.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:lisnawaty.simatupang@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@April 30, 2025, 1:55 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNOLOGI REKAYASA KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2024/2025 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Bahasa Indonesia |
JJ470117 |
2 |
0 |
2 |
28 |
7 |
31-08-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Lisnawaty Simatupang S.S., M.Hum. |
Mohamad Isram M. Ain S.T., M.Sc. |
|||||||
NIP/NIK. 199112222020122003 |
NIP/NIK. 198903052022031010 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK 1: Mahasiswa mampu menjelaskan sejarah, perkembangan, dan kedudukan bahasa Indonesia serta faktor-faktor yang mempengaruhi statusnya sebagai bahasa persatuan dan identitas nasional. mempengaruhi statusnya sebagai bahasa persatuan dan identitas nasional. CPMK 2: Mahasiswa mampu membedakan ragam bahasa Indonesia dan memilih diksi yang tepat sesuai dengan konteks komunikasi formal dan informal. formal dan informal. CPMK 3: Mahasiswa mampu menganalisis dan menyusun struktur bahasa Indonesia termasuk kata, frasa, klausa, dan kalimat sesuai dengan kaidah tata bahasa yang berlaku CPMK 4: Mahasiswa mampu menulis teks dengan paragraf yang koheren dan menerapkan ejaan serta konjungsi yang sesuai untuk membangun kohesi dan koherensi dalam teks bahasa Indonesia. CPMK 5: Mahasiswa mampu mengidentifikasi, menerapkan, dan membedakan unsur serapan dalam teks bahasa Indonesia CPMK 6: Mahasiswa mampu menganalisis sikap bahasa dalam komunitas bahasa di Indonesia dan merancang strategi untuk mempromosikan pemertahanan bahasa Indonesia di era globalisasi. CPMK 7: Mahasiswa mampu menyusun dan merevisi esai serta artikel ilmiah yang sistematis, logis, dan sesuai dengan pedoman sitasi CPMK 8: Mahasiswa mampu menyusun dan menyampaikan argumen persuasif dalam konteks komunikasi yang mempengaruhi audiens secara efektif. CPMK 9: Mahasiswa mampu berpartisipasi dalam debat dengan menyusun argumen yang logis, kritis, dan konstruktif, serta merespons argumen lawan secara efektif. CPMK 10: Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan prinsip-prinsip sitasi yang benar, serta menghindari plagiasi dalam penulisan akademik dengan menggunakan perangkat lunak pendeteksi plagiasi. |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub-CPMK 1: Mahasiswa mampu mengidentifikasi fase-fase perkembangan bahasa Indonesia mulai dari zaman perumusan hingga era digital. Sub-CPMK 2: Mahasiswa mampu membedakan ragam bahasa baku dan tidak baku serta menerapkannya sesuai dengan tujuan dan audiens dalam komunikasi formal dan informal. Sub-CPMK 3: Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menyusun kalimat yang efektif dengan menggunakan struktur kata, frasa, dan klausa yang benar. Sub-CPMK 4: Mahasiswa mampu menulis paragraf yang koheren, menerapkan ejaan sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI), serta menggunakan konjungsi secara tepat. Sub-CPMK 5: Mahasiswa mampu mengidentifikasi unsur serapan dalam teks dan membedakan antara unsur serapan yang diserap secara utuh dan yang mengalami penyesuaian ejaan. Sub-CPMK 6: Mahasiswa mampu menganalisis sikap bahasa dalam komunitas dan merancang strategi untuk mempromosikan penggunaan bahasa Indonesia secara aktif di masyarakat. Sub-CPMK 7: Mahasiswa mampu menyusun kerangka esai dan artikel ilmiah, menerapkan teknik sitasi yang sesuai, serta merevisi teks untuk meningkatkan kualitas logika dan struktur. Sub-CPMk 8: Mahasiswa mampu menyusun argumen persuasif yang logis dan menyampaikan pesan dengan cara yang mempengaruhi audiens secara efektif. Sub-CPMK 9: Mahasiswa mampu menyusun argumen debat yang logis dan persuasif serta memberikan tanggapan kritis terhadap argumen lawan debat dengan cara yang konstruktif. Sub-CPMK 10: Mahasiswa mampu membuat sitasi yang benar sesuai dengan pedoman, menggunakan perangkat lunak pendeteksi plagiasi, dan menghindari plagiasi dalam karya tulis mereka. |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah Bahasa Indonesia ini dirancang untuk mengembangkan keterampilan berbahasa Indonesia secara efektif dan kompeten di tingkat perguruan tinggi. Fokus utama dari mata kuliah ini adalah pada penguasaan aspek-aspek utama bahasa, seperti tata bahasa, kosakata, dan keterampilan berkomunikasi baik lisan maupun tulisan. Selain itu, mahasiswa akan mempelajari berbagai bentuk teks, termasuk teks akademik, nonakademik, serta teknik penulisan dan analisis kritis. | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Asal-usul bahasa Indonesia, evolusi dari bahasa Melayu, pengaruh sejarah kolonial dan politik terhadap perkembangan bahasa, serta kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan bahasa resmi negara. |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : |
|||||||
Dosen Pengampu |
Lisnawaty Simatupang, |
Mata Kuliah |
Bahasa Indonesia |
|||
Kode Mata Kuliah |
JJ470117 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub-CPMK 1: Mahasiswa mampu mengidentifikasi fase-fase perkembangan bahasa Indonesia mulai dari zaman perumusan hingga era digital. |
|
Kriteria Penilaian: Pedoman Penskoran |
Proses Belajar [1 minggu (2 sks x 50')] : Kuliah dan Diskusi |
1. Fase-fase perkembangan bahasa Indonesia. |
3 |
|||
2 dan 3 | Sub-CPMK 2: Mahasiswa mampu membedakan ragam bahasa baku dan tidak baku serta menerapkannya sesuai dengan tujuan dan audiens dalam komunikasi formal dan informal. |
1. Kemampuan mahasiswa membedakan ragam bahasa baku dan tidak baku dalam berbagai konteks (Tematik: Fokus pada ragam bahasa dan diksi dalam konteks tertentu.). |
Kriteria Penilaian: Pedoman Penskoran |
Proses Belajar [1 minggu (2 sks x 50')] : Kuliah dan Diskusi |
1. Ragam bahasa baku dan tidak baku. |
3 |
|||
2. Ketepatan mahasiswa dalam memilih diksi yang sesuai dengan tujuan dan audiens dalam komunikasi formal dan informal Berpusat pada Mahasiswa: Mengutamakan kebutuhan dan konteks komunikasi mahasiswa). |
|
3 |
|||||||
4 | Sub-CPMK 3: Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menyusun kalimat yang efektif dengan menggunakan struktur kata, frasa, dan klausa yang benar. |
|
Kriteria Penilaian: Pedoman Penskoran |
Proses Belajar [1 minggu (2 sks x 50')] : Kuliah dan Diskusi |
1. Struktur kata, frasa, dan klausa. |
3 |
|||
5 | Sub-CPMK 4: Mahasiswa mampu menulis paragraf yang koheren, menerapkan ejaan sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI), serta menggunakan konjungsi secara tepat. |
|
Kriteria Penilaian: Pedoman Penskoran |
Proses Belajar [1 minggu (2 sks x 50')] : Kuliah dan Diskusi |
1. Penulisan paragraf yang koheren. |
3 |
|||
6 dan 7 | Sub-CPMK 5: Mahasiswa mampu mengidentifikasi unsur serapan dalam teks dan membedakan antara unsur serapan yang diserap secara utuh dan yang mengalami penyesuaian ejaan. |
1. Kemampuan mahasiswa mengidentifikasi unsur serapan dalam teks bahasa Indonesia (Kontekstual: Menghubungkan unsur serapan dengan penggunaannya dalam teks). |
Kriteria Penilaian: Pedoman Penskoran |
Proses Belajar [1 minggu (2 sks x 50')] : Kuliah dan Diskusi |
1. Identifikasi unsur serapan dalam teks. |
3 |
|||
2. Ketepatan mahasiswa dalam menerapkan dan membedakan unsur serapan yang diserap secara utuh dan yang mengalami penyesuaian ejaan (Berpusat pada Mahasiswa: Mengutamakan pemahaman dan aplikasi unsur serapan oleh mahasiswa). |
|
3 |
|||||||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
25 |
|||||||
9 | Sub-CPMK 6: Mahasiswa mampu menganalisis sikap bahasa dalam komunitas dan merancang strategi untuk mempromosikan penggunaan bahasa Indonesia secara aktif di masyarakat. |
|
Kriteria Penilaian: Pedoman Penskoran |
Proses Belajar [1 minggu (2 sks x 50')] : Kuliah dan Diskusi |
1. Sikap bahasa dalam komunitas bahasa di Indonesia. |
5 |
|||
10 | Sub-CPMK 7: Mahasiswa mampu menyusun kerangka esai dan artikel ilmiah, menerapkan teknik sitasi yang sesuai, serta merevisi teks untuk meningkatkan kualitas logika dan struktur. |
|
Kriteria Penilaian: Pedoman Penskoran |
Proses Belajar [1 minggu (2 sks x 50')] : Kuliah dan Diskusi |
1. Penyusunan kerangka esai dan artikel ilmiah. |
3 |
|||
11 | Sub-CPMk 8: Mahasiswa mampu menyusun argumen persuasif yang logis dan menyampaikan pesan dengan cara yang mempengaruhi audiens secara efektif. |
|
Kriteria Penilaian: Pedoman Penskoran |
Proses Belajar [1 minggu (2 sks x 50')] : Kuliah dan Diskusi |
1. Penyusunan argumen persuasif yang logis. |
5 |
|||
12 dan 13 | Sub-CPMK 9: Mahasiswa mampu menyusun argumen debat yang logis dan persuasif serta memberikan tanggapan kritis terhadap argumen lawan debat dengan cara yang konstruktif. |
1. Kemampuan mahasiswa menyusun argumen debat yang logis dan persuasif (Kolaboratif: Mengharuskan diskusi dan kerja sama dalam debat). |
Kriteria Penilaian: Pedoman Penskoran |
Proses Belajar [1 minggu (2 sks x 50')] : Kuliah dan Diskusi |
1. Penyusunan argumen debat yang persuasif. |
3 |
|||
2. Ketepatan mahasiswa dalam memberikan tanggapan kritis dan konstruktif terhadap argumen lawan debat (Interaktif: Melibatkan praktik langsung dalam debat). |
Praktik debat |
|
5 |
||||||
14 dan 15 | Sub-CPMK 10: Mahasiswa mampu membuat sitasi yang benar sesuai dengan pedoman, menggunakan perangkat lunak pendeteksi plagiasi, dan menghindari plagiasi dalam karya tulis mereka. |
1. Kemampuan mahasiswa memahami dan menerapkan prinsip-prinsip sitasi yang benar dalam karya tulis (Efektivitas: Meningkatkan kualitas karya tulis dengan fokus pada sitasi dan orisinalitas). |
Kriteria Penilaian: Pedoman Penskoran |
Proses Belajar [1 minggu (2 sks x 50')] : Kuliah dan Diskusi |
1. Prinsip-prinsip sitasi yang benar. |
3 |
|||
2. Ketepatan mahasiswa dalam menggunakan perangkat lunak pendeteksi plagiasi dan menghindari plagiasi dalam karya tulis mereka (Kontekstual: Menerapkan prinsip-prinsip sitasi dan plagiasi dalam konteks akademik yang relevan). |
Praktik menyusun sitasi |
|
5 |
||||||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
25 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Lisnawaty Simatupang lahir di Dairi pada tanggal Jabatan fungsional Asisten Ahli Jurusan PERHOTELAN Program Studi Pengelolaan Perhotelan |
|