.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:karmila.achmad@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 4:12 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNOLOGI REKAYASA KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2024/2025 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Konstruksi Beton 1 |
JJ230222 |
2 |
0 |
2 |
28 |
3 |
01-09-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Karmila Achmad S.T., M.T. |
Mohamad Isram M. Ain S.T., M.Sc. |
|||||||
NIP/NIK. 197903172007012017 |
NIP/NIK. 198903052022031010 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-8) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Menguasai konsep teoritis matematika terapan, sains alam (fisika, kimia), sains rekayasa dan prinsip rekayasa untuk melakukan kerja perancangan, pelaksanaan dan pengawasan banguna jalan dan jembatan skala menengah1 (P-2) Menguasai prinsip dan teknik perancangan rekayasa meliputi ilmu bahan, mekanika (mekanika teknik, mekanika tanah, mekanika fluida), sistem transportasi darat, hidrologi, rekayas geoteknik, rekayasa jalan, rekayasa struktur jembatan, rekayasa konstruksi, dan rekayas lingkungan jalan (P-6) Menguasai referensi teknisyang berlaku di Indonesia dan minimal satu standar yang berlaku internasional (misalnya AASHTO, ACI, ASCI) bidang konstruksi jalan dan jembatan |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur (KU-3) Mampu mengkaji kasus penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya dalam rangka menghasilka prototype, prosedur baku, desain atau karya seni. (KU-4) Mampu menyusun hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menerapkan matematika terapan, sains alam (fisika, kimia), sains rekayasa dan prinsip rekayasa untuk melakukan perancangan, pelaksanaan dan pengawasan bangunan jalan da jembatan skala menengah 1 (KK-4) Mampu merancang bangunan jalan dan jembatan dalam bentuk perancangan teknik rinci4 (detail engineering deGISn) dengan menggunakan pangkalan data dan referensi teknik konstruksi5 dengan mempertimbangkan faktor-faktor ekonomi, sosial, budaya, kesehatan da keselamatan publik dan lingkungan. (KK-5) Mampu merencanakan, melaksanakan, mengawasi proses konstruksi jalan dan jembatan dengan memperhatikan kesehatan dan keselamatan publik, serta menerapkan sistem manajemen, keselamatan, kesehatan kerja, dan lingkungan (SMK3L) dengan mengacu dokumen perancangan teknik rinci |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK 1: Mampu merancang elemen lentur (balok dan pelat) beton bertulang berdasarkan SNI 2847, SNI 2833 dan ACI 318 |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub-CPMK 1: Mampu menjelaskan prinsip beton bertulang, pembebanan dan konsep perencanaan dengan ketaatan berdasarkan SNI [C2,A2] [C4,A3] Sub-CPMK 2: Mampu menganalisa kapasitas lentur balok beton bertulang dengan tanggung jawab atas keahliannya [C4,A3] Sub-CPMK 3: Mampu menganalisa kapasitas lentur balok T dan L beton bertulang dengan tanggung jawab atas keahliannya [C4,A3] Sub-CPMK 4: Mampu menganalisa kapasitas balok tulangan rangkap beton bertulang dengan tanggung jawab atas keahliannya [C4,A3] Sub-CPMK 5: Mampu menganalisa kapasitas lentur pelat beton bertulang dengan tanggung jawab atas keahliannya [C4,A3] Sub-CPMK 6: Mampu merencanakan tulangan lentur (balok dan pelat) beton bertulang dengan tanggung jawab dan etika akademik [C4,A3] |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Konstruksi Beton 1 mempelajari konsep dan analisa lentur pada penampangbalok dan pelat beton bertulang | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
- Konsep dasar beton bertulang - Analisa lentur penampang balok -Analisa penampang pelat |
|||||||
Pustaka |
1. ACI Commitee, 318-14. (2014). Building Code Requirements for Reinforced Concrete. American Concrete Institute. Detroit. Michigan. 2. Badan Standarisasi Nasional, BSN (2002). Baja Tulangan Beton (SNI 07-2052-2002). BSN. Jakarta. 3. Badan Standarisasi Nasional, BSN (2013). Persyaratan Beton Struktural untuk Bangunan Gedung (SNI 2847:2013). BSN. Jakarta. 4. Badan Standarisasi Nasional, BSN (2016). Perencanaan jembatan terhadap beban gempa (SNI 2833:2016). BSN. Jakarta. 5. Breneau M., Uanh C.M., Sabelli R. (2011). Ductile Design of Steel Structures. The McGraw-Hill Companies, New York. 6. Gideon H.K. dan Vis W.C. (1993). Dasar-Dasar Perencanaan Beton Bertulang. Penerbit Erlangga. Jakarta 7. Nawy, E. G., (Bambang Suryoatmono- Penterjemah). (1998). BETON BERTULANG: Suatu Pendekatan Dasar. PT Refika Aditama, Bandung. 8. Nawy, E. G., Tavio dan Kusuma B. (2010). BETON BERTULANG: Sebuah Pendekatan Mendasar- Jilid I. ITS Press. Surabaya. 9. RSNI T-02-2005. (2005). Standar Pembebaban untuk Jembatan. BSN. Jakarta 10. Sunggono Kh. (1984). Buku Teknik Sipil. Penerbit Nova. Jakarta. 11. Tim Pelaksana Pusat Kegiatan, PISEW. (2020). Buku Petunjuk Konstruksi Jembatan. Kementerian PUPR, Direktorat Jendral Cipta Karya, Jakarta |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : - BLP - LCD - Papan Tulis dan Spidol |
|||||||
Dosen Pengampu |
Karmila Achmad, |
Mata Kuliah |
Konstruksi Beton 1 |
|||
Kode Mata Kuliah |
JJ230222 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1,2 | Sub-CPMK 1: Mampu menjelaskan prinsip beton bertulang, pembebanan dan konsep perencanaan dengan ketaatan berdasarkan SNI [C2,A2] [C4,A3] |
- Mahasiswa mampu menjelaskan definisi beton bertulang - Mahasiswa mampu menjelaskan konsep beton bertulang - Mahasiswa mampu menjelaskan aplikasi (elemen) beton bertulang |
- Ketepatan menjelaskan definisi dan konsep beton bertulang - Ketepatan menjelaskan aplikasi (elemen) beton bertulang - Tugas 1 (pemilihan struktur yang akan dianalisa) |
Karakteristik mata kuliah : interaktif, saintifik, kontekstual dan efektif PBL Pendahuluam (10 menit) Ceramah (2 x 35 menit) Diskusi tugas (10 menit) |
- Definisi Beton Bertulang - Konsep beton bertulang - Aplikasi (elemen) beton bertulang Pustaka: 2, 3, 5, 6, 7 dan 11 Pustaka: 2, 3, 5, 6, 7 dan 11 |
5 |
|||
Sub-CPMK 1: Mampu menjelaskan prinsip beton bertulang, pembebanan dan konsep perencanaan dengan ketaatan berdasarkan SNI [C2,A2] [C4,A3] |
- Mahasiswa mampu mengitung beban pada struktur beton bertulang - Mahasiswa mampu menganalisa reaksi pada struktur beton bertulang - Mahasiswa mampu menjelaskan konsep perencanaan beton bertulang menggunakan SNI 2843, SNI 28833 dan AASTHO - Mahasiswa mampu menjelaskan tahapan perencanaan beton bertulang |
- Ketepatan menganalisa pembebanan beton bertulang - Ketepatan menganalisa reaksi pada struktur beton bertulang - Tugas 2 : Perhitungan pembebanan |
Karakteristik mata kuliah : interaktif, saintifik, kontekstual dan efektif PBL Pendahuluam (10 menit) Ceramah (2 x 35 menit) Diskusi dan presentasi tugas (10 menit) |
- Distribusi beban struktur beton bertulang - Raaksi struktur beton bertulang - Konsep perencanaan beton bertulang menggunakan SNI 2843, SNi 2833 dan AASTHO - Tahapan perencanaan struktur beton bertulang Pustaka : 2, 3, 5, 6, 7 dan 11 |
5 |
||||
3, 4, 5, 6 | Sub-CPMK 2: Mampu menganalisa kapasitas lentur balok beton bertulang dengan tanggung jawab atas keahliannya [C4,A3] |
- Mahaisswa mampu menjelaskan konsep lentur pada elemen beton bertulang - Mahasiswa mampu menjelaskan gaya/tegangan pada penampang beton bertulang |
- Ketepatan menjelaskan konsep lentur dan gaya/tegangan pada penampang beton bertulang - Presentasi |
Karakteristik mata kuliah : interaktif, saintifik, kontekstual dan efektif Pendahuluam (10 menit) Ceramah (2 x 35 menit) Diskusi dan presentasi tugas (10 menit) |
- Konsep lentur pada elemen beton bertulang - Gaya/tegangan pada penampang beton bertulang Pustaka : 2, 3, 5, 6, 7 dan 11 |
1 |
|||
Sub-CPMK 2: Mampu menganalisa kapasitas lentur balok beton bertulang dengan tanggung jawab atas keahliannya [C4,A3] |
- Mahasiswa mampu menjelaskan diagram Whitney ada penampang eron bertulang - Mahaisswa mampu menjelaskan diagram momen-kurvatur balok beton bertulang |
- Ketepatan menjelaskan diagram Whitney ada penampang eron bertulang - Ketepatan menjelaskan diagram momen-kurvatur balok beton bertulang |
Karakteristik mata kuliah : interaktif, saintifik, kontekstual dan efektif Pendahuluam (10 menit) Ceramah (2 x 35 menit) Diskusi dan presentasi tugas (10 menit) |
- Diagram Whitney ada penampang eron bertulang - Diagram momen-kurvatur balok beton bertulang Pustaka : 2, 3, 5, 6, 7 dan 11 |
2 |
||||
Sub-CPMK 2: Mampu menganalisa kapasitas lentur balok beton bertulang dengan tanggung jawab atas keahliannya [C4,A3] |
- Mahasiswa mampu menganalisa jenis-jenis keruntuhan pada beton bertulang |
- Ketepatan menganalisa jenis-jenis keruntuhan pada beton bertulang - Tugas 3 : menganalisa jenis-jenis keruntuhan pada beton bertulang |
Karakteristik mata kuliah : interaktif, saintifik, kontekstual dan efektif PBL Pendahuluam (10 menit) Ceramah (2 x 35 menit) Diskusi dan presentasi tugas (10 menit) |
Jenis-jenis keruntuhan pada beton bertulang Pustaka : 6, 7, 8 dan 9 |
5 |
||||
Sub-CPMK 2: Mampu menganalisa kapasitas lentur balok beton bertulang dengan tanggung jawab atas keahliannya [C4,A3] |
- Mahasiswa mampu menganalisa kebutuhan tulangan tarik pada balok beton bertulang |
- Ketepatan menganalisa kebutuhan tulangan tarik pada balok beton bertulang - Tugas 4: Perencanaan balok tulangan tunggal pada struktur beton bertulang |
Karakteristik mata kuliah : interaktif, saintifik, kontekstual dan efektif PBL Pendahuluam (10 menit) Ceramah (2 x 35 menit) Diskusi dan presentasi tugas (10 menit) |
Kebutuhan tulangan tarik pada balok beton bertulang Pustaka : 3 dan 7 |
5 |
||||
7 | Sub-CPMK 3: Mampu menganalisa kapasitas lentur balok T dan L beton bertulang dengan tanggung jawab atas keahliannya [C4,A3] |
- Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian balok L dan T beton bertulang - Mahasiswa mampu menjelaskan lebar sayap pada balok L dan balok T beton bertulang - Mahasiswa mampu menjelaskan konsep lentur penampang balok L dan balok T beton bertulang - Mahasiswa mampu menjelaskan diagram Whitney pada balok L dan balok T beton bertulang - Mahasiswa mampu menganalisa kapasitas lentur penampang balok L dan balok T beton bertulang |
- Ketepatan menjelaskan diagram Whitney pada balok L dan balok T beton bertulang - Ketepatan menganalisa kapasitas lentur penampang balok L dan balok T beton bertulang |
Karakteristik mata kuliah : interaktif, saintifik, kontekstual dan efektif Pendahuluan (10 menit) Ceramah (2 x 35 menit) Diskusi dan presentasi tugas (10 menit) |
- Pengertian balok L dan T beton bertulang - Lebar sayap pada balok L dan balok T beton bertulang - Konsep lentur penampang balok L dan balok T beton bertulang - Diagram Whitney pada balok L dan balok T beton bertulang - Kapasitas lentur penampang balok L dan balok T beton bertulang Pustaka : 6, 7, 8 dan 9 |
2 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9, 10, 11 | Sub-CPMK 4: Mampu menganalisa kapasitas balok tulangan rangkap beton bertulang dengan tanggung jawab atas keahliannya [C4,A3] |
- Mahasiswa mampu menjelaskan konsep balok dengan tulangan rangkap |
- Ketepatan menjelaskan konsep balok dengan tulangan rangkap |
Karakteristik mata kuliah : interaktif, saintifik, kontekstual dan efektif Pendahuluan (10 menit) Ceramah (2 x 35 menit) Diskusi dan presentasi tugas (10 menit) |
Konsep balok dengan tulangan rangkap Pustaka : 6, 7, 8 dan 9 |
1 |
|||
Sub-CPMK 4: Mampu menganalisa kapasitas balok tulangan rangkap beton bertulang dengan tanggung jawab atas keahliannya [C4,A3] |
- Mahasiswa mampu menjelaskan diagram Whitney pada penampang beton bertulang dengan tulangan rangkap |
- Ketepatan menjelaskan diagram Whitney pada penampang beton bertulang dengan tulangan rangkap |
Karakteristik mata kuliah : interaktif, saintifik, kontekstual dan efektif Pendahuluan (10 menit) Ceramah (2 x 35 menit) Diskusi dan presentasi tugas (10 menit) |
- Diagram Whitney pada penampang beton bertulang dengan tulangan rangkap Pustaka : 6, 7, 8 dan 9 |
1 |
||||
Sub-CPMK 4: Mampu menganalisa kapasitas balok tulangan rangkap beton bertulang dengan tanggung jawab atas keahliannya [C4,A3] |
- Mahasiswa mampu menjelaskan konsep balok dengan tulangan rangkap - Mahasiswa mampu menjelaskan diagram Whitney pada penampang beton bertulang dengan tulangan rangkap - Mahasiswa mampu menganalisa kebutuhan tulangan rangkap pada balok beton bertulang |
- Ketepatan menjelaskan konsep balok dengan tulangan rangkap - Ketepatan menjelaskan diagram Whitney pada penampang beton bertulang dengan tulangan rangkap - Ketepatan menganalisa kebutuhan tulangan rangkap pada balok beton bertulang - Tugas 5 : Perencanaan balok tulangan rangkap pada struktur beton bertulang |
Karakteristik mata kuliah : interaktif, saintifik, kontekstual dan efektif PBL Pendahuluan (10 menit) Ceramah (2 x 35 menit) Diskusi dan presentasi tugas (10 menit) |
- Kebutuhan tulangan rangkap pada balok beton bertulang Pustaka : 6, 7, 8 dan 9 |
5 |
||||
12, 13, 14 | Sub-CPMK 5: Mampu menganalisa kapasitas lentur pelat beton bertulang dengan tanggung jawab atas keahliannya [C4,A3] |
- Mahasiswa mampu menjelaskan definisi dan macam-macam pelat betion bertulang - Mahasiswa mampu membedakan pelat 1 arah dan 2 arah |
- Ketepatan menjelaskan definisi dan macam-macam pelat betion bertulang - Ketepatan membedakan pelat 1 arah dan 2 arah |
Karakteristik mata kuliah : interaktif, saintifik, kontekstual dan efektif Pendahuluan (10 menit) Ceramah (2 x 35 menit) Diskusi dan presentasi tugas (10 menit) |
- Definisi dan macam-macam pelat betion bertulang - Perbedaan pelat 1 arah dan 2 arah Pustaka : 6, 7, 8, 9 dan 10 |
1 |
|||
Sub-CPMK 5: Mampu menganalisa kapasitas lentur pelat beton bertulang dengan tanggung jawab atas keahliannya [C4,A3] |
- Mahasiswa mampu menjelaskan konsep lentur pada pelat beton bertulang |
- Ketepatan menjelaskan konsep lentur pada pelat beton bertulang |
Karakteristik mata kuliah : interaktif, saintifik, kontekstual dan efektif Pendahuluan (10 menit) Ceramah (2 x 35 menit) Diskusi dan presentasi tugas (10 menit) |
- Konsep lentur pada pelat beton bertulang Pustaka : 6, 7, 8, 9 dan 10 |
2 |
||||
Sub-CPMK 5: Mampu menganalisa kapasitas lentur pelat beton bertulang dengan tanggung jawab atas keahliannya [C4,A3] |
- Mahasiswa mampu menganalisa kebutuhan tulangan pelat 1 arah - Mahasiswa mampu menganalisa kebutuhan tulangan pelat 2 arah |
- Ketepatan menganalisa kebutuhan tulangan pelat 1 arah - Ketepatan menganalisa kebutuhan tulangan pelat 2 arah - Tugas 6 : Perencanaan pelat struktur beton bertulang |
Karakteristik mata kuliah : interaktif, saintifik, kontekstual dan efektif PBL Pendahuluan (10 menit) Ceramah (2 x 35 menit) Diskusi dan presentasi tugas (10 menit) |
- Kebutuhan tulangan pelat 1 arah - Kebutuhan tulangan pelat 2 arah Pustaka : 6, 7, 8, 9 dan 10 |
5 |
||||
15 | Sub-CPMK 6: Mampu merencanakan tulangan lentur (balok dan pelat) beton bertulang dengan tanggung jawab dan etika akademik [C4,A3] |
- Mahasiswa mampu merencanakan kebutuhan tulangan lentur (ktulangan utama) pada balok beton bertulang - Mahasiswa mampu merencanakan kebutuhan tulangan lentur (ktulangan utama) pada pelat beton bertulang |
- Ketepatan merencanakan kebutuhan tulangan lentur (ktulangan utama) pada balok beton bertulang - Ketepatan merencanakan kebutuhan tulangan lentur (ktulangan utama) pada pelat beton bertulang |
Karakteristik mata kuliah : interaktif, saintifik, kontekstual dan efektif PBL Pendahuluan (10 menit) Ceramah (2 x 35 menit) Diskusi dan presentasi tugas (10 menit) |
- Kebutuhan tulangan lentur (ktulangan utama) pada balok beton bertulang - Kebutuhan tulangan lentur (ktulangan utama) pada pelat beton bertulang Pustaka : 6, 7, 8, 9 dan 10 |
20 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
20 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Karmila Achmad lahir di Banjarmasin pada tanggal 17-03-1979 Jabatan fungsional Lektor Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknik Sipil |
|