.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:lisnawaty.simatupang@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@April 30, 2025, 1:35 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN PERHOTELAN |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TATA BOGA |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2024/2025 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
BAHASA INDONESIA |
TB230315 |
2 |
0 |
2 |
28 |
3 |
14-11-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Lisnawaty Simatupang S.S., M.Hum. |
Praseptia Gardiarini S.Gz., M.P.H. |
|||||||
NIP/NIK. 199112222020122003 |
NIP/NIK. 198808272020122003 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-2) Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika (S-4) Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa (S-5) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (S-8) Mengiternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S-9) Menunjukkan sikap tanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S-11) Menunjukkan sikap responsif dan inovatif, profesional sesuai dengan global code ethic of tourism |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-14) Menguasai prinsip dan teknik komunikasi efektif untuk bekerja dalam tim |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yangs esuai, baik yang belum maupun yang sudah baku (KU-4) Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengkomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-12) Mampu menerapkan teknik-teknik berkomunikasi secara efektif (KK-15) Mampu menyiapkan dan menyusun laporan tertulis tentang hasil pekerjaan baik yang menjadi tanggung jawabnya sendiri maupun menjadi tanggungjawab kelompok kerja (team work) secara komprehensif |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK 1: Mahasiswa mampu menjelaskan sejarah, perkembangan, dan kedudukan bahasa Indonesia serta faktor-faktor yang mempengaruhi statusnya sebagai bahasa persatuan dan identitas nasional. CPMK 2: Mahasiswa mampu membedakan ragam bahasa Indonesia dan memilih diksi yang tepat sesuai dengan konteks komunikasi formal dan informal. CPMK 3: Mahasiswa mampu menganalisis dan menyusun struktur bahasa Indonesia termasuk kata, frasa, klausa, dan kalimat sesuai dengan kaidah tata bahasa yang berlaku. CPMK 4: Mahasiswa mampu menulis teks dengan paragraf yang koheren dan menerapkan ejaan serta konjungsi yang sesuai untuk membangun kohesi dan koherensi dalam teks bahasa Indonesia. CPMK 5: Mahasiswa mampu mengidentifikasi, menerapkan, dan membedakan unsur serapan dalam teks bahasa Indonesia. CPMK 6: Mahasiswa mampu menganalisis sikap bahasa dalam komunitas bahasa di Indonesia dan merancang strategi untuk mempromosikan pemertahanan bahasa Indonesia di era globalisasi. CPMK 7: Mahasiswa mampu menyusun dan merevisi esai serta artikel ilmiah yang sistematis, logis, dan sesuai dengan pedoman sitasi. CPMK 8: Mahasiswa mampu menyusun dan menyampaikan argumen persuasif dalam konteks komunikasi yang mempengaruhi audiens secara efektif. CPMK 9: Mahasiswa mampu berpartisipasi dalam debat dengan menyusun argumen yang logis, kritis, dan konstruktif, serta merespons argumen lawan secara efektif. CPMK 10: Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan prinsip-prinsip sitasi yang benar, serta menghindari plagiasi dalam penulisan akademik dengan menggunakan perangkat lunak pendeteksi plagiasi. |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub-CPMK 1: Mahasiswa mampu mengidentifikasi fase-fase perkembangan bahasa Indonesia mulai dari zaman perumusan hingga era digital. Sub-CPMK 2: Mahasiswa mampu membedakan ragam bahasa baku dan tidak baku serta menerapkannya sesuai dengan tujuan dan audiens dalam komunikasi formal dan informal. Sub-CPMK 3: Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menyusun kalimat yang efektif dengan menggunakan struktur kata, frasa, dan klausa yang benar. Sub-CPMK 4: Mahasiswa mampu menulis paragraf yang koheren, menerapkan ejaan sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI), serta menggunakan konjungsi secara tepat. Sub-CPMK 5: Mahasiswa mampu mengidentifikasi unsur serapan dalam teks dan membedakan antara unsur serapan yang diserap secara utuh dan yang mengalami penyesuaian ejaan. Sub-CPMK 6: Mahasiswa mampu menganalisis sikap bahasa dalam komunitas dan merancang strategi untuk mempromosikan penggunaan bahasa Indonesia secara aktif di masyarakat. Sub-CPMK 7: Mahasiswa mampu menyusun kerangka esai dan artikel ilmiah, menerapkan teknik sitasi yang sesuai, serta merevisi teks untuk meningkatkan kualitas logika dan struktur. Sub-CPMk 8: Mahasiswa mampu menyusun argumen persuasif yang logis dan menyampaikan pesan dengan cara yang mempengaruhi audiens secara efektif. Sub-CPMK 9: Mahasiswa mampu menyusun argumen debat yang logis dan persuasif serta memberikan tanggapan kritis terhadap argumen lawan debat dengan cara yang konstruktif. Sub-CPMK 10: Mahasiswa mampu membuat sitasi yang benar sesuai dengan pedoman, menggunakan perangkat lunak pendeteksi plagiasi, dan menghindari plagiasi dalam karya tulis mereka. |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah BAHASA INDONESIA mempelajari | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Asal-usul bahasa Indonesia, evolusi dari bahasa Melayu, pengaruh sejarah kolonial dan politik terhadap perkembangan bahasa, serta kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan bahasa resmi negara. |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : |
|||||||
Dosen Pengampu |
Lisnawaty Simatupang, |
Mata Kuliah |
BAHASA INDONESIA |
|||
Kode Mata Kuliah |
TB230315 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub-CPMK 1: Mahasiswa mampu mengidentifikasi fase-fase perkembangan bahasa Indonesia mulai dari zaman perumusan hingga era digital. |
|
Kriteria Penilaian: Pedoman Penskoran |
Proses Belajar [1 minggu (2 sks x 50')] : Kuliah dan Diskusi |
1. Fase-fase perkembangan bahasa Indonesia. |
3 |
|||
2 dan 3 | Sub-CPMK 2: Mahasiswa mampu membedakan ragam bahasa baku dan tidak baku serta menerapkannya sesuai dengan tujuan dan audiens dalam komunikasi formal dan informal. |
1. Kemampuan mahasiswa membedakan ragam bahasa baku dan tidak baku dalam berbagai konteks (Tematik: Fokus pada ragam bahasa dan diksi dalam konteks tertentu.). |
Kriteria Penilaian: Pedoman Penskoran |
Proses Belajar [1 minggu (2 sks x 50')] : Kuliah dan Diskusi |
1. Ragam bahasa baku dan tidak baku. |
3 |
|||
Sub-CPMK 2: Mahasiswa mampu membedakan ragam bahasa baku dan tidak baku serta menerapkannya sesuai dengan tujuan dan audiens dalam komunikasi formal dan informal. |
2. Ketepatan mahasiswa dalam memilih diksi yang sesuai dengan tujuan dan audiens dalam komunikasi formal dan informal Berpusat pada Mahasiswa: Mengutamakan kebutuhan dan konteks komunikasi mahasiswa). |
Kriteria Penilaian: Pedoman Penskoran |
Proses Belajar [1 minggu (2 sks x 50')] : Kuliah dan Diskusi |
2. Konteks komunikasi formal dan informal. |
3 |
||||
4 | Sub-CPMK 3: Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menyusun kalimat yang efektif dengan menggunakan struktur kata, frasa, dan klausa yang benar. |
|
Kriteria Penilaian: Pedoman Penskoran |
Proses Belajar [1 minggu (2 sks x 50')] : Kuliah dan Diskusi |
1. Struktur kata, frasa, dan klausa. |
3 |
|||
5 | Sub-CPMK 4: Mahasiswa mampu menulis paragraf yang koheren, menerapkan ejaan sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI), serta menggunakan konjungsi secara tepat. |
|
Kriteria Penilaian: Pedoman Penskoran |
Proses Belajar [1 minggu (2 sks x 50')] : Kuliah dan Diskusi |
1. Penulisan paragraf yang koheren. |
3 |
|||
6 dan 7 | Sub-CPMK 5: Mahasiswa mampu mengidentifikasi unsur serapan dalam teks dan membedakan antara unsur serapan yang diserap secara utuh dan yang mengalami penyesuaian ejaan. |
1. Kemampuan mahasiswa mengidentifikasi unsur serapan dalam teks bahasa Indonesia (Kontekstual: Menghubungkan unsur serapan dengan penggunaannya dalam teks). |
Kriteria Penilaian: Pedoman Penskoran |
Proses Belajar [1 minggu (2 sks x 50')] : Kuliah dan Diskusi |
1. Identifikasi unsur serapan dalam teks. |
3 |
|||
Sub-CPMK 5: Mahasiswa mampu mengidentifikasi unsur serapan dalam teks dan membedakan antara unsur serapan yang diserap secara utuh dan yang mengalami penyesuaian ejaan. |
2. Ketepatan mahasiswa dalam menerapkan dan membedakan unsur serapan yang diserap secara utuh dan yang mengalami penyesuaian ejaan (Berpusat pada Mahasiswa: Mengutamakan pemahaman dan aplikasi unsur serapan oleh mahasiswa). |
Proses Belajar [1 minggu (2 sks x 50')] : Kuliah dan Diskusi |
3. Unsur serapan utuh vs penyesuaian ejaan. |
3 |
|||||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
25 |
|||||||
9 | Sub-CPMK 6: Mahasiswa mampu menganalisis sikap bahasa dalam komunitas dan merancang strategi untuk mempromosikan penggunaan bahasa Indonesia secara aktif di masyarakat. |
|
Kriteria Penilaian: Pedoman Penskoran |
Proses Belajar [1 minggu (2 sks x 50')] : Kuliah dan Diskusi |
1. Sikap bahasa dalam komunitas bahasa di Indonesia. |
5 |
|||
10 | Sub-CPMK 7: Mahasiswa mampu menyusun kerangka esai dan artikel ilmiah, menerapkan teknik sitasi yang sesuai, serta merevisi teks untuk meningkatkan kualitas logika dan struktur. |
|
Kriteria Penilaian: Pedoman Penskoran |
Proses Belajar [1 minggu (2 sks x 50')] : Kuliah dan Diskusi |
1. Penyusunan kerangka esai dan artikel ilmiah. |
3 |
|||
11 | Sub-CPMk 8: Mahasiswa mampu menyusun argumen persuasif yang logis dan menyampaikan pesan dengan cara yang mempengaruhi audiens secara efektif. |
|
Kriteria Penilaian: Pedoman Penskoran |
Proses Belajar [1 minggu (2 sks x 50')] : Kuliah dan Diskusi |
1. Penyusunan argumen persuasif yang logis. |
5 |
|||
12 dan 13 | Sub-CPMK 9: Mahasiswa mampu menyusun argumen debat yang logis dan persuasif serta memberikan tanggapan kritis terhadap argumen lawan debat dengan cara yang konstruktif. |
1. Kemampuan mahasiswa menyusun argumen debat yang logis dan persuasif (Kolaboratif: Mengharuskan diskusi dan kerja sama dalam debat). |
Kriteria Penilaian: Pedoman Penskoran |
Proses Belajar [1 minggu (2 sks x 50')] : Kuliah dan Diskusi |
1. Penyusunan argumen debat yang persuasif. |
3 |
|||
Sub-CPMK 9: Mahasiswa mampu menyusun argumen debat yang logis dan persuasif serta memberikan tanggapan kritis terhadap argumen lawan debat dengan cara yang konstruktif. |
2. Ketepatan mahasiswa dalam memberikan tanggapan kritis dan konstruktif terhadap argumen lawan debat (Interaktif: Melibatkan praktik langsung dalam debat). |
Proses Belajar [1 minggu (2 sks x 50')] : Kuliah dan Diskusi |
3. Tanggapan kritis terhadap argumen lawan. |
5 |
|||||
14 dan 15 | Sub-CPMK 10: Mahasiswa mampu membuat sitasi yang benar sesuai dengan pedoman, menggunakan perangkat lunak pendeteksi plagiasi, dan menghindari plagiasi dalam karya tulis mereka. |
1. Kemampuan mahasiswa memahami dan menerapkan prinsip-prinsip sitasi yang benar dalam karya tulis (Efektivitas: Meningkatkan kualitas karya tulis dengan fokus pada sitasi dan orisinalitas). |
Kriteria Penilaian: Pedoman Penskoran |
Proses Belajar [1 minggu (2 sks x 50')] : Kuliah dan Diskusi |
1. Prinsip-prinsip sitasi yang benar. |
3 |
|||
Sub-CPMK 10: Mahasiswa mampu membuat sitasi yang benar sesuai dengan pedoman, menggunakan perangkat lunak pendeteksi plagiasi, dan menghindari plagiasi dalam karya tulis mereka. |
2. Ketepatan mahasiswa dalam menggunakan perangkat lunak pendeteksi plagiasi dan menghindari plagiasi dalam karya tulis mereka (Kontekstual: Menerapkan prinsip-prinsip sitasi dan plagiasi dalam konteks akademik yang relevan). |
Praktik menyusun sitasi |
3. Menghindari plagiasi dalam karya tulis. |
5 |
|||||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
25 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Lisnawaty Simatupang lahir di Dairi pada tanggal Jabatan fungsional Asisten Ahli Jurusan PERHOTELAN Program Studi Pengelolaan Perhotelan |
|