.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:patria.rahmawati@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 3:32 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK MESIN |
|
||||||
PROGRAM
STUDI ALAT BERAT |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2024/2025 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Pancasila |
AB210222 |
2 |
0 |
2 |
28 |
3 |
21-08-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Patria Rahmawaty S.Psi., M.MPd.Psikolog. |
Aryati Muhaymin Marali S.Pd., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 197601312003122002 |
NIP/NIK. 199209062022032009 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-3) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan memajukan peradaban berdasarkan Pancasila |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-2) Menguasai konsep teroritis secara umum tentang tujuan dan metode perawatan, sumber daya, perangkat IT, dan teknologi modern yang sesuai untuk melaksanakan program perawatan alat berat |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-3) Mampu memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri (KU-5) Mampu bekerjasama, berkomunikasi, dan berinovatif dalam pekerjaanya |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mampu menjelaskan dan menerapkan tentang pancasila dalam kehidupan bernegara di Indonesia |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub CPMK 1 : Mampu menjelaskan tentang sejarah pancasila (S3, KU-5) (C2, P3, A3) Sub CPMK 2 : Mampu mengidentifikasi tentang tujuan dan fungsi dari pendidikan pancasila pada kehidupan (S3, KU-3, KU-5) (C3, P3, A3) Sub CPMK 3 : Mampu menjelaskan tentang pancasila sebagai dasar negara dan ideologi (S3, KU-5) (C2, P3, A3) Sub CPMK 4 : Mampu mengaplikasikan pancasila sebagai dasar negara dan ideologi dalam dunia pendidikan dan kehidupan sehari-hari (S3, KU-3, KU-5) (C3, P3, A3) Sub CPMK 5 : Mampu menjelaskan tentang Pancasila sebagai Filsafat dan sistem etika kehidupan sehari-hari (S3, KU-5) (C2, P3, A3) Sub CMPK 6 : Mampu menjelaskan tentang Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (S3, P2, KU-5) (C2, P3, A3) Sub CPMK 7 : Mampu mengaplikasikan Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (S3, P2, KU-3, KU-5) (C3, P3, A3) Sub CPMK 8 : Mampu menjelaskan pancasila sebagai paradigma pembangunan nasional (S3, KU-5) (C2, P3, A3) |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Pancasila menjelaskan tentang Pancasila dalam sejarah Perjuangan Bangsa, Pancasila sebagai Dasar Negara, Pancasila sebagai Ideologi, Pancasila sebagai Filsafat dan sistem Etika, Pancasila sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Pancasila sebagai Paradigma Pembangunan Nasional |
|||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Pancasila dalam sejarah perjuangan |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: [1] Muharam. Ricky S, Titahelu. Juanrico A S, Abidin. Zainal, dkk. Pendidikan Pancasila. 2022. Widina Bhakti Persada. Bandung [2] Ningsih. Rahma, Pancasila Sebagai Dasar Pengembangan Ilmu. 2019. Modul pembelajaran E-learning Universitas Esa Unggul. |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Laptop Modul Zoom meeting |
|||||||
Dosen Pengampu |
Aryati Muhaymin Marali, |
Mata Kuliah |
Pancasila |
|||
Kode Mata Kuliah |
AB210222 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
||||||
1 | Sub CPMK 1 : Mampu menjelaskan tentang sejarah pancasila (S3, KU-5) (C2, P3, A3) |
Ketepatan mahasiswa dalam menjelaskan tentang sejarah pancasila |
Kriteria : Ketepatan dalam menjelaskan pengertian tentang sejarah pancasila Bentuk non-test : Diskusi |
Metode Pembelajaran :
|
Penyampaian protokol keselamatan dan kesehatan dalam perkuliahan Prosedur perkuliahan Prinsip dasar sejarah pancasila
[1] hal. 59 - 87 [2] hal. 14 - 22 |
2 |
||||||
2 | Sub CPMK 1 : Mampu menjelaskan tentang sejarah pancasila (S3, KU-5) (C2, P3, A3) |
Ketepatan mahasiswa dalam menjelaskan tentang sejarah pancasila |
Kriteria : Ketepatan dalam menjelaskan pengertian tentang sejarah pancasila Bentuk non-test : Diskusi
|
|
[1] hal. 59 - 87 [2] hal. 14 - 22 |
3 |
||||||
3 | Sub CPMK 2 : Mampu mengidentifikasi tentang tujuan dan fungsi dari pendidikan pancasila pada kehidupan (S3, KU-3, KU-5) (C3, P3, A3) |
Ketepatan dalam mengidentifikasi tujuan dari pendidikan pancasila |
Kriteria : Ketepatan dalam mengedentifikasi tujuan dari pendidikan pancasila Bentuk test : Tugas Tertulis Bentuk non-test : Diskusi kelompok |
Metode Pembelajaran :
|
Aplikasi tujuan dan fungsi pancasila [1] hal. 145 - 161 |
5 |
||||||
4 | Sub CPMK 2 : Mampu mengidentifikasi tentang tujuan dan fungsi dari pendidikan pancasila pada kehidupan (S3, KU-3, KU-5) (C3, P3, A3) |
Ketepatan dalam mengidentifikasi fungsi dari pendidikan pancasila |
Kriteria : Ketepatan dalam mengedentifikasi fungsi dari pendidikan pancasila Bentuk test : Tugas Tertulis Bentuk non-test : Diskusi kelompok |
Metode Pembelajaran :
|
Aplikasi tujuan dan fungsi pancasila [1] hal. 145 - 161 |
5 |
||||||
5 | Sub CPMK 3 : Mampu menjelaskan tentang pancasila sebagai dasar negara dan ideologi (S3, KU-5) (C2, P3, A3) |
Memahami dan menjelaskan tentang pancasila sebagai dasar negara dan ideologi |
Kriteria :
Bentuk Penilaian non-test: Diskusi |
Metode Pembelajaran:
Estimasi Waktu : Daring (2 x 50') |
Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi [1] 170 - 172 |
5 |
||||||
6 | Sub CPMK 5 : Mampu menjelaskan tentang Pancasila sebagai Filsafat dan sistem etika kehidupan sehari-hari (S3, KU-5) (C2, P3, A3) |
Memahami tentang pancasila sebagai filsafat |
Kriteria :
Bentuk Penilaian non-test: Diskusi |
Metode Pembelajaran:
Estimasi Waktu : Daring (2 x 50') |
Pancasila sebagai filsafat dan sistem Etika [1] hal. 37 - 55 |
2 |
||||||
7 | Sub CPMK 5 : Mampu menjelaskan tentang Pancasila sebagai Filsafat dan sistem etika kehidupan sehari-hari (S3, KU-5) (C2, P3, A3) |
Memahami tentang Pancasila sebagai sistem Etika |
Kriteria :
Bentuk Penilaian non-test: Diskusi |
Metode Pembelajaran:
Estimasi Waktu : Daring (2 x 50') |
Pancasila sebagai filsafat dan sistem Etika [1] hal. 37 - 55 |
3 |
||||||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
||||||||||
9 | Sub CMPK 6 : Mampu menjelaskan tentang Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (S3, P2, KU-5) (C2, P3, A3) |
Mampu menjelaskan tentang Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan IPTEK |
Kriteria :
Bentuk Penilaian test : non-test |
Metode Pembelajaran:
|
Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan IPTEK [1] hal 192 [2] hal 1 - 11 |
2 |
||||||
10 | Sub CMPK 6 : Mampu menjelaskan tentang Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (S3, P2, KU-5) (C2, P3, A3) |
Mampu memberikan contoh tentang Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan IPTEK |
Kriteria :
Bentuk Penilaian test : non-test |
|
Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan IPTEK [1] hal 192 [2] hal 1 - 11 |
3 |
||||||
11 | Sub CPMK 7 : Mampu mengaplikasikan Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (S3, P2, KU-3, KU-5) (C3, P3, A3) |
Mampu mengaplikasikan Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan IPTEK |
Kriteria : Ketepatan dalam memahami pengertian materi terkait dan memberikan contoh aplikasi sesuai dengan bidang keahlian Bentuk test : Tugas tertulis Bentuk non-test : Presentasi dan diskusi |
Metode Pembelajaran:
Estimasi Waktu : Daring (2 x 50') |
Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan IPTEK [1] hal. 192 [2] hal. 1 - 11 |
5 |
||||||
12 | Sub CPMK 7 : Mampu mengaplikasikan Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (S3, P2, KU-3, KU-5) (C3, P3, A3) |
Mampu mengaplikasikan Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan IPTEK |
Kriteria : Ketepatan dalam memahami pengertian materi terkait Bentuk test : Tugas tertulis Bentuk non-test : Presentasi dan diskusi |
Metode Pembelajaran:
|
Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan IPTEK
[1] hal. 192 [2] hal. 1 - 11 |
5 |
||||||
13 | Sub CPMK 7 : Mampu mengaplikasikan Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (S3, P2, KU-3, KU-5) (C3, P3, A3) |
Mampu mengaplikasikan Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan IPTEK pada kehidupan sehari-hari sesuai dengan keilmuan |
Kriteria : Ketepatan dalam memahami pengertian materi terkait dan memberikan contoh aplikasi sesuai dengan bidang keahlian Bentuk test : Tugas tertulis Bentuk non-test : Presentasi dan diskusi |
Metode Pembelajaran: Presentasi kelompok dan Diksusi kelompok (holistik, kontekstual, tematik, kolaboratif, berpusat pada mahasiswa)
|
Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan IPTEK [1] hal. 192 [2] hal. 1 - 11 |
10 |
||||||
14 | Sub CPMK 8 : Mampu menjelaskan pancasila sebagai paradigma pembangunan nasional (S3, KU-5) (C2, P3, A3) |
Mampu menjelaskan pancasila sebagai paradigma pembangunan nasional |
Kriteria : Ketepatan dalam memahami pengertian materi terkait Bentuk test : Tugas tertulis Bentuk non-test : Presentasi dan diskusi |
Metode Pembelajaran:
|
Pancasila sebagai paradigma pembangunan nasional [1] hal. 160 dan hal 308 |
2 |
||||||
15 | Sub CPMK 8 : Mampu menjelaskan pancasila sebagai paradigma pembangunan nasional (S3, KU-5) (C2, P3, A3) |
Mampu menyelesaikan problem atau masalah terkait dengan materi pancasila sebagai paradigma pembangunan nasional |
Kriteria : Ketepatan dalam menyelesaikan sebuah konflik problem atau masalah terkait |
Metode Pembelajaran:
|
Pancasila sebagai paradigma pembangunan nasional [1] hal. 160 dan hal 308 |
3 |
||||||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
25 |
||||||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Patria Rahmawaty lahir di Balikpapan pada tanggal 31 Januari 1976 Jabatan fungsional Lektor Jurusan TEKNIK MESIN Program Studi Alat Berat |
|