.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:arwin@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 4:05 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK MESIN |
|
||||||
PROGRAM
STUDI ALAT BERAT |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2024/2025 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Fundamental Powertrain |
AB110424 |
1 |
1 |
2 |
42 |
1 |
02-09-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Arwin S.Pd., M.T. |
Aryati Muhaymin Marali S.Pd., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 199001072022031005 |
NIP/NIK. 199209062022032009 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-9) Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Mengusai konsep teoritis secara umum matematika terapan fisika terapan kimia, prinsip-prinsip rekayasa (enginering principles), sains rekayasa dan perancangan rekayasa yang diperlukan untuk analasis dan perancangan system, proses, produk atau komponen (P-3) Mengusai konsep K3L |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudah baku (KU-2) Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur (KU-4) Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan (KU-5) Mampu bekerjasama, berkomunikasi, dan berinovatif dalam pekerjaanya |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menerapkan matematika, fisika dan kimia terapan ke dalam prosedur dan praktek teknikal (technical practice) untuk menjalankan perawatan alat berat yang terdefinisi dengan jelas (welldefined) (KK-5) Mampu melakukan proses melepas dan memasang komponen-komponen utama alat berat sesuai dengan service literature dan memperhatikan K3L |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK : Mampu memahami dan melakukan Inspeksi (inspect) dan Servis (Service) pada hal-hal yang bersifat Fundamental di Power Train sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH). |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub CP-MK 1 : Mampu menjelaskan teori dasar/fundamental, fungsi, dan komponen-komponen utama pada Power Train. (C2, A2) Sub CP-MK 2 : Mampu memahami dan melakukan inspeksi dan servis pada sistem kopling (Friction Clutch dan Fluid Clutch). (C2, A2,P2) Sub CP-MK 3 :Mampu memahami dan melakukan inspeksi dan servis pada transmisi (Manual dan Automatic Transmission). (C2,A2,P2) Sub CP-MK 4 : Mampu memahami dan melakukan inspeksi dan servis pada drive shafts (Poros penggerak/propeller) (C2,A2,P2) Sub CP-MK 5 : Mampu memahami dan melakukan inspeksi dan servis pada final drive (Gardan) (C2,A2,P2) Sub CP-MK 6 : Mampu memahami dan melakukan inspeksi dan servis pada steering clutch dan brake, serta differensial steering. (C2,A2,P2) |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Fundamental Powertrain mempelajari tentang konsep dasar/fundamental, inspeksi, dan servis power train dari engine menuju roda-roda
penggerak atau track, yang meliputi
Friction Clutch, Fluid Clutch (Torque Converter), Variable
Capacity Torque Converter, Torque Devider, Manual Transmission, Powershift Transmission,Manual dan Automatic Transmission, Propeller shaft,transfer gear, Differential, Tandem Differential, Differential Steering, Steering Clutch and Brake, dan Final Drive
sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) Keselamatan Kesehatan
Kerja dan Lingkungan Hidup(K3LH). |
|||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Teori dasar, fungsi, dan komponen-komponen utama Power train |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama : |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Laptop, proyektor, papan tulis, spidol, penghapus, kertas, pulpen, unit
engine stand Nissan, torqueflow transmission, manual transmission,
automatic transmission, differential dan tandem differential, serta unit
truck Iveco. |
|||||||
Dosen Pengampu |
Arwin, |
Mata Kuliah |
Fundamental Powertrain |
|||
Kode Mata Kuliah |
AB110424 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub CP-MK 1 : Mampu menjelaskan teori dasar/fundamental, fungsi, dan komponen-komponen utama pada Power Train. (C2, A2) |
|
Kriteria: Rubrik (Pedoman penskoran) Bentuk Penilaian: Tes (Soal Essay)
|
TM, 1 x 50 menit. Ceramah, pemaparan materi, diskusi. (Interaktif,integratif) BT, 1x60 menit. Tugas 1 Membuat ringkasan tentang power train pada salah satu unit alat berat BM, 1x60 menit. Mempelajari materi pertemuan ke-1 Praktikum 1 x 170 Menit (Kolaboratif, berpusat pada mahasiswa)
|
Materi Pembelajaran :
Bahan Pustaka : Automotive Engineering (Powertrain, Chasis System, and Vehicle Body), David A. Crolla, Elsevier Inc. 2009. |
5 |
|||
2 | Sub CP-MK 2 : Mampu memahami dan melakukan inspeksi dan servis pada sistem kopling (Friction Clutch dan Fluid Clutch). (C2, A2,P2) |
|
Kriteria : Rubrik (Pedoman Penskoran) Bentuk Penilaian : Tes ( Soal Essay)
|
CBL TM, 1 x 50 menit. Ceramah, pemaparan materi, tanya jawab, dan diskusi kelompok (Interaktif,integratif) BT, 1 x 60 menit. Tugas 2 Melakukan studi kasus (case) bagian-bagian yang diinspeksi, diadjust/servis pada friction clutch/fluid clutch (torque converter) BM, 1 x 60 menit. Mempelajari materi pertemuan ke-2 Praktikum 1 x 170 Menit (Kolaboratif, berpusat pada mahasiswa) |
Materi Pembelajaran:
Bahan Pustaka : Automotive Engineering (Powertrain, Chasis System, and Vehicle Body), David A. Crolla, Elsevier Inc. 2009 |
8 |
|||
3 | Sub CP-MK 2 : Mampu memahami dan melakukan inspeksi dan servis pada sistem kopling (Friction Clutch dan Fluid Clutch). (C2, A2,P2) |
|
Kriteria : Rubrik (Pedoman Penskoran) Bentuk Penilaian : Tes ( Soal Essay) |
CBL TM, 1 x 50 menit. Ceramah, pemaparan materi, tanya jawab, dan diskusi kelompok (Interaktif,integratif) BT, 1 x 60 menit. Tugas 2 Melakukan studi kasus (case) bagian-bagian yang diinspeksi, diadjust/servis pada friction clutch/fluid clutch (torque converter) BM, 1 x 60 menit. Mempelajari materi pertemuan ke-3 Praktikum 1 x 170 Menit (Kolaboratif, berpusat pada mahasiswa) |
Materi Pelajaran:
Bahan Pustaka:
|
8 |
|||
4 | Sub CP-MK 2 : Mampu memahami dan melakukan inspeksi dan servis pada sistem kopling (Friction Clutch dan Fluid Clutch). (C2, A2,P2) |
|
Kriteria : Rubrik (Pedoman Penskoran) Bentuk Penilaian : Tes ( Soal Essay)
|
CBL TM, 1 x 50 menit. Ceramah, pemaparan materi, tanya jawab, dan diskusi kelompok (Interaktif,integratif) BT, 1 x 60 menit. Tugas 2 Melakukan review jurnal tentang bagian-bagian yang diinspeksi, diadjust/servis pada friction clutch/fluid clutch BM, 1 x 60 menit. Mempelajari materi pertemuan ke-3 Praktikum 1 x 170 Menit (Kolaboratif, berpusat pada mahasiswa)
|
Materi Pembelajaran :
Bahan Pustaka :
|
8 |
|||
5 | Sub CP-MK 3 :Mampu memahami dan melakukan inspeksi dan servis pada transmisi (Manual dan Automatic Transmission). (C2,A2,P2) |
|
Kriteria : Rubrik (Pedoman Penskoran) Bentuk Penilaian : Tes ( Soal Essay)
|
CBL TM, 1 x 50 menit. Ceramah, pemaparan materi, tanya jawab, dan diskusi kelompok (Interaktif,integratif) BT, 1x60 menit. Tugas 3 Melakukan studi kasus tentang Inspect and service manual/automatic transmission BM, 1x60 menit. Mempelajari materi pertemuan 5 Praktikum 1 x 170 Menit (Kolaboratif, berpusat pada mahasiswa)
|
Materi Pembelajaran:
Bahan Pustaka :
|
8 |
|||
6 | Sub CP-MK 3 :Mampu memahami dan melakukan inspeksi dan servis pada transmisi (Manual dan Automatic Transmission). (C2,A2,P2) |
|
Kriteria : Rubrik (Pedoman Penskoran) Bentuk Penilaian : Tes ( Soal Essay)
|
CBL TM, 1 x 50 menit. Ceramah, pemaparan materi, tanya jawab, dan diskusi kelompok (Interaktif,integratif) BT, 1x60 menit. Tugas 3 Melakukan studi kasus tentang Inspect and service manual/automatic transmission BM, 1x60 menit. Mempelajari materi pertemuan 6 Praktikum 1 x 170 Menit (Kolaboratif, berpusat pada mahasiswa) |
Materi pembelajaran :
Bahan Pustaka:
|
8 |
|||
7 | Sub CP-MK 3 :Mampu memahami dan melakukan inspeksi dan servis pada transmisi (Manual dan Automatic Transmission). (C2,A2,P2) |
|
Kriteria : Rubrik (Pedoman Penskoran) Bentuk Penilaian : Tes ( Soal Essay)
|
CBL TM, 1 x 50 menit. Ceramah, pemaparan materi, tanya jawab, dan diskusi kelompok (Interaktif,integratif) BT, 1x60 menit. Tugas 3 Melakukan studi kasus tentang Inspect and service manual/automatic transmission BM, 1x60 menit. Mempelajari materi pertemuan 7 Praktikum 1 x 170 Menit (Kolaboratif, berpusat pada mahasiswa) |
Materi Pembelajaran:
Bahan Pustaka:
|
8 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
0 |
|||||||
9 | Sub CP-MK 3 :Mampu memahami dan melakukan inspeksi dan servis pada transmisi (Manual dan Automatic Transmission). (C2,A2,P2) |
|
Kriteria : Rubrik (Pedoman Penskoran) Bentuk Penilaian : Non Tes ( Observasi)
|
CBL TM, 1 x 50 menit. Ceramah, pemaparan materi, tanya jawab, dan diskusi kelompok (Interaktif,integratif) BT, 1x60 menit. Tugas 3 Melakukan studi kasus tentang Inspect and service manual/automatic transmission BM, 1x60 menit. Mempelajari materi pertemuan 9 Praktikum 1 x 170 Menit (Kolaboratif, berpusat pada mahasiswa) |
Materi Pembelajaran:
Bahan Pustaka:
|
8 |
|||
10 | Sub CP-MK 4 : Mampu memahami dan melakukan inspeksi dan servis pada drive shafts (Poros penggerak/propeller) (C2,A2,P2) |
|
Kriteria : Rubrik (Pedoman Penskoran) Bentuk Penilaian : Non Tes ( Observasi) |
CBL TM, 1 x 50 menit. Ceramah, pemaparan materi, tanya jawab, dan diskusi kelompok (Interaktif,integratif) BT, 1x60 menit. Tugas 4 Melakukan studi kasus tentang Inspect and service drive shaft/poros propeller BM, 1x60 menit. Mempelajari materi pertemuan 10 Praktikum 1 x 170 Menit (Kolaboratif, berpusat pada mahasiswa)
|
Materi Pembelajaran:
Bahan Pustaka:
|
8 |
|||
11 | Sub CP-MK 4 : Mampu memahami dan melakukan inspeksi dan servis pada drive shafts (Poros penggerak/propeller) (C2,A2,P2) |
|
Kriteria : Rubrik (Pedoman Penskoran) Bentuk Penilaian : Non Tes (Observasi)
|
CBL TM, 1 x 50 menit. Ceramah, pemaparan materi, tanya jawab, dan diskusi kelompok (Interaktif,integratif) BT, 1x60 menit. Tugas 4 Melakukan studi kasus tentang Inspect and service drive shaft/poros propeller BM, 1x60 menit. Mempelajari materi pertemuan 10 Praktikum 1 x 170 Menit (Kolaboratif, berpusat pada mahasiswa)
|
Materi Pembelajaran:
Bahan Pustaka:
|
7 |
|||
12 | Sub CP-MK 5 : Mampu memahami dan melakukan inspeksi dan servis pada final drive (Gardan) (C2,A2,P2) |
|
Kriteria : Rubrik (Pedoman Penskoran) Bentuk Penilaian : Non Tes ( Observasi)
|
CBL TM, 1 x 50 menit. Ceramah, pemaparan materi, tanya jawab, dan diskusi kelompok (Interaktif,integratif) BT, 1x60 menit. Tugas 5 Melakukan studi kasus tentang Inspect and service gardan/differential BM, 1x60 menit. Mempelajari materi pertemuan 12 Praktikum 1 x 170 Menit (Kolaboratif, berpusat pada mahasiswa) |
Materi Pembelajaran:
Bahan Pustaka:
|
7 |
|||
13 | Sub CP-MK 5 : Mampu memahami dan melakukan inspeksi dan servis pada final drive (Gardan) (C2,A2,P2) |
|
Kriteria : Rubrik (Pedoman Penskoran) Bentuk Penilaian : Non Tes ( Observasi)
|
TM, 1 x 50 menit. Ceramah, pemaparan materi, tanya jawab, dan diskusi kelompok (Interaktif,integratif) BT, 1 x 60 menit. Tugas 5 Melakukan laporan praktikum BM, 1 x 60 menit. Mempelajari materi pertemuan 13 Praktikum 1 x 170 Menit (Kolaboratif, berpusat pada mahasiswa) |
Materi Pembelajaran:
Bahan Pustaka :
|
7 |
|||
14 | Sub CP-MK 6 : Mampu memahami dan melakukan inspeksi dan servis pada steering clutch dan brake, serta differensial steering. (C2,A2,P2) |
|
Kriteria : Rubrik (Pedoman Penskoran) Bentuk Penilaian : Non Tes (Observasi)
|
TM, 1 x 50 menit. Ceramah, pemaparan materi, tanya jawab, dan diskusi kelompok (Interaktif,integratif) BT, 1x60 menit. Tugas 6 Membuat ringkasan materi tentang steering clutch and brake BM, 1x60 menit. Mempelajari materi pertemuan 14 Praktikum 1 x 170 Menit (Kolaboratif, berpusat pada mahasiswa) |
Materi Pembelajaran:
Sumber Pustaka:
|
5 |
|||
15 | Sub-CPMK 6 : Mampu melakukan perawatan, perbaikan, dan troubleshooting pada propeler shaft, steering clutch dan brake, differensial/final drive. (C4, P2, A2) |
|
Kriteria : Rubrik (Pedoman Penskoran) Bentuk Penilaian : Non Tes ( Observasi)
|
TM, 1 x 50 menit. Ceramah, tanya jawab (Interaktif,integratif) BT, 1 x 60 menit. Tugas 6 Membuat laporan praktikum BM, 1 x 60 menit. Mempelajari materi pertemuan ke-15. Praktikum 1 x 170 Menit (Kolaboratif, berpusat pada mahasiswa) |
Materi Pembelajaran:
Bahan Pustaka:
|
5 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
0 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Arwin lahir di Toli-toli pada tanggal 07 Januari 1990 Jabatan fungsional Jurusan TEKNIK MESIN Program Studi Alat Berat |
|