.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:armin@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 12:57 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK ELEKTRONIKA |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2024/2025 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Konsep Teknologi |
TE111022 |
2 |
0 |
2 |
28 |
1 |
31-08-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Drs. Armin M.T. |
Qory Hidayati S.T., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 196408211988031006 |
NIP/NIK. 198611142019032014 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-3) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (S-7) Taat hokum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Menguasi konsep teoritis matematika teknik dan fisika terapan terkait dengan praktek instalasi dankonfigurasi, interpertasi instruksi, pengoperasian, pengujian, pemeliharaan dan perbaikan untuk menyelesaikan permasalahan bidang instrumentasi dan sistem kendali (P-3) Menguasai pengetahuan tentang perangkat pemrograman, simulasi dan penggunaan teknologi informasi untuk rekayasa dan penyelesaian pekerjaan bidang instrumentasi dan sistem kendali (P-5) Menguasai konsep teoritis tentang sains terapan pada bidang instrumentasi dan sistem kendali (P-7) Menguasai prinsip dan issue terkini dalam ekonomi, sosial, ekologi secara umum |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-4) Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-7) Mampu melaksanakan perancangan/membuat rancangan baru, menguji dan memodifikasi rangkaian elektronika |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK 1: Menguasai konsep teoritis tentang matematika teknik, fisika terapan, sains terapan dan prinsip/isue terkini dalam bidang ekonomi, sosial, ekologi secara umum. (P11, P-5, P-7) CPMK 2 : Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. (KU-4, S-3) CPMK 3 : Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. (KU-4, S-3) CPMK 4 : Mampu melaksanakan perancangan, menguji, memodifikasi rangkaian elektronika, dengan tetap taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat (KK-7, S-7) |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
SUB-CPMK-1: Mampu menjelaskan tentang Konsepsi Belajar Sepanjang Hayat. SUB-CPMK-2: Mampu menjelaskan tentang Konsepsi Ideal Kemanusiaan. SUB-CPMK-3: Mampu menjelaskan tentang Konsepsi Ilmu dan Teknologi dalam Peradaban Kemanusiaan. SUB-CPMK-4: Mampu menjelaskan Konsepsi Perguruan Tinggi dan Industri dalam Peradaban Kemanusiaan. SUB-CPMK-5: Mampu menjelaskan tentang Model SUB-CPMK-6: Mampu menjelaskan tentang Sistem dan Umpan Balik. SUB-CPMK-7: Mampu menjelaskan tentang Pengambilan Keputusan dan Optimasi. SUB-CPMK-8: Mampu menjelaskan tentang Perkembangan Teknologi Informasi di Indonesia SUB-CPMK-9: Mampu menjelaskan tentang Standar Sertifikasi Teknologi Informasi Bidang IT SUB-CPMK-10: Mampu menjelaskan tentang Manusia dan Lingkungan SUB-CPMK-11: Mampu menjelaskan tentang Kerekayasaan, Profesionalisme, Desain SUB-CPMK-12: Mampu menjelaskan tentang Hak Atas Kekayaan Intelektual |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata Kuliah ini membekali mahasiswa untuk mengetahui peta teknologi dan memahami aplikasi dan implikasinya. Setelah mengikuti perkuliahan diharapkan mahasiswa memiliki kemampuan untuk bersikap sebagai seorang yang profesional melalui penguasaan ilmu sosial dan humaniora. Topik yang akan dibahas seputar asal mula teknologi dan terjadinya konsep teknologi serta berbagai macam analisis yang berhubungan dengan teknologi meliputi : percepatan teknologi, percepatan penguasaan alam oleh manusia, dan mengapa terjadi percepatan perkembangan kebudayaan, serta beberapa aplikasi teknologi pada berbagai bidang. | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Konsepsi Belajar Sepanjang Hayat |
|||||||
Pustaka |
Daftar Pustaka: [1] Menerawang masa depan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, ITB, Bandung, 1991. [2] Rosenberg, Richard S., Computer and The Information Society, John Willey & Sons 1986. [3] Budiardjo, Bagio, Komputer dan Masyarakat, Alex Media Komputindo, Jakarta, 1991. [4] Konsep Teknologi, Mubiar Purwasasmita, ITB, Bandung, 2005. |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Modul, LCD, proyektor, laptop, whiteboard, spidol warna (hitam, merah dan biru), dan alat tulis |
|||||||
Dosen Pengampu |
Armin, |
Mata Kuliah |
Konsep Teknologi |
|||
Kode Mata Kuliah |
TE111022 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | SUB-CPMK-1: Mampu menjelaskan tentang Konsepsi Belajar Sepanjang Hayat. |
|
Kriteria Penilaian: Bentuk Penilaian:
|
Metode Pembelajaran: Karakteristik Pembelajaran: Interaktif, Berpusat pada Mahasiswa |
1. Percepatan Teknologi [1] Menerawang masa depan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, ITB, Bandung, 1991. |
2 |
|||
2 | SUB-CPMK-2: Mampu menjelaskan tentang Konsepsi Ideal Kemanusiaan. |
1. Ketepatan menjelaskan bagaimana Kebudayaan mengubah evolusi alam |
Kriteria Penilaian: Bentuk Penilaian: |
Metode Pembelajaran: Karakteristik Pembelajaran: Interaktif, Berpusat pada Mahasiswa
|
1. Kebudayaan mengubah evolusi alam [1] Menerawang masa depan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, ITB, Bandung, 1991. |
2 |
|||
3 | SUB-CPMK-3: Mampu menjelaskan tentang Konsepsi Ilmu dan Teknologi dalam Peradaban Kemanusiaan. |
1. Ketepatan menjelaskan Proses Perkembangan Teknologi |
Kriteria Penilaian: Bentuk Penilaian:
|
Metode Pembelajaran: Karakteristik Pembelajaran: Interaktif, Berpusat pada Mahasiswa |
1. Proses Perkembangan Teknologi [1] Menerawang masa depan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, ITB, Bandung, 1991. |
2 |
|||
4 | SUB-CPMK-4: Mampu menjelaskan Konsepsi Perguruan Tinggi dan Industri dalam Peradaban Kemanusiaan. |
1. Ketepatan menjelaskan tentang Perubahan Global Sebagai Proses Antropogenik |
Kriteria Penilaian: Bentuk Penilaian:
|
Metode Pembelajaran: Karakteristik Pembelajaran: Interaktif, Berpusat pada Mahasiswa
|
1. Perubahan Global Sebagai Proses Antropogenik [1] Menerawang masa depan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, ITB, Bandung, 1991. |
2 |
|||
5 | SUB-CPMK-5: Mampu menjelaskan tentang Model |
1. Ketepatan menjelaskan Pengertian model
|
Kriteria Penilaian: Bentuk Penilaian: |
Metode Pembelajaran: Karakteristik Pembelajaran: Interaktif, Berpusat pada Mahasiswa |
1. Pengertian model [1] Menerawang masa depan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, ITB, Bandung, 1991. |
5 |
|||
6, 7 | SUB-CPMK-6: Mampu menjelaskan tentang Sistem dan Umpan Balik. |
1. Ketepatan menjelaskan Pengertian Sistem
|
Kriteria Penilaian: Bentuk Penilaian: |
Metode Pembelajaran: Karakteristik Pembelajaran: Interaktif, Berpusat pada Mahasiswa |
1. Pengertian Sistem [1] Menerawang masa depan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, ITB, Bandung, 1991. |
10 |
|||
SUB-CPMK-6: Mampu menjelaskan tentang Sistem dan Umpan Balik. |
1. Ketepatan menjelaskan pengertian Sistem Terbuka |
Kriteria Penilaian: Bentuk Penilaian: |
Metode Pembelajaran: Karakteristik Pembelajaran: Interaktif, Berpusat pada Mahasiswa |
1. Sistem Terbuka [1] Menerawang masa depan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, ITB, Bandung, 1991. |
4 |
||||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9, 10 | SUB-CPMK-7: Mampu menjelaskan tentang Pengambilan Keputusan dan Optimasi. |
1. Ketepatan menjelaskan Persoalan-persoalan optimasi
|
Kriteria Penilaian: Bentuk Penilaian: |
Metode Pembelajaran: Karakteristik Pembelajaran: Interaktif, Berpusat pada Mahasiswa |
1. Persoalan-persoalan optimasi [1] Menerawang masa depan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, ITB, Bandung, 1991. |
2 |
|||
SUB-CPMK-7: Mampu menjelaskan tentang Pengambilan Keputusan dan Optimasi. |
1. Ketepatan menjelaskan Tentang Antrian
|
Kriteria Penilaian: Bentuk Penilaian: |
Metode Pembelajaran: Karakteristik Pembelajaran: Interaktif, Berpusat pada Mahasiswa |
1. Tentang Antrian [1] Menerawang masa depan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, ITB, Bandung, 1991. |
4 |
||||
11 | SUB-CPMK-8: Mampu menjelaskan tentang Perkembangan Teknologi Informasi di Indonesia |
1. Ketepatan menjelaskan Pengembangan TIK Indonesia
|
Kriteria Penilaian: Bentuk Penilaian: |
Metode Pembelajaran: Karakteristik Pembelajaran: Interaktif, Berpusat pada Mahasiswa |
1. Pengembangan TIK Indonesia [1] Menerawang masa depan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, ITB, Bandung, 1991. |
4 |
|||
12 | SUB-CPMK-9: Mampu menjelaskan tentang Standar Sertifikasi Teknologi Informasi Bidang IT |
1. Ketepatan menjelaskan Sertifkasi keahlian profesi
|
Kriteria Penilaian: Bentuk Penilaian: |
Metode Pembelajaran: Karakteristik Pembelajaran: Interaktif, Berpusat pada Mahasiswa |
1. Sertifkasi keahlian profesi [1] Menerawang masa depan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, ITB, Bandung, 1991. |
4 |
|||
13 | SUB-CPMK-10: Mampu menjelaskan tentang Manusia dan Lingkungan |
1. Ketepatan menjelaskan mengenai Manusia dan Lingkungan
|
Kriteria Penilaian: Bentuk Penilaian: |
Metode Pembelajaran: Karakteristik Pembelajaran: Interaktif, Berpusat pada Mahasiswa |
1. Manusia dan Lingkungan [1] Menerawang masa depan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, ITB, Bandung, 1991. |
5 |
|||
14 | SUB-CPMK-11: Mampu menjelaskan tentang Kerekayasaan, Profesionalisme, Desain |
1. Ketepatan menjelaskan mengenai Ilmu kerekayasaan
|
Kriteria Penilaian: Bentuk Penilaian: |
Metode Pembelajaran: Karakteristik Pembelajaran: Interaktif, Berpusat pada Mahasiswa |
1. Ilmu kerekayasaan [1] Menerawang masa depan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, ITB, Bandung, 1991. |
4 |
|||
15 | SUB-CPMK-12: Mampu menjelaskan tentang Hak Atas Kekayaan Intelektual |
1. Keteaptan menjelaskan Pengertian Hak Cipta, Paten, Merk Dagang
|
Kriteria Penilaian: Bentuk Penilaian: |
Metode Pembelajaran: Karakteristik Pembelajaran: Interaktif, Berpusat pada Mahasiswa |
1. Pengertian Hak Cipta, Paten, Merk Dagang [1] Menerawang masa depan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, ITB, Bandung, 1991. |
10 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
20 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Armin lahir di Mendingin pada tanggal Jabatan fungsional Lektor Jurusan TEKNIK ELEKTRO Program Studi Teknik Elektronika |
|