.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:rahmat.bangun@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 3:43 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNOLOGI REKAYASA KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2024/2025 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Hidrolika |
JJ110922 |
2 |
0 |
2 |
28 |
1 |
23-09-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Rahmat Bangun Giarto S.T., M.Eng. |
Mohamad Isram M. Ain S.T., M.Sc. |
|||||||
NIP/NIK. 199109132019031016 |
NIP/NIK. 198903052022031010 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-1) Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (S-3) Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa serta turut menjaga perdamaian dunia (S-5) Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (S-6) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (S-8) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S-9) Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik (S-10) Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-2) Menguasai prinsip dan teknik perancangan rekayasa meliputi ilmu bahan, mekanika (mekanika teknik, mekanika tanah, mekanika fluida), sistem transportasi darat, hidrologi, rekayas geoteknik, rekayasa jalan, rekayasa struktur jembatan, rekayasa konstruksi, dan rekayas lingkungan jalan |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menerapkan pemikian logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakuka pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan (KU-2) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur (KU-8) Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-10) Mampu memanfaatkan teknologi (piranti lunak untuk perancangan dan alat bantu konstruksi) dalam melaksanakan pekerjaan bangunan jalan dan jembatan |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mampu mendesain saluran terbuka dan saluran tertutup dengan sistematis, baik dan benar (CPLKK3) |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Mampu menjelaskan peran hidraulika dan mengidentifikasi sifat - sifat fluida [C1. A2, P2] Mampu menganalisis jenis - jenis aliran dan kecepatan aliran [C1. A2, P2] Mampu menganalisis jenis-jenis aliran Berubah Beraturan Lambat Laun (ABLL) [C1. A2, P2] Mampu menganalisis jenis aliran Berubah Beraturan Tiba-Tiba (ABTT) [C1. A2, P2] Mampu mengetahui hidrometri dan alat ukur [C1. A2, P2] Mampu melakukan pengukuran metode 1 titik, 2 titik, 3 titik dan analisis data [C1. A2, P2] |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Hidrolika mempelajari saluran terbuka meliputi jenis dan karakteristik aliran, disain profil saluran terbuka, aliran seragam, aliran berubah lambat laun (ABLL)dan aliran berubah tiba-tiba (ABTT). Pada mata kuliah ini juga dibahas pengukuran metode 1 titik, 2 titik, 3 titik dan analisis data pengukruan kecepatan aliran pada saluran terbuka dengan menggunakan alat ukur current meter | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
enis dan karakteristik aliran di saluran terbuka Aliran Seragam Aliran Berubah Beraturan Lambat Laun (ABLL) Aliran Berubah Beraturan Tiba- Tiba (ABTT) Alat Ukur Debit di Saluran Terbuka dan Saluran Tertutup, Mengukur Kecepatan Aliran Pada Aaluran Terbuka |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : |
|||||||
Dosen Pengampu |
Rahmat Bangun Giarto, |
Mata Kuliah |
Hidrolika |
|||
Kode Mata Kuliah |
JJ110922 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Mampu menjelaskan peran hidraulika dan mengidentifikasi sifat - sifat fluida [C1. A2, P2] |
|
Sikap, keaktifan, tes tertulis/lisan |
BM, 2x60menit - Merangkum materi pertemuan
TM, 2 x 50 menit. - Pemaparan materi - Diskusi
Tugas, 2 x 60 menit.
Karateristik pembelajaran : Interaktif, Integratif, Kolaboratif, Berpusat pada mahasiswa
|
Difinisi dan peran hidraulika Pengenalan Mekanika Fluida dan Hidrolika :
1. Bambang Triatmodjo., 2001. Hidraulika I, Beta Offset, Yogyakarta. |
4 |
|||
2 | Mampu menganalisis jenis - jenis aliran dan kecepatan aliran [C1. A2, P2] |
|
Sikap, keaktifan, tes tertulis/lisan |
BM, 2x60menit - Merangkum materi pertemuan TM, 2 x 50 menit. - Pemaparan materi - Diskusi Tugas, 2 x 60 menit. Karateristik pembelajaran : Interaktif, Integratif, Kolaboratif, Berpusat pada mahasiswa |
|
4 |
|||
3 | Mampu menganalisis jenis - jenis aliran dan kecepatan aliran [C1. A2, P2] |
|
Sikap, keaktifan, tes tertulis/lisan |
BM, 2x60menit - Merangkum materi pertemuan TM, 2 x 50 menit. - Pemaparan materi - Diskusi Tugas, 2 x 60 menit. Karateristik pembelajaran : Interaktif, Integratif, Kolaboratif, Berpusat pada mahasiswa |
|
4 |
|||
4 | Mampu menganalisis jenis - jenis aliran dan kecepatan aliran [C1. A2, P2] |
|
Sikap, keaktifan, tes tertulis/lisan |
BM, 2x60menit - Merangkum materi pertemuan TM, 2 x 50 menit. - Pemaparan materi - Diskusi Tugas, 2 x 60 menit. Karateristik pembelajaran : Interaktif, Integratif, Kolaboratif, Berpusat pada mahasiswa |
|
4 |
|||
5 | Mampu menganalisis jenis - jenis aliran, karakteristik aliran dan parameter aliran pada saluran terbuka [C1. A2, P2] |
|
Sikap, keaktifan, tes tertulis/lisan |
BM, 2x60menit - Merangkum materi pertemuan TM, 2 x 50 menit. - Pemaparan materi - Diskusi Tugas, 2 x 60 menit. Karateristik pembelajaran : Interaktif, Integratif, Kolaboratif, Berpusat pada mahasiswa |
1. Distribusi Kecepatan Aliran 2. Distribusi Kecepatan di bagian Saluran 3. Koefisien Distribusi Kecepatan
|
4 |
|||
6 | Mampu menganalisis jenis - jenis aliran dan kecepatan aliran [C1. A2, P2] |
|
Sikap, keaktifan, tes tertulis/lisan |
BM, 2x60menit - Merangkum materi pertemuan TM, 2 x 50 menit. - Pemaparan materi - Diskusi Tugas, 2 x 60 menit. Karateristik pembelajaran : Interaktif, Integratif, Kolaboratif, Berpusat pada mahasiswa |
|
4 |
|||
7 | Mampu menganalisis jenis - jenis aliran dan kecepatan aliran [C1. A2, P2] |
|
Sikap, keaktifan, tugas |
BM, 2x60menit - Merangkum materi pertemuan TM, 2 x 50 menit. - Pemaparan materi - Diskusi Tugas, 2 x 60 menit. Karateristik pembelajaran : Interaktif, Integratif, Kolaboratif, Berpusat pada mahasiswa |
|
4 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9 | Mampu menganalisis jenis-jenis aliran Berubah Beraturan Lambat Laun (ABLL) [C1. A2, P2] |
|
Sikap, keaktifan, tugas |
BM, 2x60menit - Merangkum materi pertemuan TM, 2 x 50 menit. - Pemaparan materi - Diskusi Tugas, 2 x 60 menit. Karateristik pembelajaran : Interaktif, Integratif, Kolaboratif, Berpusat pada mahasiswa |
|
4 |
|||
10 | Mampu menganalisis jenis aliran Berubah Beraturan Tiba-Tiba (ABTT) [C1. A2, P2] |
|
Sikap, keaktifan, tes tertulis/lisan |
BM, 2x60menit - Merangkum materi pertemuan TM, 2 x 50 menit. - Pemaparan materi - Diskusi Tugas, 2 x 60 menit. Karateristik pembelajaran : Interaktif, Integratif |
|
4 |
|||
11 | Mampu mengetahui hidrometri dan alat ukur [C1. A2, P2] |
|
Sikap, keaktifan, tes tertulis/lisan |
BM, 2x60menit - Merangkum materi pertemuan TM, 2 x 50 menit. - Pemaparan materi - Diskusi Tugas, 2 x 60 menit. Karateristik pembelajaran : Interaktif, Integratif, Kolaboratif, Berpusat pada mahasiswa |
|
4 |
|||
12 | Mampu mengetahui hidrometri dan alat ukur [C1. A2, P2] |
|
Sikap, keaktifan, tes tertulis/lisan |
BM, 2x60menit - Merangkum materi pertemuan ke-12 TM, 2 x 50 menit. - Pemaparan materi - Diskusi Tugas, 2 x 60 menit. Karateristik pembelajaran : Interaktif, Integratif, Kolaboratif, Berpusat pada mahasiswa |
|
4 |
|||
13 | Mampu melakukan pengukuran metode 1 titik, 2 titik, 3 titik dan analisis data [C1. A2, P2] |
|
Sikap, keaktifan, tugas |
CBL (Studi Kasus) BM, 2x60menit - Merangkum materi TM, 2 x 50 menit. - Pemaparan materi - Diskusi Tugas, 2 x 60 menit. Karateristik pembelajaran : Kontekstual, efektif, kolaboratif |
|
5 |
|||
14 | Mampu melakukan pengukuran metode 1 titik, 2 titik, 3 titik dan analisis data [C1. A2, P2] |
|
Sikap, keaktifan, dan tugas |
CBL (Studi Kasus) BM, 2x60menit - Merangkum materi TM, 2 x 50 menit. - Pemaparan materi - Diskusi Tugas, 2 x 60 menit. Karateristik pembelajaran : Kontekstual, efektif, kolaboratif |
|
5 |
|||
15 | Mampu melakukan pengukuran metode 1 titik, 2 titik, 3 titik dan analisis data [C1. A2, P2] |
|
Menginterpretasikan pengukuran dilapangan |
CBL (Studi Kasus) BM, 2x60menit - Review materi TM, 2 x 50 menit. - Melakukan pengukuran lapangani Tugas, 2 x 60 menit. Karateristik pembelajaran : Kontekstual, efektif, kolaboratif |
Analisis data kecepatan aliran, luas penampang dan debit aliran
|
6 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
20 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Rahmat Bangun Giarto lahir di Palangka Raya pada tanggal 13-09-1991 Jabatan fungsional Asisten Ahli Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknik Sipil |
|