.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:nawang.retno@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 3:38 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK SIPIL |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2024/2025 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Pendidikan Kewarganegaraan |
TS110122 |
2 |
0 |
2 |
28 |
1 |
01-09-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Dra. Nawang Retno Dwiningrum M.Si. |
Ezra Hartarto Pongtuluran S.T., M.Eng. |
|||||||
NIP/NIK. 196612192007012017 |
NIP/NIK. 199110232019031013 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-2) Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika (S-3) Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa serta turut menjaga (S-5) Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (S-6) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (S-7) Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-6) Menguasai pengetahuan teknik berkomunikasi (lisan, laporan teknis, dan grafis) |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK 1:bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan cinta tanah air CPMK2: Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bangsa dan negara |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
1. mampu menjelaskan identitas nasional 2. menerapkan konstitusi UUD 1945 3, melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga negara 4. mampu menganalisis dan menerapkan praktek demokrasi 5. menganalisis makna nasionalisme dan kesadaran pajak 6. mampu menyusun laporan nilai luhur dan budaya lokal 7. mampu menyusun laporan konflik ITE dan tindak pidana korupsi 8. Mampu menyusun laporan kekerasan seksual dan disintegrasi nasional |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Pendidikan Kewarganegaraan memberi pengetahuan penerapan rasa kebangsaan dan cinta tanah air, demokratis dan berkeadaban | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
A. identitas Nasional B. Negara dan Konstitusi C. Hak dan Kewajiban Warga Negara D. Demokrasi Indonesia E. Negara Hukum dan HAM F. Wawasan Nusantara G. Ketahanan Nasional |
|||||||
Pustaka |
Pustaka . Kaelan dan Achmad zubaidi, 2007, Pendidikan Kewarganegaraan, Paradigma , Yogyakarta |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : LCD, laptop |
|||||||
Dosen Pengampu |
Nawang Retno Dwiningrum, |
Mata Kuliah |
Pendidikan Kewarganegaraan |
|||
Kode Mata Kuliah |
TS110122 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | mampu menjelaskan identitas nasional |
ketepatan memahami tentang identitas nasional Indonesia |
kajian literatur dan tes lesan |
kuliah dan diskusi 2x50 presentasi contoh identitas nasional |
1. Pengertian identitas nasional 2. Faktor pembentuk identitas nasional 3. identitas nasional bangsa Indonesia Wiharyanto, Kardiyat. 2014. Pendidikan Kewarganegaraan, Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta |
2 |
|||
2 | mampu menerapkan konstitusi UUD 1945 |
ketepatan memahami konstitusi di Indonesia |
tes lesan dan kajian literatur |
kuliah dan diskusi 2x50 mempresentasikan perbedaan Konstitusi RIS, UUDS 1950, UUD 1945 |
1. Pengertian Konstitusi dan konstitusionalisme 2. fungsi Konstitusi Kaelan dan Achmad Zubaidi. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan. Paradigma. Yogyakarta |
2 |
|||
3 | mampu menerapkan konstitusi UUD 1945 |
ketepatan menerapkan konstitusi di Indonesia |
presentasi |
kuliah dan diskusi 2x50 presentasi penerapan UUD 1945 |
konstitusi yang berlaku di Indonesia Kaelan dan Achmad Zubaidi. 2007, Pendidikan Kewarganegaraan, Paradigma . Yogyakarta |
2 |
|||
4 | mampu menerapkan hak dan kewajiban warga negara |
ketepatan menganalisis dan menerapkan tentang hak dan kewajiban warga negara sesuai UUD 1945 |
tes lesan |
kuliah dan diskusi 2x50 memberikan contoh penerapan hak dan kewajiban wafga negara |
1. Definisi warganegara, asas kewarganegaraan, problem kewarganegaraan 2. Pelaksanaan hak dan kewajian warga negara menurut UUD 1945 Kaelan dan Achmad Zubaidi, 2007, Pendidikan Kewarganegaraan. Paradigma Yogyakarta |
2 |
|||
5 | mampu menganalisis makna dan prkatek demokrasi di Indonesia |
1. ketepatan mengalisa makna demorasi
2. menganalisis praktek demokrasi di dunia,
3. mengidentifikasi dan menganalisis indikator negara demokrasi |
kajian literatur dan tes lesan |
kuliah dan diskusi 2x50 membuat resume perkembangan demokrasi di Indonesia |
1. pengerian dan prisisp demokrasi 2, perkembangan demokrasi di Inonesia Dirjen Dikti, 2012, Modul Pendidikan kewarganegaraan |
2 |
|||
6 | mampu menganalisis makna dan prkatek demokrasi di Indonesia |
ketepatan menganalisis:
1. makna gender
2. kesetaraan gender
3 praktek kesetaraan gender di ruang publik di Indonesia
|
Presentasi |
kuliah dan diskusi 2x50 presentasi tentang kesetaraan gender |
1. Gender 2. ruang publik 3. Peraturan tentang kesetaraan gender Ace Suryadi. 2010 Kesetaran Gender dalam Bidang Pendidikan. Genesindo. Bandung
|
3 |
|||
7 | mampu menganalisis makna nasionalisme dan kesadaran pajak |
mampu menganalisis:
1. makana nasionalisme
2. wajib pajak
3, kesadaran pajak |
kuliah dan diskusi 2x50 |
presentasi kesadaran pajak |
1. Nasionalisme 2. Pajak 3. Kewajiban Warga negara Dirjen Dikti, 2012. Modul Pendidikan Kewarganegaraan |
2 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
30 |
|||||||
9 | mampu menyusun laporan nilai luhur dan budaya lokal di Indonesia |
ketepatan menyusun hasil review literatur dan hasil wawancacara tentang budaya lokal |
presentasi dan wawancara |
kuliah dan diskusi menyusun laporan wawancara kearifan lokal |
1. nilai luhur budaya lokal di indonesia 2. Kearifan lokal Robert Sibarani. 2012. Kearifan Lokal: hakikat, peran dan metode tradisi lisan. Asosiasi Tradisi Lisan. Jakarta |
2 |
|||
10 | mampu menyusun laporan nilai luhur dan budaya lokal di Indonesia |
ketepatan mampu menyususn laporan bentuk pelanggaran Hak masyarakat adat di Indonesia |
Pembelajaran berbasis masalah , presentasi |
kuliah dan diskusi 2x50 menyusun laporan dan presentasi tentang budaya lokal dan hukum adat |
1. masyarakat adat 2. perlindungan masyarakat adat hukum adat Indonesia |
2 |
|||
11 | 7. mampu menyusun laporan konflik ITE dan tindak pidana korupsi |
ketepatan menyusun hasil review dan wawancara tentang UU ITE |
presentasi , lesan |
kuliah dan diskusi, 2x50 menyusun laporan konflik ITE |
konflik UU ITE UU tentang ITE |
2 |
|||
12 | 7. mampu menyusun laporan konflik ITE dan tindak pidana korupsi |
ketepatan menyusun laoran tentang korupsi |
presentasi |
kuliah dan diskusi 2x50 presentasi tentang korupsi |
1. UU korupsi 2. Kasus korupsi UU Korupsi |
2 |
|||
13 | 8. Mampu menyusun laporan kekerasan seksual dan disintegrasi nasional |
ketepatan menyusun dan menjelaskan kasus kekerasan seksual |
presentasi , lesan |
kuliah dan diskusi 2x50 presentasi kasus kekerasan seksual |
kekerasan seksual UU tentang kekerasan seksual |
2 |
|||
14 | 8. Mampu menyusun laporan kekerasan seksual dan disintegrasi nasional |
ketepatan menyusun laporan tentang disintegrasi nasional |
presentasi , lesan |
kuliah dan diskusi 2x50 presesntasi kasus disintegrasi sosial |
integrasi dan disintegrasi nasional kaelan dan achmad zubaidi. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan , Paradigma . Yogyakarta |
2 |
|||
15 | 8. Mampu menyusun laporan kekerasan seksual dan disintegrasi nasional |
ketepatan menganalisa dan menerapkan Wawasan Nusantara dan Ketahanan Nasional |
kajian literatur |
kuliah dan diskusi, 2x50 menyusun laporan kasus disintegrasi nasional |
1. Wawasan nusantara 2. Ketahanan Nasional 3. integrasi nasional Dirjen Dikti, 2012. Modul Pendidikan Kewarganegaraan |
3 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
30 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Nawang Retno Dwiningrum lahir di Magelang pada tanggal Jabatan fungsional Lektor Jurusan PERHOTELAN Program Studi Tata Boga |
|