.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:yasmin.zulfati@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 3:48 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK MESIN |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNOLOGI REKAYASA MANUFAKTUR |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2024/2025 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Matematika Terapan |
RM110824 |
2 |
0 |
2 |
28 |
1 |
31-08-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Yasmin Zulfati Yusrina S.T., M.T. |
|
|||||||
NIP/NIK. 199509192022032010 |
NIP/NIK. |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-9) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Menguasai konsep teoretis sains alam, aplikasi matematika rekayasa prinsip-prinsip rekayasa (engineering principles), sains rekayasa dan perancangan rekayasa yang diperlukan untuk analisis dan perancangan produk/ sustainable product, proses manufaktur/ remanufaktur, dan sistem manufaktur/ remanufaktur, serta manajemen logistik |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menerapkan matematika, sains, dan prinsip rekayasa (engineering principles) untuk menyelesaikan masalah rekayasa kompleks pada rekayasa produk (termasuk sustainable product), proses manufaktur/ remanufaktur, dan sistem manufaktur/ remanufaktur, serta manajemen logistik |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK 1: Mampu menerapkan konsep-konsep dalam matematika terapan untuk menyelesaikan masalah. |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub CPMK 1: Mampu mengaplikasikan konsep matematika dasar dengan tepat dan bertanggung jawab (C3, P3, A3) Sub CPMK 2: Mampu mengaplikasikan konsep limit dengan tepat dan bertanggung jawab (C3, P3, A3) Sub CPMK 3: Mampu mengaplikasikan konsep turunan dengan tepat dan bertanggung jawab (C3, P3, A3) Sub CPMK 4: Mampu mengaplikasikan konsep aplikasi turunan dengan tepat dan bertanggung jawab (C3, P3, A3) Sub CPMK 5: Mampu mengaplikasikan konsep integral tentu dengan tepat dan bertanggung jawab (C3, P3, A3) Sub CPMK 6: Mampu mengaplikasikan konsep aplikasi integral dengan tepat dan bertanggung jawab (C3, P3, A3) |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah Matematika Terapan mempelajari matematika dasar, limit, turunan, aplikasi turunan, integral tentu, dan aplikasi integral. |
|||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Matematika dasar |
|||||||
Pustaka |
Pustaka utama: |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media: Slides |
|||||||
Dosen Pengampu |
Yasmin Zulfati Yusrina, |
Mata Kuliah |
Matematika Terapan |
|||
Kode Mata Kuliah |
RM110824 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1-4 | Sub CPMK 1: Mampu mengaplikasikan konsep matematika dasar dengan tepat dan bertanggung jawab (C3, P3, A3) |
Ketepatan mengaplikasikan konsep matematika dasar. |
|
Diskusi (interaktif dan kolaboratif) 105 menit |
3 |
3 |
|||
Sub CPMK 1: Mampu mengaplikasikan konsep matematika dasar dengan tepat dan bertanggung jawab (C3, P3, A3) |
Ketepatan mengaplikasikan konsep matematika dasar. |
|
Diskusi (interaktif dan kolaboratif) 105 menit |
3 |
3 |
||||
Sub CPMK 1: Mampu mengaplikasikan konsep matematika dasar dengan tepat dan bertanggung jawab (C3, P3, A3) |
Ketepatan mengaplikasikan konsep matematika dasar. |
|
Diskusi (interaktif dan kolaboratif) 105 menit |
1, 2 |
3 |
||||
Sub CPMK 1: Mampu mengaplikasikan konsep matematika dasar dengan tepat dan bertanggung jawab (C3, P3, A3) |
Ketepatan mengaplikasikan konsep matematika dasar. |
|
Diskusi (interaktif dan kolaboratif) 105 menit |
1, 2 |
3 |
||||
5-6 | Sub CPMK 2: Mampu mengaplikasikan konsep limit dengan tepat dan bertanggung jawab (C3, P3, A3) |
Ketepatan mengaplikasikan konsep limit. |
|
Diskusi (interaktif dan kolaboratif) 105 menit |
1, 2 |
3 |
|||
Sub CPMK 2: Mampu mengaplikasikan konsep limit dengan tepat dan bertanggung jawab (C3, P3, A3) |
Ketepatan mengaplikasikan konsep limit. |
|
Diskusi (interaktif dan kolaboratif) 105 menit |
1, 2 |
3 |
||||
7-8 | Sub CPMK 3: Mampu mengaplikasikan konsep turunan dengan tepat dan bertanggung jawab (C3, P3, A3) |
Ketepatan mengaplikasikan konsep turunan. |
|
Diskusi (interaktif dan kolaboratif) 105 menit |
1, 2 |
3 |
|||
Sub CPMK 3: Mampu mengaplikasikan konsep turunan dengan tepat dan bertanggung jawab (C3, P3, A3) |
Ketepatan mengaplikasikan konsep turunan. |
|
Diskusi (interaktif dan kolaboratif) 105 menit |
1, 2 |
3 |
||||
9 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
28 |
|||||||
10-11 | Sub CPMK 4: Mampu mengaplikasikan konsep aplikasi turunan dengan tepat dan bertanggung jawab (C3, P3, A3) |
Ketepatan mengaplikasikan konsep aplikasi turunan. |
|
Diskusi (interaktif dan kolaboratif) 105 menit |
1, 2 |
3 |
|||
Sub CPMK 4: Mampu mengaplikasikan konsep aplikasi turunan dengan tepat dan bertanggung jawab (C3, P3, A3) |
Ketepatan mengaplikasikan konsep aplikasi turunan. |
|
Diskusi (interaktif dan kolaboratif) 105 menit |
1, 2 |
3 |
||||
12-13 | Sub CPMK 5: Mampu mengaplikasikan konsep integral tentu dengan tepat dan bertanggung jawab (C3, P3, A3) |
Ketepatan mengaplikasikan konsep integral tentu. |
|
Diskusi (interaktif dan kolaboratif) 105 menit |
1, 2 |
3 |
|||
Sub CPMK 5: Mampu mengaplikasikan konsep integral tentu dengan tepat dan bertanggung jawab (C3, P3, A3) |
Ketepatan mengaplikasikan konsep integral tentu. |
|
Diskusi (interaktif dan kolaboratif) 105 menit |
1, 2 |
3 |
||||
14-15 | Sub CPMK 6: Mampu mengaplikasikan konsep aplikasi integral dengan tepat dan bertanggung jawab (C3, P3, A3) |
Ketepatan mengaplikasikan konsep aplikasi integral. |
|
Diskusi (interaktif dan kolaboratif) 105 menit |
1, 2 |
3 |
|||
Sub CPMK 6: Mampu mengaplikasikan konsep aplikasi integral dengan tepat dan bertanggung jawab (C3, P3, A3) |
Ketepatan mengaplikasikan konsep aplikasi integral. |
|
Diskusi (interaktif dan kolaboratif) 105 menit |
1, 2 |
3 |
||||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
30 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Yasmin Zulfati Yusrina lahir di Samarinda pada tanggal Jabatan fungsional Calon Asisten Ahli Jurusan TEKNIK MESIN Program Studi Alat Berat |
|