Ketepatan dalam menjelaskan sistem perhitungan biaya berdasarkan proses (lanjutan)
|
- Tes (resume dan essai)
- Non tes (keaktifan mahasiswa)
|
- CBL
- BM 5x60 menit
- TM 5x60 menit (Presentasi, Ceramah dan Cooperative learning)
- TT 5x60 menit
Karakteristik pembelajaran : pembelajaran efektivitas
|
- produk dalam proses (PDP) awal
- metode rata-rata tertimbang (Weighted Average Method)
- metode masuk pertama keluar pertama (FIFO)
- Sabarudin, Muslim., Wibowo., & Purwaji, Agus. 2016. Akuntansi Biaya. Jakarta: Salemba Empat
- Cecily, Raiborn., & Kinney, Michael. 2014. Akuntansi Biaya (Dasar dan Perkembangan) Buku 1. Jakarta : Salemba Empat
- Cecily, Raiborn., & Kinney, Michael. 2014. Akuntansi Biaya (Dasar dan Perkembangan) Buku 2. Jakarta : Salemba Empat
- Mulyadi. 2005. Akuntansi biaya. Buku 5. UPP STIM YKPN.
|
5
|
6
|
Mampu menjelaskan Akuntansi untuk kehilangan dalam proses produksi |
- ketepatan dalam menjelaskan akuntansi untuk kehilangan dalam proses produksi
|
- Tes (resume, makalah dan essai)
- Non tes (keaktifan mahasiswa)
|
- CBL
- BM 5x60 menit
- TM 5x60 menit (Presentasi, Ceramah dan Cooperative learning)
- TT 5x60 menit
Karakteristik pembelajaran : pembelajaran efektivitas
|
- kehilangan dalam proses produksi menggunakan sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan
- akuntansi untuk sisa bahan (Scrap)
- Akuntansi untuk produk rusak (Spoilage)
- Akuntansi untuk produk cacat (Defective)
- Akuntansi untuk sisa bahan
- Akuntansi untuk produk hilang
- Akuntansi untuk produk cacat
- Sabarudin, Muslim., Wibowo., & Purwaji, Agus. 2016. Akuntansi Biaya. Jakarta: Salemba Empat
- Cecily, Raiborn., & Kinney, Michael. 2014. Akuntansi Biaya (Dasar dan Perkembangan) Buku 1. Jakarta : Salemba Empat
- Cecily, Raiborn., & Kinney, Michael. 2014. Akuntansi Biaya (Dasar dan Perkembangan) Buku 2. Jakarta : Salemba Empat
- Mulyadi. 2005. Akuntansi biaya. Buku 5. UPP STIM YKPN.
|
4
|
7
|
Mampu melakukan bebagai sistem perhitungan biaya |
- Ketepatan dalam menjelaskan sistem perhitungan biaya untuk produk gabungan
|
- Tes (resume, makalah dan essai)
- Non tes (keaktifan mahasiswa)
|
- CBL
- BM 5x60 menit
- TM 5x60 menit (Presentasi, Ceramah dan Cooperative learning)
- TT 5x60 menit
Karakteristik pembelajaran : pembelajaran efektivitas
|
- Pengertian produk gabungan
- biaya gabungan dan titik pemisah
- akuntansi untuk produk sampingan (metode tanpa alokasi biaya dan metode dengan alokasi biaya)
- akuntansi untuk produk utama
- Sabarudin, Muslim., Wibowo., & Purwaji, Agus. 2016. Akuntansi Biaya. Jakarta: Salemba Empat
- Cecily, Raiborn., & Kinney, Michael. 2014. Akuntansi Biaya (Dasar dan Perkembangan) Buku 1. Jakarta : Salemba Empat
- Cecily, Raiborn., & Kinney, Michael. 2014. Akuntansi Biaya (Dasar dan Perkembangan) Buku 2. Jakarta : Salemba Empat
- Mulyadi. 2005. Akuntansi biaya. Buku 5. UPP STIM YKPN.
|
4
|
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester
|
20
|
9
|
Mampu menjelaskan dan menghitung biaya bahan, biaya tenaga kerja dan biaya overehead pabrik |
- Ketepatan dalam menjelaskan dan menghitung biaya bahan
|
- Tes (resume, makalah dan essai)
- Non tes (keaktifan mahasiswa)
|
- CBL
- BM 5x60 menit
- TM 5x60 menit (Presentasi, Ceramah dan Cooperative learning)
- TT 5x60 menit
Karakteristik pembelajaran : pembelajaran efektivitas
|
- sistem pengelolaan bahan
- sistem perolehan (pembelian) bahan
- biaya perolehan bahan
- sistem pemakaian bahan
- biaya pemakaian bahan
- sistem pencatatan bahan
- metode penilaian persediaan bahan
- perbandingan metode penilaian persediaan bahan
- Sabarudin, Muslim., Wibowo., & Purwaji, Agus. 2016. Akuntansi Biaya. Jakarta: Salemba Empat
- Cecily, Raiborn., & Kinney, Michael. 2014. Akuntansi Biaya (Dasar dan Perkembangan) Buku 1. Jakarta : Salemba Empat
- Cecily, Raiborn., & Kinney, Michael. 2014. Akuntansi Biaya (Dasar dan Perkembangan) Buku 2. Jakarta : Salemba Empat
- Mulyadi. 2005. Akuntansi biaya. Buku 5. UPP STIM YKPN.
|
4
|
10
|
Mampu menjelaskan dan menghitung biaya bahan, biaya tenaga kerja dan biaya overehead pabrik |
- ketepatan dalam menjelaskan dan menghitung biaya tenaga kerja
|
- Tes (resume, makalah dan essai)
- Non tes (keaktifan mahasiswa)
|
- CBL
- BM 5x60 menit
- TM 5x60 menit (Presentasi, Ceramah dan Cooperative learning)
- TT 5x60 menit
Karakteristik pembelajaran : pembelajaran efektivitas
|
- Produktivitas tenaga kerja
- Definisi dan klasifikasi tenaga kerja
- komponen biaya tenaga kerja
- teori kurva belajar (Learning Curve Theory)
- Sistem Akuntansi Tenaga Kerja
- Sabarudin, Muslim., Wibowo., & Purwaji, Agus. 2016. Akuntansi Biaya. Jakarta: Salemba Empat
- Cecily, Raiborn., & Kinney, Michael. 2014. Akuntansi Biaya (Dasar dan Perkembangan) Buku 1. Jakarta : Salemba Empat
- Cecily, Raiborn., & Kinney, Michael. 2014. Akuntansi Biaya (Dasar dan Perkembangan) Buku 2. Jakarta : Salemba Empat
- Mulyadi. 2005. Akuntansi biaya. Buku 5. UPP STIM YKPN.
|
4
|
11
|
Mampu menjelaskan dan menghitung biaya bahan, biaya tenaga kerja dan biaya overehead pabrik |
- Ketepatan dalam menjelaskan dan menghitung Biaya Overhead Pabrik (BOP)
|
- Tes (resume, makalah dan essai)
- Non tes (keaktifan mahasiswa)
|
- CBL
- BM 5x60 menit
- TM 5x60 menit (Presentasi, Ceramah dan Cooperative learning)
- TT 5x60 menit
Karakteristik pembelajaran : pembelajaran efektivitas
|
- Definisi dan karakteristik Biaya overhead pabrik
- Faktor-faktor yang dipertimbangkan dalam penentuan tarif biaya overhead pabrik
- Perhitungan tarif biaya overhead pabrik
- Pembebanan biaya overhead pabrik ke produk (BOP Applied)
- Pengumpulan biaya overhead pabrik yang sesungguhnya (BOP Aktual)
- Perlakuan selisih biaya overhead pabrik
- Sabarudin, Muslim., Wibowo., & Purwaji, Agus. 2016. Akuntansi Biaya. Jakarta: Salemba Empat
- Cecily, Raiborn., & Kinney, Michael. 2014. Akuntansi Biaya (Dasar dan Perkembangan) Buku 1. Jakarta : Salemba Empat
- Cecily, Raiborn., & Kinney, Michael. 2014. Akuntansi Biaya (Dasar dan Perkembangan) Buku 2. Jakarta : Salemba Empat
- Mulyadi. 2005. Akuntansi biaya. Buku 5. UPP STIM YKPN.
|
4
|
12
|
Mampu menjelaskan Just in Time (JIT) dan Backflush Costing |
- Ketepatan dalam menjelaskan Just in Time (JIT) dan Backflush costing
|
- Tes (resume, makalah dan essai)
- Non tes (keaktifan mahasiswa)
|
- CBL
- BM 5x60 menit
- TM 5x60 menit (Presentasi, Ceramah dan Cooperative learning)
- TT 5x60 menit
Karakteristik pembelajaran : pembelajaran efektivitas
|
- Just in Time (JIT)
- Just in Time (JIT) dan pembelian bahan
- Just in Time (JIT) dan proses produksi
- Just in Time (JIT) dan pelanggan
- Sistem Backflush Costing
- Sabarudin, Muslim., Wibowo., & Purwaji, Agus. 2016. Akuntansi Biaya. Jakarta: Salemba Empat
- Cecily, Raiborn., & Kinney, Michael. 2014. Akuntansi Biaya (Dasar dan Perkembangan) Buku 1. Jakarta : Salemba Empat
|
5
|
13
|
Mampu melakukan bebagai sistem perhitungan biaya |
- ketepatan dalam menjelaskan sistem perhitungan biaya berdasarkan aktivitas (Activity based Costing)
|
- Tes (resume, makalah dan essai)
- Non tes (keaktifan mahasiswa)
|
- CBL
- BM 5x60 menit
- TM 5x60 menit (Presentasi, Ceramah dan Cooperative learning)
- TT 5x60 menit
Karakteristik pembelajaran : pembelajaran efektivitas
|
- Pengertian dan karakteristik sistem perhitungan biaya berdasarkan aktivitas (Activity based Costing)
- Hieraki biaya dan pemicu biaya
- Metode pembebanan biaya produk
- Pembebanan Biaya Overhead pabrik ke produk
- Implementasi sistem sistem Activity based Costing
- Keunggulan dan kelemahan Activity based Costing
- Sabarudin, Muslim., Wibowo., & Purwaji, Agus. 2016. Akuntansi Biaya. Jakarta: Salemba Empat
- Cecily, Raiborn., & Kinney, Michael. 2014. Akuntansi Biaya (Dasar dan Perkembangan) Buku 1. Jakarta : Salemba Empat
- Cecily, Raiborn., & Kinney, Michael. 2014. Akuntansi Biaya (Dasar dan Perkembangan) Buku 2. Jakarta : Salemba Empat
- Mulyadi. 2005. Akuntansi biaya. Buku 5. UPP STIM YKPN.
|
5
|
14
|
Mampu menjelaskan informasi relevan untuk pengambilan keputusan |
- ketepatan dalam menjelaskan inforasi relevan untuk pengambilan keputusan
|
- Tes (resume, makalah dan essai)
- Non tes (keaktifan mahasiswa)
|
- BM 5x60 menit
- TM 5x60 menit (Presentasi, Ceramah dan Cooperative learning)
- TT 5x60 menit
Karakteristik pembelajaran : pembelajaran efektivitas
|
- konsep relevansi
- Sunk Cost
- Biaya relevan untuk keputusan tertentu
- Cecily, Raiborn., & Kinney, Michael. 2014. Akuntansi Biaya (Dasar dan Perkembangan) Buku 2. Jakarta : Salemba Empat
|
4
|
15
|
Mampu menjelaskan penerapan konsep mutu |
- ketepatan dalam menjelaskan konsep mutu
|
- Tes (resume, makalah dan essai)
- Non tes (keaktifan mahasiswa)
|
- BM 5x60 menit
- TM 5x60 menit (Presentasi, Ceramah dan Cooperative learning)
- TT 5x60 menit
Karakteristik pembelajaran : pembelajaran efektivitas
|
- Apa itu mutu ?
- Pengacuan
- Manajemen Mutu Terpadu
- Jenis biaya mutu
- Mengukur biaya mutu
- Memperoleh informasi tentang mutu dari BSC dan CMS
- Mutu sebagai budaya organisasi
- Cecily, Raiborn., & Kinney, Michael. 2014. Akuntansi Biaya (Dasar dan Perkembangan) Buku 2. Jakarta : Salemba Empat
|
4
|
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|