.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:patria.rahmawati@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 3:45 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN AKUNTANSI |
|
||||||
PROGRAM
STUDI PERBANKAN DAN KEUANGAN DIGITAL |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2024/2025 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Komunikasi Bisnis |
PK.230822 |
1 |
1 |
2 |
42 |
3 |
21-10-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Patria Rahmawaty S.Psi., M.MPd.Psikolog. |
Kety Lulu Agustin S.E., M.M. |
|||||||
NIP/NIK. 197601312003122002 |
NIP/NIK. 2021.90.005 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-2) Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika (S-3) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-2) Menguasai konsep dan teknik komunikasi bisnis, pelayanan nasabah, hukum dan etika bisnis |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-6) Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja sama dan hasil kerja sama didalam maupun di luar lembaganya (KU-7) Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-6) Mampu mengidentifikasi potensi nasabah dan menawarkan produk kredit kepada nasabah (KK-7) Mampu Melakukan penilaian, keputusan, perikatan, pencairan dan memelihara nasabah kredit |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mampu menguasai teknik dan konsep komunikasi bisnis, pelayanan nasabah,hukum dan etika bisnis Mampu bekerjasama, komunikasi dan berinovasi dalam pekerjaanya |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Mampu menjelaskan tentang dasar dan bentuk komunikasi bisnis Mampu menjelaskan tentang perencanaan pesan bisnis Mampu menjelaskan tentang penulisan dan revisi bisnis, pesan positif, negatif dan persuasif Mampu menjelaskan tentang korespondesi bisnis Mampu menjelaskan tentang penulisan dan lamaran kerja Mampu menjelaskan tentang penulisan laporan dan proposal Mampu menjelaskan tentang komunikasi lisan, promotional dan negosiasi |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah Komunikasi Bisnis mempelajari Pengantar komunikasi Bisnis, Dasar-dasar komunikasi bisnis, bentuk-bentuk komunikasi bisnis, Perencanaan Pesan BIsnis, Perencanaan dan revisi pesan bisnis, Penulisan pesan negatif, Penulisan pesan persuasif, Korespondensi bisnis, Penulisan resume dan lamaran kerja, Penulisan laporan dan proposal komunikasi lisan, Komunikasi Promosional dan Negosiasi | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Dasar-dasar komunikasi bisnis 2. Bentuk-bentuk komunikasi bisnis 3. Perencanaan Pesan Bisnis 4. Penulisan dan revisi pesan bisnis 5. Penulisan pesan positif dan rutin 6. Penulisan pesan negatif 7. Penulisan pesan persuatif 8. Korespondensi Bisnis 9. Penulisan resume dan lamaran kerja 10. Penulisan Laporan dan proposal 11. Komunikasi LIsan 12. Komunikasi Promosional 13. Negosiasi |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: 1. Djoko Purwanto, 2006, Komunikasi Bisnis. Edisi ketiga. Erlangga. Jakarta 2. Ismawanto, Totok.2019. Bahan Ajar Komunikasi Bisnis. P4MP Politeknik Negeri Balikpapan. 3. Prutminingsih Sri Utami. 2006. Komunikasi Bisnis. Graha Ilmu 4. Stephen R. 2011. Seni Mendengar Komunikasi yang Efektif. Klik Publishing. Jakarta |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : LCD, Laptop, Whiteboard, |
|||||||
Dosen Pengampu |
Patria Rahmawaty, |
Mata Kuliah |
Komunikasi Bisnis |
|||
Kode Mata Kuliah |
PK.230822 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Mampu menjelaskan tentang dasar dan bentuk komunikasi bisnis |
Menjelaskan tentang pengertian komunikasi, unsur-unsur komunikasi , pentingnya komunikasi efektif, karakterristik komunikasi bisnis dan hambatan dalam komunikasi |
Sikap dan keaktifan dan diskusi |
Ceramah, interaktif dan diskusi Karaketristik : Interaktif |
Dasar-dasar Komunikasi Bisnis Djoko , Purwanto, 2006. Komunikasi Bisnis. Edisi Ketiga. Jakarta.Erlangga. |
4 |
|||
2 | Mampu menjelaskan tentang dasar dan bentuk komunikasi bisnis |
Mampu menjelaskan tentang bentuk-bentuk komunikasi |
Sifat dan keaktfan serta hasil kerja kelompok |
Ceramah, Tugas, DIskusi,
Karaketristik : Interaktif |
Bentuk-bentuk komunikasi bisnis Djoko, {urwanto.2006. Komunikasi Bisnis. Edisi Ketiga. Jakarta. Erlangga |
4 |
|||
3 | Mampu menjelaskan tentang perencanaan pesan bisnis |
Mampu menjelaskan tentang deskripsi 3 langkah proses menulis, alasan pentingya membuat tujuan, menganalisa audiens dan memilih serta media untuk mengirim pesan |
SIkap dan keatifan serta hasi lkerja kelompok |
Ceramah, Tugas, Diskusi, Karaketristik : Interaktif & Kolaboratif |
Perencanaan Bisnis Prutiminigsih, Sri Utami. 2006. Komunikasi Bisnis. Graha Ilmu. |
4 |
|||
4 | Mampu menjelaskan tentang penulisan dan revisi bisnis, pesan positif, negatif dan persuasif |
Mampu menjelaskan tentang pengorganisasian pesan dan caranya, menetapkan ide pokok serta memilih pembukaan |
Sikap dan keaktifab serta hasi lkerja kelompok |
Ceramah, Diskusi interaktif, kuis Karaketristik : Interaktif |
Penulisan dan revisi pesan bisnis Djoko. Purwanto. 2006. Komunikasi Bisnis. Edisi Ketiga. Jakarta. Erlangga Ismawanto. Totok. 2019. Bahan Ajar Komunikasi Bisnis. P4MP. Politeknik Negeri Balikpapan. |
4 |
|||
5 | Mampu menjelaskan tentang penulisan dan revisi bisnis, pesan positif, negatif dan persuasif |
Mampu menjelaskan tentang 4 bentuk organisasi pesan, memformulasikan pesan dan merevisi pesan bisnis |
SIkap dan keaktifan serta hasil kerja kelompok |
Ceramah, DIskusi, Kerja Kelompok Karaketristik : Interaktif & Kolaboratif |
Penulisan dan revisi pesan bsnis Djoko, Purwanto. 2006. Komunikasi Bisnis. Edisi Ktiga. Jakarta Ismawanto. Totok. 2019. Bahan Ajar Komunikasi Bisnis.p4MP. POliteknik Negeri Balikpapan. |
4 |
|||
6 | Mampu menjelaskan tentang penulisan dan revisi bisnis, pesan positif, negatif dan persuasif |
Mamppu menjelaskan tentang pengertian pesan rutin, kelemahanya, bentuk dari permintaan rutin, contohnya, pengertian pesan positif, cara penulisanya serta contohnya. |
Sikap dan keaktifan serta hasil kerja kelompok |
Ceramah, Tugas, DIskusi dan Kerja Kelompok
Karaketristik : Interaktif & Kolaboratif |
Penulisan pesan postif dan Rutin Lanjutan Djoko Purwanto. 2006. Komunikasi Bisnis. Edisi Ketiga. Jakarta. Ismawanto, Totok. 2019. Bahan Ajar Komunikasi Bisnis. P4MP. Politeknik Negeri Balikpapan. |
4 |
|||
7 | Mampu menjelaskan tentang penulisan dan revisi bisnis, pesan positif, negatif dan persuasif |
Mampu menjelaskan tentang pengertian dan ragam pesan negatif,tujuan serta memilih pendekatan dalam pesan negatif |
Sikap dan keaktifan serta tugas individu |
Ceramah, Diskusi,
Karaketristik : Interaktif |
Penulisan Pesan Negatif Pritminingsih, Sri Utami. 2006. Komunikasi Bisnis. Ghara Ilmu. |
4 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9 | Mampu menjelaskan tentang penulisan dan revisi bisnis, pesan positif, negatif dan persuasif |
Mampu untuk menjelaskan tentang konsep pesan persuasif, Model AIDA untuk pesan persuasif, perbedaaan penampilan emosi dan logika |
Sikap dan Keaktifan dalam diskusi |
Ceramah, Tugas, Diskusi,
Karaketristik : Interaktif |
Penulisan Pesan Persuasif Prutminingsih, Sri Utami. 2006. Komunikasi Bisnis. Graha Ilmu. |
3 |
|||
10 | Mampu menjelaskan tentang korespondesi bisnis |
Mampu menjelaskan tentang pengertian korespondensi bisnis, fungsi surat, prinsip penulisan surat dan bagian surat |
Sikap dan keaktifan serta Hasil kerja kelompok |
Ceramah,Tugas, Diskusi, Kerja Kelompok
Karaketristik : Interaktif & Kolaboratif |
Korespondensi Bisnis Ismawanto, Totok. 2019. Bahan Ajar Komunikasi Bisnis. P4MP. Politeknik Negeri Balikpapan. |
4 |
|||
11 | Mampu menjelaskan tentang penulisan dan lamaran kerja |
Mampu menjelaskan tentang pengertian resume, identifikas resume yang baik, pentingnya surat lamaran kerja, Pendekatan AIDA dalam menulis resume dan lamaran kerja serta menyusun resume dan lamaran kerja |
Sikap dan keaktifan serta Tugas Individu |
Ceramah, Interaktif, Tugas Individu
Karaketristik : Interaktif & holistik |
Penulisan Resume dan Lamaran Kerja Ismawanto, Totok. 2019. Bahan Ajar Komunikasi Bisnis. P4MP. Politeknik Negeri Balikpapan |
4 |
|||
12 | Mampu menjelaskan tentang penulisan laporan dan proposal |
Mampu menjelaskan pengertian Laporan, Karakteristik Laporan Bisnis, Jenis Laporan, Laporan Informasi, Laporan Analitis, Proposal serta Proposal internal dan eksternal |
Sikap dan keaktifan serta Tugas Individu |
Ceramah, Interaktif, Tugas Individu
Karaketristik : Interaktif & Holistik |
Penulisan dan Laporan Proposal Ismawanto, Totok. 2019. Bahan ajar Komunikasi Bisnis. P4MP. Politeknik Negeri Balikpapan |
4 |
|||
13 | Mampu menjelaskan tentang komunikasi lisan, promotional dan negosiasi |
Mampu menjelaskan tentang Kapan waktu komunikasi lisan digunakan, Keunggulan komunikasi lisan, Perbedaan pendengar efektif dan pendengar tidak efektif dan pendengar tidak efektif, Presentasi Bisnis, Tujuan presentasi bisnis serta Rapat |
Sikap dan keaktifan serta Hasil Kerja Kelompok |
Ceramah, Tugas, Interaktif. Karaketristik : Interaktif & Koonteksual |
Komunikasi Lisan Joe, Navaro. 2014. Cara Cepat Membaca Bahas Tubuh. Penerbit Change. Jakarta Stephen, R. 2011. Seni Mendengar Komunikasi Efektif. Klik Publishing. Jakarta |
4 |
|||
14 | Mampu menjelaskan tentang komunikasi lisan, promotional dan negosiasi |
Mampu menjelaskan tentang jenis-jenis komunikasi, Perbedaan jenis komunikasi, komunikasi promosional, tujuan utama, Public Speaking dan Promosi penjualan |
Sikap dan keaktifan serta Hasil kerja kelompok |
Ceramah, Tugas, Diskusi, Kerja Kelompok
Karaketristik : Interaktif & Kolaboratif |
Komunikasi Promosional Joe, Navaro. 2014. Cara Cepat Membaca Bahasa Tubuh. Jakarta. Penerbit Change. Stephen,R. 2011. Seni Mendengar Komunikasi Yang Efektif. Klik Publsing. Jakarta Terry, Felber. 2007. Kiat Praktis Komunikasi ; Dalam Kehidupan Keluarga & Profesional. PT. Bhuana Ilmu Populer. Jakarta |
4 |
|||
15 | Mampu menjelaskan tentang komunikasi lisan, promotional dan negosiasi |
Mampu menjelaskan tentang pengertian Negosiasi, Syarat dan pelaksanaan Negosiasi |
Sikap dan keaktifan serta Hasil Kerja Kelompok |
Ceramah, Tugas, Diskusi, Kerja Kelompok Karaketristik : Interaktif & Kolaboratif |
Negosiasi Stephen, R. 2011. Seni Mendengar Komunikasi Yang Efektif. Klik Publishing. Jakarta. |
4 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
25 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Patria Rahmawaty lahir di Balikpapan pada tanggal 31 Januari 1976 Jabatan fungsional Lektor Jurusan TEKNIK MESIN Program Studi Alat Berat |
|