.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:masrul.huda@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 3:22 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN AKUNTANSI |
|
||||||
PROGRAM
STUDI PERBANKAN DAN KEUANGAN DIGITAL |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2024/2025 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
English For Operation |
PK.350622 |
1 |
1 |
2 |
42 |
5 |
02-09-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Masrul Huda M.A. |
Kety Lulu Agustin S.E., M.M. |
|||||||
NIP/NIK. 198810072018031001 |
NIP/NIK. 2021.90.005 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-3) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-3) Menguasai konsep dan teknik praktikum perbankan (P-6) Menguasai konsep dan teknik manajemen pemasaran |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-6) Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja sama dan hasil kerja sama didalam maupun di luar lembaganya |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-2) Mampu mengembangkan kompetensi Perbankan dan Keuangan Digital untuk mendukung kemajuan industri (KK-3) Mampu menerapkan prinsip dan praktik good corporate governance sesuai standar yang berlaku di industri Perbankan dan Keuangan Digital (KK-11) Mampu melakukan proses transaksi back office dan proses transaksi end of period |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK 1: Mahasiswa mampu mengaplikasikan Bahasa Inggris sebagai alat komunikasi formal CPMK 2: Mahasiswa mampu untuk menyusun kosa kata berdasarkan pola kalimat yang berhubungan dengan Perbankan dan Keuangan |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub CPMK 1: Mahasiswa mampu memahami konsep pembelajaran mata kuliah English for Operation (C2, A1) Sub CPMK 2: Mahasiswa mampu menjelaskan penggunaan Personal Finance (C2, A2) Sub CPMK 3: Mahasiswa mampu mendeskripsikan benda yang berada di kantor dan rutinitas sehari-hari menggunakan Bahasa Inggris yang sesuai (C2, A2) Sub CPMK 4: Mahasiswa mampu mendemonstrasikan ungkapan dalam kaitannya dengan What’s your job? dan Customer Care (C3, A2) Sub CPMK 5: Mahasiswa mampu menjelaskan mengenai Product and Services (C2, A2) Sub CPMK 6: Mahasiswa mampu menjelaskan penggunaan kalimat-kalimat ungkapan seperti: What can you do? dan What can bank give to customer? (C2, A2) Sub CPMK 7: Mahasiswa mampu menjelaskan tentang Customer Service (C2, A2) Sub CPMK 8: Mahasiswa mampu mendemonstrasikan kegiatan transaksi perbankan (C3, A2) Sub CPMK 9: Mahasiswa mampu menjelaskan mengenai foreign currency (C2, A2) Sub CPMK 10: Mahasiswa mampu menjelaskan mengenai Investing money dan Spreading the risk (C2, A2) Sub CPMK 11: Mahasiswa mampu menjelaskan tentang The Stock Market (C2, A2) Sub CPMK 12: Mahasiswa mampu menjelaskan pertanyaan- pertanyaan mendasar sebagai akuntan (C2, A2) Sub CPMK 13: Mahasiswa mampu mendeskripsikan pekerjaan dalam dunia akuntansi (C2, A2) Sub CPMK 14: Mahasiswa mampu menjelaskan past events, melakukan perhitungan menggunakan Bahasa Inggris, dan mendeskripsikan karir (C2, A2) |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah English For Operation mempelajari pola kalimat berdasarkan topic atau situasi yang terjadi dalam transaksi perbankan sesuai dengan penggunaan bahasa formal. Topik tersebut diantaranya personal finance, jobs in banking, banking products and services, bank transaction, carrier in accountancy, dan accountant life | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Introduction to English for Operation |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: Taylor, J., & Peltier, S. (2011). Career Paths: Accounting. UK: Express Publishing |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : PowerPoint Alat: Whiteboard, Laptop, LCD |
|||||||
Dosen Pengampu |
Masrul Huda, |
Mata Kuliah |
English For Operation |
|||
Kode Mata Kuliah |
PK.350622 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub CPMK 1: Mahasiswa mampu memahami konsep pembelajaran mata kuliah English for Operation (C2, A1) |
Ketepatan menjelaskan poin penting pembelajaran, memiliki motivasi dalam mempelajari English for Operation, dan mendemonstrasikan penggunaan Bahasa Inggris dalam dunia Perbankan dan Keuangan secara sederhana sebagai pengenalan. |
Kriteria: Sikap dan Keaktifan Rubrik Speaking (Presentasi) Presentasi |
Ceramah Tanya-Jawab BM 1 x 60 menit (Membaca learning contract dan RPS di BLP) TM 1 x 50 menit Pemaparan learning contract dan pengenalan Bahasa Inggris dalam dunia Banking Karakteristik: Interaktif |
Introduction to English for Operation #Pustaka 1 |
3 |
|||
2 | Sub CPMK 2: Mahasiswa mampu menjelaskan penggunaan Personal Finance (C2, A2) |
Mahasiswa mampu mendemonstrasikan penggunaan Bahasa Inggris dalam beberapa topic berikut: -Getting to know you -Names and Numbers -Paying for things -Managing your money |
Kriteria: Sikap dan Keaktifan, Rubrik Speaking (Presentasi/Role Play) Presentasi/Role Play |
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi BM 1 x 60 menit (Menonton video pada platform Youtube dan membuat mind map) TM 1 x 50 menit Pemaparan materi BT 1 x 60 menit Mengerjakan fill in the blank exercise Karaketeristik: Interaktif |
Personal Finance #Pustaka 1 |
3 |
|||
3 | Sub CPMK 3: Mahasiswa mampu mendeskripsikan benda yang berada di kantor dan rutinitas sehari-hari menggunakan Bahasa Inggris yang sesuai (C2, A2) |
Mahasiswa mampu mendemonstrasikan ungkapan-ungkapan dalam Bahasa Inggris seperti: -Starting out -What do you do everyday? |
Kriteria: Sikap dan Keaktifan, Rubrik Speaking (Presentasi/Role Play) Presentasi/Role Play |
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi BM 1 x 60 menit (Menonton video pada platform Youtube dan membuat mind map) TM 1 x 50 menit Pemaparan materi BT 1 x 60 menit Mengerjakan Crossword Karakteristik: Interaktif |
Jobs in Banking (1) #Pustaka 1 |
4 |
|||
4 | Sub CPMK 4: Mahasiswa mampu mendemonstrasikan ungkapan dalam kaitannya dengan What’s your job? dan Customer Care (C3, A2) |
Mahasiswa menggunakan ungkapan yang benar seperti: -Understanding expression (I handle…I’m responsible for…-I take care of…. I deal with…) |
Sikap dan Keaktifan Presentasi |
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi BM 1 x 60 menit (Menonton video pada platform Youtube dan membuat mind map) TM 1 x 50 menit Pemaparan materi BT 1 x 60 menit Membuat video monolog tentang pengalaman Bank berkaitan dengan Customer Care Karakteristik: Interaktif |
Jobs in Banking (2) #Pustaka 1 |
4 |
|||
5 | Sub CPMK 5: Mahasiswa mampu menjelaskan mengenai Product and Services (C2, A2) |
Mahasiswa mampu menjelaskan penggunaan kalimat dengan ungkapan Comparing Products and Service (Verb opposites: save/spend, borrow/land) |
Sikap dan Keaktifan Presentasi Poster |
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi BM 1 x 60 menit (Menonton video pada platform Youtube dan membuat mind map) TM 1 x 50 menit Pemaparan materi BT 1 x 60 menit Mengerjakan Word Search Karakteristik: Interaktif |
Banking Products & Services (1) #Pustaka 1 |
3 |
|||
6 | Sub CPMK 6: Mahasiswa mampu menjelaskan penggunaan kalimat-kalimat ungkapan seperti: What can you do? dan What can bank give to customer? (C2, A2) |
Mahasiswa mampu mendemonstrasikan ungkapan dalam kalimat yang benar seperti: Answering comprehension Exchanging Information Sequencing |
Sikap dan Keaktifan Presentasi/Role Play |
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi BM 1 x 60 menit (Menonton video pada platform Youtube dan membuat mind map) TM 1 x 50 menit Pemaparan materi BT 1 x 60 menit Mengerjakan Word Search Karakteristik: Interaktif |
Banking Products & Services (2) #Pustaka 1 |
3 |
|||
7 | Sub CPMK 7: Mahasiswa mampu menjelaskan tentang Customer Service (C2, A2) |
Mahasiswa sebagai customer service mampu menginterpretasikan feedback. |
Sikap dan Keaktifan Presentasi/Role Play |
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi BM 1 x 60 menit (Menonton video pada platform Youtube dan membuat mind map) TM 1 x 50 menit Pemaparan materi BT 1 x 60 menit Membuat video simulasi Customer Care Karakteristik: Interaktif |
Banking Products & Services (3) #Pustaka 1 |
3 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9 | Sub CPMK 8: Mahasiswa mampu mendemonstrasikan kegiatan transaksi perbankan (C3, A2) |
Mahasiswa mampu menggunakan kalimatkalimat dalam transaksi perbankan seperti: -What are they doing? -How can I help you? |
Sikap dan Keaktifan Presentasi/Role Play |
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi BM 1 x 60 menit (Menonton video pada platform Youtube dan membuat mind map) TM 1 x 50 menit Pemaparan materi BT 1 x 60 menit Membuat comic strip mengenai topic terkait Karakteristik: Interaktif |
Bank Transaction (1) #Pustaka 1 |
3 |
|||
10 | Sub CPMK 9: Mahasiswa mampu menjelaskan mengenai foreign currency (C2, A2) |
Mahasiswa mampu menjelaskan ungkapan tentang: Comparing Currency Asking and Answering Comprehension Question |
Sikap dan Keaktifan Fill in the blank Listening Comprehension Test |
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi BM 1 x 60 menit (Menonton video pada platform Youtube dan membuat mind map) TM 1 x 50 menit Pemaparan materi BT 1 x 60 menit Membuat comic strip mengenai topic terkait Karakteristik: Interaktif |
Bank Transaction (2) #Pustaka 1 |
3 |
|||
11 | Sub CPMK 10: Mahasiswa mampu menjelaskan mengenai Investing money dan Spreading the risk (C2, A2) |
Mahasiswa mampu menggunakan ungkapan: Investment expressions Comparing and Contrasting |
Sikap dan Keaktifan Presentasi |
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi BM 1 x 60 menit (Menonton video pada platform Youtube dan membuat mind map) TM 1 x 50 menit Pemaparan materi BT 1 x 60 menit Membuat paragraph tentang topic terkait Karakteristik: Interaktif |
Investment (1) #Pustaka 1 |
3 |
|||
12 | Sub CPMK 11: Mahasiswa mampu menjelaskan tentang The Stock Market (C2, A2) |
Mahasiswa mampu menggunakan ungkapan Predicting (plural: index/Stock exchanges Nikkei, Hangseng, Dow Jones) |
Sikap dan Keaktifan Membuat Essay |
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi BM 1 x 60 menit (Menonton video pada platform Youtube dan membuat mind map) TM 1 x 50 menit Pemaparan materi BT 1 x 60 menit Membuat paragraph tentang topic terkait Karakteristik: Interaktif |
Investment (2) #Pustaka 1 |
5 |
|||
13 | Sub CPMK 12: Mahasiswa mampu menjelaskan pertanyaan- pertanyaan mendasar sebagai akuntan (C2, A2) |
Mahasiswa menjelaskan mengenai topic berikut: -Who needs accountants? -What do accountant do? |
Sikap dan Keaktifan Presentasi |
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi BM 1 x 60 menit (Menonton video pada platform Youtube dan membuat mind map) TM 1 x 50 menit Pemaparan materi BT 1 x 60 menit Membuat paragraph tentang topic terkait Karakteristik: Interaktif |
Carrier in Accountancy (1) #Pustaka 1 |
3 |
|||
14 | Sub CPMK 13: Mahasiswa mampu mendeskripsikan pekerjaan dalam dunia akuntansi (C2, A2) |
Mahasiswa mengaplikasikan ungkapan-ungkapan mengenai: -Jobs in accountancy -What make a good accountant? |
Sikap dan Keaktifan Presentasi |
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi BM 1 x 60 menit (Menonton video pada platform Youtube dan membuat mind map) TM 1 x 50 menit Pemaparan materi BT 1 x 60 menit Membuat paragraph tentang topic terkait Karakteristik: Interaktif |
Carrier in Accountancy (2) #Pustaka 1 |
5 |
|||
15 | Sub CPMK 14: Mahasiswa mampu menjelaskan past events, melakukan perhitungan menggunakan Bahasa Inggris, dan mendeskripsikan karir (C2, A2) |
Mahasiswa mampu menggunakan ungkapan-ungkapan, mengenai: -What is a good conference? -She worked hard yesterday -He finished school in 1994 -He became an accountant -A Tax return |
Sikap dan Keaktifan Presentasi |
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi BM 1 x 60 menit (Menonton video pada platform Youtube dan membuat mind map) TM 1 x 50 menit Pemaparan materi BT1 x 60 menit Membuat paragraph tentang topic terkait Karakteristik: Interaktif |
Accountant life #Pustaka 1 |
5 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
30 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Masrul Huda lahir di Kediri pada tanggal 07-10-1988 Jabatan fungsional Asisten Ahli Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan dan Jembatan |
|