.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:lilik.damayanti@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 1:18 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNOLOGI REKAYASA KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2024/2025 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Bahasa Inggris |
JJ110422 |
2 |
0 |
2 |
28 |
1 |
02-09-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Lilik Damayanti S.S., M.Hum. |
Mohamad Isram M. Ain S.T., M.Sc. |
|||||||
NIP/NIK. 198203122021212005 |
NIP/NIK. 198903052022031010 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-4) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-8) Menguasai prinsip dan teknik berkomunikasi (lisan, tulisan, dan grafis) |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menerapkan pemikian logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakuka pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menerapkan matematika terapan, sains alam (fisika, kimia), sains rekayasa dan prinsip rekayasa untuk melakukan perancangan, pelaksanaan dan pengawasan bangunan jalan da jembatan skala menengah 1 |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK 1: Mahasiswa mampu menerapkan strategi membaca yang tepat dalam Bahasa Inggris CPMK 2: Mahasiswa mampu membuat teks deskriptif, prosedural dan argumentatif sesuai dengan unsur-unsur kalimat dan tata bahasa baku Bahasa Inggris. CPMK 3: Mahasiswa mampu mendemonstrasikan teks deskriptif, prosedural dan argumentatif sesuai dengan unsur-unsur kalimat dan tata bahasa baku Bahasa Inggris. |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub CPMK 1: Mahasiswa mampu memahami konsep Mata Kuliah General English (C2, A1) Sub CPMK 2: Mahasiswa mampu menerapkan strategi membaca yaitu skimming (C3, A2) Sub CPMK 3: Mahasiswa mampu menerapkan strategi membaca yaitu scanning (C3, A2) Sub CPMK 4: Mahasiswa mampu mengembangkan pemahaman kosa kata (building vocabulary) (C2, A2) Sub CPMK 5: Mahasiswa mampu mengidentifikasi elemen yang ada pada paragraf (C1, A2) Sub CPMK 6: Mahasiswa mampu mengidentifikasi perbedaan antara inferensi dan kesimpulan (C1, A2) Sub CPMK 7: Mahasiswa mampu membuat inferensi (C3, A2) Sub CPMK 8: Mahasiswa mampu menulis Teks Deskriptif (C3, A2) Sub CPMK 9: Mahasiswa mampu mendemontrasikan Teks Deskriptif (C3, A2) Sub CPMK 10: Mahasiswa mampu menulis Teks Prosedural (C3, A2) Sub CPMK 11: Mahasiswa mampu melakukan Demonstrative Speech (C3, A2) Sub CPMK 12: Mahasiswa mampu menulis Teks Argumentatif (C3, A2) Sub CPMK 13: Mahasiswa mampu mendemosntrasikan Argumentative Speech (C3, A2) Sub CPMK 14: Mahasiswa mampu mengerjakan TOEIC Simulation (Reading) (C3, A2) |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Bahasa Inggris mempelajari strategi membaca, pemahaman kosakata, paragraf, kesimpulan, dan inferensi sebagai persiapan menghadapi test TOEIC. Selain itu, juga mempelajari beberapa jenis teks yaitu teks deskriptif, prosedural, dan argumentatif. | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Introduction to General English |
|||||||
Pustaka |
1. Bloomfield, Leonard. 1993. Language. New York: Henry Holt Company 2. Echols, John dan Hasan Shadily. 2008. Kamus Inggris - Indonesia. Jakarta: Gramedia 3. Ellis, Rod. 1985. Understanding Second Language Acquisition. Oxford: Oxford Univeristy Press 4. Glencoe. 2001. Writers Choice: Grammar and Composition Grade 6. New York: Mc Graw Hill 5. Katamba, Francais. 1993. Morphology. New York: St Martins Press 6. Robert. 1957. Linguistics Across Culture. Ann Arbor: Univeristy of Michigan Press 7. Oxford Dictionary. 2010. Oxford Adnaved Learners Dictionary 8th edition. Oxford: Oxford 8. Philips, Deborah. 2001. Longman Complete Course for the TOEFL Test. New York: Longman 9. Roe, B.D., Stoodt, B.D and Burns P.C. 1995. Secondary School Reading Instruction: The Content Areas 5th edition. Boston: Houghton Mifflin Company 10. Vacca, R.T and Vacca, J.A.L. 1999. Content Area Reading: Literacy and Learning Across The Curriculum 6th edition. Boston: Addison Wesley Educational Publishers Inc |
|||||||
Media Pembelajaran |
Laptop, Proyektor |
|||||||
Dosen Pengampu |
Lilik Damayanti, |
Mata Kuliah |
Bahasa Inggris |
|||
Kode Mata Kuliah |
JJ110422 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub CPMK 1: Mahasiswa mampu memahami konsep Mata Kuliah General English (C2, A1) |
Ketepatan menjelaskan poin penting pembelajaran dan memiliki motivasi dalam mempelajari Bahasa Inggris 1. |
Sikap dan Keaktifan (Rubrik Afektif) |
Ceramah Tanya-Jawab BM 1 x 60 menit (Membaca learning contract dan RPS di BLP) TM 1 x 50 menit Pemaparan learning contract dan pengenalan Bahasa Inggris secara umum BT 1 x 60 menit Mengerjakan fill in the blank exercise Karakteristik: - Interaktif - Holistik - Integratif |
Introduction to General English Safety Induction & Prokes
#Pustaka 1 |
2 |
|||
2 | Sub CPMK 2: Mahasiswa mampu menerapkan strategi membaca yaitu skimming (C3, A2) |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan menguasai strategi membaca cepat menggunakan metode skimming. |
Sikap dan Keaktifan Soal Pilihan Ganda |
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi BM 1 x 60 menit (Menonton video pada platform Youtube dan membuat mind map) TM 1 x 50 menit Pemaparan materi BT 1 x 60 menit Mengerjakan multiple choice Karakteristik: - Integratif - Interaktif |
Skimming #Pustaka 9 #Pustaka 10 |
2 |
|||
3 | Sub CPMK 3: Mahasiswa mampu menerapkan strategi membaca yaitu scanning (C3, A2) |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan menguasai strategi membaca cepat menggunakan metode scanning. |
Sikap dan Keaktifan Soal Pilihan Ganda |
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi BM 1 x 60 menit (Menonton video pada platform Youtube dan membuat mind map) TM 1 x 50 menit Pemaparan materi BT 1 x 60 menit Mengerjakan multiple choice
Karakteristik: - Integratif - Interaktif |
Scanning #Pustaka 9 #Pustaka 10 |
2 |
|||
4 | Sub CPMK 4: Mahasiswa mampu mengembangkan pemahaman kosa kata (building vocabulary) (C2, A2) |
Mahasiswa mampu menjelaskan tentang jenis dan sistem kosakata bahasa Inggris untuk menunjang kemampuan dan ketrampilan berkomunikasi lisan dan tulisan dalam bahasa Inggris yang baik dan benar. Mahasiswa mampu menjelaskan makna kata sulit dengan menggunakan petunjuk konteks |
Sikap dan Keaktifan Soal Pilihan Ganda Soal Fill in the Blank |
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi BM 1 x 60 menit (Menonton video pada platform Youtube dan membuat mind map) TM 1 x 50 menit Pemaparan materi BT 1 x 60 menit Mengerjakan multiple choice Karakteristik: - Interaktif - Integratif |
Vocabulary Building : Synonym dan Antonym # Pustaka 2 # Pustaka 7 # Pustaka 8 |
2 |
|||
5 | Sub CPMK 5: Mahasiswa mampu mengidentifikasi elemen yang ada pada paragraf (C1, A2) |
Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian main idea, topic dan title. Mahasiswa mampu menentukan main idea, topic dan title. |
Sikap dan Keaktifan Soal Pilihan Ganda |
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi BM 1 x 60 menit (Menonton video pada platform Youtube dan membuat mind map) TM 1 x 50 menit Pemaparan materi BT 1 x 60 menit Mengerjakan multiple choice Karakteristik: - Interaktif - Integratif - Holistik |
Elements of Paragraph : Mind Idea Supporting Sentence # Pustaka 3 # Pustaka 6 |
2 |
|||
6 | Sub CPMK 6: Mahasiswa mampu mengidentifikasi perbedaan antara inferensi dan kesimpulan (C1, A2) |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep inferensi dan kesimpulan. Mahasiswa mampu mengidentifikasi perbedaan inferensi dan kesimpulan dalam sebuah teks. |
Sikap dan Keaktifan Soal Pilihan Ganda Presentasi |
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi BM 1 x 60 menit (Menonton video pada platform Youtube dan membuat mind map) TM 1 x 50 menit Pemaparan materi BT 1 x 60 menit Mengerjakan multiple choice Karakteristik: - Interaktif - Integratif - Holistik |
Konsep Inferensi dan Kesimpulan # Pustaka 9 # Pustaka 10 |
2 |
|||
7 | Sub CPMK 7: Mahasiswa mampu membuat inferensi (C3, A2) |
Mahasiswa mampu membuat inferensi dalam sebuah teks bacaan. |
Sikap dan Keaktifan Soal Pilihan Ganda |
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi BM 1 x 60 menit (Menonton video pada platform Youtube dan membuat mind map) TM 1 x 50 menit Pemaparan materi BT 1 x 60 menit Mengerjakan multiple choice Tugas 1 (Analyzing an essay) Karakteristik: - Interaktif - Integratif - Holistik |
Steps in making Inferences # Pustaka 9 # Pustaka 10 |
5 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9 | Sub CPMK 8: Mahasiswa mampu menulis Teks Deskriptif (C3, A2) |
Mahasiswa mampu mempraktekkan menulis teks yang berisi tentang deksripsi object. |
Sikap dan Keaktifan Menulis Essay/Teks |
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi BM 1 x 60 menit (Menonton video pada platform Youtube dan membuat mind map) TM 1 x 50 menit Pemaparan materi BT 1 x 60 menit Menulis teks descriptive Tugas 2 (Writing a Descriptive Text) Karakteristik: - Interaktif - Integratif - Holistik |
Descriptive Text Generic Structure & Characteristics #Pustaka 9 #Pustaka 10 |
5 |
|||
10 | Sub CPMK 9: Mahasiswa mampu mendemontrasikan Teks Deskriptif (C3, A2) |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan object (things) secara lisan dengan baik dan benar. |
Sikap dan Keaktifan Presentasi |
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi BM 1 x 60 menit (Menonton video pada platform Youtube dan membuat mind map) TM 1 x 50 menit Pemaparan materi BT 1 x 60 menit Membuat video describing things Karakteristik: - Interaktif - Integratif - Holistik |
Describing a thing #Pustaka 3 #Pustaka 6 #Pustaka 9 |
5 |
|||
11 | Sub CPMK 10: Mahasiswa mampu menulis Teks Prosedural (C3, A2) |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep procedural text. Mahasiswa mampu mempraktekkan menulis teks procedural. |
Sikap dan Keaktifan Menulis teks procedural |
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi BM 1 x 60 menit (Menonton video pada platform Youtube dan membuat mind map) TM 1 x 50 menit Pemaparan materi BT 1 x 60 menit Membuat poster tentang procedural text. Tugas 3 (Writing a Procedural Text) Karakteristik: - Interaktif - Integratif - Holistik |
Procedural Text: Definition & generic Structure #Pustaka 4 #Pustaka 9 #Pustaka 10 |
10 |
|||
12 | Sub CPMK 11: Mahasiswa mampu melakukan Demonstrative Speech (C3, A2) |
Mahasiswa mampu melakukan demonstrative speech dengan baik dan benar. |
Sikap dan Keaktifan Presentasi |
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi BM 1 x 60 menit (Menonton video pada platform Youtube dan membuat mind map) TM 1 x 50 menit Pemaparan materi BT 1 x 60 menit Membuat video demonstrative speech Karakteristik: - Interaktif - Integratif - Holistik |
Demonstrative Speech: How to ... Benefit ... #Pustaka 2 #Pustaka 7 |
5 |
|||
13 | Sub CPMK 12: Mahasiswa mampu menulis Teks Argumentatif (C3, A2) |
Mahasiswa mampu mempraktekkan menulis teks argumentatif. |
Sikap dan Keaktifan Menulis teks argumentatif |
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi BM 1 x 60 menit (Menonton video pada platform Youtube dan membuat mind map) TM 1 x 50 menit Pemaparan materi BT 1 x 60 menit Mengerjakan fill in the blank exercise Tugas 4 (Writing an Argumentative Text) Karakteristik: - Interaktif - Integratif - Holistik |
Argumentatiive Speech: Definition & Generic Structure #Pustaka 9 #Pustaka 10 |
10 |
|||
14 | Sub CPMK 13: Mahasiswa mampu mendemosntrasikan Argumentative Speech (C3, A2) |
Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip argumentative speech. Mahasiswa mampu mendemonstrasikan argumentative speech dengan baik dan benar. |
Sikap dan Keaktifan Debate |
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi BM 1 x 60 menit (Menonton video pada platform Youtube dan membuat mind map) TM 1 x 50 menit Pemaparan materi BT 1 x 60 menit Mengerjakan multiple choice Karakteristik: - Interaktif - Integratif - Holistik |
Debate #Pustaka 2 #Pustaka 7 #Pustaka 8 |
5 |
|||
15 | Sub CPMK 14: Mahasiswa mampu mengerjakan TOEIC Simulation (Reading) (C3, A2) |
Mahasiswa mampu mengerjakan soal reading comprehension pada TOEIC. |
Soal multiple choice |
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi BM 1 x 60 menit (Mempelajari soal-soal reading TOEIC) TM 1 x 50 menit Pemaparan materi BT 1 x 60 menit Mengerjakan multiple choice Karakteristik: - Interaktif - Integratif - Holistik |
Soal Reading Comprehension in TOEIC #Pustaka 2 #Pustaka 7 #Pustaka 8 |
3 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
20 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Lilik Damayanti lahir di Polmas pada tanggal 12-03-1982 Jabatan fungsional Lektor Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknik Sipil |
|