.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:hadiyanto@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 11:38 pm Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNOLOGI LISTRIK |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2024/2025 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Sistem Proteksi Tenaga Listrik |
TL230922 |
0 |
2 |
2 |
84 |
3 |
01-09-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Hadiyanto S.T., M. Eng. |
Hadiyanto S.T., M. Eng. |
|||||||
NIP/NIK. 198007082014041001 |
NIP/NIK. 198007082014041001 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-2) menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-2) Menguasai pengetahuan tentang teknik pengujian dan pengukuran instrumentasi dan sistem kendali menggunakan prosedur dan standar IEC . (P-3) Menguasai pengetahuan tentang perangkat pemrograman, simulasi dan penggunaan teknologi informasi untuk rekayasa dan penyelesaian pekerjaan bidang instrumentasi dan sistem kendali. |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-8) mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-6) Mampu melakukan pengujian dan pengukuran kelaikan instalasi berdasarkan prosedur dan standar (SNI, IEC, SPLN), dengan menyajikan hasil analisis berdasarkan metoda yang dipilih. |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mampu mengidentifikasi dan menyelesaikan pekerjaan pemasangan dan pengawasan instalasi listrik, serta operasi dan pemeliharaan peralatan listrik menggunakan prosedur dengan acuan Standard SNI, IEC, dan standard lain yang terkait, dan dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan, keselamatan publik, dan lingkungan |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub-CPMK1: Mampu menjelaskan konsep proteksi tenaga listrik Sub-CPMK2: Mampu menjelaskan jenis gangguan pada proteksi tenaga listrik Sub-CPMK3: Mamou menjelasakan pengukuran pada proteksi tenaga listrik Sub-CPMK4: Mampu menjelasakan jenis-jenis proteksi tenaga listrik Sub-CPMK5: Mampu menjelaskan prinsip kerja relay proteksi Sub-CPMK6: Mampu mengimplementasikan proteksi tenaga listrik |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Sistem Proteksi Tenaga Listrik mempelajari dasar – dasar instalasi listrik, Peraturan Umum InstalasiListrik (PUIL), perlengkapan instalasi, sistem pentanahan, instalasi penerangan dan wirausaha bidang instalasi listrik. Matakuliah ini memberikan pembekalan kognitif kepada mahasiswa guna menunjang dalam menempuh perkuliahan maupunsetelah lulus dan terjun di masyarakat. Proses perkuliahan tatap muka maupun berbagai strategi pendekatan yangdisesuaikan dengan konteks materi dan potensi mahasiswa | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
mengidentifikasi dasar-dasar system proteksi dan menjelaskan tentang tujuan sistem proteksi |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : |
|||||||
Dosen Pengampu |
Hadiyanto, |
Mata Kuliah |
Sistem Proteksi Tenaga Listrik |
|||
Kode Mata Kuliah |
TL230922 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub-CPMK1: Mampu menjelaskan konsep proteksi tenaga listrik |
Mampu menjelaskan definisi dan konsep dasar dari sistem proteksi tenaga listrik |
Kriteria: Pedoman penskoran (marking scheme) Bentuk Penilaian: Tugas mandiri dan kelompok, serta presentasi |
Metode Pembelajaran: kegiatan luring, berpusat pada mahasiswa, case method dan project based learning Estimasi waktu; 2 x 170'
|
Menjelaskan RPS Sistem proteksi tenaga listrik dan kontrak perkuliahan
|
1 |
|||
2 | Sub-CPMK1: Mampu menjelaskan konsep proteksi tenaga listrik |
Mampu menjelaskan definisi dan konsep dasar dari sistem proteksi tenaga listrik |
Kriteria: Pedoman penskoran (marking scheme) Bentuk Penilaian: Tugas mandiri dan kelompok, serta presentasi |
Metode Pembelajaran: kegiatan luring, berpusat pada mahasiswa, case method dan project based learning Estimasi waktu; 2 x 170'
|
Konsep sistem proteksi tenaga listrik
|
2 |
|||
3 | Sub-CPMK1: Mampu menjelaskan konsep proteksi tenaga listrik |
Mampu menjelaskan definisi dan konsep dasar dari sistem proteksi tenaga listrik |
Kriteria: Pedoman penskoran (marking scheme) Bentuk Penilaian: Tugas mandiri dan kelompok, serta presentasi |
Metode Pembelajaran: kegiatan luring, berpusat pada mahasiswa, case method dan project based learning Estimasi waktu; 2 x 170' |
Konsep sistem proteksi tenaga listrik
|
2 |
|||
4 | Sub-CPMK2: Mampu menjelaskan jenis gangguan pada proteksi tenaga listrik |
Mahasiswa mampu menjelaskan gangguan-ganguan yang terjadi pada sistem proteksi tenaga listrik |
Kriteria: Pedoman penskoran (marking scheme) Bentuk Penilaian: Tugas mandiri dan kelompok, serta presentasi |
Metode Pembelajaran: kegiatan luring, berpusat pada mahasiswa, case method dan project based learning Estimasi waktu; 2 x 170' |
Jenis-jenis ganguan pada sistem proteksi tenaga listrik
|
3 |
|||
5 | Sub-CPMK2: Mampu menjelaskan jenis gangguan pada proteksi tenaga listrik |
Mahasiswa mampu menjelaskan gangguan-ganguan yang terjadi pada sistem proteksi tenaga listrik |
Kriteria: Pedoman penskoran (marking scheme) Bentuk Penilaian: Tugas mandiri dan kelompok, serta presentasi |
Metode Pembelajaran: kegiatan luring, berpusat pada mahasiswa, case method dan project based learning Estimasi waktu; 2 x 170' |
Jenis-jenis ganguan pada sistem proteksi tenaga listrik
|
2 |
|||
6 | Sub-CPMK3: Mamou menjelasakan pengukuran pada proteksi tenaga listrik |
Mahasiswa mampu melakukan proses pengukuan pada proteksi tenaga listrik |
Kriteria: Pedoman penskoran (marking scheme) Bentuk Penilaian: Tugas mandiri dan kelompok, serta presentasi |
Metode Pembelajaran: kegiatan luring, berpusat pada mahasiswa, case method dan project based learning Estimasi waktu; 2 x 170'
|
Jenis-jenis pengukuran pada proteksi tenaga listrik
|
5 |
|||
7 | Sub-CPMK3: Mamou menjelasakan pengukuran pada proteksi tenaga listrik |
Mahasiswa mampu melakukan proses pengukuan pada proteksi tenaga listrik |
Kriteria: Pedoman penskoran (marking scheme) Bentuk Penilaian: Tugas mandiri dan kelompok, serta presentasi |
Metode Pembelajaran: kegiatan luring, berpusat pada mahasiswa, case method dan project based learning Estimasi waktu; 2 x 170' |
Jenis-jenis pengukuran pada proteksi tenaga listrik
|
5 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
25 |
|||||||
9 | Sub-CPMK4: Mampu menjelasakan jenis-jenis proteksi tenaga listrik |
Mahasiswa mampu menjelaskan jenis-jenis proteksi pada sistem ketenagalistrikan |
Kriteria: Pedoman penskoran (marking scheme) Bentuk Penilaian: Tugas mandiri dan kelompok, serta presentasi |
Metode Pembelajaran: kegiatan luring, berpusat pada mahasiswa, case method dan project based learning Estimasi waktu; 2 x 170'
|
Sistem proteksi pada ketenagalistrikan
|
5 |
|||
10 | Sub-CPMK4: Mampu menjelasakan jenis-jenis proteksi tenaga listrik |
Mahasiswa mampu menjelaskan jenis-jenis proteksi pada sistem ketenagalistrikan |
Kriteria: Pedoman penskoran (marking scheme) Bentuk Penilaian: Tugas mandiri dan kelompok, serta presentasi |
Metode Pembelajaran: kegiatan luring, berpusat pada mahasiswa, case method dan project based learning Estimasi waktu; 2 x 170' |
Sistem proteksi pada ketenagalistrikan
|
5 |
|||
11 | Sub-CPMK5: Mampu menjelaskan prinsip kerja relay proteksi |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan menganalisa karakteristik relay proteksi tanaga listrik |
Kriteria: Pedoman penskoran (marking scheme) Bentuk Penilaian: Tugas mandiri dan kelompok, serta presentasi |
Metode Pembelajaran: kegiatan luring, berpusat pada mahasiswa, case method dan project based learning Estimasi waktu; 2 x 170'
|
Prinsip kerja dan karakteristik relay proteksi tenaga listrik
|
5 |
|||
12 | Sub-CPMK5: Mampu menjelaskan prinsip kerja relay proteksi |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan menganalisa karakteristik relay proteksi tanaga listrik |
Kriteria: Pedoman penskoran (marking scheme) Bentuk Penilaian: Tugas mandiri dan kelompok, serta presentasi |
Metode Pembelajaran: kegiatan luring, berpusat pada mahasiswa, case method dan project based learning Estimasi waktu; 2 x 170' |
Prinsip kerja dan karakteristik relay proteksi tenaga listrik
|
5 |
|||
13 | Sub-CPMK6: Mampu mengimplementasikan proteksi tenaga listrik |
Mahasiswa mampu melakukan proses PJBL sistem proteksi tenaga listrik di lingkungan Politeknik Negeri Balikpapan |
Kriteria: Pedoman penskoran (marking scheme) Bentuk Penilaian: Tugas mandiri dan kelompok, serta presentasi |
Metode Pembelajaran: kegiatan luring, berpusat pada mahasiswa, case method dan project based learning Estimasi waktu; 2 x 170' |
Implementasi PJBL Sistem Proteksi Tenaga Listrik
|
3 |
|||
14 | Sub-CPMK6: Mampu mengimplementasikan proteksi tenaga listrik |
Mahasiswa mampu melakukan proses PJBL sistem proteksi tenaga listrik di lingkungan Politeknik Negeri Balikpapan |
Kriteria: Pedoman penskoran (marking scheme) Bentuk Penilaian: Tugas mandiri dan kelompok, serta presentasi |
Metode Pembelajaran: kegiatan luring, berpusat pada mahasiswa, case method dan project based learning Estimasi waktu; 2 x 170' |
Implementasi PJBL Sistem Proteksi Tenaga Listrik
|
3 |
|||
15 | Sub-CPMK6: Mampu mengimplementasikan proteksi tenaga listrik |
Mahasiswa mampu melakukan proses PJBL sistem proteksi tenaga listrik di lingkungan Politeknik Negeri Balikpapan |
Kriteria: Pedoman penskoran (marking scheme) Bentuk Penilaian: Tugas mandiri dan kelompok, serta presentasi |
Metode Pembelajaran: kegiatan luring, berpusat pada mahasiswa, case method dan project based learning Estimasi waktu; 2 x 170' |
Implementasi PJBL Sistem Proteksi Tenaga Listrik
|
4 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
25 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Hadiyanto lahir di Samarinda pada tanggal Jabatan fungsional Lektor Jurusan TEKNIK ELEKTRO Program Studi Teknologi Listrik |
|