.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:mohamad.isram@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 1:32 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK SIPIL |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2024/2025 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Rekayasa Pondasi |
TS230622 |
2 |
0 |
2 |
28 |
3 |
19-12-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Mohamad Isram M. Ain S.T., M.Sc. |
Anis Aulia Ulfa S.T., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 198903052022031010 |
NIP/NIK. 199309032022032014 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-4) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila (S-8) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Menguasai matematika terapan, prinsip-prinsip fisika dan kimia, prinsip rekayasa, dan perancangan rekayasa, untuk melakukan perancangan skala terbatas, pelaksanaan dan pengawasan bangunan gedung (P-7) Menguasai pengetahuan faktual tentang perkembangan di bidang teknologi bangunan gedung |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menerapkan matematika terapan, sains alam (fisika, kimia) dan prinsip rekayasa untuk melakukan perancangan skala terbatas, pelaksanaan dan pengawasan bangunan gedung (KK-3) Mampu membuat rancangan teknis2 (engineering design) bangunan sipil dengan skala terbatas, yang memenuhi standar konstruksi |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK 1 : Mahasiswa mampu memahami dan memeliki kompetensi dalam mendesain pondasi dangkal, pondasi dalam dan dinding penhahan tanah |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub CP-MK 1 : Mampu memahami jenis-jenis pondasi dangkal [A5, A2, P2, C2, C3, C4] Sub CP-MK 2 : Mampu menganalisis teori daya dukung pondasi dangkal [A5, A2, P2, C2, C3, C4] Sub CP-MK 3 : Mampu menganalisis pondasi dangkal pada tanah kohesif & granular [A5, A2, P2, C2, C3, C4] Sub CP-MK 4 : Kemampuan menganalisis penurunan pondasi dangkal [A5, A2, P2, C2, C3, C4] Sub CP-MK 5 : Mampu memahami jenis-jenis dinding penahan tanah [A5, A2, P2, C2, C3, C4] Sub CP-MK 6 : Mampu menganalisis stabilitas dinding penahan tanah (geser & guling) [A5, A2, P2, C2, C3, C4] Sub CP-MK 7 : Mampu menganalisis daya dukung dinding penahan tanah [A5, A2, P2, C2, C3, C4] Sub CP-MK 8 : Mampu menjelaskan jenis-jenis pondasi dalam [A5, A2, P2, C2, C3, C4] Sub CP-MK 9 :Mampu menghitung kapasitas daya dukung tiang tanah berpasir [A5, A2, P2, C2, C3, C4] Sub CP-MK 10 : Mampu menghitung kapasitas daya dukung tiang tanah kohesif [A5, A2, P2, C2, C3, C4] Sub CP-MK 11 : Mampu menghitung kapasitas tiang menggunakan rumus dinamis [A5, A2, P2, C2, C3, C4] Sub CP-MK 12 : Mampu menghitung daya dukung tiang kelompok [A5, A2, P2, C2, C3, C4] Sub CP-MK 13 : Mampu menghitung penurunan tiang [A5, A2, P2, C2, C3, C4] Sub CP-MK 14: Mampu Merancang Pelat Penutup Tiang (Pile Cap) [A5, A2, P2, C2, C3, C4] |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Rekayasa Pondasi mempelajari mempelajari pondasi dangkal, dinding penahan tanah dan dinding penahan tanah | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Pondasi Dangkal |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Papan Tulis dan Proyektor |
|||||||
Dosen Pengampu |
Mohamad Isram M. Ain, |
Mata Kuliah |
Rekayasa Pondasi |
|||
Kode Mata Kuliah |
TS230622 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub CP-MK 1 : Mampu memahami jenis-jenis pondasi dangkal [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) |
Setelah berdiskusi (C) siswa (A) mampu memahami jenis-jenis pondasi dangkal (B) dengan benar |
Kriteria: diskusi tanya jawab Bentuk penilaian: non test wawancara |
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode Pembelajaran: BM : 2 x 50 menit TM : 2 x 50 menit |
Materi Pembelajaran Jenis-jenis pondasi dangkal Pustaka [1], [3] |
2 |
|||
2 | Sub CP-MK 2 : Mampu menganalisis teori daya dukung pondasi dangkal [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) |
Setelah membahas (C) siswa (A) dapat menganalisis teori daya dukung pondasi dangkal (B) dengan benar |
Kriteria: Teknik: |
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode Pembelajaran: BM : 2 x 60 menit TM : 2 x 50 menit BT : 2 x 60 menit |
Materi Pembelajaran Teori daya dukung pondasi dangkal Pustaka [1], [3] |
3 |
|||
3 | Sub CP-MK 3 : Mampu menganalisis pondasi dangkal pada tanah kohesif & granular [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) |
Setelah membahas (C) siswa (A) dapat menghitung pondasi dangkal pada tanah kohesif dan granular (B) dengan benar |
Kriteria: Teknik: |
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode Pembelajaran: BM : 2 x 60 menit TM : 2 x 50 menit BT : 2 x 60 menit |
Materi Pembelajaran Fondasi dangkal pada tanah kohesif dan granular Pustaka [1], [3] |
3 |
|||
4 | Sub CP-MK 4 : Kemampuan menganalisis penurunan pondasi dangkal [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) |
Setelah berdiskusi (C) siswa (A) dapat menganalisis penyelesaian pondasi dangkal (B) dengan benar |
Kriteria: Teknik: |
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode Pembelajaran: BM : 2 x 60 menit TM : 2 x 50 menit BT : 2 x 60 menit |
Materi Pembelajaran Penurunan tanah pada pondasi dangkal Pustaka [1], [3] |
3 |
|||
5 | Sub CP-MK 5 : Mampu memahami jenis-jenis dinding penahan tanah [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) |
Setelah berdiskusi (C) siswa (A) dapat menganalisis jenis-jenis dinding penahan tanah (B) dengan benar |
Kriteria: diskusi tanya jawab Bentuk penilaian: non test wawancara |
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode Pembelajaran: BM : 2 x 50 menit TM : 2 x 50 menit |
Materi Pembelajaran Jenis-jenis dinding penahan
Pustaka [1], [3] |
2 |
|||
6 | Sub CP-MK 6 : Mampu menganalisis stabilitas dinding penahan tanah (geser & guling) [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) |
Setelah berdiskusi (C) siswa (A) dapat menganalisis stabilitas geser & guling (B) dengan benar |
Kriteria: Teknik: |
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode Pembelajaran: BM : 2 x 60 menit TM : 2 x 50 menit BT : 2 x 60 menit |
Materi Pembelajaran Stabilitas geser & guling (faktor keamanan)
Pustaka [1], [3] |
3 |
|||
7 | Sub CP-MK 7 : Mampu menganalisis daya dukung dinding penahan tanah [A5, A2, P2, C2, C3, C4] (Kognitif) |
Setelah berdiskusi (C) siswa (A) dapat menganalisis daya dukung dinding (B) dengan benar |
Kriteria: Teknik: |
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode Pembelajaran: BM : 2 x 60 menit TM : 2 x 50 menit BT : 2 x 60 menit |
Materi Pembelajaran Daya dukung dinding penahan
Pustaka [1], [3] |
3 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
25 |
|||||||
9 | Sub CP-MK 8 : Mampu menjelaskan jenis-jenis pondasi dalam [A5, A2, P2, C2, C3, C4] |
Setelah berdiskusi (C) mahasiswa (A) mampu mengetahui jenis-jenis pondasi dalam (B) dengan tepat |
Kriteria: diskusi tanya jawab Bentuk penilaian: non test wawancara |
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode Pembelajaran: BM : 2 x 50 menit TM : 2 x 50 menit |
Materi Pembelajaran Jenis-jenis pondasi dalam
Pustaka [2], [4] |
2 |
|||
10 | Sub CP-MK 9 :Mampu menghitung kapasitas daya dukung tiang tanah berpasir [A5, A2, P2, C2, C3, C4] |
Setelah berdiskusi dan mengerjakan tugas (C) mahasiswa (A) mampu menganalisa teori kapasitas daya dukung tiang tanah berpasir (ultimit & gesek) (B) dengan tepat |
Kriteria: Teknik: |
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode Pembelajaran: BM : 2 x 60 menit TM : 2 x 50 menit
|
Materi Pembelajaran Kapasitas daya dukung tiang tanah berpasir
Pustaka [2], [4] |
3 |
|||
11 | Sub CP-MK 10 : Mampu menghitung kapasitas daya dukung tiang tanah kohesif [A5, A2, P2, C2, C3, C4] |
Setelah berdiskusi dan mengerjakan tugas (C) mahasiswa (A) mampu menganalisa teori kapasitas daya dukung tiang tanah berpasir (ultimit & gesek) (B) dengan tepat |
Kriteria: Teknik: |
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode Pembelajaran: BM : 2 x 60 menit TM : 2 x 50 menit BT : 2 x 60 menit |
Materi Pembelajaran Kapasitas daya dukung tiang tanah kohesif
Pustaka [2], [4] |
3 |
|||
12 | Sub CP-MK 11 : Mampu menghitung kapasitas tiang menggunakan rumus dinamis [A5, A2, P2, C2, C3, C4] |
Setelah berdiskusi dan mengerjakan tugas (C) mahasiswa (A) mampu menghitung kapasitas daya dukung tiang tanah lempung (ultimit & gesek) (B) dengan tepat |
Kriteria: Teknik: |
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode Pembelajaran: BM : 2 x 60 menit TM : 2 x 50 menit BT : 2 x 60 menit |
Materi Pembelajaran Kapasitas daya dukung rumus dinamis
Pustaka [2], [4] |
3 |
|||
13 | Sub CP-MK 12 : Mampu menghitung daya dukung tiang kelompok [A5, A2, P2, C2, C3, C4] |
Setelah berdiskusi dan mengerjakan tugas (C) mahasiswa (A) mampu menghitung kapasitas tiang dari uji lapangan (CPT & SPT) (B) dengan tepat |
Kriteria: Teknik: |
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode Pembelajaran: BM : 2 x 60 menit TM : 2 x 50 menit BT : 2 x 60 menit |
Materi Pembelajaran Kapasitas kelompok tiang Pustaka [2], [4] |
3 |
|||
14 | Sub CP-MK 13 : Mampu menghitung penurunan tiang [A5, A2, P2, C2, C3, C4] |
Setelah berdiskusi dan mengerjakan tugas (C) mahasiswa (A) mampu menghitung penurunan pada tiang tunggal menggunakan metode Pulos & Davis (B) dengan tepat |
Kriteria: Teknik: |
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode Pembelajaran: BM : 2 x 60 menit TM : 2 x 50 menit BT : 2 x 60 menit |
Materi Pembelajaran Penurunan Tiang
Pustaka [2], [4] |
3 |
|||
15 | Sub CP-MK 14: Mampu Merancang Pelat Penutup Tiang (Pile Cap) [A5, A2, P2, C2, C3, C4] |
Setelah berdiskusi dan mengerjakan tugas (C) mahasiswa (A) mampu merancang pile cap (B) dengan tepat |
Kriteria: Teknik: |
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode Pembelajaran: BM : 2 x 60 menit TM : 2 x 50 menit BT : 2 x 60 menit |
Materi Pembelajaran Perancangan Pile Cap Pustaka [2], [4] |
4 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
35 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Mohamad Isram M. Ain lahir di Kali pada tanggal 05-03-1989 Jabatan fungsional Asisten Ahli Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan dan Jembatan |
|