.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:ihsan@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@April 8, 2025, 6:16 pm Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK ELEKTRONIKA |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2024/2025 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Gambar Teknik |
TE110922 |
0 |
2 |
2 |
56 |
1 |
01-09-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Ihsan S.Kom., M.T. |
Qory Hidayati S.T., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 199008272019031011 |
NIP/NIK. 198611142019032014 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-1) Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukan sikap religius (S-8) Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-3) Menguasai pengetahuan tentang perangkat pemrograman, simulasi dan penggunaan teknologi informasi untuk rekayasa dan penyelesaian pekerjaan bidang instrumentasi dan sistem kendali (P-6) Menguasai pengetahuan tentang tata cara komunikasi dengan pihak lain dengan memperhatikan etika komunikasi |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur (KU-4) Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan (KU-8) Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untukmenjaminkesahihan dan mencegah plagiasi pekerjaan pada bidang instrumentasi dan sistema kendali yang berada dibawah tanggungjawabnya, dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-7) Mampu melaksanakan perancangan/membuat rancangan baru, menguji dan memodifikasi rangkaian elektronika |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK-1 : Mahasiswa mampu memahami teori dasar gambar teknik CPMK-2 : Mahasiswa mampu memahami teknik dasar gambar teknik CPMK-3: Mahasiswa mampu menggambar rangkaian elektronika |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub- CPMK 1 : Pengantar Teknik dan Kontrak Kuliah [S1, P3, P6] Sub-CPMK 2: Identifikasi fungsi gambar dan standarisasi , alat dan penggunaannya [S1, P3, P6, KU 2] Sub- CPMK 3 : Identifikasi Huruf, Garis dan Konstruktif Geometris [S1,P3, P6, KU2] Sub-CPMK 4 : Identifikasi Proyeksi Pictorical dan mengubah bentuk gambar Pictorical [S1, P3, P6, KU 2] Sub-CPMK5 : Menggambar dengan aplikasi : Studi Kasus [KU 2, KU4, KU8] |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Matematika Teknik I mempelajari teknik menggambar manual dan komputer. mata kuliah ini mencakup konsep dasar gambar teknik, menggambar dasar, layout, wiring/komponen, penerapan aturan gambar teknik, simbol keteknikan, gambar pictorical, gambar kelistrikan (instalasi, kontrol dan robotika) emnginterpretasikan gambar sehingga mampu membaca mengerti dan mempresentasikan gambar teknik dan elektrik dengan stanar IEC, analisa tahapan troibleshooting dan cara penanganannya. | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Pengantar gambar teknik |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: Mismail, B. (2011). Dasar Teknik Elektro Jilid 1: Rangkaian Listrik. Indonesia: Universitas Brawijaya Press. Instalasi Listrik Industri. (n.d.). (n.p.): UNY Press. |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : |
|||||||
Dosen Pengampu |
Danar Retno Sari, |
Mata Kuliah |
Gambar Teknik |
|||
Kode Mata Kuliah |
TE110922 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub- CPMK 1 : Pengantar Teknik dan Kontrak Kuliah [S1, P3, P6] |
Kontrak Kuliah dan Pengantar Msteri |
Ketepatan dan pemhaman materi |
|
Pengantar Gambar Teknik |
0 |
|||
2 | Sub-CPMK 2: Identifikasi fungsi gambar dan standarisasi , alat dan penggunaannya [S1, P3, P6, KU 2] |
Mahasiswa mampu mengientifikasikan dan memahami menggambar huruf dan garis |
Kriteria: Ketepatan, kesesuaian, keterampilan Bentuk non-tes: Praktikum Karakteristik Pembelajaran : Saintifik, Kolaboratif, dan Berpusat pada mahasiswa |
|
Fungsi Gambar dan Standarisasi |
0 |
|||
3 | Sub-CPMK 2: Identifikasi fungsi gambar dan standarisasi , alat dan penggunaannya [S1, P3, P6, KU 2] |
Mahasiswa mampu mengientifikasikan dan memahami menggambar huruf dan garis |
Kriteria: Ketepatan, kesesuaian, keterampilan Bentuk non-tes: Praktikum Karakteristik Pembelajaran : Saintifik, Kolaboratif, dan Berpusat pada mahasiswa |
|
Fungsi Gambar dan Standarisasi |
0 |
|||
4 | Sub-CPMK 2: Identifikasi fungsi gambar dan standarisasi , alat dan penggunaannya [S1, P3, P6, KU 2] |
Mahasiswa mampu mengientifikasikan dan memahami alat dan penggunaannya |
Kriteria: Ketepatan, kesesuaian, keterampilan Bentuk non-tes: Praktikum Karakteristik Pembelajaran : Saintifik, Kolaboratif, dan Berpusat pada mahasiswa |
|
Alat dan penggunaannya A |
0 |
|||
5 | Sub- CPMK 3 : Identifikasi Huruf, Garis dan Konstruktif Geometris [S1,P3, P6, KU2] |
Mahasiswa mampu mengientifikasikan dan memahami huruf dan garis |
Kriteria: Ketepatan, kesesuaian, keterampilan Bentuk non-tes: Praktikum Karakteristik Pembelajaran : Saintifik, Kolaboratif, dan Berpusat pada mahasiswa |
|
Huruf Macam-macam garis |
0 |
|||
6 | Sub-CPMK 4 : Identifikasi Proyeksi Pictorical dan mengubah bentuk gambar Pictorical [S1, P3, P6, KU 2] |
mahasiswa mampu memahami konsep proyeksi pictorical dan mengubah bentuk gambar pictorical |
Kriteria: Ketepatan, kesesuaian, keterampilan Bentuk non-tes: Praktikum Karakteristik Pembelajaran : Saintifik, Kolaboratif, dan Berpusat pada mahasiswa |
|
gambar pictorical |
0 |
|||
7 | Sub-CPMK 4 : Identifikasi Proyeksi Pictorical dan mengubah bentuk gambar Pictorical [S1, P3, P6, KU 2] |
mahasiswa mampu memahami konsep proyeksi pictorical dan mengubah bentuk gambar pictorical |
Kriteria: Ketepatan, kesesuaian, keterampilan Bentuk non-tes: Praktikum Karakteristik Pembelajaran : Saintifik, Kolaboratif, dan Berpusat pada mahasiswa |
|
gambar pictorical |
0 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
0 |
|||||||
9, 10 | Sub-CPMK5 : Menggambar dengan aplikasi : Studi Kasus [KU 2, KU4, KU8] |
Mahasiswa mampu memahai ketentuan tata cara menggambar emergency Lamp |
Kriteria: Ketepatan Bentuk non-tes: 1. Praktikum 2. Laporan proyek Karakteristik Pembelajaran : Saintifik, Kolaboratif, dan Berpusat pada mahasiswa |
1. Discovery Learning [TM: 1 mg x (2 sks x50")] Tugas-12: Menyusun, Menulis, Merancang, Membuat laporan, Melakukan proyek, Melakukan studi kasus [P: 1 mg x (2 sks x60")] Metode Pembelajaran : |
Gambar Teknik dengan AutoCAD |
0 |
|||
Sub-CPMK5 : Menggambar dengan aplikasi : Studi Kasus [KU 2, KU4, KU8] |
Mahasiswa mampu menggambar dan menjelaskan rangkaian emergency Lamp menggunakan aplikasi menggabar |
Kriteria: Ketepatan Bentuk non-tes: 1. Praktikum 2. Laporan proyek Karakteristik Pembelajaran : Saintifik, Kolaboratif, dan Berpusat pada mahasiswa |
1. Discovery Learning [TM: 1 mg x (2 sks x50")] Tugas-12: Menyusun, Menulis, Merancang, Membuat laporan, Melakukan proyek, Melakukan studi kasus [P: 1 mg x (2 sks x60")] Metode Pembelajaran : |
Gambar Teknik dengan AutoCAD |
0 |
||||
11, 12 | Sub-CPMK5 : Menggambar dengan aplikasi : Studi Kasus [KU 2, KU4, KU8] |
Mahasiswa mampu memahai ketentuan tata cara menggambar Instalasi listrik bangunan |
Kriteria: Ketepatan Bentuk non-tes: 1. Praktikum 2. Laporan proyek Karakteristik Pembelajaran : Saintifik, Kolaboratif, dan Berpusat pada mahasiswa |
1. Discovery Learning [TM: 1 mg x (2 sks x50")] Tugas-12: Menyusun, Menulis, Merancang, Membuat laporan, Melakukan proyek, Melakukan studi kasus [P: 1 mg x (2 sks x60")] Metode Pembelajaran : |
Gambar teknik dengan AutoCad |
0 |
|||
Sub-CPMK5 : Menggambar dengan aplikasi : Studi Kasus [KU 2, KU4, KU8] |
Mahasiswa mampu menggambar dan menjelaskan rangkaian instalasi listrik bangunan menggunakan aplikasi menggabar |
Kriteria: Ketepatan Bentuk non-tes: 1. Praktikum 2. Laporan proyek Karakteristik Pembelajaran : Saintifik, Kolaboratif, dan Berpusat pada mahasiswa |
1. Discovery Learning [TM: 1 mg x (2 sks x50")] Tugas-12: Menyusun, Menulis, Merancang, Membuat laporan, Melakukan proyek, Melakukan studi kasus [P: 1 mg x (2 sks x60")] Metode Pembelajaran : |
Gambar teknik dengan AutoCad |
0 |
||||
13, 14 | Sub-CPMK5 : Menggambar dengan aplikasi : Studi Kasus [KU 2, KU4, KU8] |
Mahasiswa mampu memahai ketentuan tata cara menggambar teknik dengan kasus yang ditentukan kelompok |
Kriteria: Ketepatan Bentuk non-tes: 1. Praktikum 2. Laporan proyek Karakteristik Pembelajaran : Saintifik, Kolaboratif, dan Berpusat pada mahasiswa |
1. Discovery Learning [TM: 1 mg x (2 sks x50")] Tugas-12: Menyusun, Menulis, Merancang, Membuat laporan, Melakukan proyek, Melakukan studi kasus [P: 1 mg x (2 sks x60")] Metode Pembelajaran : |
Gambar Teknik AutoCAD |
0 |
|||
Sub-CPMK5 : Menggambar dengan aplikasi : Studi Kasus [KU 2, KU4, KU8] |
Mahasiswa mampu menggambar dan menjelaskan gambar yang dibuat |
Kriteria: Ketepatan Bentuk non-tes: 1. Praktikum 2. Laporan proyek Karakteristik Pembelajaran : Saintifik, Kolaboratif, dan Berpusat pada mahasiswa |
1. Discovery Learning [TM: 1 mg x (2 sks x50")] Tugas-12: Menyusun, Menulis, Merancang, Membuat laporan, Melakukan proyek, Melakukan studi kasus [P: 1 mg x (2 sks x60")] Metode Pembelajaran : |
Gambar Teknik dengan AutoCAD |
0 |
||||
15 | Sub-CPMK5 : Menggambar dengan aplikasi : Studi Kasus [KU 2, KU4, KU8] |
Mahasiswa dapat menjelaskan dan mempresentasikan hasil rancangan gambar dan teknik menggambar menggunakan aplikasi |
Kriteria: Ketepatan Bentuk non-tes: 1. Praktikum 2. Laporan proyek Karakteristik Pembelajaran : Saintifik, Kolaboratif, dan Berpusat pada mahasiswa |
1. Discovery Learning [TM: 1 mg x (2 sks x50")] Tugas-12: Menyusun, Menulis, Merancang, Membuat laporan, Melakukan proyek, Melakukan studi kasus [P: 1 mg x (2 sks x60")] Metode Pembelajaran : |
Presentasi |
0 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
0 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Ihsan lahir di Samboja pada tanggal Jabatan fungsional Asisten Ahli Jurusan TEKNIK ELEKTRO Program Studi Teknik Elektronika |
|