.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:mariatul.kiptiah@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 12, 2025, 3:56 pm Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK SIPIL |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2024/2025 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Hidrologi |
TS230922 |
2 |
0 |
2 |
28 |
3 |
01-09-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Mariatul Kiptiah S.T., M.Eng. |
Ezra Hartarto Pongtuluran S.T., M.Eng. |
|||||||
NIP/NIK. 199008172019032031 |
NIP/NIK. 199110232019031013 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-5) Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (S-8) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-2) Menguasai prinsip pengujian dan pengukuran komponen bangunan sipil sesuai codes dan standar (P-6) Menguasai pengetahuan teknik berkomunikasi (lisan, laporan teknis, dan grafis) |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-2) Mampu mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah pelaksanaan bangunan sipil yang terdefinisi secara jelas, dengan menganalisis data, memanfaatkan standar dan pedoman teknis, serta mampu memilih metode penyelesaian yang tepat dengan memperhatikan aspek kesehatan, keselamatan publik , lingkungan (SMK3L),aspek hukum dan ekonomi |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK 1: Mampu Merencanakan debit rancangan pada suatu wilayah (CPL-KK3)) |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub CP-MK 1: Mampu menjelaskan siklus hidrologi [C3, A4] Sub CP-MK 2: Mampu mengnalisis data hujan [C3, A4] Sub CP-MK 3: Mampu menghitungan Limpasan (Surface Run Off) [C3, A4] Sub CP-MK 4: Mampu menjelaskan pengukuran hidrometri [C3, A4] Sub CP-MK 5: Mampu menganalisis analisis frekuensi [C3, A4] Sub CP-MK 6: Mampu menghitung hujan rencana [C3, A4] |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Hidrologi mempelajari ilmu yang berkaitan dengan air dibumi, baik mengenai terjadinya, peredaran dan penyebarannya, sifat-sifat dan hubungan dengan lingkungannya terutama dengan makhluk hidup | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Siklus Hidrologi, Hidrometri, Statistik Hidrologi, Analisis Hidrologi, Hujan Rencana |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : |
|||||||
Dosen Pengampu |
Mariatul Kiptiah, |
Mata Kuliah |
Hidrologi |
|||
Kode Mata Kuliah |
TS230922 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub CP-MK 1: Mampu menjelaskan siklus hidrologi [C3, A4] |
Ketepatan dalam menjelaskan siklus hidrologi |
Kriteria: Rubrik (Pedoman Penskoran)
Teknik: Soal Esay |
Metode Pembelajaran: 1. Ceramah 2. Diskusi 3. Tugas Tugasdengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca RPS dan Materi Pendahuluan yang diupload BLP) TM : 2 x 50 menit (pemaparan RPS dan pemaparan materi) BT : 2 x 60 menit (Mengerjakan soal latihan) |
Pustaka [1] |
2 |
|||
2 | Sub CP-MK 2: Mampu mengnalisis data hujan [C3, A4] |
Ketepatan dalam menganalisis data hujan |
Kriteria: Rubrik (Pedoman Penskoran) Teknik: Soal Esay |
Metode Pembelajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca RPS dan Materi Pendahuluan yang diupload BLP) TM : 2 x 50 menit (pemaparan RPS dan pemaparan materi) BT : 2 x 60 menit (Mengerjakan soal latihan) |
Tipe hujan Parameter hujan Pengukuran hujan Pustaka [1], [2], [3] |
2 |
|||
3 | Sub CP-MK 2: Mampu mengnalisis data hujan [C3, A4] |
Ketepatan dalam menjelaskan proses terjadinya penguapan dalam analisis data hujan |
Kriteria: Rubrik (Pedoman Penskoran) Teknik: Soal Esay |
Metode Pembelajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca RPS dan Materi Pendahuluan yang diupload BLP) TM : 2 x 50 menit (pemaparan RPS dan pemaparan materi) BT : 2 x 60 menit (Mengerjakan soal latihan) |
Tipe penguapan Parameter penguapan Pengukuran penguapan
Pustaka [1], [2], [3] |
2 |
|||
4 | Sub CP-MK 3: Mampu menghitungan Limpasan (Surface Run Off) [C3, A4] |
Ketepatan dalam menjelaskan siklus hidrolog yang berkaitan dengan infiltrasi |
Kriteria: Rubrik (Pedoman Penskoran)
Teknik: Soal Esay |
Metode Pembelajaran: 1. Ceramah 2. Diskusi 3. Tugas Tugasdengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca RPS dan Materi Pendahuluan yang diupload BLP) TM : 2 x 50 menit (pemaparan RPS dan pemaparan materi) BT : 2 x 60 menit (Mengerjakan soal latihan) |
- Analisis siklus hidrolog yang berkaitan dengan infiltrasi [1], [2], [3] |
4 |
|||
5 | Sub CP-MK 3: Mampu menghitungan Limpasan (Surface Run Off) [C3, A4] |
Ketepatan dalam menjelaskan proses dan menghitung besar limpasan |
Kriteria: Rubrik (Pedoman Penskoran) Teknik: Soal Esay |
Metode Pembelajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca RPS dan Materi Pendahuluan yang diupload BLP) TM : 2 x 50 menit (pemaparan RPS dan pemaparan materi) BT : 2 x 60 menit (Mengerjakan soal latihan) |
[1], [2], [3] |
5 |
|||
6 | Sub CP-MK 3: Mampu menghitungan Limpasan (Surface Run Off) [C3, A4] |
Ketepatan dalam menjelaskan dan menghitung hidrograf satuan |
Kriteria: Rubrik (Pedoman Penskoran) Teknik: Soal Esay |
Metode Pembelajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca RPS dan Materi Pendahuluan yang diupload BLP) TM : 2 x 50 menit (pemaparan RPS dan pemaparan materi) BT : 2 x 60 menit (Mengerjakan soal latihan) |
[4], [5], [6] |
5 |
|||
7 | Sub CP-MK 4: Mampu menjelaskan pengukuran hidrometri [C3, A4] |
Ketepatan dalam menjelaskan konsep dan perhitungan hidrometri |
Kriteria: Rubrik (Pedoman Penskoran) Teknik: Soal Esay |
Metode Pembelajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca RPS dan Materi Pendahuluan yang diupload BLP) TM : 2 x 50 menit (pemaparan RPS dan pemaparan materi) BT : 2 x 60 menit (Mengerjakan soal latihan) |
[4], [5], [6] |
5 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9 | Sub CP-MK 5: Mampu menganalisis analisis frekuensi [C3, A4] |
Ketepatan menejelaskan analisis frekuensi dalam hidrologi |
Kriteria: Rubrik (Pedoman Penskoran) Teknik: Soal Esay |
Metode Pembelajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca RPS dan Materi Pendahuluan yang diupload BLP) TM : 2 x 50 menit (pemaparan RPS dan pemaparan materi) BT : 2 x 60 menit (Mengerjakan soal latihan) |
Pengantar Analisis Frekuensi [4], [5], [6] |
5 |
|||
10 | Sub CP-MK 5: Mampu menganalisis analisis frekuensi [C3, A4] |
Ketepatan dalam menyelesaikan perhitungan distribusi probobalitas |
Kriteria: Rubrik (Pedoman Penskoran) Teknik: Soal Esay |
Metode Pembelajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca RPS dan Materi Pendahuluan yang diupload BLP) TM : 2 x 50 menit (pemaparan RPS dan pemaparan materi) BT : 2 x 60 menit (Mengerjakan soal latihan) |
Distribusi Probabilitas [4], [5], [6] |
5 |
|||
11 | Sub CP-MK 5: Mampu menganalisis analisis frekuensi [C3, A4] |
Ketepatan dalam menghitung analisis frekuensi |
Kriteria: Rubrik (Pedoman Penskoran) Teknik: Soal Esay |
Metode Pembelajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca RPS dan Materi Pendahuluan yang diupload BLP) TM : 2 x 50 menit (pemaparan RPS dan pemaparan materi) BT : 2 x 60 menit (Mengerjakan soal latihan) |
Pengujian distribusi [4], [5], [6] |
5 |
|||
12 | Sub CP-MK 6: Mampu menghitung hujan rencana [C3, A4] |
Ketepatan dalam menghitung IDF dan menghitung hujan rencana dengan metode mononobe |
Kriteria: Rubrik (Pedoman Penskoran) Teknik: Soal Esay |
Metode Pembelajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca RPS dan Materi Pendahuluan yang diupload BLP) TM : 2 x 50 menit (pemaparan RPS dan pemaparan materi) BT : 2 x 60 menit (Mengerjakan soal latihan) |
[4], [5], [6] |
5 |
|||
13 | Sub CP-MK 6: Mampu menghitung hujan rencana [C3, A4] |
Ketepatan dalam menghitung waktu pengaliran |
Kriteria: Rubrik (Pedoman Penskoran) Teknik: Soal Esay |
Metode Pembelajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca RPS dan Materi Pendahuluan yang diupload BLP) TM : 2 x 50 menit (pemaparan RPS dan pemaparan materi) BT : 2 x 60 menit (Mengerjakan soal latihan) |
waktu pengaliran pada suatu wilayah [4], [5], [6] |
5 |
|||
14 | Sub CP-MK 6: Mampu menghitung hujan rencana [C3, A4] |
Ketepatan dalam menjelaskan dan menghitung koefesien pengaliran dalam suatu wilayah |
Kriteria: Rubrik (Pedoman Penskoran) Teknik: Soal Esay |
Metode Pembelajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca RPS dan Materi Pendahuluan yang diupload BLP) TM : 2 x 50 menit (pemaparan RPS dan pemaparan materi) BT : 2 x 60 menit (Mengerjakan soal latihan) |
Koefesien pengaliran dalam suatu wilayah [4], [5], [6] |
5 |
|||
15 | Sub CP-MK 6: Mampu menghitung hujan rencana [C3, A4] |
Ketepatan dalam menjelaskan dan menghitung debit rumah tangga dan debit rencana pada suatu wilayah |
Kriteria: Rubrik (Pedoman Penskoran) Teknik: Soal Esay |
Metode Pembelajaran:
dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca RPS dan Materi Pendahuluan yang diupload BLP) TM : 2 x 50 menit (pemaparan RPS dan pemaparan materi) BT : 2 x 60 menit (Mengerjakan soal latihan) |
Debit rumah tangga dan debit rencana pada suatu wilayah [4], [5], [6] |
5 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
20 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Mariatul Kiptiah lahir di Palangka Raya pada tanggal 17-08-1990 Jabatan fungsional Asisten Ahli Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknik Sipil |
|