.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:hadiyanto@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 11:13 pm Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNOLOGI LISTRIK |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2024/2025 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Workshop Sertifikasi Profesi |
TL350222 |
0 |
4 |
4 |
28 |
5 |
11-09-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Hadiyanto S.T., M. Eng. |
Hadiyanto S.T., M. Eng. |
|||||||
NIP/NIK. 198007082014041001 |
NIP/NIK. 198007082014041001 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-1) bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (S-7) taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S-8) menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-4) Menguasai pengetahuan tentang IEC pada bidang instrumentasi dan sistem kendali (P-8) Menguasai pengetahuan tentang SOP perbengkelan, aktivitas laboratorium dan K3. |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-7) Mampu mengikuti perkembangan teknik dan teknologi isu terkini yang terkait di bidang kelistrikan. |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CP-MK1: Mengimplementasikan bidang-bidang sertifikasi ketenagalistrikan CP-MK2: Menentukan alat dan bahan yang digunakan dalam bidang-bidang sertifikasi ketenagalistrikan CP-MK3: Membuat atau mendesain singel line diagram/diagram blok dari bidang-bidang sertifikasi ketenagalistrikan CP-MK4: Melaksanakan sertifikasi profesi sesuai bidang ketenagalistrikan |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub-CPMK1: Mampu menerapkan sertifikasi kompetensi profesi pada bidang-bidang ketenagalistrikan Sub-CPMK2: Mampu mempersiapkan alat dan bahan yang akan digunakan pada sertifikasi kompetensi profesi pada bidang-bidang ketenagalistrikan Sub-CPMK3: Mampu mendesain single line diagram serta diagram blok pada sertifikasi kompetensi profesi pada bidang-bidang ketenagalistrikan Sub-CPMK4: Mampu melaksanakan tahapan kegiatan sertifikasi kompetensi profesi pada bidang-bidang ketenagalistrikan |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Workshop Sertifikasi Profesi mempelajari tentang implementasi sertifikasi kompetensi ketenagalistrikan dari bidang pembangkitan, transmisi, distribusi dan pemanfataan instalasi listrik | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Konsep implementasi sertifikasi ketenagalistrikan |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : |
|||||||
Dosen Pengampu |
Hadiyanto, |
Mata Kuliah |
Workshop Sertifikasi Profesi |
|||
Kode Mata Kuliah |
TL350222 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub-CPMK1: Mampu menerapkan sertifikasi kompetensi profesi pada bidang-bidang ketenagalistrikan |
Mahasiswa mampu menentukan bidang ketenagalistrikan yang akan diambil sebagai sertifikasi kompetensi profesi |
Kriteria: Pedoman penskoran (marking scheme) Bentuk Penilaian: Tugas mandiri dan kelompok, serta presentasi |
Metode Pembelajaran: kegiatan luring, berpusat pada mahasiswa, case method dan project based learning Estimasi waktu; 2 x 170' |
Menjelaskan RPS workshop sertifikasi profesi dan kontrak perkuliahan
|
1 |
|||
2 | Sub-CPMK1: Mampu menerapkan sertifikasi kompetensi profesi pada bidang-bidang ketenagalistrikan |
Mahasiswa mampu menentukan bidang ketenagalistrikan yang akan diambil sebagai sertifikasi kompetensi profesi |
Kriteria: Pedoman penskoran (marking scheme) Bentuk Penilaian: Tugas mandiri dan kelompok, serta presentasi |
Metode Pembelajaran: kegiatan luring, berpusat pada mahasiswa, case method dan project based learning Estimasi waktu; 2 x 170' |
Bidang-bidang Ketenagalistrikan yang ada pada sertifikasi kompetensi profesi
|
2 |
|||
3 | Sub-CPMK2: Mampu mempersiapkan alat dan bahan yang akan digunakan pada sertifikasi kompetensi profesi pada bidang-bidang ketenagalistrikan |
Mahasiswa mampu menentukan bidang ketenagalistrikan yang akan diambil sebagai sertifikasi kompetensi profesi |
Kriteria: Pedoman penskoran (marking scheme) Bentuk Penilaian: Tugas mandiri dan kelompok, serta presentasi |
Metode Pembelajaran: kegiatan luring, berpusat pada mahasiswa, case method dan project based learning Estimasi waktu; 2 x 170' |
Bidang-bidang Ketenagalistrikan yang ada pada sertifikasi kompetensi profesi
|
2 |
|||
4 | Sub-CPMK2: Mampu mempersiapkan alat dan bahan yang akan digunakan pada sertifikasi kompetensi profesi pada bidang-bidang ketenagalistrikan |
Mahasiswa dapat mempersiapkan kebutuhan alat dan bahan dalam proses sertifikasi kompetensi profesi pada bidang-bidang ketenagalistrikan |
Kriteria: Pedoman penskoran (marking scheme) Bentuk Penilaian: Tugas mandiri dan kelompok, serta presentasi |
Metode Pembelajaran: kegiatan luring, berpusat pada mahasiswa, case method dan project based learning Estimasi waktu; 2 x 170' |
Inventaris kebutuhan alat dan bahan sertifikasi kompetensi profesi pada bidang-bidang ketenagalistrikan
|
2 |
|||
5 | Sub-CPMK2: Mampu mempersiapkan alat dan bahan yang akan digunakan pada sertifikasi kompetensi profesi pada bidang-bidang ketenagalistrikan |
Mahasiswa dapat mempersiapkan kebutuhan alat dan bahan dalam proses sertifikasi kompetensi profesi pada bidang-bidang ketenagalistrikan |
Kriteria: Pedoman penskoran (marking scheme) Bentuk Penilaian: Tugas mandiri dan kelompok, serta presentasi |
Metode Pembelajaran: kegiatan luring, berpusat pada mahasiswa, case method dan project based learning Estimasi waktu; 2 x 170' |
Inventaris kebutuhan alat dan bahan sertifikasi kompetensi profesi pada bidang-bidang ketenagalistrikan
|
3 |
|||
6 | Sub-CPMK3: Mampu mendesain single line diagram serta diagram blok pada sertifikasi kompetensi profesi pada bidang-bidang ketenagalistrikan |
Mahasiwa mampu membuat diagram satu garis dan blok diagram pada sertifkasi kompetensi profesi di bidang-bidang ketenagalistrikan |
Kriteria: Pedoman penskoran (marking scheme) Bentuk Penilaian: Tugas mandiri dan kelompok, serta presentasi |
Metode Pembelajaran: kegiatan luring, berpusat pada mahasiswa, case method dan project based learning Estimasi waktu; 2 x 170' |
Model Single Diagra dan Gambar Kerja Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi Profesi pada Bidang-Bidang Ketenagalistrikan
|
2 |
|||
7 | Sub-CPMK3: Mampu mendesain single line diagram serta diagram blok pada sertifikasi kompetensi profesi pada bidang-bidang ketenagalistrikan |
Mahasiwa mampu membuat diagram satu garis dan blok diagram pada sertifkasi kompetensi profesi di bidang-bidang ketenagalistrikan |
Kriteria: Pedoman penskoran (marking scheme) Bentuk Penilaian: Tugas mandiri dan kelompok, serta presentasi |
Metode Pembelajaran: kegiatan luring, berpusat pada mahasiswa, case method dan project based learning Estimasi waktu; 2 x 170' |
Model Single Diagra dan Gambar Kerja Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi Profesi pada Bidang-Bidang Ketenagalistrikan
|
3 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
25 |
|||||||
9 | Sub-CPMK4: Mampu melaksanakan tahapan kegiatan sertifikasi kompetensi profesi pada bidang-bidang ketenagalistrikan |
Mahasiswa sudah dapat melaksanakan tahapan kegiatan sertifikasi kompetensi profesi pada bidang-bidang ketenagalistrikan |
Kriteria: Pedoman penskoran (marking scheme) Bentuk Penilaian: Tugas mandiri dan kelompok, serta presentasi |
Metode Pembelajaran: kegiatan luring, berpusat pada mahasiswa, case method dan project based learning Estimasi waktu; 2 x 170' |
Pembagian tugas pelaksanaan sertifikasi kompetensi profesi pada bidang-bidang ketenagalistrikan
|
5 |
|||
10 | Sub-CPMK4: Mampu melaksanakan tahapan kegiatan sertifikasi kompetensi profesi pada bidang-bidang ketenagalistrikan |
Mahasiswa sudah dapat melaksanakan tahapan kegiatan sertifikasi kompetensi profesi pada bidang-bidang ketenagalistrikan |
Kriteria: Pedoman penskoran (marking scheme) Bentuk Penilaian: Tugas mandiri dan kelompok, serta presentasi |
Metode Pembelajaran: kegiatan luring, berpusat pada mahasiswa, case method dan project based learning Estimasi waktu; 2 x 170' |
Pembagian tugas pelaksanaan sertifikasi kompetensi profesi pada bidang-bidang ketenagalistrikan
|
5 |
|||
11 | Sub-CPMK4: Mampu melaksanakan tahapan kegiatan sertifikasi kompetensi profesi pada bidang-bidang ketenagalistrikan |
Mahasiswa sudah dapat melaksanakan tahapan kegiatan sertifikasi kompetensi profesi pada bidang-bidang ketenagalistrikan |
Kriteria: Pedoman penskoran (marking scheme) Bentuk Penilaian: Tugas mandiri dan kelompok, serta presentasi |
Metode Pembelajaran: kegiatan luring, berpusat pada mahasiswa, case method dan project based learning Estimasi waktu; 2 x 170' |
Pembagian tugas pelaksanaan sertifikasi kompetensi profesi pada bidang-bidang ketenagalistrikan
|
5 |
|||
12 | Sub-CPMK4: Mampu melaksanakan tahapan kegiatan sertifikasi kompetensi profesi pada bidang-bidang ketenagalistrikan |
Mahasiswa sudah dapat melaksanakan tahapan kegiatan sertifikasi kompetensi profesi pada bidang-bidang ketenagalistrikan |
Kriteria: Pedoman penskoran (marking scheme) Bentuk Penilaian: Tugas mandiri dan kelompok, serta presentasi |
Metode Pembelajaran: kegiatan luring, berpusat pada mahasiswa, case method dan project based learning Estimasi waktu; 2 x 170' |
Pembagian tugas pelaksanaan sertifikasi kompetensi profesi pada bidang-bidang ketenagalistrikan
|
5 |
|||
13 | Sub-CPMK4: Mampu melaksanakan tahapan kegiatan sertifikasi kompetensi profesi pada bidang-bidang ketenagalistrikan |
Mahasiswa sudah dapat melaksanakan tahapan kegiatan sertifikasi kompetensi profesi pada bidang-bidang ketenagalistrikan |
Kriteria: Pedoman penskoran (marking scheme) Bentuk Penilaian: Tugas mandiri dan kelompok, serta presentasi |
Metode Pembelajaran: kegiatan luring, berpusat pada mahasiswa, case method dan project based learning Estimasi waktu; 2 x 170' |
Pembagian tugas pelaksanaan sertifikasi kompetensi profesi pada bidang-bidang ketenagalistrikan
|
5 |
|||
14 | Sub-CPMK4: Mampu melaksanakan tahapan kegiatan sertifikasi kompetensi profesi pada bidang-bidang ketenagalistrikan |
Mahasiswa sudah dapat melaksanakan tahapan kegiatan sertifikasi kompetensi profesi pada bidang-bidang ketenagalistrikan |
Kriteria: Pedoman penskoran (marking scheme) Bentuk Penilaian: Tugas mandiri dan kelompok, serta presentasi |
Metode Pembelajaran: kegiatan luring, berpusat pada mahasiswa, case method dan project based learning Estimasi waktu; 2 x 170' |
Pembagian tugas pelaksanaan sertifikasi kompetensi profesi pada bidang-bidang ketenagalistrikan
|
5 |
|||
15 | Sub-CPMK4: Mampu melaksanakan tahapan kegiatan sertifikasi kompetensi profesi pada bidang-bidang ketenagalistrikan |
Mahasiswa sudah dapat melaksanakan tahapan kegiatan sertifikasi kompetensi profesi pada bidang-bidang ketenagalistrikan |
Kriteria: Pedoman penskoran (marking scheme) Bentuk Penilaian: Tugas mandiri dan kelompok, serta presentasi |
Metode Pembelajaran: kegiatan luring, berpusat pada mahasiswa, case method dan project based learning Estimasi waktu; 2 x 170' |
Pembagian tugas pelaksanaan sertifikasi kompetensi profesi pada bidang-bidang ketenagalistrikan
|
5 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
25 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Hadiyanto lahir di Samarinda pada tanggal Jabatan fungsional Lektor Jurusan TEKNIK ELEKTRO Program Studi Teknologi Listrik |
|