.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:ranti.rustika@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 1:26 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN PERHOTELAN |
|
||||||
PROGRAM
STUDI PENGELOLAAN PERHOTELAN |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2024/2025 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Operasional & Bisnis Linen Binatu |
MP110821 |
1 |
2 |
3 |
70 |
1 |
31-08-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Ranti Rustika S.S., M.Sc. |
Ranti Rustika S.S., M.Sc. |
|||||||
NIP/NIK. 199104022019032018 |
NIP/NIK. 199104022019032018 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-10) Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan (S-11) Menerapkan nilai-nilai hospitality (Integritas, Sempurna, Terpercaya, Profesional, Berkepribadian), dan |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-6) Konsep Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dalam operasional hotel dan kebersihan makanan (food hygiene) secara mendalam |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) Mampu secara mandiri mengelola kegiatan operasional hotel berskala kecil (meliputi kemampuan merencanakan, menjalankan, mengawasi, mengevaluasi dan menindaklanjuti hasil evaluasi kegiatan operasional hotel) yang dapat dibuktikan dengan bertambahnya tingkat kepuasan tamu hotel khususnya pada aspek jumlah tamu, reliabilitas dan responsibilitas layanan, kebersihan, dan efisiensi harga (KU-7) Mampu membuat produk dan layanan hotel berskala kecil dan dapat memodifikasi produk dan layanan di hotel berskala besar (hotel berbintang) yang berkualitas sesuai dengan kerangka acuan kerja yang ditetapkan dan diakui oleh pemberi kerja (KU-10) Mampu menyusun perencanaan pengadaan, pencatatan, penyimpanan dan pendistribusian bahan dan supplies untuk kegiatan operasional pada bidang divisi kamar dan divisi tata hidang yang memenuhi standar kualitas yang dapat dibuktikan dengan peningkatan efisiensi biaya operasional dan |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, dan inovatif dalam melakukan jenis pekerjaan spesifik, di bidang keahliannya, dengan mutu dan kuantitas yang dapat diukur dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan (KK-2) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mahasiswa mampu melaksanakan Pelayanan Binatu sesuai Prosedur SOP Hotel |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Mampu mendeskripsikan pengantar laundry Mampu mengidentifikasi jenis bahan dan alat pencuci, memahami isu kesehatan, kebersihan dan keselamatan yang berkaitan dengan operasional pencucian Mampu mengidentifikasi jenisjenis barang cucian linen dan pakaian tamu Mampu mengoperasikan peralatan elektrik laundry mampu mengoperasikan peralatan manual laundry Mampu mempraktekkan pelayanan tamu laundry dan membaca label pakaian mampu membuat administrasi laundry mampu mempraktekkan pengemasan dan penyimpanan barang laundry Mampu mempraktekkan tahapan proses pencucian mampu mempraktekkan dry cleaning mampu mempraktekkan pengontrolan linen hotel mampu mempraktekkan penyetrikaan cucian tamu Mampu mempraktekkan semua tahapan Laundry sesuai SOP |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Operasional & Bisnis Linen Binatu mempelajari tentang keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk bekerja dalam “suatu lingkungan” pencucian dalam perusahaan akomodasi komersial (industri perhotelan). Menangani linen dan pakaian tamu | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Prosedur pencucian linen, seragam dan pakaian tamu Pengenalan Label/ instruksi pencucian Pengenalan dan penggunaan peralatan cuci dan bahan pembersih Prosedur pengontrolan linen hotel yang mencakup: - - pergantian barang kotor dengan yang bersih - - jumlah set (parstock) - - pengisian format - - seragam - - linen yang rusak Tahapan proses pencucian: - memberi tanda (marking) - menyortir (sorting) - mencuci (washing/ dry cleaning) - mengeringkan (drying) - menyeterika (ironing pressing - Proses pengemasan dan penyimpanan barang cucian |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: Buku Ajar Pelayanan Binatu |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media :Modul, Jobshet, LCD, proyektor, laptop, ruang praktek (laundry) |
|||||||
Dosen Pengampu |
Ranti Rustika, |
Mata Kuliah |
Operasional & Bisnis Linen Binatu |
|||
Kode Mata Kuliah |
MP110821 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Mampu mendeskripsikan pengantar laundry |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan pengertian dan sejarah laundry hotel. Mahasiswa lebih interaktif mendeskpripsikan tentang definisi laundry |
Kriteria |
Kuliah Luring: Teori: Tatap Muka: 2 x 50' Tugas Terstruktur: 2 x 60' Tugas 1: Menyusun ringkasan terkait pengantar laundry Belajar Mandiri: 2 x 60' |
1. Persepektif Pariwisata 2. Pengantar Laundry Hotel Buku Ajar Pelayanan Binatu |
2 |
|||
2 | Mampu mengidentifikasi jenis bahan dan alat pencuci, memahami isu kesehatan, kebersihan dan keselamatan yang berkaitan dengan operasional pencucian |
Ketepatan dalam mengidentifikasi jenis bahan dan alat pencuci, memahami isu kesehatan, kebersihan dan keselamatan yang berkaitan dengan operasional pencucian (Holistik) |
Kriteria |
Kuliah Luring: Teori: Tatap Muka: 2 x 50' Tugas Terstruktur: 2 x 60' Tugas 2: Menyusun ringkasan terkait jenis bahan dan alat pencuci, memahami isu kesehatan, kebersihan dan keselamatan yang berkaitan dengan operasional pencucian Belajar Mandiri: 2 x 60 |
1. Mengidentifikasi jenis bahan dan alat pencuci, 2. Memahami isu kesehatan, kebersihan dan keselamatan yang berkaitan dengan operasional pencucian Buku Ajar Pelayanan Binatu |
2 |
|||
3 | Mampu mengidentifikasi jenisjenis barang cucian linen dan pakaian tamu |
Ketepatan dalam mengidentifikasi barang cucian dipilih dengan benar sesuai dengan proses pencucian yang dibutuhkan dan pentingnya barang cucian tersebut. |
Kriteria |
Kuliah Luring: Teori: Tatap Muka: 2 x 50' Tugas Terstruktur: 2 x 60' Tugas 3: Menyusun ringkasan terkait identifikasi barang cucian Belajar Mandiri: 2 x 60' |
1. Cara mengidentifikasi barang cucian. 2. Pemilihan barang cucian dengan benar sesuai dengan proses pencucian Buku Ajar Pelayanan Binatu |
2 |
|||
4 | Mampu mengoperasikan peralatan elektrik laundry |
Ketepatan mahasiswa dalam mengoperasikan peralatan elektrik dengan teliti dan menangani semua jenis cucian dengan rapi. (Integratif) |
Kriteria |
Kuliah Luring: Teori: Tatap Muka: 2 x 50' Tugas Terstruktur: 2 x 60' Tugas 4: Menyusun ringkasan terkait Peralatan elektrik laundry Belajar Mandiri: 2 x 60' |
1. Cara mengoperasikan peralatan elektrik Laundry 2. Penggunaan peralatan elektrik berdasarkan jenis cucian Buku Ajar Pelayanan Binatu |
2 |
|||
5 | mampu mengoperasikan peralatan manual laundry |
Ketepatan mahasiswa dalam penggunaan peralatan manual laundry hotel |
Kriteria |
Kuliah Luring: Teori: Tatap Muka: 2 x 50' Tugas Terstruktur: 2 x 60' Tugas 5: Menyusun ringkasan terkait peralatan manual laundry hotel Belajar Mandiri: 2 x 60' |
1. Mengetahui peralatan manual laundry 2. Penggunaan peralatan manual laundry hotel Buku Ajar Pelayanan Binatu |
2 |
|||
6 | Mampu mempraktekkan pelayanan tamu laundry dan membaca label pakaian |
ketepatan mempraktekan melayani tamu secara sopan dan ramah bagi yang membutuhkan bantuan serta teliti dalam membaca label pada semua jenis cucian |
Kriteria |
Kuliah Luring: Teori: Tatap Muka: 2 x 50' Tugas Terstruktur: 2 x 60' Tugas 6: Menyusun ringkasan terkait pelayanan tamu laundry dan label pakaian Belajar Mandiri: 2 x 60' |
1. Cara mempraktekan melayani tamu secara sopan dan ramah bagi yang membutuhkan bantuan 2. Teliti dalam membaca label pada semua jenis cucian Buku Ajar Pelayanan Binatu |
2 |
|||
7 | Mampu mempraktekkan tahapan proses pencucian |
Mahasiswa memahami dan menjelaskan prosedur pencucian, dan mengoperasikan peralatan pencucian secara aman (bahan dan alat pembersih serta membaca label pakaian |
Kriteria |
Kuliah Luring: Teori: Tatap Muka: 2 x 50' Tugas Terstruktur: 2 x 60' Tugas 7: Menyusun ringkasan terkait tahapan proses pencucian Belajar Mandiri: 2 x 60' |
1. Mempraktekan tahapan proses pencucian; 2. memberi tanda(marking), 3. menyortir (sorting), 4. mencuci (washing/ dry cleaning), 5. mengeringkan (drying), dan 6. menyeterika (ironing pressing ) Buku Ajar Pelayanan Binatu |
2 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9 | mampu mempraktekkan dry cleaning |
Ketepatan mahasiswa dalam mempraktekkan dry cleaning |
Kriteria: Rubrik |
Kuliah Luring: Teori: Tatap Muka: 2 x 50' Tugas Terstruktur: 2 x 60' Tugas 9: Melakukan presentasi terkait dry cleaning Belajar Mandiri: 2 x 60' |
1. Dry Cleaning 2. Tahapan dry cleaning 3. Dampak dry cleaning Buku Ajar Pelayanan Binatu |
2 |
|||
10 | mampu mempraktekkan pengontrolan linen hotel |
Ketepatan Mahasiswa mempraktekkan pengontrolan linen hotel |
Kriteria: Rubrik |
Kuliah Luring: Teori: Tatap Muka: 2 x 50' Tugas Terstruktur: 2 x 60' Tugas 10: Melakukan diskusi kelompok tentang Pengontrolan linen Hotel Belajar Mandiri: 2 x 60' |
1. Pengertian Linen 2. Organisasi seksi linen 3. Pengontrolan Linen 4. Tahapan Pencucian Linen Buku Ajar Pelayanan Binatu |
4 |
|||
11 | Mampu mempraktekkan tahapan proses pencucian |
Ketepatan Mahasiswa mempraktekkan House Laundry |
Kriteri: Rubrik |
Kuliah Luring: Teori: Tatap Muka: 2 x 50' Tugas Terstruktur: 2 x 60' Tugas 11: Melakukan tahapan pencucian House Laundry Belajar Mandiri: 2 x 60' |
1. House Laundry 2. Tahapan Pencucian House Laundry 3. SOP House Laundry Buku Ajar Pelayanan Binatu |
5 |
|||
12 | mampu mempraktekkan penyetrikaan cucian tamu |
Ketepatan Mahasiswa dalam mempraktekkan penyetrikaan cucian tamu |
Kriteria: Rubrik |
Kuliah Luring: Teori: Tatap Muka: 2 x 50' Tugas Terstruktur: 2 x 60' Tugas 12: Melakukan diskusi kelompok terkait penyetrikaan cucian tamu |
1. Penyetrikaan cucian Tamu 2. SOP penyetrikaan cucian Buku ajar dan panduan praktek pelayanan binatu |
5 |
|||
13 | mampu mempraktekkan pengemasan dan penyimpanan barang laundry |
Ketepatan mahasiswa dalam mempraktekkan pengemasan dan penyimpanan barang laundry |
Kriteria: Rubrik |
Kuliah Luring: Teori: Tatap Muka: 2 x 50' Tugas Terstruktur: 2 x 60' Tugas 13: Melakukan diskusi kelompok terkait pengemasan dan penyimpanan barang praktek Belajar Mandiri: 2 x 60' |
1. Pengemasan barang praktek 2. Penyimpanan Barang Praktek Buku ajar dan panduan praktek pelayanan binatu |
10 |
|||
14 | mampu membuat administrasi laundry |
Ketepatan dalam mengisi formform yang ada dalam laundry department |
Kriteria: Rubrik |
Kuliah Luring: Teori: Tatap Muka: 2 x 50' Tugas Terstruktur: 2 x 60' Tugas 12: Melakukan diskusi kelompok terkait pengisian form-form laundry hotel Belajar Mandiri: 2 x 60' |
1. memahami form-form dalam laundry department 2. Mempraktekan cara mengisi formform laundry attendant Buku ajar dan panduan praktek pelayanan binatu |
10 |
|||
15 | Mampu mempraktekkan semua tahapan Laundry sesuai SOP |
Mahasiswa mampu mempraktekkan sop pencucian dari Pick Up hingga delivery |
Kriteria |
Kuliah Luring: Teori: Tatap Muka: 2 x 50' Tugas Terstruktur: 2 x 60' Tugas 15: Menyusun laporan akhir bisnis dan pelayanan binatu Belajar Mandiri: 2 x 60' |
1. SOP laundry hotel Buku ajar dan panduan praktek pelayanan binatu |
10 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
20 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Ranti Rustika lahir di Tanah Grogot pada tanggal Jabatan fungsional Asisten Ahli Jurusan PERHOTELAN Program Studi Pengelolaan Perhotelan |
|