.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:sunarno@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 1:40 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK SIPIL |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2024/2025 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Praktek Kerja Beton |
TS240622 |
0 |
3 |
3 |
126 |
3 |
01-09-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Drs.. Sunarno M.Eng. |
Ezra Hartarto Pongtuluran S.T., M.Eng. |
|||||||
NIP/NIK. 196404131990031015 |
NIP/NIK. 199110232019031013 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-7) Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S-8) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S-10) Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Menguasai matematika terapan, prinsip-prinsip fisika dan kimia, prinsip rekayasa, dan perancangan rekayasa, untuk melakukan perancangan skala terbatas, pelaksanaan dan pengawasan bangunan gedung (P-2) Menguasai prinsip pengujian dan pengukuran komponen bangunan sipil sesuai codes dan standar (P-3) Menguasai metode konstruksi untuk melaksanakan dan mengawasi pelaksanaan bangunan gedung (P-6) Menguasai pengetahuan teknik berkomunikasi (lisan, laporan teknis, dan grafis) (P-8) Menguasai prosedur dan standar kerja (SOP) bangunangedung di area praktikum, studio dan kegiatan laboratorium dengan mengaplikasikan prinsip sistem keamanan dan kesehatan kerja dan lingkungan (SMK3L) |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU-4) Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi (KU-7) Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-2) Mampu mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah pelaksanaan bangunan sipil yang terdefinisi secara jelas, dengan menganalisis data, memanfaatkan standar dan pedoman teknis, serta mampu memilih metode penyelesaian yang tepat dengan memperhatikan aspek kesehatan, keselamatan publik , lingkungan (SMK3L),aspek hukum dan ekonomi (KK-8) Mampu merealisasikan perancangan teknik rinci4 (detail engineering design) bangunan sipil sesuai metoda konstruksi yang dipilih dan mampu mengawasi proses konstruksi, hingga memenuhi kelaikan struktur, Rencana Kerja dan Syarat, dan nilai kontrak, dengan memperhatikan aspek keamanan dan kesehatan kerja dan lingkungan (SMK3L) |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK 1: Menguasai konsep teoritis matematika terapan, prinsip-prinsip fisika dan kimia, prinsip rekayasa, dan perancangan rekayasa, untuk melakukan perancangan skala terbatas 1, pelaksanaan dan pengawasan bangunan sipil2 CPMK 2 : Menguasai metode konstruksi untuk melaksanakan dan mengawasi pelaksanaan bangunan sipil CPMK 3: Menguasai prosedur dan standar kerja (SOP) bangunan sipil di area praktikum, studio dan kegiatan laboratorium dengan mengaplikasikan prinsip sistem keamanan dan kesehatan kerja dan lingkungan (SMK3L) CPMK 4: Mampu mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah pelaksanaan bangunan sipil yang terdefinisi secara jelas, dengan menganalisis data, memanfaatkan standar dan pedoman teknis, serta mampu memilih metode penyelesaian yang tepat dengan memperhatikan aspek kesehatan, keselamatan publik , lingkungan (SMK3L),aspek hukum dan ekonomi CPMK 5: Mampu merealisasikan perancangan teknik rinci4 (detail engineering design) bangunan sipil sesuai metoda konstruksi yang dipilih dan mampu mengawasi proses konstruksi, hingga memenuhi kelaikan struktur, Rencana Kerja dan Syarat, dan nilai kontrak, dengan memperhatikan aspek keamanan dan kesehatan kerja dan lingkungan (SMK3L) 5: CPMK 6: Menyusun laporan tentang hasil dan proses kerja dengan akurat dan sahih, mengomunikasikan secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkannya |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub-CPMK 1 Mengidentifikasi peralatan praktik kerja beton ,(CPMK2,CPMK3,CPMK4,CPKM5) Sub-CPMK 2. Mampu memahami dan mempraktekkan pembuatan tipe-tipe spesi, proses pencampuran spesi (CPMK1, CPMK2,CPMK3,CPMK4,CPKM5) Sub-CPMK 3. Mampu memahami dan mempraktekkan menggunakan peralatan dasar praktik beton, menghitung ukuran dan jumlah bahan dalam pembuatan Sengkang dan membuat pembesian sloof/balok(CPMK1, CPMK2,CPMK3,CPMK4,CPKM5) Sub-CPMK 4. Mampu memahami dan mempraktekkan pembesian dan menghitung bahan pembesian balok dan kolom (CPMK1, CPMK2,CPMK3,CPMK4,CPKM5) Sub-CPMK 5. Mampu memahami dan mempraktekkan pembesian dan menghitung bahan pembesian plat (CPMK1, CPMK2,CPMK3,CPMK4,CPKM5) Sub-CPMK 6. Mampu memahami dan mempraktekkan pembesian dan menghitung bahan pembesian konstruksi beton sederhana serta Perawatan beton( CPMK1, CPMK2,CPMK3,CPMK4,CPKM5) |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Praktek Kerja Beton mempelajari pentingnya fungsi dan alat praktik beton; ketrampilan pembuatan spesi/adukan; ketrampilan memasang bata, ketrampilan pembuatan besi sengkang; ketrampilan memasang/merangkai besi tulangan untuk pondasi, sloof, kolom, balok, plat serta pemahaman tentang pelaksanaan pekerjaan konstruksi beton untuk bangunan gedung sesuai dengan ketentuan konstruksi bangunan gedung yang berlaku | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Pengenalan macam-macam Peralatan Praktik Beton dan membuat adukan/spesi /campuran beton(1) 2 . Pembuatan Sengkang/beugel -sloof (2-3) 3. Besi Sengkang/begel kolom (4 - 5) 4. Besi Sengkang/begel Balok (6 -7) 5. Pembesian dan Pengecoran Sloof /Balok (9 – 11) 6. Pembesian dan Pengecoran Kolom/Tiang (12 – 13) 7. Pembesian dan Pengecoran Plat (14-15) |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: A. PEDC, (2016), Pedoman Konstruksi Batu I & II, Bandung E. _____,(2016), KONSTRUKSI RUMAH SEDERHANA, Kementerian PU dan Perumahan Rakyat, Jakarta |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : 1. LCD 2. Papan Tulis |
|||||||
Dosen Pengampu |
Sunarno, |
Mata Kuliah |
Praktek Kerja Beton |
|||
Kode Mata Kuliah |
TS240622 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
||||||
1 | Sub-CPMK 1 Mengidentifikasi peralatan praktik kerja beton ,(CPMK2,CPMK3,CPMK4,CPKM5) |
Ketepatan mengidentifikasi peralatan praktik kerja beton Ketepatan membedakan jenis-jenis peralatan praktik kerja beton |
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan |
Proses Belajar (1 minggu x (3 sks x 50’):
Menyusun Rencana Laporan Praktik |
Pengertian .Jenis-jenis alat Praktik Beton dan fungsinya
Lilik Haryanto, (2014), Jobsheet Praktek Kerja Beton, Jurusan Bangunan Teknik Sipil dan Perencanaan , Fakultas Teknik, UNY |
0 |
||||||
2,3 | Sub-CPMK 2. Mampu memahami dan mempraktekkan pembuatan tipe-tipe spesi, proses pencampuran spesi (CPMK1, CPMK2,CPMK3,CPMK4,CPKM5) |
Memahami bahan yang digunakan dan perbandingan dalam pembuatan spesi, Memahami proses pengadukan spesi dan campuran beton |
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan |
Proses Belajar (1 minggu x (3 sks x 50’): Metode Pembelajaran : Diskusi, Demonstrasi, Praktik TUGAS ; DIJELASKAN DI RTM 1 |
LayOut tempat Praktik, Dan Membuat Spesi dengan takaran yang sudah ditentukan
PEDC, (2016), Pedoman Konstruksi Batu I & II, Bandung Lilik Haryanto, (2014), Jobsheet Praktek Kerja Batu I, Jurusan Bangunan Teknik Sipil dan Perencanaan , Fakultas Teknik, UNY |
0 |
||||||
Sub-CPMK 2. Mampu memahami dan mempraktekkan pembuatan tipe-tipe spesi, proses pencampuran spesi (CPMK1, CPMK2,CPMK3,CPMK4,CPKM5) |
Memahami bahan yang digunakan pembuatan beugel , Memahami ukuran pembuatan beugel |
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan |
Proses Belajar (1 minggu x (3 sks x 50’): Metode Pembelajaran : Diskusi, Demonstrasi, Praktik
TUGAS ; DIJELASKAN DI RTM 1 |
Pembuatan beugel /sengkang untuk sloof bahan dan ukuran
PEDC, (2016), Pedoman Konstruksi Batu I & II, Bandung Lilik Haryanto, (2014), Jobsheet Praktek Kerja Batu I, Jurusan Bangunan Teknik Sipil dan Perencanaan , Fakultas Teknik, UNY |
5 |
|||||||
4,5 | Sub-CPMK 3. Mampu memahami dan mempraktekkan menggunakan peralatan dasar praktik beton, menghitung ukuran dan jumlah bahan dalam pembuatan Sengkang dan membuat pembesian sloof/balok(CPMK1, CPMK2,CPMK3,CPMK4,CPKM5) |
Ketepatan membuat Sengkang dengan ukuran dan diameter besi sesuai yang ditentukan |
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan |
Proses Belajar (1 minggu x (3 sks x 50’): Diskusi, Demonstrasi, Praktik TUGAS : DIJELASKAN DI RTM 2 |
Lilik Haryanto, (2014), Jobsheet Praktek Kerja Batu I, Jurusan Bangunan Teknik Sipil dan Perencanaan , Fakultas Teknik, UNY Lilik Haryanto, (2014), Jobsheet Praktek Kerja Batu II, Jurusan Bangunan Teknik Sipil dan Perencanaan , Fakultas Teknik, UNY |
5 |
||||||
Sub-CPMK 3. Mampu memahami dan mempraktekkan menggunakan peralatan dasar praktik beton, menghitung ukuran dan jumlah bahan dalam pembuatan Sengkang dan membuat pembesian sloof/balok(CPMK1, CPMK2,CPMK3,CPMK4,CPKM5) |
Ketepatan membuat Sengkang dengan ukuran dan diameter besi sesuai yang ditentukan |
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan |
Proses Belajar (1 minggu x (3 sks x 50’): Diskusi, Demonstrasi, Praktik
TUGAS ; DIJELASKAN DI RTM 2 |
Lilik Haryanto, (2014), Jobsheet Praktek Kerja Batu I, Jurusan Bangunan Teknik Sipil dan Perencanaan , Fakultas Teknik, UNY Lilik Haryanto, (2014), Jobsheet Praktek Kerja Batu II, Jurusan Bangunan Teknik Sipil dan Perencanaan , Fakultas Teknik, UNY |
5 |
|||||||
6,7 | Sub-CPMK 4. Mampu memahami dan mempraktekkan pembesian dan menghitung bahan pembesian balok dan kolom (CPMK1, CPMK2,CPMK3,CPMK4,CPKM5) |
Ketepatan membuat pembesian sengkang balok dengan besi dan ukuran yang ditentukan |
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan |
Proses Belajar (1 minggu x (3 sks x 50’): Diskusi, Demonstrasi, Praktik Tugas ; DI JELASKAN DI RTM 2 |
Lilik Haryanto, (2014), Jobsheet Praktek Kerja Beton, Jurusan Bangunan Teknik Sipil dan Perencanaan , Fakultas Teknik, UNY _____,(2016), KONSTRUKSI RUMAH SEDERHANA, Kementerian PU dan Perumahan Rakyat, Jakarta |
5 |
||||||
Sub-CPMK 4. Mampu memahami dan mempraktekkan pembesian dan menghitung bahan pembesian balok dan kolom (CPMK1, CPMK2,CPMK3,CPMK4,CPKM5) |
Ketepatan membuat pembesian sengkang balok dengan besi dan ukuran yang ditentukan |
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan |
Proses Belajar (1 minggu x (3 sks x 50’): Diskusi, Demonstrasi, Praktik Tugas : DI RTM 2 DAN RTM 5 |
Lilik Haryanto, (2014), Jobsheet Praktek Kerja Beton, Jurusan Bangunan Teknik Sipil dan Perencanaan , Fakultas Teknik, UNY _____,(2016), KONSTRUKSI RUMAH SEDERHANA, Kementerian PU dan Perumahan Rakyat, Jakarta |
5 |
|||||||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
||||||||||
9,10,11 | Sub-CPMK 4. Mampu memahami dan mempraktekkan pembesian dan menghitung bahan pembesian balok dan kolom (CPMK1, CPMK2,CPMK3,CPMK4,CPKM5) |
Ketepatan membuat pembesian balok dan kolom dengan besi dan ukuran yang ditentukan |
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan |
Proses Belajar (1 minggu x (3 sks x 50’): Diskusi, Demonstrasi, Praktik
TUGAS : DI RTM 2 DAN RTM 5 |
Lilik Haryanto, (2014), Jobsheet Praktek Kerja Batu I, Jurusan Bangunan Teknik Sipil dan Perencanaan , Fakultas Teknik, UNY |
5 |
||||||
Sub-CPMK 4. Mampu memahami dan mempraktekkan pembesian dan menghitung bahan pembesian balok dan kolom (CPMK1, CPMK2,CPMK3,CPMK4,CPKM5) |
Ketepatan membuat pembesian sloof/balok dan kolom dengan besi dan ukuran yang ditentukan |
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan |
Proses Belajar (1 minggu x (3 sks x 50’): Diskusi, Demonstrasi, Praktik
TUGAS : DI RTM 2 DAN RTM 5 |
Lilik Haryanto, (2014), Jobsheet Praktek Kerja Batu I, Jurusan Bangunan Teknik Sipil dan Perencanaan , Fakultas Teknik, UNY |
5 |
|||||||
Sub-CPMK 4. Mampu memahami dan mempraktekkan pembesian dan menghitung bahan pembesian balok dan kolom (CPMK1, CPMK2,CPMK3,CPMK4,CPKM5) |
Ketepatan membuat pembesian sloof/balok dengan besi dan ukuran yang ditentukan |
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan |
Proses Belajar (1 minggu x (3 sks x 50’): Diskusi, Demonstrasi, Praktik
TUGAS : DI RTM 2 DAN RTM 5 |
Lilik Haryanto, (2014), Jobsheet Praktek Kerja Batu I, Jurusan Bangunan Teknik Sipil dan Perencanaan , Fakultas Teknik, UNY |
5 |
|||||||
12,13 | Sub-CPMK 4. Mampu memahami dan mempraktekkan pembesian dan menghitung bahan pembesian balok dan kolom (CPMK1, CPMK2,CPMK3,CPMK4,CPKM5) |
Ketepatan membuat pembesian sloof/balok, kolom dengan besi dan ukuran yang ditentukan |
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan |
Proses Belajar (1 minggu x (3 sks x 50’): Diskusi, Demonstrasi, Praktik Tugas : DI RTM 2 DAN RTM 5 |
Lilik Haryanto, (2014), Jobsheet Praktek Kerja Beton, Jurusan Bangunan Teknik Sipil dan Perencanaan , Fakultas Teknik, UNY |
5 |
||||||
Sub-CPMK 4. Mampu memahami dan mempraktekkan pembesian dan menghitung bahan pembesian balok dan kolom (CPMK1, CPMK2,CPMK3,CPMK4,CPKM5) |
Ketepatan membuat pembesian sloof/balok, kolom/tiang dengan besi dan ukuran yang ditentukan |
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan |
Proses Belajar (1 minggu x (3 sks x 50’): Diskusi, Demonstrasi, Praktik
TUGAS : DI RTM 2 DAN RTM 5 |
Lilik Haryanto, (2014), Jobsheet Praktek Kerja Beton, Jurusan Bangunan Teknik Sipil dan Perencanaan , Fakultas Teknik, UNY |
5 |
|||||||
14 | Sub-CPMK 5. Mampu memahami dan mempraktekkan pembesian dan menghitung bahan pembesian plat (CPMK1, CPMK2,CPMK3,CPMK4,CPKM5) |
|
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan |
Proses Belajar (1 minggu x (3 sks x 50’): Diskusi, Demonstrasi, Praktik TUGAS : DI RTM 3 DAN RTM 4 |
Lilik Haryanto, (2014), Jobsheet Praktek Kerja Beton, Jurusan Bangunan Teknik Sipil dan Perencanaan , Fakultas Teknik, UNY |
5 |
||||||
15 | Sub-CPMK 6. Mampu memahami dan mempraktekkan pembesian dan menghitung bahan pembesian konstruksi beton sederhana serta Perawatan beton( CPMK1, CPMK2,CPMK3,CPMK4,CPKM5) |
|
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan |
Proses Belajar (1 minggu x (3 sks x 50’): Diskusi, Demonstrasi, Praktik TUGAS : RTM 4 |
Lilik Haryanto, (2014), Jobsheet Praktek Kerja Beton, Jurusan Bangunan Teknik Sipil dan Perencanaan , Fakultas Teknik, UNY |
5 |
||||||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
20 |
||||||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Sunarno lahir di Sragen pada tanggal 13-04-1964 Jabatan fungsional Lektor Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknik Sipil |
|