.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:hadiyanto@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 17, 2025, 10:49 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNOLOGI LISTRIK |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2024/2025 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Sertifikasi Profesi |
TL350122 |
2 |
0 |
2 |
168 |
5 |
11-09-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Hadiyanto S.T., M. Eng. |
Hadiyanto S.T., M. Eng. |
|||||||
NIP/NIK. 198007082014041001 |
NIP/NIK. 198007082014041001 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-1) bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (S-7) taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S-8) menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-4) Menguasai pengetahuan tentang IEC pada bidang instrumentasi dan sistem kendali (P-8) Menguasai pengetahuan tentang SOP perbengkelan, aktivitas laboratorium dan K3. |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-7) Mampu mengikuti perkembangan teknik dan teknologi isu terkini yang terkait di bidang kelistrikan. |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CP-MK1: Mampu menjelaskan sertifikasi pada sistem ketenagalistrikan CP-MK2: Mampu mendiskripsikan portofolio sertifikasi pada sistem ketenagalistrikan CP-MK3: Mampu menyusun laporan portofolio pada setiap sertifikasi sistem ketenagalistrikan |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub-CPMK1: Mampu menjelaskan jenis-jenis sertifikasi pada sistem ketenagalistrikan Sub-CPMK2: Mampu mendeskripsikan pengetahuan dan keterampilan pada setiap sertifikasi ketenagalistrikan Sub-CPMK3: Mampu membuat SOP pada sertifikasi ketenagalistrikan Sub-CPMK2:4 Mampu membuat JSA pada sertifikasi ketenagalsitrikan Sub-CPMK5: Mampu membuat laporan portofolio pada sertifikasi ketenagalistrikan |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Sertifikasi Profesi mempelajari merupakan mata kuliah yang berorientasi pada Standar Kompetensi Tenaga TeknikKetenagalistrikan (SKTTK) bidang Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik dengan Sub-bidang Tegangan Rendah. Matakuliah ini merupakan mata kuliah dengan luaran akhir adalah sertifikasi kompetensi dengan SKKNI maksimum level 5(Asisten Manager Pembangunan dan Pemasangan Pemanfaatan Tegangan Rendah). Kompetensi utama dari mata kuliah iniadalah melaksanakan penetapan hasil pembangunan dan pemasangan komponen dan sirkit instalasi pemanfaatan tenagalistrik. Kompetensi pilihan terdiri atas 2 (dua) buah kompetensi, yaitu: mengevaluasi pembangunan dan pemasangankomponen dan sirkit instalasi tenaga listrik tegangan rendah; dan mengevaluasi hasil pembangunan dan pemasangankomponen dan sirkit saluran tegangan rendah. | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Peraturan Ketenagalistrikan |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: Undang-undang ketenagalistrikna |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : peralatan pratikum, laptop, proyektor |
|||||||
Dosen Pengampu |
Hadiyanto, |
Mata Kuliah |
Sertifikasi Profesi |
|||
Kode Mata Kuliah |
TL350122 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub-CPMK1: Mampu menjelaskan jenis-jenis sertifikasi pada sistem ketenagalistrikan |
Mahasiswa mampu menjelaskan jenis-jenis sertifikasi pada sistem ketenagalistrikan |
Kriteria: Pedoman penskoran (marking scheme) Bentuk Penilaian: Tugas mandiri dan kelompok, serta presentasi |
Metode Pembelajaran: kegiatan luring, berpusat pada mahasiswa, case method dan project based learning Estimasi waktu; 2 x 170' |
Menjelaskan RPS sertifikasi profesi dan kontrak perkuliahan
|
1 |
|||
2 | Sub-CPMK1: Mampu menjelaskan jenis-jenis sertifikasi pada sistem ketenagalistrikan |
Mahasiswa mampu menjelaskan jenis-jenis sertifikasi pada sistem ketenagalistrikan |
Kriteria: Pedoman penskoran (marking scheme) Bentuk Penilaian: Tugas mandiri dan kelompok, serta presentasi |
Metode Pembelajaran: kegiatan luring, berpusat pada mahasiswa, case method dan project based learning Estimasi waktu; 2 x 170' |
Konsep Sertifikasi pada Ketenagalistrikan
|
2 |
|||
3 | Sub-CPMK1: Mampu menjelaskan jenis-jenis sertifikasi pada sistem ketenagalistrikan |
Mahasiswa mampu menjelaskan jenis-jenis sertifikasi pada sistem ketenagalistrikan |
Kriteria: Pedoman penskoran (marking scheme) Bentuk Penilaian: Tugas mandiri dan kelompok, serta presentasi |
Metode Pembelajaran: kegiatan luring, berpusat pada mahasiswa, case method dan project based learning Estimasi waktu; 2 x 170' |
Konsep Sertifikasi pada Ketenagalistrikan
|
2 |
|||
4 | Sub-CPMK2: Mampu mendeskripsikan pengetahuan dan keterampilan pada setiap sertifikasi ketenagalistrikan |
Mahasiswa mampu mendiskripsikan pengetahuan dan keterampilan pada setap sertifikasi ketenagalistrikan |
Kriteria: Pedoman penskoran (marking scheme) Bentuk Penilaian: Tugas mandiri dan kelompok, serta presentasi |
Metode Pembelajaran: kegiatan luring, berpusat pada mahasiswa, case method dan project based learning Estimasi waktu; 2 x 170' |
Bagian sertifikasi pada sistem ketenagalistrikan
|
3 |
|||
5 | Sub-CPMK2: Mampu mendeskripsikan pengetahuan dan keterampilan pada setiap sertifikasi ketenagalistrikan |
Mahasiswa mampu mendiskripsikan pengetahuan dan keterampilan pada setap sertifikasi ketenagalistrikan |
Kriteria: Pedoman penskoran (marking scheme) Bentuk Penilaian: Tugas mandiri dan kelompok, serta presentasi |
Metode Pembelajaran: kegiatan luring, berpusat pada mahasiswa, case method dan project based learning Estimasi waktu; 2 x 170' |
Bagian sertifikasi pada sistem ketenagalistrikan
|
3 |
|||
6 | Sub-CPMK2: Mampu mendeskripsikan pengetahuan dan keterampilan pada setiap sertifikasi ketenagalistrikan |
Mahasiswa mampu mendiskripsikan pengetahuan dan keterampilan pada setap sertifikasi ketenagalistrikan |
Kriteria: Pedoman penskoran (marking scheme) Bentuk Penilaian: Tugas mandiri dan kelompok, serta presentasi |
Metode Pembelajaran: kegiatan luring, berpusat pada mahasiswa, case method dan project based learning Estimasi waktu; 2 x 170' |
Bagian sertifikasi pada sistem ketenagalistrikan
|
4 |
|||
7 | Sub-CPMK3: Mampu membuat SOP pada sertifikasi ketenagalistrikan |
Mahasiswa mampu membuat SOP pada masing-masing bidang ketenagalistrikan |
Kriteria: Pedoman penskoran (marking scheme) Bentuk Penilaian: Tugas mandiri dan kelompok, serta presentasi |
Metode Pembelajaran: kegiatan luring, berpusat pada mahasiswa, case method dan project based learning Estimasi waktu; 2 x 170' |
Konsep SOP pada sistem ketenagalistrikan
|
5 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
25 |
|||||||
9 | Sub-CPMK2:4 Mampu membuat JSA pada sertifikasi ketenagalsitrikan |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep JSA pada masing-masing bagian ketenagalistrikan |
Kriteria: Pedoman penskoran (marking scheme) Bentuk Penilaian: Tugas mandiri dan kelompok, serta presentasi |
Metode Pembelajaran: kegiatan luring, berpusat pada mahasiswa, case method dan project based learning Estimasi waktu; 2 x 170' |
Konsep JSA pada sistem Ketenagalistrikan
|
5 |
|||
10 | Sub-CPMK5: Mampu membuat laporan portofolio pada sertifikasi ketenagalistrikan |
Mahasiswa mampu membuat porto folio untuk masing-masing bagian ketenagalistrikan |
Kriteria: Pedoman penskoran (marking scheme) Bentuk Penilaian: Tugas mandiri dan kelompok, serta presentasi |
Metode Pembelajaran: kegiatan luring, berpusat pada mahasiswa, case method dan project based learning Estimasi waktu; 2 x 170' |
Konsep laporan portofolio pada bagian ketenagalistrikan
|
2 |
|||
11 | Sub-CPMK5: Mampu membuat laporan portofolio pada sertifikasi ketenagalistrikan |
Mahasiswa mampu membuat porto folio untuk masing-masing bagian ketenagalistrikan |
Kriteria: Pedoman penskoran (marking scheme) Bentuk Penilaian: Tugas mandiri dan kelompok, serta presentasi |
Metode Pembelajaran: kegiatan luring, berpusat pada mahasiswa, case method dan project based learning Estimasi waktu; 2 x 170' |
Konsep laporan portofolio pada bagian ketenagalistrikan
|
3 |
|||
12 | Sub-CPMK5: Mampu membuat laporan portofolio pada sertifikasi ketenagalistrikan |
Mahasiswa mampu membuat porto folio untuk masing-masing bagian ketenagalistrikan |
Kriteria: Pedoman penskoran (marking scheme) Bentuk Penilaian: Tugas mandiri dan kelompok, serta presentasi |
Metode Pembelajaran: kegiatan luring, berpusat pada mahasiswa, case method dan project based learning Estimasi waktu; 2 x 170' |
Konsep laporan portofolio pada bagian ketenagalistrikan
|
5 |
|||
13 | Sub-CPMK5: Mampu membuat laporan portofolio pada sertifikasi ketenagalistrikan |
Mahasiswa mampu membuat porto folio untuk masing-masing bagian ketenagalistrikan |
Kriteria: Pedoman penskoran (marking scheme) Bentuk Penilaian: Tugas mandiri dan kelompok, serta presentasi |
Metode Pembelajaran: kegiatan luring, berpusat pada mahasiswa, case method dan project based learning Estimasi waktu; 2 x 170' |
Konsep laporan portofolio pada bagian ketenagalistrikan
|
5 |
|||
14 | Sub-CPMK5: Mampu membuat laporan portofolio pada sertifikasi ketenagalistrikan |
Mahasiswa mampu membuat porto folio untuk masing-masing bagian ketenagalistrikan |
Kriteria: Pedoman penskoran (marking scheme) Bentuk Penilaian: Tugas mandiri dan kelompok, serta presentasi |
Metode Pembelajaran: kegiatan luring, berpusat pada mahasiswa, case method dan project based learning Estimasi waktu; 2 x 170' |
Konsep laporan portofolio pada bagian ketenagalistrikan
|
5 |
|||
15 | Sub-CPMK5: Mampu membuat laporan portofolio pada sertifikasi ketenagalistrikan |
Mahasiswa mampu membuat porto folio untuk masing-masing bagian ketenagalistrikan |
Kriteria: Pedoman penskoran (marking scheme) Bentuk Penilaian: Tugas mandiri dan kelompok, serta presentasi |
Metode Pembelajaran: kegiatan luring, berpusat pada mahasiswa, case method dan project based learning Estimasi waktu; 2 x 170' |
Konsep laporan portofolio pada bagian ketenagalistrikan
|
5 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
25 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Hadiyanto lahir di Samarinda pada tanggal Jabatan fungsional Lektor Jurusan TEKNIK ELEKTRO Program Studi Teknologi Listrik |
|